Mar 152019
 

Romania is to deploy four IAR 330 helicopters to Mali for medevac and utility operations under MINUSMA. © Romanian Air Force

JakartaGreater.com – Angkatan Bersenjata Rumania akan mengerahkan unit helikopter yang terdiri dari 4 unit Puma IAR 330L ke Gao, Mali, di bawah Misi Stabilisasi Terpadu Multidimensi PBB di Mali (MINUSMA), menurut keterangan Kementerian Pertahanan Rumania seperti dilansir dari laman IHS Jane pada hari Selasa.

Sekitar 120 personel akan dikerahkan mulai akhir Agustus, seperti dijelaskan Kementerian Pertahanan, unit baru akan beroperasi pada 15 Oktober. Misi itu akan berlangsung selama satu tahun dan akan terdiri dari dua rotasi pasukan masing-masing enam bulan, menurut Kementrian Pertahanan Rumania.

Helikopter ini akan diberi tugas untuk memberikan dukungan evakuasi medis (medevac) dan juga akan melakukan pengangkutan pasukan dan kargo serta tugas pengintaian udara.

Ke-4 helikopter IAR 330L, yang dikonfigurasi sebagai pencarian dan penyelamatan (SAR), sedang ditingkatkan untuk penyebaran mereka ke Mali, menurut Kementerian Pertahanan Rumania.

Tidak ada informasi yang disediakan tentang spesifikasi upgrade, tetapi kemungkinan itu termasuk memasang helikopter dengan filter partikel mesin untuk mencegah tertelannya debu dan pelindung tambahan, seperti yang biasanya dilakukan pada unit penerbangan sebelumnya yang dikerahkan ke Mali.

Tiga helikopter yang tersisa dalam armada IAR 330 Angkatan Udara Rumania, yang juga akan ditingkatkan, itu akan disimpan dalam cadangan di Rumania dan digunakan untuk melatih awak helikopter menjelang rotasi kedua personel ke Mali.

Pelatihan pra-penempatan itu sedang berlangsung dan sedang dilakukan sesuai dengan petunjuk teknis dari PBB dan dibawah standar PBB dan NATO, tambahan Kementerian Pertahanan Rumania.

jakartagreater.com