Mar 282017
 

KRI Spica-934 di Brest, Perancis, September 2015. (Michel FLOCH)

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyatakan bahwa dirinya tertarik terhadap penawaran Perancis yang siap melakukan Transfer of Technology (ToT) dalam pengadaan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alustsista). Hal itu disampaikan Ryamizard saat menerima kunjungan kerja Duta Besar (Dubes) Perancis untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet, di Jakarta, Senin (27/3).

Ryamizard menjelaskan bahwa penawaran ToT Perancis kepada Indonesia sangat baik, namun dia akan terlebih dahulu mempelajari lebih mendalam untuk kebaikan kedua belah pihak.

Kunjungan Dubes Perancis ke Menteri Pertahanan RI untuk menyampaikan rencana kedatangan Presiden Republik Perancis François Hollande ke Indonesia beserta delegasi, antara lain Menteri Pertahanan Perancis Jean Yves Le Drian dan Menteri Muda Urusan Industri, Digital dan Inovasi Christophe Sirugue.

Selain rangkaian kunjungan Presiden Republik Perancis, Dubes Perancis juga menyampaikan agenda pertemuan Menteri Pertahanan kedua negara. Tujuannya, membicarakan peningkatan kerja sama pertahanan yang selama ini sudah terjalin.

Pada pertemuan tersebut, sejumlah topik yang akan dibahas diantaranya adalah penanganan terorisme, masalah kedaulatan, keamanan internasional, serta latihan bersama pasukan penjaga perdamaian kedua negara di IPSC Sentul.

Sumber: kemhan.go.id

https://twitter.com/suparjorohman

  92 Responses to “Menhan RI Tertarik Tawaran ToT dari Perancis”

  1. TOT apaan ya..Memangnya beli apaan..Rafale kah???

    • Beli menara eiffel..

      • TOT-Tail boom helicopter
        huehehehhe

        tetapi semoga TOT:
        -MBDA MICA (Missile d’interception et de combat aérien, “Interception and Aerial Combat Missile”)
        -EXOcet MM40 Blok 3

    • Rafale gk di beli gara2 Mahal

    • Kabarnya drone merk xxx gimana yah ?

      ————–
      # Peringatan : Jangan ulangi atau Anda kena Banned #.

      # ADMIN #

      • berhentillah mengeluh
        bersyukurlah anda bisa tidur nyenyak setiap malam, tanpa desingan peluru dan ancaman misil

      • Mbah Ngowoh, ati-ati sampeyan menghina Presiden RI, ada undang-undang ITE dan undang-undang terkait lambang negara yg bisa menjerat anda. IP anda pun bisa kelacak sama team cybercrime POLRI. Sekali ngomong menghina RI1 atau lambang2 negara lainnya saya tidak segan2 akan laporkan. Tolong ya di forum ini kita berdiskusi dgn baik, berdebat, berargumen boleh tanpa harus menghina siapapun. Biasakan berdiskusi dgn sehat. Tolong bung admin ini bisa ditertibkan, agar kualitas diskusi di forum ini tetap baik, bukan ajang menghina atau memaki.Salam hormat.

        • Setuju. Yang suka menghina, mengejek, apalagi kata2 yg tidak bermoral layak dihukum.

        • @sayapmerahputih,
          Anda siapa dan punya wewenang apa melaporkan seseorang.? Apa anda sdh punya kriteria baku tentang perbedaan antara menghina dan mengkritik.? Saran saya, anda pelajari dulu itu sebelum apa yg anda jadikan laporan berbalik menjerat anda dng tuduhan fitnah. Hati2 bung, jng asal bicara UU IT. Yy berwenang sdh tahu dan sdh punya segala bentuk percakapan kita semua baik via telpon, sms maupun internet kok.

          Utk rekan2 warjag, mohon berhati2 dalam mengirimkan komentar anda. Usahakan tidak berbau SARA, ujaran kebencian maupun symbol2 negara. Karena apa yg anda tulis di Internet, apa yy anda tulis di SMS dan percakapan anda melalui jaringan telekomunikasi dan Internet saat ini telah dicatat oleh yg berwajib.
          Hindari masalah sebelum anda dpt masalah.

          • mungkin saja dia bisa melapor, apa jangan jangan dia kerja dilingkungan ring 1. wih ati ati nih di monitor jkgr heheheh

        • betul…, sebebas-bebasnya bicara pasti ada batasannya. Sangat elok apabila kita menghargai bangsa sendiri, khususnya simbol2 negara sendiri.
          i am setuju.

      • @mbah ngowoh

        Drone diganti satelit buatan Prof. Jospahat….mudeng ora koe son-son?!!!

        Dasar botjor….

        Udah ngarit sono buat pakan kuda !

