Apr 262017
 

Dok. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu saat Peresmian KRI Raden Eddy (RE) Martadinata-331 di Dermaga Pondok Dayung TNI AL, Jakarta, (7/4/2017) (Ryamizard Ryacudu @ryamizard_r)

Bogor – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyebutkan pendapat jurnalis asal negara Amerika Allan Nairn yang menyampaikan dirinya terlibat aktifitas kudeta terhadap Presiden Joko Widodo merupakan pernyataan ngawur.

“Bapak saya jenderal berjuang untuk memerdekakan negara ini, masa saya mau kudeta, ngawur,” ujarnya saat ditanya wartawan usai menghadiri Wisuda Mahasiswa Pascasarjana Universitas Pertahanan di Bogor, 25/4/2017.

Ia mengimbau agar pihak luar negara Indonesia meneliti terlebih dahulu dari dalam negeri terkait suatu pernyataan yang dilontarkan ke media massa.

Ryamizard juga mengingatkan tentang etika dan kesopanan sebuah bangsa yang tidak boleh bicara sembarangan terhadap siapapun, begitupun warga negara lain terhadap bangsa Indonesia.

Menurutnya, hal tersebut perlu disikapi masyarakat dengan cinta tanah air dalam persatuan dengan memandang tentang perjuangan dirinya serta keturunannya yang merupakan keluarga pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

“Saya malah dibilang orang ekstrem nasionalis, teliti dulu dia ada keturunan tidak, orang mana dia bilang begitu?,” katanya.

Ia menambahkan dengan adanya Universitas Pertahanan merupakan duta Kemenhan dalam pertahanan dan bela negara sehingga harus menyiarkan tentang persatuan bangsa kepada masyarakat luas.

Penangkal isu-isu upaya pemecah belah bangsa harus bisa diatasi oleh sebuah ilmu pertahanan dan bela negara yang baik.

“Nah ini semua itu ada ilmunya, banyak orang bicara pertanahan tidak pada ilmunya ngawur saja,” katanya.

Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Letjen TNI Dr I Wayan Midhio menyampaikan melalui bela negara persatuan bangsa dapat terjaga dari isu negatif yang dilontarkan seseorang yang tidak menyukai Indonesia menjadi kuat.

Ia berharap baik mahasiswa, alumni Unhan, masyarakat luas bisa menyebarkan cinta tanah air terhadap bangsa luar agar segala upaya memecah belah bisa tertolak sejak dini.

“Siapa yang tidak mengenal Menhan? Hidupnya dan jiwa raganya didedikasikan untuk negara ini. Beliau orang tuanya, mertuanya dan anaknya tentara semua, tidak mungkinlah melakukan itu,”

Usut Tudingan Allan Nairn

Pemerintah harus mengusut tuntas dugaan fitnah makar yang dituduhkan Allan Nairn kepada sejumlah tokoh militer Indonesia.

Pengamat militer dan pertahanan Connie Rahakundini Bakri kepada Antara di Jakarta, Selasa, 25/4/2017 mengatakan Presiden Joko Widodo sebaiknya meminta Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo duduk bersama mengusut dugaan fitnah makar tersebut.

“Karena jika tidak segera ditangani tegas oleh Kemhan, TNI serta BIN, akan berpotensi menimbulkan keriuhan politik baru dan dimanfaatkan kelompok tertentu,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Connie, TNI harus membuktikan tuduhan Allan Nairn dengan data.

“TNI harus membuktikan dengan data bahwa pernyataan Allan Nairm adalah ‘hoax’. Data itu dapat diperoleh dengan digital forensik yang harus dilakukan dengan TNI,”ujar Connie Rahakundini Bakri. Pembuktian secara digital forensik, merupakan suatu cara untuk meluruskan informasi tidak benar Allan Nairm yang terlanjur beredar di media sosial.

“Dengan digital forensik kita dapat akses pembuktian data bahwa apa yang dituduhkan Allan Nairm itu bohong belaka,” ujarnya.

Connie mengatakan TNI harus berkoordinasi dengan Kementerian Pertahanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Polri untuk memberdayakan ahli siber institusi-institusi tersebut untuk menyatakan ketidakbenaran pernyataan Allan Nairm.

“Pernyataan Allan Nairm yang beredar di media sosial jelas-jelas menyerang institusi TNI secara provokatif,” tegas Connie.

Pengaduan Panglima TNI ke Dewan Pers

Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi langkah Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang menginstruksikan jajarannya untuk menyelesaikan tuduhan makar yang diberitakan media daring (online) tirto.id melalui Dewan Pers.

