Jul 242014
 

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro (tengah).

Jakarta – Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menegaskan hubungan RI dan Tiongkok semakin intens dalam kerjasama di bidang industri pertahanan. Salah satunya adalah kegiatan pengadaan alutsista berupa misil rudal.Menurut Purnomo, TNI terutama Angkatan Laut sudah merasa cocok dengan rudal buatan China. “Pas latihan gabugan di Jawa Timur. Saya sendiri hadir melihat kemampuan rudal China tersebut. Dari temen-temen di TNI terutama Angkatan Laut itu merasa pas dan cocok dengan rudal-rudal China. Dari segi kualitas dan cost,” ujar Purnomo di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis, (24/7/2014).Purnomo menambahkan untuk misil Rudal, pihaknya serius terkait kerjasama pengadaan alutsista ini. Dia menekankan ada empat kerjama di bidang ini dengan prioritas pengadaan rudal jarak pendek dan jarak menengah. Kerjasama ini direalisasikan antara Kementerian Pertahanan RI dengan State Administration for Science, Technology and Industry for National Defence (SASTIND).

“Jadi mereka dan kami betul-betul menjalin kerjasama ini. Ada empat kerjasama pengadaan yaitu rudal jarak pendek dan rudal jarak menengah,” ujar mantan Menteri ESDM itu.

Adapun sejauh ini produk rudal yang digunakan TNI di antaranya Rudal C-802, C-705, Rudal QW-1, dan QW-3. Saat ini, Kementerian Pertahanan dan SASTIND terus berkomunikasi intens untuk melakukan produksi bersama dan transfer teknologi.

Sementara, hari ini Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di kantornya mendapat kunjungan Vice Chairman of the Central Military Commission PLA Tiongkok, Jenderal Fan Changlong. Kunjungan ini sebagai bentuk implementasi kerjasama strategis di bidang pertahanan antara RI – Tiongkok.(news.detik.com)


Menhan Tegaskan Posisi RI Netral Soal Sengketa Laut China Selatan

Jakarta – Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro hari ini mendapat kunjungan dari Vice Chairman of the Central Military Commission PLA Tiongkok Jenderal Fan Changlong. Kunjungan ini sebagai bentuk implementasi kerjasama strategis di bidang pertahanan antara RI-Tiongkok.

Meski terus intens dalam kerjasama dengan Tiongkok di bidang militer, Purnomo menegaskan kalau posisi Indonesia tetap netral dalam sengketa Laut Cina Selatan.

“Kita sampaikan juga posisi Indonesia. Kalau kita ingin jalur itu sebagai kawasan bebas berlayar, zona damai, stabilitas jalurnya,” kata Purnomo di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis, (24/7/2014).

Dia mengatakan Laut China Selatan bisa digambarkan sebagai rute bagi kapal-kapal niaga antar negara yang melintas. Indonesia sebagai negara kepulauan, menurutnya tetap mengupayakan zona damai di kawasan Laut China Selatan. Dia menyebut sejauh ini ada empat negara Asean yang bermasalah dalam kasus Laut Cina Selatan yaitu Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei.

“Ada empat negara Asean yang bersengketa dengan mereka yaitu Filipina, Malaysia, Vietnam, dan Brunei. Terutama Vietnam dan Filipina. Begitu juga China dengan Jepang antara mereka. Kita memahami negara ini dua negara kuat. Tapi, sesuai pembukaan 1945 itu ditegaskan kalau Indonesia ikut menjaga kedamaian di dunia,” kata Purnomo.

Soal kunjungan Jenderal Fan Changlong, Purnomo menyebut kalau pertemuan ini menjadi implementasi dari perjanjian kerjasama di bidang pertahanan sejak 2007. Kerjasama ini berlanjut dengan pengukuhan penandatanganan nota kesepahaman industri pertahanan kedua negara pada Maret 2011. Dalam kerjasama ini pula, kata dia, sudah diaplikasikan latihan gabungan antara TNI dengan militer Tiongkok.

