Nov 132015
 

Prajurit Kostrad TNI AD berbaris saat mengikui defile pasukan pada peringatan HUT ke-64 Kodam IV Diponegoro dan HUT ke-69 TNI, di Semarang, Jateng, Sabtu (11/10).

Menteri Ryamizard Ryacudu menyatakan optimismenya tentang program bela negara yang diwacanakan kementeriannya. Ia berkata, program bela negara tidak hanya akan membuat warga negara menjadi semakin mencintai tanah air tapi juga mendongkrak posisi Indonesia ke sepuluh besar kekuatan militer dunia.

Ryamizard menuturkan, ketika ia ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi orang nomor satu di Kemhan, kekuatan militer Indonesia berada di peringkat 19 pada tabel yang dibuat Global Fire Power. Saat ini posisi Indonesia meningkat ke peringkat 12 dengan total indeks 0,5238.

Sebagaimana target yang dicanangkan Kemhan, Ryamizard optimis, jika kader bela negara telah mencapai 100 juta orang, maka Indonesia bisa masuk ke sepuluh besar kekuatan militer dunia.

“Saya canangkan 100 juta militan, mungkin kita sudah masuk sepuluh besar. Artinya kekuatan bangsanya yang diukur, bukan alutsistanya,” ujar Ryamizard di Jakarta, Jumat (13/11/2015).

Global Fire Power merilis tabel negara-negara berkekuatan militer besar. Mereka mendasarkan penilian berdasarkan kemampuan angkatan bersenjata masing-masing negara, baik di darat, laut dan udara. Kepemilikan atas sumber daya manusia, keuangan dan kondisi geografi merupakan tiga faktor penilai lainnya.

Selain China, terdapat tiga negara dari benua Asia yang masuk sepuluh besar dalam tabel itu, yakni India di peringkat empat (0,2698), Korea Selatan di peringkat tujuh (0,3098) dan Jepang di posisi sembilan (0,3841).

Untuk mewujudkan program bela negara, Ryamizard telah mengeluarkan surat perintah nomkr 367/IV/2015 tentang pokja pembentukan badan pendidikan dan pelatihan bela negara.

Kepala Badiklat Kemhan Mayor Jenderal Hartind Asrin menuturkan, program bela negara akan mulai dilaksanakan tahun 2016. Secara simultan, program itu akan terus berjalan di seluruh tingkat pendidikan. Ia berkata, 100 juta kader bela negara dapat tercapai dalam 10 tahun.

  67 Responses to “Menhan Yakin Militer Indonesia Masuk 10 Besar Dunia”

  1.  

    amiin

  2.  

    Pertamax

  3.  

    Sial

  4.  

    5 besar jenderal RR….biar NKRI tambah garang….

  5.  

    ngoahahah, guna, guna..gunadi?? gunawan? gundulmu?

    belajar bahasa dulu sana

  6.  

    Lha mau perang dimana?….di negaramu??…kalo boleh ya gak papa…drpd untuk perang gimana kalo kita bagi 2 dengan Vietnam…tenth mereka tambah setuju…hahhahha

  7.  

    Jumlah PENDUDUK yang BESAR..lbh dari 250 juta..otomatis POTENSI TENTARA CADANGANNYA BESAR JUGA..terlebih dengan diiringi RASA NASIONALISME yang TINGGI..dengan PDB yang terus MENINGKAT dan ANGGARAN PERTAHANAN yang TERUS MENINGKAT dan TARGET 5 tahun kedepan semua ALUTSISTA semua MATRA di PRODUKSI di INDONEDIA..maka potensi INDONESIA bukan hanya 10 BESAR..10 atau 20 tahun mungkin bisa 5 BESAR DUNIA..

  8.  

    terus kalu sudah masuk 10 besar mau apa?

  9.  

    Peace bro…

  10.  

