JakartaGreater.com - Forum Militer
Sep 102014
 
Prajurit Batalyon Infanteri Mekanis 202/Tajimalela

Prajurit Batalyon Infanteri Mekanis 202/Tajimalela

TEMA : โ€œPATRIOT SEJATI,PROFESIONAL DAN DICINTAI RAKYAT
Rangkaian Kegiatan:

I. BAKTI SOSIAL
Tanggal : 19 s.d 21 Agustus 2014
Tempat : Mako PMPP TNI Sentul Bogor

Kegiatan: pengobatan ย massal, operasi bibir sumbing, operasi katarak, pengobatan gigi, penyerahan kaca mata baca, dan penyerahan kaki palsu.

II. DONOR DARAH
Tanggal : 2 September 2014
Tempat : Mabes TNI Cilangkap dan Wilayah Komando Utama TNI

III. LARI PRESTASI 10 K
Tanggal : 14 September 2014
Tempat : Surabaya

IV. PENCANANGAN PEMBUATAN LUBANG BIOPORI OLEH PANGLIMA TNI
Tanggal : 24 September 2014
Tempat : Pusat Mabes TNI Cilangkap dan Satuan Jajaran TNI (AD, AL dan AU)

V. FUN BIKE
Tanggal : 28 September 2014
Tempat : Terpusat di Jakarta dan Tersebar di Masing-Masing Provinsi Seluruh Indonesia

VI. PENGHARGAAN INOVASI

VII. UPACARA
Tanggal : 7 Oktober 2014
Tempat : Koarmatim, Dermaga Ujung, Surabaya

image

Persiapan Kegiatan Puncak Peringatan
Puncak Peringatan HUT TNI yang ke 69, Selasa 7 Oktober 20014 akan diadakan di Markas Komando Armada RI kawasan Timur, Surabaya, dengan upacara militer, berbagai demonstrasi dan defile. Ada pula sailling pass: pesawat tempur, helikopter, kapal perang dan kapal selam, termasuk yang baru dibeli.

Dalam persiapan tersebut selama hampir tujuh jam dalam lima hari, pesawat militer diperkirakan lalu-lalang di langit Jawa Timur, mulai pukul 08.00 – 14.00 wib, pada 1 – 4 Oktober dan pada puncak acara 7 Oktober 2014. Penerbangan sipil pada saat itu, akan ditutup total.

Mulai Selasa 23 September pesawat pesawat TNI dari tigaa angkatan, akan tiba dan menempati Apron (Landasan parkir) Juanda terminal utara (T1) dan Terminal Selatan (T2). Sesuai standar operasi, pesawat pesawat militer tersebut akan ditempatkan di samping terminal penumpang. Pangkalan TNI AL (Lanudal) Juanda juga mempunyai Apron, hanggar dan shelter helikopter dan pesawat berbadan kecil.

Apron bandara Juanda dan Lanudal Juanda sebenarnya juga menjadi tempat parkir pesawat TNI, saat puncak LATGAB pada mei 2014 yang lalu.

Lanud Abdul Rachman Saleh Malang dan Lanud Iswahyudi Madiun menjadi pendukung pesawat take off landing selama latihan dan puncak acara. Keterbatasan prasarana di bandara Juanda membuat jajaran lanud Surabaya berbagi tugas dengan kedua lanud tersebut.

Pesawat pesawat yang akan menempati apron Juanda mencapai 122 unit dari Tiga Angkatan yang rata rata berjenis helikopter, maupun pesawat latih yang berbadan kecil. Untuk Pesawat Tempur dan Pesawat Angkut yang berbadan lebih besar menempati pangkalan di Madiun dan Malang.

Beberapa persiapan telah dilakukan, baik kesiapan pasukan upacara parade dan defile maupun kesiapan pendukung lainnya.
Seluruh kekuatan pasukan upacara parade dan defile dari beberapa batalyon ketiga angkatan digelar. Terdiri dari Drum Band Taruna Akademi TNI, satu Kompi Perwira Menengah dan dua Kompi Perwira Pertama.

