Jul 132017
 

Dok. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu saat bertemu Menhan AS, Jim Mattis di Singapura, 2 Juni 2017 (Jim Mattis)

Bogor  – Menteri Pertahanan menyatakan ada sekitar 700 orang  yang menjadi simpatisan gerakan militan Negara Islam (ISIS) di Indonesia .

“Secara fakta, sekarang ini, jumlah simpatisan ISIS tidak banyak di Indonesia , hanya sekitar 700 orang,” ujar Menhan saat menjadi pembicara di Indonesia International Defense Science Seminar,  Rabu 12-7-2017 di Bogor, Jawa Barat.

Ryamizard Ryacudu menilai jumlah itu belum perlu dikhawatirkan.

Tetapi, hal ini juga bukan berarti Pemerintah Indonesia tidak melaksanakan tindakan untuk menghapuskan pengaruh ideologi radikalisme yang diperkirakan telah masuk pada para penyokong kelompok bersenjata itu.

“Di dalam mengatasi radikalisme dan ISIS, Indonesia menggunakan strategi pemantapan ‘mindset’ bagi semua masyarakat, dengan kembali kepada jati diri bangsa, yakni nilai-nilai budaya dan kultur yang tertanam sejak dulu,” jelas Ryamizard.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini juga menekankan, kegiatan bela negara penting dicanangkan sebab berpeluang memperkuat jiwa dan identitas bangsa, sehingga baik sekali menangkal segala bentuk ancaman yang dapat membahayakan keutuhan dan integritas Negara.

“Kesadaran bela Negara itu perlu untuk diajarkan kepada seluruh warga Negara, sebagai bentuk revolusi mental, sekaligus membuat daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas ancaman yang semakin beragam,” ujar Ryamizard Ryacudu .

“Jadi, sekarang ini semakin kita sadari bahwa pertahanan Negara tidak cukup dilaksanakan melalui pendekatan aspek Militer atau melalui pengadaan Alutsista, tapi mutlak dibutuhkan juga adanya wawasan dan pertahanan bangsa yang kokoh,” ujar Menhan Ryamizard Ryacudu, dilansir ANTARA, 12/7/2017.

Bagikan:

  33 Responses to “Menhan Ungkap Jumlah Simpatisan ISIS di Indonesia”

  1.  

    Gak yakin se gitu.

    •  

      700 org biasa2 aj dgn 700 org isis itu beda lho pak rr, jgn sesumbar, 1 org isis sj bisa jd pengantin dan meledakkan dirinya hingga bisa puluhan yg tewas…dan ketika al bagdahadi tewas, mrk bs dgn mudah melantik pemimpin baru yg lbh sadis, kejam dan berdarah dingin…ga boleh sesumbar pak, hati2 dgn org2 pintar tp gila macem teroris dna isis!!!

    •  

      Saya juga ga yakin bang, pasti lebih banyak dari apa yg dirilis sama Menhan….. ibarat gunung es, 1/3 nongol tapi 3/4-nya mendem dibawah air……..

      Seumpama yg dirilis 700 orang, artinya sekitaran 21. 000 orang yg jadi simpatisan……. ternyata masih kurang banyak !!…… 😆

      •  

        Kenyatannya kemarin intelejen kebobolan terkait penusukan di markas polisi tempat PakTito berkantor dan juga kemarin pemasangan bendera ISIS. ada fenomena baru dimana mereka lepas dari kontrol, yang tidak punya jaringan atau hanya simpatisan, tapi mereka bisa berbuat senekat itu? dan Polisi mengakui sulitnya mendeteksi keberadaan mereka. Mudah-mudahan aparat tidak lengah, beruntung kemarin hanya membawa belati atau sekedar memasang bendera.

  2.  

    culik>karungin>buang ke laut

  3.  

    Beranguzzz

  4.  

    blm lgi jumlah abg yg ngedukung komunis yg bilang katanya komunis itu sama seperti pancasila

  5.  

    Repot orang2 kayak gitu kalo dibiarkan juga bahaya.

  6.  

    Aduh.. pak mentri statementnya malah terkesan meremehkan…. Jangan pernah berkata HANYA walaupun jumlahnya cuma 700… krn itu hanya yg kelihatan… simpatisannya tentu msh sangat banyak… apalagi radikalisme ini paling banyak menyasar anak2 muda yg minim pengetahuan agamanya tp semangat agamanya tinggi… apalagi golongan yg hampir sama ideologinya dg ISIS skrng sangat gencar menebar pengaruhnya…. dan ini bukan tdk mungkin dg adanya kesamaan ideologi malah akan menjadi ISIS ISIS baru selaen yg 700 itu… yg jelas TNI-POLRI harus terus waspada mengantisipasi berkembangnya paham radikal d Indonesia… termasuk ormas yg anti Pancasila….

  7.  

    Tumpas saja

  8.  

    Kalau tau cm segitu knp gak cepat di ciduk biar cepet habis..mau tunggu ap lgii

  9.  

    Itu kn simpatisanya 700 kalau isis nya berapa???
    Sblm bertindak harus di brantas.

  10.  

    Sudah cukup untuk membentuk satu setengah batalion

  11.  

    Kalau cuma di umumin tidak segera di tangkap dan diberantas ntar pernyataan anda bisa jadi blunder…

  12.  

    Jumlahnya emg dikit c5 700 orang,tpi klo 700 orang itu pegang senjata semua ?????

  13.  

    Jmlah sbanyak itu.. letak / tmpatnya dmna aja sih Pa…

  14.  

    Cuma simpatisan,itu juga liat di tv atau di medso..

  15.  

    MENHAN UNGKAP JUMLAH PESPUR TNI AU, JUMLAH PERTAHANAN JARAK MENENGAH…

  16.  

    menurut saya lebih dari itu..

  17.  

    Yang bilang ISIS bukan ancaman, maka dialah ISISnya xixixixixi…..

  18.  

    Bahaya laten komunis baru = radikalisme = isis

 Leave a Reply