“Kita dalam setahun itu tujuh kali mengadakan pertemuan (dengan Tiongkok),” ujarnya. (news.detik.com)

 Posted by on July 24, 2014  Tagged with:

  118 Responses to “Menhan: TNI Cocok dengan Rudal China”

  1. Cmiw

    • HARGA MURAH-MERIAH itulah makannya kita COCOK bin CUCOK

      Mereka juga berprinsip sama dengan RUSIA yang sama sekali NGAK USIL barang yang kita beli buat apa

      namun wajib memakai konsep ToT dengan Cerdik, karena mereka (China) terkenal akan Ke- LICIK – annya

      • artinya bersahabat erat dan selalu waspada dg trik2nya.

      • Bung melektech…sy awam soal teknis…tp benarkah begitu susah membuat peluru kendali sementara teknologinya sdh ada sejak 50 tahun yg lalu?

        Sy miris melihat kita seperti mengemis pada cina untuk sekedar TOT teknologi rudal…apakah ahli kita nggak bs bongkar pasang sendiri?

        Soalnya kalau beli kita gak akan dapat memiliki rudal jelajah yg kemampuannya bs 1000 km lebih karena di ganjal rejim penjualan teknologi rudal jarak menengah-jauh….

    • Assalamualaikum wr.wb
      udah battle proven gk?
      wehehehe biasanya kan itu alesan utamanya :v
      kalau salah ya maaf πŸ˜€
      maaf oot πŸ˜€

  2. Lagi bahas mengTOT Missile Don Feng

    • ote-ote dong-feng? c-705 aja ora jelas :mrgreen: he,he,he

      • Bung erich..
        Tp kenapa china dan pakistani,serta myanmar begitu mudah dapet ote2 dari negeri selicik kancil china.?

        Padahal dilihat dari segi persahabatan indonesia sdh bersahabat dg china berpuluh abad semasa majapahit.sriwujaya.

        • myanmar pan jadi proxynya joe chink bung klo pakistan mungkin ( ini mungkin loh ) karena faktor persaingan ma india. nyang menarik itu sudan bung, kira2 dimari mau gak meniru sudan?……he,he,he

  3. hadir

  4. ngirim DF21 ya pak πŸ™‚

  5. numero cinq…. ga cuma rudalnya pak…. semangatnya juga lah yawww

  6. Hadir.. 5

  7. siap…!! cocok nih. Borong pak sekalian bikin kerja sama bikin roket yg lebih gahar

  8. sekalian bungkus yang jarak 4 digit pak pur. . salam kenal semua…

  9. mantap !!!

  10. 10

  11. Kalau rudal jarak jauh aja dan jauh bingit jatahnya papa bear

  12. Wah ini berita bagus menurut ane, kita bersahabat baik dengan China, saya setuju kita netral aja di LCS, toh ASEAN cuman gitu-gitu doang lha anggotanya pada punya masalah perbatasan dan saling klaim, teruskan TEOTE sama Joching sembari perkuat perdagangan dengan mereka, tidak dapat dipungkiri fakta bahwa China memandang Indonesia berstatus lebih penting sehingga menjadi salah satu prioritas dalam kebijakan luar negerinya karena ada persaingan dengan ASU, posisi geografis Indonesia mau tidak mau membuat China harus lebih merangkul Indonesia, karena Indonesia secara politik dan geografis bisa menentukan β€˜warna’ dan β€˜arah’ kawasan Asia Tenggara. Kita ini ibarat gadis cantik yang harus pandai memilih perjaka, karena secara global policy kita lebih satu arah dengan China daripada dengan ASU.

    • Kita ini ibarat gadis cantik yang akan selalu menjadi gadis

      Tidak akan pernah jadi nyonya besar karena selalu berharap tetap menjadi gadis yang selalu ke-geer-an gara-gara terlalu sering digombali oleh om-om dari AS maupun Cina

      Sekedar mengingatkan, posisi “gadis cantik” bukan tujuan akhir, Nyonya besar lebih bermartabat

      Akan sangat membanggakan jika negara-negara Asean hingga Cina/AS yang berharap dirayu Indonesia, bukan kita yang berharap dirayu

  13. Mantap,Lanjutkan pak poer……!!!!

  14. DF21 adalah senjata pamungkas (penggetar bukan penggeli) yg harus dipunyai TNI AD, yg akan membikin Indonesia disegani dan dihormati. DF21 bisa menjadi model bagi pengembangan RX750-RX1000. Mimpinya rakyat jelata… eh pedagang ayam…bagi kejayaan NKRI.

  15. Mantap.

  16. Hq 16 nya cocok juga gak om? πŸ˜‰

  17. eh buat ancurin apa yah DF21 ?

