Okt 252017
 

Kapal Selam KRI Nagapasa Indonesia

Filipina – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Selasa, 24/10/2017 di sela-sela mengikuti Sidang ke-11 ADMM dan Sidang Ke-4 ADMM PLUS melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Nasional Republik Korea HE Song Young-Moo di Clark,Pampanga, Filipina. Menteri Pertahanan kedua negara membicarakan mengenai perkembangan pengadaan kapal selam TNI AL yang dibangun di Korea Selatan.

Selanjutnya dalam waktu dekat ini Menhan Republik Korea akan datang berkunjung ke Indonesia khususnya Surabaya untuk melihat secara langsung kapal selam yang telah selesai dibangun dan diserahkan kepada pihak TNI AL.

Kerjasama industri pertahanan antara kedua negara ini adalah salah satu dari banyak implementasi kerjasama pertahanan kedua negara yang telah lama terjalin dengan baik. Menhan Ryamizard Ryacudu berharap hubungan baik dalam bidang kerjasama pertahanan ini dapat terus terjalin.

Kerja Sama Pertahanan dengan Kamboja.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Menteri Pertahanan Kamboja HE Samdech Picheysena Tea Banh teken kerja sama pertahanan, di sela-sela Sidang Ke-11 ADMM dan Sidang Ke-4 ADMM PLUS di Clark, Pampanga, Filipina, 24/10/2017.

Di hari yang sama, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Kamboja HE Samdech Picheysena Tea Banh di sela-sela Sidang Ke-11 ADMM dan Sidang Ke-4 ADMM PLUS di Clark, Pampanga, Filipina.

Dalam pertemuan ini ditandatangani Persetujuan Antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Kamboja tentang kerjasama di bidang pertahanan. Penandatanganan persetujuan kerjasama bidang pertahanan kedua negara ini adalag tindak lanjut dari kunjungan Menhan RI ke Kamboja pada Agustus 2016 lalu.

Lingkup kerjasama yang termasuk dalam kerjasama pertahanan kedua negara adalah: dialog dan konsultasi bilateral, pertukaran kunjungan antara Badan Pertahanan dan Angkatan Bersenjata, kunjungan pejabat tinggi, pertukaran informasi, kerjasama industri pertahanan, kerjasama Angkatan Bersenjata, peningkatan kapasitas atau area kerjasama lainnya yang disepakati bersama.

Dengan penendatanagan persetujuan kerjasama pertahanan ini Menhan Ryamizard Ryacudu berharap Indonesia dan Kamboja dapat meningkatkan kerjasama dalam menjaga stabilitas keamanan kawasan serta dapat memperkuat bentuk-bentuk kerjasama praktis di lapangan, dalam menghadapi bentuk-bentuk ancaman non-tradisional di kawasan. (Kemhan RI).