    Pertanyaanya sekarang..BERAPA JUMLAH PENDUDUK VIETNAM..? hanya 1/3 dari JUMLAH TENTARA CADANGANNYA SAJA SUDAH jelas KALAH..PERTANYAAN KEDUA..berapa TENTARA CADANGAN VIETNAM..? jangan lupa JUMLAH TENTARA REGULER INDONESIA SEKITAR 600 RIBU..PERTANYAAN ke TIGA..ALUTSISTA yang dimiliki masing2 mungkin BERIMBANG..tapi JANGAN LUPA saat ini INDONESIA MEMBANGUN ALAT TEMPUR 5 TAHUN KEDEPAN diPRODUKSI di INDOBESIA..mungkin yg SAMA Indonesia dengan Vietnam rasa NASIONALISME PENDUDUKnya yang sama2 TINGGI..kita adalah BANGSA PETARUNG yang tidak PERNAH MINTA BANTUAN NEGARA LAIN dalam BERTARUNG..beda dengan Malaysia yg pasti minta PERLINDUNGAN dng British, Selendia Baru dan Australia dibawah bendera PERSEMAKMURAN..jadi KESIMPULANNYA bisa anda SIMPULKAN SENDIRI..

    •  

      @ Naufal

      KALAU PERANG SEKARANG,BANYAKNYA MANUSIA/PENDUDUK/RAKYAT.,SDH TIDAK JADI MASALAH..
      coba deh contoh irak yang penduduknya hanya 25 jutaan dulu waktu perang teluk,..dengan kekuatan dan kecanggihan alut sista nya dengan tentara yg jutaan jumlahnya belum lagi dengan wajib militernya..yang jumlahnya puluhan juta menempatkan irak menjadi kekuatan militer no 5 didunia.!
      namun faktanya CUMAN 3 MINGGU HABIS DIHAJAR USA & SEKUTUNYA HANYA DENGAN KEKUATAN 100 RB S/D 200 RB PERSONAL MILITER…ITUPUN PERANGNYA TIDAK DIAM2
      DIKASIH TAU JAMNYA,TGL NYA , CUMAN HANYA BEBERAPA JAM BAGHDAD HANCUR LEBUR..(perang konvensional,lain lagi kalau nuklir, mungkin hanya hitungan detik )

      https://www.youtube.com/watch?v=wjGr5_a5yBU

      JADI KESIMPULAN AYE…NIH BANG….yang penting SDM dan anggaran,..
      seperti ini nih bang cuman dengan 100 orang dengan 1 pimpinan,..mereka dapat memusnahkan sebuah negara

      http://hdwallpapers.cat/wallpaper/norad_usa_ussr_wargames_cold_entertainment_hd-wallpaper-1456327.jpg

      KHABAR CHINA DI LCS GIMANA KABARNYA YAH BANG…?
      ditantang USA……apakah masih berani…?

      maaf ane nyontek ….

      xixixi

      •  

        pertanyaan ini lagi ya. ingat studi kasus “Battle of Surabaya”. jumlah sedikit alutsista tokcer dan pahlawan perang ww2. akhirnya nyungsep xixixixixixixi

      •  

        bambu runcingnya sakti kali bang..:))

      •  

        Sekarang saya tanya, 1 juta warga Malaysia apakah sama kekuatan perangnya dengan 1 juta warga Indonesia??

        Jumlah boleh sama, tapi Semangat dan Militan Berjuang yg membedakan…

        Selanjutnya, kurang apa USA dibanding Vietnam waktu itu? Lalu sapa yg akhirnya menang?
        Kalo mau dihitung diatas kertas gak bakal masuk logika, tapi masalah Militan apa bisa dhitung pake kalkulator??

        Dan terakhir, jangan samakan militan Warga Indonesia dengan warga Irak…jauuhh

  11.  

    100juta militan diajarin nangkap rudal?

  12.  

    100 juta kader bela negara, 25 jutanya adalah kader elit yg diberi fasilitas hak pengelolaan sawah/kebun didaerahnya masing², direkrut dr pesantren, yg tdk pernah meninggalkan sholat tahajud sejak baligh dan hafal Alqur’an 30 juz.
    ngimpi….

  13.  

    Jawab PERTANYAAN saya (jujur)..PERTAMA jumlah PENDUDUK INDONESIA itu 250 juta lebih..sedangkan jumlah penduduk Vietnam hanya 1/3 jumlah penduduk INDONESIA..pertanyaanya BANYAK mana jumlah TENTARA CADANGANnya..?? Yang KEDUA jumlah tentara REGULER INDONESIA itu ada 600 ribu lebih..banyak mana jumlah TENTARA REGULER Vietnam..? yang ke TIGA walau Alutsista hampir RELATIF seIMBANG untuk Alutsistanya tapi Indonesia dalam 3-4 tahun kedepan semua Alutsista di Buat sendiri di INDONESIA bagaimana dengan Vietnam..tapi ada PERSAMAAN Indonesia dan Vietnam..rakyatnya merupakan bangsa PETARUNG yang mempunyai RASA NASIONALISME yang TINGGI..kami tidak pernah berPERANG minta PERTOLONGAN negara lain seperti yg dilakukan oleh MALAYSIA yg berLINDUNG dibawah PERLINDUNGAN British, Selendia Baru dan Australia dibawah bendera negara2 PERSEMAKMURAN..jadi KESIMPULANNYA BISA ANDA SIMPULkan SENDIRI..