“Panglima TNI mengambil langkah yang baik karena saya yakin Panglima TNI tidak mau terjebak dalam lingkaran yang bisa membuat kehancuran. Sikap Panglima TNI sangat kami apresiasi dengan melakukan langkah tersebut,” kata Sahroni di Jakarta, Senin, 24/4/2017

Upaya ini menurutnya, sebagai bagian dari kearifan TNI untuk turut menjaga Kamtibmas dan keutuhan NKRI.

Mabes TNI sebelumnya berencana melaporkan Tirto.id ke Mabes Polri karena mempublikasikan hasil investigasi wartawan asing Allan Nairn tentang dugaan keterlibatan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dalam upaya makar terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Publikasi media online pada 19 April tersebut merupakan terjemahan dari versi bahasa Inggris yang diterbitkan sebelumnya di media online The Intercept. Media ini dikenal dengan publikasi dokumen-dokumen pemerintah Amerika Serikat yang dibocorkan Edward Snowden, bekas pegawai Badan Pertahanan Nasional Amerika Serikat (NSA).

Kapuspen TNI Mayjen TNI Wuryanto menyampaikan bahwa Mabes TNI batal melapor ke polisi atas instruksi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang tidak ingin kasus itu menjadi polemik di masyarakat. Ia menyebutkan TNI akan mengadukan Tirto.id ke Dewan Pers.

Antara

Bagikan Artikel:

  70 Responses to “Menhan Ryamizard : Pernyataan Allan Nairn Ngawur”

  1. Biasanya Pak RR kan menelaah dulu, memperhitungkan, menimbang, sebelum memutuskan.
    Itu si alan dipanggil dulu. Diinterogasi. Ditanyain apakah data-data yang dia peroleh itu dari sumber yang terpercaya atau hanya dari angan-angan si alan saja. Baru nanti bisa disimpulkan omongan si alan itu ngawur apa ngaco.

    • menurut asumsi saya kenapa pak RR dan pak GN di isukan kudeta , krn 2 orang itu adalah bakal calon wapres 2019 menemani jokowi, jokowi harus memiliki wapres dari kalangan militer untuk meredam pergolakan dari para old soldier . isu itu di lepas narin memang untuk menjatuhkan nama 2 jendral itu agar masyarakat tidak memiliki kepercayaan lagi atau curiga. walaupun ada yg masuk akal dari tulisan artikelnya soal tentang pilkada jakarta tp ada yg terkesan sebatas imajinasi opini si narin saja, contohnya saya gak mau kasi tau kmu cari aja di antara paragraf artikel tsb.

      selain itu sepertinya 2 jendral, RR & GN tersebut bukan lulusan fort leavenworth / fort benning(sepertinya loh) jd bisa dikatakan patriot nasionalisme sejati. berbeda dengan 2 mantan jendral yg fenomenal dengan deretan prestasi pendidikan militer amerika.

      pernah inget kalimat ini?? “I love United States with all its fault. I consider it my second country…” muehehehe

      • dan jangan lupa dengan wacana wacana pak Gatot yg di utarakan di setiap pidato / seminar baik itu di universitas,forum atau di internal TNI tentang ancaman ketahanan pangan dan SDA dan peryataannya seputar pangkalan amerika yg mengepung Indonesia!!! maka tak heran di dijadikan sasaran tembak fitnah oleh jurnalistik amerika tak heran beliau di isukan akan mengkudeta pemerintahan. krn pak gatot adalah patriot nasionalisme sejati, hal inilah yg menjadi menakutkan bagi amerika ketika ada kalangan militer yg cinta mati sama tanah airnya.

        tapi dengan tegas pak gatot pernah mengatakan “Saya sebagai panglima TNI, atasan saya adalah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo selaku Panglima Tertinggi TNI. Saya harus taat dan loyal kepada presiden,” kata Gatot di Jakarta, Rabu (9/11).

        Ia menjelaskan sebagai umat muslim, dia pernah bersumpah saat dilantik menjadi Perwira TNI. Sumpah diucapkan di bawah kitab suci Alquran. Isi sumpah di antaranya, “Demi Allah, saya bersumpah akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila”. Isi lainnya adalah taat kepada atasan dengan tidak membantah perintah atau putusan.

        untuk pak RR beliau adalah orang yg berpengaruh dan di segani di militer. beliau adalah menantu wapres tri sutrisno, ayah beliau adalah loyalis sukarno dan beliau sendiri pun jg, beliau jg jendral yg setia dan cinta tanah air.

        pak RR dan pak GN belum punya catatan hitam pelanggaran HAM maka tak heran di isukan miring kudeta oleh amerika mencari cari kelemahan.