  18. Mari kita lihat bersama :
    ASU sudah membangun pangkalan militer yang mengelilingi nusantara, yang tentu saja otosmastis akan mengancam NKRI dari segi geopolitik. Timor Leste pernah meminta China menempatkan
    militer disemenanjung Timor namun China menolak tanpa seizin Indonesia. Jika Indonesia merestui. Maaf pendapat orang OOT
    Monggo dipun tambahi…..

  19. BTW rudal yang dipakek dijatim rudal type apa ya?…..

  20. padahal dlm hati kecilnya sejak sebelum-sebelumnya TNI terlalu gengsi dan sedikit memandang rendah made in china πŸ™‚

  21. selamat mudik buat sobat & sesepuh warjager semua .. hati2 dijalan .. salam NKRI :mrgreen:

  22. Dalam kerjasama dengan cina, jangan lupakan pengembangan rudal dan roket dalam negeri. Untuk mencapai negeri “setra ganda mayit” maka harus mempunyai ribuan roket di pulau-pulau di nusantara ini.

    Kerjasama strategis indonesia dengan cina harus bisa dikembangkan dalam bentuk kerjasama yang saling menguntungkan baik segi ekonomi, investasi, pertahanan, dan militer.

  23. bahasa negosiasi dari pak Pur…rudal anda cocok koko,kita bisa beli lagi..tapi jangan sungkan kasih2 TOT buat aii..penglaris lah koko,soal LCS aii ngga ikut2 oee yahh.. πŸ™‚

  24. Bungkus …
    Kayanya ga ngomongin itu aja …
    Ada udang dibalik rempeyek neh … He he he
    sesepuh … Siaga 1 nya kelamaan …

  25. lanjutken

  26. Mohon pencerahan Dari sesepuh warjang..!! Di tunggu Yaa..!!

  27. camsia cansia koko

  28. ngapain koq bli buatan china..frustasi ya pak?
    Pengen yg original rusia harganya mahal,atau bs jd rusia enggan menjual ke indonesia..kebetulan ada kw nya ya beli aja yg penting ada,seperti org pengen beli motor asli japan nggak mampu,china siapkan kw nya dgn harga jauh lbh murah dan kwalitas apa adanya..tp mungkin menurut pak pur,lbh baik ada drpd tdk..china tersenyum riang,palu arit mulai berbisik,seakan mengatakan umpannya hampir dimakan ikan..

  29. Affirmative 😈

  30. Mohon bagi yang paham maksud p Poer “LCS kawasan bebas berlayar, zona damai …..” Btw saya senang dgn tulisan yg di bolt.

    • Kalau untuk berlayar, dari dulu juga LCS memang bebas, aman dan damai. Tapi gelombang lautnya itu yang tak kuku, bikin muntah beraneka warna..! Bagi saya, pengalaman mengarungi LCS, adalah moment yang tak terlupakan dalam hidup saya. Hehehe..! Maklum, pas pertama berlayar, langsung melewati LCS..! Tapi sesudah itu, saya merasakan semua laut seperti datar dan landai, kecuali segitiga Bermuda..!

      • pernah jajal teluk biscaya bung yayan?…… :mrgreen: he,he,he

        • maaf ane bukan tukang nyari kerang, cuman ngeliat dari atas doang. cukup denger cerita dari temen nyang nongkrong di BREST, utk nyicipinnya….ntar dulu deh…….baedewei berarti anda udah termasuk pelaut kelas dunia nih bung yayan ( klo emang udh pernah nyicipin )…….he,he,he

        • Saya cuma tukang masak bung..! Salah satu kiblat culinary dunia adalah French. Kebetulan isteri saya juga kelahiran sana. Kerja saya juga pernah menuntunnya ke sana. Kapal saya sering melintas dari selatan French ke utara Spain. Mau gak mau, harus lewat tempat serem ini. Kegagalan yang sering saya alami apabila melewati teluk ini adalah fruits puding jelly/agar-agar buah yang saya buat, tidak pernah memiliki permukaan yang rata, dan juga belepotan. Sangat memalukan..! Akhirnya, dessert yang tepat adalah cream tart atau cream cake, fruits kebab, dll, pokoknya yang bentuknya tidak akan terpengaruh oleh hantaman gelombang..! Overall, tempat ini sangat indah..!