  14.  

    Malon ke 35 dibanding Indonesia ke 12 jauh nian, kalo ukuran kelas sekolah Malon sudah tidak naik kelas memalukan gih sarungan lagi

  15.  

    disamping 100 jt militan, tetap harus mempunyai alutsista yang memadai jangan sampai jomplang banget, memangnya 100 jt militan itu mau dijadikan tumbal, ………….. ???

  16.  

    Buset dah, Bapak Jenderal ternyata bernafsu menaikkan peringkat melalui bela negara. 200jt penduduk ikut bela negara kalau pakai bambu runcing semua ya ndak akan masuk pak

  17.  

    Wong edan ditanggepi. ealah…

  18.  

    Semua rakyat melalui program bela negara bisa juga akan terlatih dan teroganisir.

  19.  

    Maaf bos RR, ini jaman rudal jelajah presisi tinggi, jaman bom penjebol bunker bawah tanah, jaman bom termobarik, jaman bom cluster, masihkah kita hanya mengandalkan jumlah orang saja?

    •  

      Hehehehehhehe…numpang parkir bung janto… Salam sehat bung… Dalam sejarah Perang di dunia yg sulit ditaklukan adalah perang gerilya bung.. Menyatunya TNI dgn rakyat… Sejarah membuktikan bangsa eropa termasuk asu tdk pernah bisa mengalahkan doktrin tempur ini.. Perang gerilya adalah perang panjang dab berlarut yg akan menguras fisik dan tenaga tapi juga menguras mental para prajurit yg diterjunkan.. Dan bagi negara agresor perang ini akan sgt memakan biaya dan korban yg tdk sedikit…hehehhehehehehe…. Bisa anda lihat perang kemerdekaan, perang vietnam dan yg saat ini msh berlanjut bahkan di gurun pasir adl perang hamas dan israel.. Hutan dan lubang2 bawah tanah menjadi perlindungan yg sgt efektif utk bertahan dan menyerang secara cepat dan senyap… Program yg dicanangkan oleh menhan RR sgt berlkaitan dgn doktrin yg akan diterapkan secara total dan menyeluruh di 3 kogabwilhan… AL dan AU akan dipersiapkan sebagai matra pemukul musuh jauh diluar perbatasan negara hingga garis tepi darat indonesia dgn doktrin Pre Emptive Strike nya..mengurangi kekuatan musuh atau memusnahkan ancaman sebelum masuk ke wilayah teritori indonesia…dan jika itu masih tembus dan musuh bisa mencapai daratan indonesia maka doktrin yg digunakan menjadi perang gerilya dgn di motori oleh. Matra darat dgn semua unit tempurnya utk memobilisasi 100juta rakyat utk bergerilya dan melakukan perang berlarut dan sgt panjang…. Welcome to the Jungle…!!!! mimpi buruk yg pernah di alami belanda,inggris, dan asu akan terulang kembali… Dahsyat..!!! Dan sampai hari ini tdk 1 negara pun termasuk asu akan berani perang gerilya di indonesia…jgn samakan iraq dgn indonesia..bombardir yg sekutu lakukan thd tentara iraq pada saat ops badai gurun tak akan efektif jika dilakukan di hutan2 dan rawa di indonesia…mereka bisa hancurkan indonesia dgn bombardir yg masif namun mereka takkan mampu menaklukkan dan menguasai wilayah daratan indonesia, bahkan nuklirpun bisa mereka luncurkan namun kehancuran juga akan berdampak pada para sekutunya…mengapa ausit tdk berani membuktikan ancamannya utk membom jakarta pada saat referendum timtim..? Krn balasan yg akan mereka terima lebih mematikan dan menghancurkan dgn pergerakan seluruh alutsista startegis indonesia baik sista yg terdahulu yg menjadi asset rahasia TNI maupun yg modern akan menuju 1 titik benua australia dgn 1 tujuan hancur bersama…salam sehat warjag..