    • Pernyataan TNI mau kudeta presiden adalah pernyataan bersayap yg tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Mereka sebenarnya hanyalah strategi pesanan dr pihak lain yg akan mengadudomba antar wni. Kita sbg bangsa pejuang sdh tahu betul arah pernyataan alan naim. Kita bangsa indonesia lebih percaya dengan bangsa dan rakyat sendiri drpd percaya sama orang asing yg ada kemauan tersembunyi. Kejadian adu domba sdh pernah terjadi masa perjuangan. Dan itu sdh jd pembelajaran bangsa dan negara dlm mencapai cita citanya.

  2. ngaco komengnya

  3. TINGGAL TANYAKAN LANGSUNG SAJA KE WARTAWAN TERSEBUT. BEGITU SAJA KOK REPOT

  4. 80% benar,sisanya ada sisipan untuk membuat pecah belah bangsa, benang merahnya ada dikerusuhan 98 dimana banyak korban dan ada yg lari meninggalkan indonesia… kita tau bangsa asing tidak pernah mau liat negara ini maju dia memberi sepotong roti tapi mencuri sebongkah emas, pun diindonesia banyak penghianatnya dan menjadi kaki tangan amrikiyah, kroni orde baru dari dulu sampai skrng pro amrikiya

  5. For some points Allan Nairn makes sense

    • “Ohh my god..!! “”

      Maaf inggris sy bisanya cmn bilang gitu sj..

    • beberapa poin kalau di nalar sangat logis terutama hubungan antara organisasi agama dan elit2 politik sisa orba
      namun yg menjadi pertanyaan sya kenapa si allan nairn harus melepas hasil investigasinya menjelang pilkada seperti yg lalu2 pilpres 2014 dan 2009

  6. Ahh namanya saja si allan.. Identik dgn sialan..
    Istrinya pasti bu allan.. Identik dgn bualan..

    Lebih baik mikirin sukro35 gk dateng dateng pak..

    Ngomong ngomong sbnrnya dah tandatangan perjanjian blm sih pak su35nya??

  7. Wajarlah Allan Nairn Bilang Begitu Terhadap Menhan Riamijard Riacudu…..Kenapa Begitu…..Amerika Serikat atau Bahasa Sinonimnya ASu KIRIK , Tidak Ingin Pertahanannya Indonesia Kuat Dalam Arti Perthanan Intelejen , Pertahanan Nasionalis , Pertahanan Cinta Tanah Air Termasuk Pertahanan Bela Negara…..Karena Apa ???…Amerika Menginginkan Supaya Di Indonesia yang Majemuk Ini ” Supaya ada Embrio atau Bibit bibit yang Tidak suka Terhadap Pemerintahan Kita , Terutama terhadap TNI “…Bibit bibit ini akan dilindungi dengan HAM atau disuplai Dana Untuk menentang Pemerintahan kita ….Seperti Terorispun akan Dilindungi apabila akan Berpihak terhadap Amerika Serikat…..Jadi Intinya…..Sebaik apapun Hubungan Baik Indonesia Dengan Amerika Serikat , Tetap seperti ” DURI DALAM DAGING “…..Solusinya apa….Indonesia mau tidak mau harus Mandiri Dalam Bidang Pertahanan dan Mandiri Dalam Bidang Pangan dan Tingkatkan hubungan baik dengan negara lain yang baik ….

  8. Sikapi bijak pernyataanya, jgn panik….usut segera bila salah siapkan regu tembakk.

  9. “ini bulan depan (maksudnya Maret 2016 – pen) saya sendiri akan ke Russia untuk tanda tangan kontraknya”

    “enggak usah banyak-banyak lah, cukup 8 – 10 Su-35”

    hayyo … kalau yang itu ngawur juga enggak pak ?

  10. Ini sekedar saran.selama ini Asu sering menghargai kepala seseorang dgn ……..US Dollar baik hidup atau mati . Nah kita kasih harga aja kepala si Allan Nairn dgn ….. Rupiah. Krn telah meresahkan kehidupan berbangsa n bernegara di Indonesia.