Brigade I upacara terdiri dari satu Batalyon POM TNI, Gabungan Wanita TNI dan Taruna Akademi TNI. Brigade II Upacara TNI AD terdiri dari satu Batalyon Kopassus, Infanteri Lintas Udara-503 Kostrad serta satu Batalyon 500 Raider.

Brigade III Upacara TNI AD terdiri dari satu Batalyon 512/Quratara Yudha, Batalyon Kavaleri-3/Tank, Anandaka Chakti, Batalyon Arhanudse-8/Marawaca Buana.

Brigade IV Upacara TNI AL terdiri dari satu Batalyon Bintara, satu Batalyon Tamtama pelaut, dan satu Batalyon Marinir.

Brigade V TNI AU terdiri dari satu Batalyon Air Crew, Batalyon Bintara Tamtama Paskhas TNI AU serta satu Batalyon Pegawai Negeri Sipil TNI.

Di samping itu juga diikuti satu Unit Korps Musik Gabungan TNI yang terdiri dari Korsik Korem 084/Baskara Jaya, Korsik Kobangdikal, Korsik Lantamal V dan Korsik Lanmar Surabaya.

Panglima TNI menyampaikan, bahwa pada acara puncak Peringatan ke-69 Hari TNI defile pasukan akan dinilai dan dilombakan mulai dari batalyon terbaik dan brigade terbaik.

HUT TNI Terakhir di Pemerintahan Presiden SBY
Presiden Susilo Bambang Yudhono (SBY) akan menghadiri Puncak Peringatan Ulang Tahun TNI. Ulang Tahun TNI kali ini akan berlangsung lebih meriah dari pada tahun tahun sebelumnya sebab selain memperingati hari lahir penjaga kedaulatan Republik Indonesia, HUT TNI tahun ini juga menyambut berakhirnya masa jabatan Presiden SBY. Akan dikerahkan semua Alutsista besar besaran yang dimiliki oleh TNI yang selama ini dan yang dimiliki dalam pengadaan alutista di era pemerintahan Presiden SBY.

Seperti diketahui bersama dimasa bakti pemerintahan Presiden SBY, TNI mendapatkan gelontoran Alutsista secara besar besaran dalam Program MEF. Sebelum nya TNI lama berpuasa dalam hal pembelian Alutsista sehingga menjadikan arsenalnya banyak yang ketinggalan jaman dan usang. Namun tidak semua pembelian Alutsista diungkap dan dikabarkan untuk umum karena berkaitan dengan pertimbangan Strategis bagi rahasia kekuatan TNI.

Penutupan bandara Juanda juga pernah dilakukan di HUT TNI ke 63 pada 14 oktober 2008, saat itu mulai 10 Oktober berdatangan pesawat pesawat dari markasnya dan pada 12 oktober 2008 semua pesawat pesawat militer sudah berkumpul di Bandara Juanda. 54 pesawat TNI berparade di langit Surabaya. Saat itu pesawat Sukhoi dan Heli MI 17 yang baru dibeli juga di tampilkan untuk berataraksi.

Sebelumnya pada HUT TNI ke 62 pada tahun 2007 tidak ada atraksi pesawat maupun atraksi di darat. Sedangkan catatan yang unik, ada pada HUT Tni ke 66 pada tahun 2011. Aktor Korea Selatan, Hyun Bin yang tengah menjalani wajib militer menghadiri upacara HUT TNI ke-66 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2011). Bintang ‘Secret Garden’ tersebut datang ke Indonesia sebagai Duta Industri Pertahanan Korea untuk Indonesia dan berada di Indonesia selama empat hari.

HUT TNI di Era Presiden Megawati
HUT TNI ke-56 di era pertama Ibu Megawati menjabat, dilakukan di Lapangan bekas Bandar Udara Halim Perdakusumah, Jakarta Timur, Jumat (5/10 2001). Komandan upacara adalah Kolonel Infantri Hotma Manggara Panjaitan yang juga putra pahlawan revolusi Mayor Jenderal TNI D.I. Panjaitan.

Upacara sebelumnya selalu digelar di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta. Kali ini dilaksanakan di Bandara Halim Perdanakusuma, untuk merekatkan TNI dengan rakyat.