      •  

        setuju bung,….indonesia strooongg..!,ngak ada yang bisa kalahin..
        setuju banget…! irak mah ngak level..
        maaf ane cupu

        https://www.youtube.com/watch?v=o1tj2zJ2Wvg

        mr joko seneng ini

      •  

        kenapa Ausie tidak berani membom, ya karena Indonesia pasrah tim tim lepas, jadi ngapain juga di bom?!…. Jaga Jakarta waktu itu pakai apa? Lah wong Hornet Ausie aja mondar mandir di Eltari TNI AU cuman bisa ngrim Hawk…..
        Perang Gerilya perang pilihan terakhir, Perang geilya tidak memenangkan Perang / War hanya mengulur waktu.
        Kalau negara lain cuman hanya ingin membombardir, tidak ingin tentaranya minginjak kaki di negara yang hanya ingin di bom (China hanya ingin kekayaan lau di ZEE natuna, Israel hanya ingin Irak tak punya reaktor nuklir). Jangan ANGGAP perang Gerilya memenangkan WAR

        •  

          Salah bung, perang gerilya akan memenangkan perang contohnya adlh perang kemerdekaan dan vietnam krn musuh hrs menguasai dulu daratan bila mau menguasai sebuah negara. Lain kasus memang bila perperangan ini hanya utk melemahkan suatu negara dgn melumpuhkan obyek vital dan penguasaan wilayah zee atau teritorial laut sebuah negara maka pasti gerilyar tdk diperlukan, cukup pasukan khusus yg berperan dlm hal ini bisa marinir denjaka atau paskhau. konsep bela negara dgn 100 juta orang menurut saya hanya sbg tentara cadangan bila musuh sdh benar2 merusak kekuatan ketiga matra kita di garis terdepan. Lagipula apabila musuh sdh melumpuhkan ketiga matra kita berarti tanah air kita sdh direbut. Bagi saya drpd melihat saja tanah air kita dijajah lbh baik mati syahid berkalang tanah. Nah itulah fungsinya bela negara ini utk mengingatkan kita utk menjaga tanah air ini

  20.  

    100 juta militan? Jumlah tentara cadangan sebanyak ntu berapa orang yang dah pernah nembakin Senjata? Boro-boro jatah peluru buat tentara cadangan,Stok peluru buat latihan tentara reguler aja masih jauh dari kata cukup.utamakan kualitas dari pada kuantitas.tapi salute deh buat pak RR yang selalu berkarya.dulu pas jadi Kasad dikenang karena menelurkan Rider dan Tontaipur.sekarang jadi Menhan ingin kelak dikenang sebagai Menhan yang melahirkan 100 juta tentara cadangan.tetap berkarya pak RR.

  21.  

    No komen sajah !!… xixixixi…

  22.  

    masa ane yg tetanggaan ma “tarzan” yg mesti jelasin efek positif jangka pendek, menengah & panjang dari program bela negara, tanpa pondasi yg kuat jgn harap s3buah bangunan bisa berdiri kokoh, imho

  23.  

    Ehh… iya ya bung. Baru inget nich…!

  24.  

    benar bung

  25.  

    Menteri koplakkkkkk , bikin 100 juta milisi utk apa??? dananya ada tdk??? indonesia tdk dlm kondisi perang , klo buat gengsi2 utk naikkan rating global fire… itu menteri perlu direvolusi mentalnya di RSJ . atau jangan2 itu proyek akal bulus dananya utk bancakan . mending dananya utk modernisasi alutsita itu akan jauh lebih bermanfaat .

    Bela negara sdh menjadi kewajiban warga negara sbg amanat konstitusi dan rasa nasionalis rakyat indonesia tdk perlu diragukan , jika niat ingin melatih rakyat sipil dasar2 militer guna bela negara tinggal masukkan kurikulum bela negara di sekolah dasar sampai sekolah tinggi utk dididik materi wawasan kebangsaan , cinta tanah air dan dilatih fisik seperti baris-berbaris , bela diri , sampai pengenalan alutsita militer.. dsb . itu akan jauh lebih efektif daripada melatih karyawan apalgi sdh berkeluarga tentu lebih disibukan mencari nafkah .

  26.  

    ada ada aja….

  27.  