        • walaupun tukang masak anda pan juga mengantongi seaman book kan? ya berarti pelaut juga tho? maaf klo ngawur …..he,he,he

        • Hehehe..! Betul bung..! Cuma bermodalkan keterampilan, seaman book dan sehelai sertifikat BST(Basic Safety Training) dari Sekolah Pelayaran Barongbong, Gowa, Sulsel..!

      • dan pernah nyobain atau tahu gelombang segitiga bermuda Pak Yayan??heheh salam hangat untuk keluarga di KL Pak πŸ˜€ :mrgreen:

        • Kebetulan waktu kecil, saya cukup lama tinggal di beberapa negara Amerika Latin, jadi tentu saja saya mengenalnya. Dan kebetulan juga, kapal tempat saya bekerja dulu sering melayari salah satu kawasan pelayaran tersibuk di dunia ini. Pantai Florida, Cuba, Bahamas, Caribean, San Juan-Puerto Rico, Bermudes, adalah kawasan laut super eksotis dan romantis. Sayang, jauh banget..! Gak apa-apa, kita juga masih punya Lombok, Bintan, Andaman dan Mentawai..! Kalau serius diasah, saya yakin, kita bisa menjadi surganya dunia..! Insya Allah..!

          • Besar mana gelombangnya ma selat Magelhaens di selatan amrik bung yayan? katanya ini juga kuburan kapal yah..

      • Makasih bung Yayan. Trus bagaimana dengan klaim China? Bukankah kalau LCS jadi diklaim(masuk) wilayah China jadi tidak kawasan bebas lagi. Maaf pertanyaan orang yang gak paham politik.

        • Saya yakin, klaim LCS oleh China tidak akan berefek pada kebebasan berlayar, selama klaim itu tidak menyulut peperangan. Yang tidak bebas itu kan cuma di kegiatan eksplorasi dan eksploitasi kekayaan alam dan bumi yang terkandung di dalam dan di dasarnya. Sebagai negara yang netral, alangkah baiknya jika Indonesia terus mendorong perundingan damai agar status kepemilikan LCS bisa sesegera mungkin tercapai. Dengan hak kepemilikan yang jelas, maka value yang dimiliki LCS bukan hanya bisa dinikmati oleh negara-negara claimant, tetapi juga oleh negara-negara lain, seperti Indonesia misalnya. Atau jika perlu, dibuat konsorsium aja, agar semua kepentingan bisa terakomodir. Petakan semua potensinya, susun business plan, tentukan besaran modal yang diperlukan, bagi hasilnya..! Konflik teredam dengan tidak mengabaikan nilai ekonomi yang dikandungnya. Cuma ide tukang masak..! Hehehe..!

  31. Indonesia harus bersahabat dengan semua pihak termasuk dengan Tiongkok tetapi tidak berarti harus tunduk dan patuh terhadap pihak tertentu, cita citanya Indonesia harus menjadi kekuatan penyeimbang yang harus diperhitungkan oleh pihak-pihak yang berkonflik. Dengan menjadi kekuatan penyeimbang maka Indonesia akan mampu menjamin adanya perdamaian di kawasan;untuk itu Indonesia memerlukan militer yang kuat berkemampuan serang jarak jauh…

  32. kri banjarmasin yg kelak datang dari cina…monggo ditengok isinya

  33. – Kidung Lagu Harapan –

    Wahai Presiden kami yang baru…
    Kamu harus dengar suara ini…
    Suara dari dalam doa rakyatmu…

    Belikan kami….SAM-300
    Belikan kami….SAM-400
    Belikan kami…..PANTSYR
    Belikan kami….SU-35
    Belikan kami….SU-34
    Belikan kami….KILO
    Belikan kami….Amur
    Belikan kami….Destroyer

    Akan ku angkat engkau menjadi “SATRIO PINANDITO SINISIHAN WAHYU”…..

    Masalah moral….masalah akhlak….biar kami urus sendiri…
    Urus saja alutsista negara…urus saja kedaulatan negara…Rasa Aman itu yang kami mau!!

    Tegakanlah dengan tegak kewibawaan bangsa….
    Hati-hatilah dengan ular sawah….
    Ingatlah-ingat dengan sejarah Timur – timur…
    Kuatkanlah otot…asahlah taringmu…robeklah leher musuh-musuhmu

    Akan ku angkat engkau menjadi “SATRIO PINANDITO SINISIHAN WAHYU”…..