      • Sekalian nih ADMIN saya minta tolong yg pake nickname saya Jimmy Sullivan di banned. Orangnya ada di Artikel TNI lomba lari 6 KM… orangnya yg bilang Gua? Gua? Itu dan Gurkha

        ————–

        # ADMIN : Sudah #

  2. pertamini,..

    • Prancis: Saya mau nawarin 3 skadron Mirage bekas buat anda. Saya dengar anda masih minat sama yang bekas bekas.
      Indonesia: Nanti saya kaji dulu.

      • nanti, saya “AKAN” ,… akan , akan

      • hehehe kabar angin semilir katanya Mirage udah lama ada di kandang kita bung @bung radong jadi ngapain di Franc pakai nawarin lagi. Kalo nawarin Yo sing barang sing up to date lho Yo?

    • Mungkin membuat missile Dan helicopter …atau design kapal perang frigate ..

  3. tot sonar kah..?

  4. Ha ha .. Voulez Tentrer Votre change en Indonesie . .

  5. denger denger tot nya exocet.
    kita di kasih tot full dari awal sampai akhir.
    kita bakal dia ajarin cara nge cat/painting nya dari bawah sampai atas.

    • xixixi….hanya ngecat…sekalian cara bubut logam dan dempulnya…heheh
      memang sih sekarang kita butuh sekali pengembangan dari Roket ke Rudal….mudah2an tercapai…

  6. TOT.apa..?.terlalu mahal..

  7. Dari dulu cuma TERTARIK..TERTARIK., TERTARIK…gk ada realisasinya.

  8. Kri spica kurang besarin dikit lg, krn kegunaannya utk pemetaan bawah laut jd harus panjang dan lebar kapalnya…

    • Hihihi untuk Pemetaan Bawah laut gk perlu kapap yg Ukuran besar bung edo… yg penting peralatanya lengkap dan canggih..

  9. Tertarik .. berminat , direncanakan … trus disurvey , selanjutnya negoisasi … hampir deal , setelah itu dipertimbangkan , nego lagi … tertarik , dipertimbangkan …dan akhirnya saudara2 … Keputusannya : ” Akan dibeli !!! ” … horeee 🙂

  10. udh g usah pake lama .. langsung exsekusi aja tawaran dr francis pak menhan.. ingat jangan sampe kata.. akan . terdengar lagi .. encok saya kumat lagi pegel nunggunya

  11. Kyk g tau gaya pak menhan…… Gtu mau ad alustista yang datang dr prancis… Pasti bikin heboh dulu warjager…. Kyk kasus sukoi… Di bikin mbulit tp tiba2 siap kirimmm….. Dr dulu emang suka gya pak rr…. Suka di tebak. Tp ngregetin….hahaha

  12. saya jadi tertarik membacanya
    karena pemerintah mencoba menjajaki alih teknologi yang sifatnya lebih komprehensif sebagai program jangka panjang.
    mesin kapal kelas SIGMA, Renault Truck’s Defence, radar dan sonar

    inisiatif ini jelas dari dubes perancis… dan Menhan mungkin hanya memberikan pernyataan tertarik saja kepada tamu yg berkunjung ke kantornya..

  13. Terima kasih untuk TOT VAB menjadi Anoa.

    Nah, RI butuh banyak meriam 105 dan 155 mm, sedangkan meriam 105 buatan Pindad masih belum memuaskan kinerjanya, laras masih cepat panas dan jangkauan tembak masih kurang jauh.

    Mohon diberikan TOT laras meriam, sistemnya berikut TOT swa geraknya.

    Selain itu RI butuh TOT Helikopter Angkut, mohon diberikan TOT untuk heli NH90.

    Juga mohon diberikan TOT untuk jammer pada Gowind 2500nya.

    Mohon diberikan pula TOT untuk sistem rem pada rafale M.

    Trus mohon juga diberikan TOT exocet Blok 3.

    Kok saya banyak maunya ya ?

    Xixixixi

  14. TOT propelen, bahan bakar rudal
    TOT scorpene 1000
    TOT peluru meriam ceasar
    TOT apa lagi yah???

  15. percuma tot
    daridulu tot melulu,tapi gak ada hasilnya
    paling banter……ter………ter………..ter……. ngerakit kasing dan ngecat kasing.
    iyo wes itu aja dari zaman daholak….
    ilmu totnya gak berguna
    yang cangkul aja masih impor kok
    ini mau buat alutsista mikir…
    engkong gue pun bisanya kalau hanya buat cangkul
    tinggal pesan besok diantar.
    lebih baik dari bawah dulu tot nya
    jangan langsung dari atas…
    pertama tot cangkul dulu
    baru tot aret
    baru tot ……….. tit……..tet……..tat………tut……..