    Coba di rubah dikit, vietnam vs malaysia menang mana? Yg satu bangsa pejuang, yg satu bangsa(t)…blm merdeka

  28.  

    Bung teguh,mana tau tuh malon sejarah classified macam tu..
    Taunya begimana ngrubuhin pokok pisang dengan cepat,efektif dan senyap. Hehehehe

  29.  

    bela negara dicanangkan untuk mengcounter rencana perang yang akan pindah di indonesia. sedia payung sebelum hujan.

  30.  

    Pak RR sebagai Menhan pastinya sudah mengetahui program kerja pendahulunya mengenai MEF yg berkesinambungan, apa yg dicanangkan pak RR skrg adalah bentuk penguatan dari program kerja sebelumnya, baik dlm revisi pengadaan alutsista juga penguatan kembali Nasionalisme sebagai bangsa besar pewaris Nusantara ini..
    Membaca manuver2 Pak RR, diplomasi militer adalah tugas pokoknya, terlihat sangat menonjol dibanding kementrian lain belakangan ini.

    Jika Indonesia dgn beragam suku ras dan agama mampu menempatkan nasionalismenya sebagai perekat maka memang akan jadi kekuatan luar biasa,
    bandingkan dgn Malaysia dgn 3 kelompok besar rakyatnya yg sampe skrg justru menjurus kepada perpecahan, maka hanya akan bertumpu pada kekuatan TDM (kemungkinan terbesarnya begitu),

  31.  

    @ starmerch86

    Lha ente kok ikut2an koplak , 100 juta milisi di latih satu bulan dapat gaji UMR , dana dari mana??? Ngutang kah??? kesejahteraan tentara reguler saja masih amburadul . alusita TNI jg banyak yg jadul .

    ini program cuma cari sensasi doankkk , dan itu sdh biasa di kabinet kerja . yakin dah bakal amburadul , dananya menguap masuk kantong .

  32.  

    Ketahuan sudah ternyata tujuan program bela negara….hmmmmm….

  33.  

    @ane cupu.. “Irak kalah dalam waktu singkat” karna ada “perpecahan didalam tubuh militer n rakyatnya sendiri bung !” Mereka ingin menumbangkan saddam husain! Lagian dia jg pengecut! Kalo gw jdi dia gw milih mati saat brtempur! ga mati ditiang gantungan n jadi pesakitan! Kalo usa emang bneran brani nyerang RI ,kami pastikan mereka bakalan tau apa itu arti “neraka dunia yg sesungguhnya”, ga cuman disini, “neraka itupun jg akan sampai dinegara asalnya bung!” NKRI harga mati! 😮

    @bung Pemo.. Gw setuju ma commentnya bung! Salam kenal 🙂

  34.  

    Program bela negara bagus,tidak ingatkah ketika tni dikerdili pd jaman revormasi shg lepas tim tim dan spdan ligitan hanya dg ditakut takuti dg HAM tni tdk berkutik menghadapi hegemoni asu
    Yang perlu diingat jgn mudah dipecah belah kek dulu dulu
    Sejarah membuktikan negara lemah jk rakyat dan pemerintahannya berpecah belah.
    Makanya perhatikan kesejahteraan rakyat juga

  35.  

    Jika SU 35 sudah datang yakin bisa naik peringkat antara 10 atau 9, tapi diprediksi elang botak baru yang datang amat melorot ke peringkat 15 atau 16, percaya nggak ?

  36.  

    mendingan 100 juta hektar sawah buat ketahanan pangan paak..pak.. pertahanan negara bukan cuma kekuatan militernya tapi juga kekuatan sumber pangannya..jangan sampe kalah perang gara2 diblokade jalur laut untuk impor beras sama musuh, akhirnya terjadi bencana kelaparan..endingnya nyerah deh sama musuh..

  37.  

    Komennya bikin ngerusak suasana…. .

  38.  

    Wkwkk wkwkk

  39.  

    Wkwkwkw..
    Asem tenan,
    Pedas bung.. pedas.. panas..

    Skak Mat

  40.  

    suruh orang malaysia tanya ama dedengkotnya vietkong…..sape nyang ngajarin vietkong gerilya

  41.  

    Pak RR jangan sampai terjebak dengan urutan 10 besar dunia….program bela negara malah akan mempercepat Indonesia menjadi terpecah-pecah karena akan menimbulkan separatis yang terlatih