  11. MAKANYA BURUAN DIBORONG SU 35 NYA BIAR GAK DILECEHIN MULU..BORONG 70 UNIT..

    • kalo saya mending buat rudal yg jangkauannya ribuan kilo itu sudah bisa membuat negara lain berpikir keras, pengembangan RHAN mutlak dilakukan, disamping itu pertahanan rudal anti pesawat dan anti rudal adalah beringingan dengan kemampuan mengirimkan rudal dengan jangkauan minimal FPDA rata, mengapa rudal ? karena lebih murah dan jangkauannya jauh dan efek diterjennya mengalahkan sabun colek ….. wkwkwkwkw

  12. Berbagai cara digunakan untuk menghancurkan Indonesia. Kalau Indonesia lemah, maka tidak pakai cara halus, tapi invasi langsung. Seperti yg dialami Iraq, libya, afghanistan, etc . .

    Sebetulnya ada negara yg aslinya tidak ingin Indonesia kuat. Bahkan ingin Indonesia hancur. Mereka sekarang terlihat bermuka manis karena Indonesia masih cukup kuat saja.

    Waspadalah, waspadalah, waspadalah !!!

  13. Cara terbaik untuk menghadapi fitnah adalah membiarkan waktu saja yang membuktikan apakah omongan si pemfitnah itu benar.

    Tuhan dari sejak ribuan tahun yang lalu difitnah oleh Setan tetapi nggak langsung binasain Setan tuh. Setan dibiarin hidup sampai sekarang.

    • Karena sudah ada MoU antara Tuhan dan Setan bung 😛 wkwkwkwwk 😆

    • om..jutaan….bukan ribuan.

    • tidak bisa begitu bang, negara ini sdh masuk lingkaran penghacuran, lbh 10 tahun yg lalu sy sdh baca analisa akan terjadinya hal ini dimulai dari tunisia, arab spring libya, irak suriah, setelah itu adalah indonesia, mereka menggunakan orang dalam yg sudah jadi zombie (radikalis dan takfiris) untuk melakukan serangan pembuka dengan mengacaukan dalam negeri, kan susah membidik bangsa sendiri, nah kemudian mereka masuk, apa yg terjadi disuriah adalah mimpi buruk bagi amrikiyah al washintoniah karena terlibatnya rusia, harusnya negara itu sdh hancur dan sasaran tembak selanjutnya adalah indonesia, kita harus melawan perpecahan, pilkada jakarta itu adalah langkah maju radikalis yg disokong amrik, betapa mudahnya orang diperdaya dengan nama agama, belum lagi intimidasi dan teror secara terstruktut sistematis dan massif, operatornya adalah bangsa yg melayani kepentingan ASU, dan mereka menumpang isu sara yg sangat sexy… tinggal kita anak bangsa mau liat kemana bangsa ini nantinya…

      • Iya bung. Tidak bisa dengan “membiarkan waktu saja yang membuktikan apakah omongan si pemfitnah itu benar”. Soalnya persoalan ini bukan hanya antara yang memfitnah dan yang difitnah saja, tetapi akan menyangkut ke masyarakat karena sudah taraf urusan pemerintahan.
        Kita lihat sendiri masih banyak orang yang terburu-buru mengambil sikap pada suatu isyu. Banyak yang langsung ikutan menghujat seseorang yang tertuduh tanpa memahami dulu apa maksud dari orang yang tertuduh itu apakah sesuai yang dituduhkan atau tidak. Ketika kebanyakan temannya marah dan menghujat seseorang, ada lho orang yang ikut-ikutan menghujat tanpa memahami dulu permasalahannya.
        Nah jika soal si Allan ini hanya dibiarkan, padahal bisa saja banyak orang yang sudah terlanjur percaya, akibatnya nanti bisa merambat ke mana-mana. Makin ruwet. Komen saya ini pun sudah ruwet.

      • NGAWUR SAMPEAN….JANGAN BAWA2 SARA SESUAI PIKIRAN SAMPEAN DALAM OPINI!!! ATAU SAMPEAN YANG SOK BENAR JUSTRU ORANG YANG INTOLERAN? PENGECUT MENGHADAPI KENYATAAN DEMOKRASI DAN MENYEBAR OPONI SESAT UNTUK TUJUAN NAFSU SESAT SAMPEAN!!! INSAFLAH SAMPEAN…SEBELUM AJAL DULUAN MENJEMPUT SAMPEAN!!!

