Feb 282019
 

JakartaGreater.com – Kapal Armada Laut Baltik Rusia sedang melacak perusak rudal AS USS Gravely, yang telah berlayar ke Laut Baltik, menurut Pusat Manajemen Pertahanan Nasional melaporkan pada hari Selasa, yang dilansir dari TASS.

Dikatakan bahwa USS Gravely dengan peluru kendali memasuki Laut Baltik pukul 14.00 waktu Moskow. “Sarana yang ditugaskan dari Armada Laut Baltik telah mengorganisir pelacakan secara terus menerus dari kapal perusak rudal AS”, kata militer Rusia.

Sebelumnya, pada awal bulan Februari, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov, menegaskan bahwa diplomat dan militer Rusia akan melakukan segala kemungkinan demi mencegah penyebaran rudal Amerika Serikat (AS) ke negara Baltik.

Fregat rudal “Admiral Makarov” dari Armada Laut Baltik, Rusia

“Saya akan melakukan segala upaya yang mungkin untuk mencegahnya. Saya yakin bahwa setiap yang entah bagaimana terlibat dalam kebijakan luar negeri, kegiatan pertahanan dan keamanan kami akan terus bekerja sebagai tim untuk mencegah situasi yang berarti segala sesuatu yang menjadi landasan keamanan Eropa selama beberapa dekade telah musnah”, kata Ryabkov dalam sebuah konferensi.

Jenderal Viktor Yesin, penasihat komandan Pasukan Rudal Strategis Rusia dan mantan kepala staf Pasukan Rudal Strategis, mengatakan kepada TASS sebelumnya bahwa rudal balistik jarak menengah AS, jika dikerahkan ke negara-negara Baltik, akan dapat mencapai Moskow dalam waktu tiga hingga empat menit.

Menurut Yesin, waktu kedatangan akan tergantung pada jenis rudal dan jalur penerbangan mereka. “Waktu kedatangan rudal Tomahawk sekitar satu jam, sementara rudal balistik jarak menengah dapat mencapai Moskow dalam tiga hingga empat menit,” kata Yesin.