    Insya alloh Rakyat NKRI bersama mu!! Wahai presiden kami yang baru…kamu harus dengar suara ini..!

  34. tuntunlah ilmu sampai kenegeri cina…… knapa tidak barat/ timur.? yang tau jawab tunjuk tangan……….

  35. tuntunlah ilmu sampai kenegeri cina…… knapa tidak barat/ timur.? yang tau jawab tunjuk tangan……….

    • karena kita d jajah barat + jepun,,,, jadi leluhur nyuruh kita ke tiongkok aje.

    • BELAJARLAH WALAU SAMPAI KE NEGERI CINA…
      Pepatah itu berlaku sampai skrang.

      Kita berharap indonesia terus belajar kepada cina tentang banyak hal,bukan hanya teknologi alutsista militer,tetapi belajar juga cara membangun kekuatan militer,ekonomi,politik,memberdayakan SDM utk mensejahterakan rakyat (jangan lupa belajar hukum tentang pidana KORUPSI),ditambah belajar TEGAS CARA MENJAGA KEUTUHAN & KEDAULATAN NEGARA DAN HARGA DIRI BANGSA

      imho

      • Yups betul om Satrio…mungkin pd waktu Kanjeng Nabi Muhammad.saw.Negri Tiongkok maju tentang Ilmu Pengobatan,astronomi,Matematika,Kimia,Arsitekstur,biologi dll.ALAHHUALAM…

        • Bung hapsariputri, bukan alahhualam…. Tp Wallahu a’lam yg artinya: β€œDan Allah lebih tahu atau Yang Maha tahu/Maha Mengetahui”

          Salam hangat

        • Assalamualaikum wr.wb
          itu hadisnya shahih gk bisa di pertanggung jawabkan gitu?
          la kl obat”an cina kadang” pk ramuan lo dan bahan ramuannya gk tanggung” kelabang kadal cacing itu boleh gk d konsumsi?
          setahu saya china itu otak dagang jadi kalau masalah duit jangan ditanya :v
          prinsip china biarkan orang lain yang melakukannya sama kek singapore :v
          contoh bila ada orang china dapet undian ditanyai mau di apakan duitnya mau di buat sekolah atau dagang, pasti jawabannya dagang :v
          saya tidak begitu suka dengan china karena sifatnya licik culas gk beda jauh ma sonotan :v
          kalau salah ya maaf πŸ˜€
          maaf oot πŸ˜€

    • Banyak ilmu pengetahuan, filsafat, ekonomi/perdagangan, seni dan teknlologi yang mengubah sejarah dunia berasal dari Tiongkok. Salah satunya yang berkaitan dengan pertahanan yaitu misiu dan senjata api yang akhirnya mengubah dunia dan menjadi tulang punggung militer di seluluruh dunia. Startegi militer Sun Tzu, kertas, percetakan dll. Benua Amerika ditemukan Columbus karena ingin ke Tiongkok dan akhirnya mengubah sejarah dunia. Menurut saya, pada masa itu Tiongkok menggabarkan Asia Timur secara keseluruhan. Efek penjajahan Moggolia atau dinasti Yuan melahirakn dinasti Otoman yang mewariskan ilmu pengetahuan sampai ke Eropa/Barat. Pada masa sekarang kita tahu Tiongkok, Jepang dan Korea seperti apa. Mungkin itulah kenapa kita disarankan menuntut ilmu sampai ke negeri Cina (pendapat tukan kebun, hehehe… )

      • jangan lupa bung, untuk membeli alutsista butuh uang. Uang kertas pertama kali dibuat di China, bahkan ketika Mesir kuno masih menggunakan kepeng dan semi barter emas/perak, di China sudah mengenal Ginbio yaitu uang kertas yang dikeluarkan rumah dagang khusus (bank) yang dipercaya dan distempel oleh Pemerintah Kota setempat.

  36. kita bisa ikut polling memilih calon menteri di facebook resmi pak jokowi… saatnya kita ikut berpartisipasi memilih calon menhan. menurut temen” siapa ya yg cocok?