  14. Vietnam mmg lebih kejam dari pada Mamarika…

  15. Hehehe….. Sabar…. Dan tenang hadapi dengan penuh ketenangan…. Dengan munculnya presepsi. Allan nair.. Tinggal di lihat saja… Sapa yang loyal pada negara dan siapa yang berhianat…. Segala sesuatu. Kejadian pasti ada hikmanya….. Hehehe salam damai heheheh

  16. mungkin perlu pembersihan elit2 politik sisa Orba baik skrang yg ada di pemerintahan maupun oposisi
    dan utk memantapkan reformasi Tni dari identitas tangan kanan Orba perlu peraturan dimana institusi Tni tidak boleh digunakan sebagai batu loncatan utk meraih dukungan serta kepopuleran sebelum terjun ke ranah politik dan ini berlaku utk berbagai jabatan baik itu pensiunan ataupun yg lain.

    opini pribadi

  17. apa perlu gerakan seperti .KGB. apa mau seperti kasus kakanya kim jong un yg malaysia..dr pada bikin ulah melulu…loe gue selesai..tamat…sekian..

  18. Wartawan asing …LSM asing Dan Dalam negeri…yang berhubungan dengan HAM Dan demokrasi ..terbukti Tidak punya niat baik terhadap kedaulatan NKRI …
    Yang mau dilemahkan ..TNI nya ..PolRi ( Gampang sekali ini) …Dan generasi muda nya kita di NKRI ini…
    Tidak usah percaya sama mereka ..
    Tidak usah baik baik sama mereka …mereka itu Musuh yang nyata …
    Abaikan saja…
    Kalau ada kesempatan…kita tumpas mereka itu bersama …

  19. Biasa pak, wartawan asing iku model lambe turah, dibayar bikin berita sensasional cenderung bohong dan bikin runyam….hidup mereka memang seperti itu, kere kalau cari duit model gitu, kacangan profesinya, gak kelas….ora usah di gubris….mending kapan latihan tempur dekat perbatasan Timor Leste atau perbatasan laut dengan Darwin???

  20. Dipanggil,terus di keplak kepalanya Pak.biar otakbya gak mampet.

  21. Allan Nairn ngawUr

  22. Tes

  23. Hati2 Allan Nairn Mau Memecah Belah NKRI…

    #NKRI Harga Mati…

  24. Semoga doa orang2 yang berjumlah 7 juta lebih kemaren ada untuk keutuhan dan kejayaan Indonesia sampai diakhir jaman..dan semoga doa2 tersebut dikabulkan ALLOH SWT..jadi orang2 yg akan merusak negri ini..akan tersingkir dengan sendirinya..(UNTUK SIAPAPUN!!)..heheh..dengan sendirinya Indonesia akan TERSEGEL oleh doa kebajikan dan keselamatan….SIAPAPUN yg ingin merusak indonesia akan TERLIBAS!..ingat ya SIAPAPUN GAK ADA KECUALI…..karena untuk keselamatan Bangsa Indonesia secara kesuluruhan..jangan diremehkan doa2 ini..sekuat apapun anda DiDUNIA ini(kecuali dajjal)….jika ALLOH SWT sudah mengabulkan doa tersebut dikala itu…gak gampang menabraknya…saya pribadi hanya bisa mengingatkan..untuk kalian semua..untuk kembali beriman sesuai dengan agama kalian masing2..

    • Semoga kedepannya doa bersama untuk keselamatan dan kejayaan negri Indonesia ini ada…ingat ya untuk keselamatan dan kejayaan negri Indonesia sampai diakhir jaman..dan semoga jumlahnya lebih besar…3x,5x,..dan rutin sebagai agenda..hehehe..supaya tambah kuat SEGEL DOA tersebut..(secara tidak langsung akan menguatkan persatuan dan kesatuan seluruh bangsa Indonesia,yg tingkat sosialnya berbeda2..dalam satu tujuan dan satu doa…;)..yang takut jika ini terlaksana lagi hanya 2…yg ingin merusak negri inisiapapun dia,sekali lagi siapapun dia…dan koruptor…..hahahahah..(apakah orang yg ikut berdoa pada waktu juga kena??…iya akan kelibas!!,selama dia punya niatan untuk merusak negri ini)…itu harapan pribadi saya…semoga terlaksan kembali untuk keutuhan dan kejayaan INDONESIA SAMPAI AKHIR JAMAN…AAMIIN!!…

  25. Harus waspada dgn para komprador, lbh sulit menghancurkan penghianat dlm negri karena berlindung pd HAM dll. Klu mencari bukti aliran dana pr teroris Polisi cepat, giliran aliran dana dr asing untuk LSM2 dlm negeri sepertinya cuek bebek!

 Leave a Reply