  16. Tot apakh ??
    moga mistral

  17. Darurat !!!

    TOT kapal selam
    TOT lenjer
    TOT adaan
    TOT kulit

    Saya mau buka warung pempek…please

  18. Pak Menteri mau nawarin FREMM utk tender fregat thn ini

  19. Yg bagus ToT dri perancis itu kapal Mistral bru josss gak usah yg laen !!

  20. F Holland ; Untuk indonesia gua kasih ToT Scorpene…..,,,tapi………..

  21. komen gua nyasar

  22. propelan, sistem sensoring dan roket dari arianespace… itu aja cukup

  23. Gmn klo TOT radar aja. Biar RI bisa buat radar yg kuat daya pancarnya. Radar kita kebanyakn dibawah 600 Km jangkauannya.
    ?atanya mau Pre Emptive Strike doktrinnya. Berarti hrs punya radar yg jangkauannya jauh dan mumpuni.
    Kalo bisa jg TOT kasel Scorpene Class dan MBT Engine.

  24. Wah… setelah ngerayu Malaysia agar beli Rafale, keqnya si Hollande bakalan ngerayu Indonesia juga nih plus paket ToT nya 😀

    Bakalan kesalip lagi deh Tejasnya 😆 hahaha

    • Kayaknya gk mungkin bung lingkar persyaratan Agar kita dapet ToT untuk IFX kita harus beli lebih dari 20 Unit Rafale….Su-35 aja cuma bisa 12-14 Unit apalagi Rafale yg lebih mahal dari Sukhoi

  25. Mungkin yg mau dibahas Scorpene 1000. Kalo yg 2000 jg gpp kok. Kan seperti yg pernah dibilang Mbah Pur dulu, kita punya kasel buatan Jerman, Rusia dan Prancis.. Kasel midged. Bagus sih buat taktik gerilya bawah air di Indonesia.

  26. Mungkin yg mau dibahas Scorpene 1000. Kalo yg 2000 jg gpp kok. Kan seperti yg pernah dibilang Mbah Pur dulu, kita punya kasel buatan Jerman, Rusia dan Prancis.. Kasel midged. Bagus sih buat taktik gerilya bawah air di Indonesia.

  27. Ini akibat berita setengah2 gak lengkap, membuat warjager kebanyakan persepsi akibatnya puyeng sendiri.he3. Memang susah menebak strategi singa tua yg banyak pengalaman!

  28. bung jimmy ini gimana sih. ya g di pilihlah bukan karna soal 600 jt usd nya. kan di belakangnya ada. AN .. FREMM+AN = FREMMAN .. hihihihi….kaburrrrr

  29. Tes

  30. Udah sy bilang dari dulu ToT kapal induk kelas Mistral jauh2 hari udah ditawarken…… nah skrng mas Holannde mau sowan jd kalo mau ya tinggal ttd MoU aja….. kalo tot anoa. meriam, drone mah kecil nilainya

  31. Hadew… Lhaa Kok mau minta TOT…?? Piye ini…. Mikir nya kemana toh….
    apalagi minta TOT kapal nyelam, TOT pesawat mabur nya…
    Lha wong barang nya aja ora dibeli kok mau minta TOT…
    Kok nyimut…

  32. Kalo bisa TOT rudal jarak jangkauan. 160-220km minim kecepatan Mach 3..Dan radarnya..Nanti akan berwujud di PKR2 dan KCR2 kita…Satu lagi..Untuk rudal penjaga pantai…Kita butuh banyak ini…Sama AA gun..Yg 35mm…Kalo ada..Itu dulu aja..Kita juga butuh banyak..

  33. clue nya sih AIP buat cang bogel kite

  34. Trez bien monsieur, bienvenue en indonesia…

  35. Seharusnya kita meniru china, untuk maju kita harua sedikit nakal, sebab kalo kita belajar dri nol, akan memakan waktu sangat lama, amerika aja dlu mencuri dri jerman, kenapa kita tidak!?

    • ada cara yg lain dgn meniru swedia dan turki
      berhasil memanfaatkan situasi geopolitik

      kalau niru china saya ogah
      kewibawaan bangsa kita bisa hancur di mata dunia

  36. pada kata ” TERTARIK ” apalagi kata ” AKAN” ada unsur pHp, hoax, dan ketidakpastian arah, hak konsumen informasi diabaikan, bikin grambyang dan berpotensi memecah belah persatuan umat warjag saja jika pernyataan ini tidak segera ditindaklanjuti dan dibuktikan ketertarikannya dg kebenaran reaksi tanda tangan kontrak yg resmi dan terpampang nyata, cetar membahana sealam nyata. xixixi.

  37. Semoga target pajak tercapai sehingga rencana strategis bangsa Indonesia khususnya pertahanan bisa tercapai , amin.

  38. ToT daleman kpl selam
    ToT pswt tempur rafael
    ToT ngrakit A400
    ga banyak sih,tpi dananya cukup besar
    semoga terwujud aja

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)