  37. Gerak cepat RRT melihat perkembangan setelah pilpres…klo negara2 lain hanya melihat dari jarak jauh…RRT langsung mengirim utusan yg tidak maen2 jabatannya ke Indonesia…hayoo ada apa nih?.. semoga klo pun ada kesepakatan yg terjadi semoga kesepakatan itu bermanfaat bagi negara ini amin

    • ryan zae@….. promosi barang dagang kelas kakap mas bro…..sekalian memberi penjelasan kalau negara nya sangat bersahabat ( dengan Indonesia maksud nya )

  38. Politik stop dulu, hari ini kembali ke laptop, diskusi alutsista dan militer sesuai habitatnya he he he….. ok………, salam hangat

  39. kabar gugatan Nyumon gemana kelanjutennya ?

  40. Sujud sukur, pak mehan smart pilihan yg tepat smoga lancar. Hore dongfeng hadir utk TNI. 22 jempol buat pak menhan.

  41. veny@itu semua bermuara dr sebuah filosofi org china yg mengatakan “org yg sukses adalah org yg selalu memanfaatkan setiap menit yg ada,mereka tidak suka membuang buang waktu dan usianya utk suatu hal yg sia sia”..

  42. lebih baik nungguin juklak & juknis nya … biar jelas mo pake jurus apa ?
    kalo negara pake prinsip non blok memang bagus punya source alutsista yg beragam & bisa pilih yg cocok dg dompet.
    cuma kalo kbanyakan source jg bakal masalah di maintenance cost nya, blm lg program ToT bakal nambah waktu … maklum tiap saat nambah alutsista yg sejenis tapi berbeda negara produsennya … jadi bingung nih … kbanyakan beli barang build up … kapan kita
    bisa full mandiri nya ?

  43. “Prioritas rudal jarak pendek dan menengah” ,
    Kayanya 2 tahun lagi indonesia udah bisa buat rudal Jarak 3 digit asli buatan tangan bangsa ini , dengan. Tot dari china

  44. Bagaimana dengan Nasib TOT rudal C750 dr cina… mohon penjelasan dr para senior.

  45. menhan budiman – menristek prof surya – dream team !

  46. ga salah Rasulullah berkata demikian karna peradaban cina termasuk tua, sebelum bangsa2 lainya mengenal tulisan bangsa cina sudah mengenalnya, sampai sekarng juga banyak hal yg masih bisa kita pelajari dari cina.

  47. Sepertinya di masa kampanye kemarin pernah mengatakan kalau menang, kementrian pendidikan dan kementrian riset akan digabung supaya alokasi anggaran dan program kerja bisa sinergis

  48. Selamat pagi warjager.
    ada yang tau dg info link ini miris

    http://viva.com–news.com/sby-cek-data-cikeas-ternyata-prabowo-menang-tim-kpu-diperiksa-bin/

    Salam NKRI jaya.

    • Berita kayak gini yg bisa memicu pertumpahan darah. semoga yg bikin berita ini di ampuni oleh Alloh SWT.

      • Bung lisuz dan bakul pecel…trs terang sy nyoblos prabowo…tp kalau KPU sdh mengumumkan hasilnya sy tunduk…karena sy ikut undang undang bkn person…sy fanatik tp tdk seperti orang megalitik…

        Kalau prabowo banding ke MK marilah kita tunggu hasilnya sesuai prosedur..jgn buat kesimpulan sendiri…kita sm tau viva itu punya siapa..tdk ada media yg netral…jd kita tunggu saja…

        • Sependapat dg bung wehrmarcht.
          saya sbg WNI di luar negeri,hanya bisa melihat berita,& perkembangan INA melalui media online
          atau pun sosmed.
          semoga aja berita itu palsu.

          Salam NKRI JAYA

        • fanatix tapi bukan megalitix, good phrase bung Wehrrrmachhht aaaah susah banget namanya πŸ™‚

          kalo saya gak nyoblos, tapi udah seminggu gak pernah nonton grup media itu…… abis keliatan banget reporternya kaya gak ikhlas harus melawan hati nurani :mrgreen:

  49. menristek bung jalo
    menhankam bung satrio
    menlu bung yayan
    mendagri bung nara
    menteri pariwisata& kesra bung lare sarkem
    menperindag bung pitik
    menteri kelautan bung ps
    Pangab bung bagols

    menteri pilihanku…
    apa ada versi lain silakan…

  50. Nyimax

 Leave a Reply