Ibu Megawati menceritakan kisah uniknya saat persiapan menjadi Inspektur Upacara HUT TNI. Sebagai presiden, ibu Mega bertindak menjadi inspektur upacara. Beberapa hari sebelum upacara dia memanggil Panglima TNI, Kapolri, dan Menko Polhukam ke Istana Kepresidenan. Namun, bukan soal inti acara upacara HUT TNI yang dibahas, melainkan pakaian yang akan dikenakannya saat menjadi inspektur upacara.

image
Saya tanya, apa harus pakai kebaya? Kalau naik jeep, kondenya lepas bagaimana,” tutur ibu Mega -saat mengecek pasukan, presiden memang berkeliling dengan menumpang jeep terbuka. Akhirnya, dibuatlah celana panjang yang agak longgar sebagai jawaban atas pertanyaan ibu Mega.

Saat memimpin upacara HUT TNI ke 57 Ibu Megawati bersuara keras. Peristiwa bentrok fisik TNI-Brimob di Binjai adalah kado buruk HUT ke-57 TNI. Itulah sebabnya, Presiden Megawati Soekarnoputri dalam amanatnya sebagai inspektur upacara (irup) dalam peringatan HUT TNI di lapangan udara Halim Perdana Kusumah Jakarta, Sabtu (5/10 2002) menegaskan, TNI bukan tentara bayaran yang profesional. Inilah peringatan paling keras yang diucapkan ibu Megawati sebagai kado untuk menata kembali organisasi TNI di usianya yang ke-57 tahun.

image

Saat Ibu Megawati menjadi Presiden HUT TNI ke 58 juga dilaksanakan di pelabuhan Ujung Armatim Surabaya. Kala itu semua alutsista juga ditampilkan termasuk Pesawat Sukhoi, Helikopter MI 35 yang dibeli di era pemerintahan Ibu megawati juga ditampilkan dalam manuver udara. Bandara Juanda juga ditutup total untuk mendukung pelaksanaan upacar. Tiga pesawat tempur F-16, tiga pesawat F-5, dan empat Sukhoi melakukan passing flight membentuk formasi tempur segi tiga. Semua pesawat langsung berangkat dari Pangkalan Udara Iswahyudi, Malang, Jawa Timur.

Semua pilot juga memperagakan formasi foxtrot. TNI AL saat itu memamerkan KRI Tanjung Dalpele buatan Korea Selatan yang baru dibeli. Di samping itu, TNI AL juga menampilkan empat KRI lainnya. Semua kapal bermanuver dalam kecepatan tinggi menghancurkan ranjau laut di empat titik sasaran. Setelah itu dilakukan penerjunan pasukan katak dari atas helikopter (water jump) jenis Bell. TNI AL pun mempertontonkan kapal selam KRI Nanggala.

Saat Terakhir Ibu Megawati memimpin HUT TNI dan bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan HUT ke-59 TNI, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, 5/10 2004, hadir pula calon Presiden RI periode 2004-2009 Susilo Bambang Yudhoyono.

Dalam peringatan upacara HUT TNI itu, juga dilakukan parade pesawat dan defile pasukan. Atraksi pesawat antara lain dilakukan oleh tiga pesawat F-16 Angkatan Udara, empat pesawat Sukhoi, tiga pesawat F-5 Tiger, lima pesawat jenis Hawk 100/200 dari lapangan udara Pekan Baru, lima pesawat jenis Hawk 100/200 dari Lapangan Udara Supadio, Pontianak. Sedangkan TNI Angkatan Udara mengerahkan dua helikopter jenis MI-35, satu helikopter bell, dan dua helikopter BO-105. Sedangkan angkatan laut menampilkan empat pesawat Cassa C-212.

Semoga HUT TNI ke 69 yang akan dilaksanakan pada 7 Oktober 2014 menjadi kado terindah bagi rakyatnya untuk menunjukan TNI sebagai Patriot sejati yang selalu bersikap Profesional dan selalu dicintai oleh rakyat, bukan hanya sebagai parade kebesaran semata.

Karena kami rakyat juga pernah merasakan suasana HUT TNI yang paling sedih pada HUT TNI ke 20 dan HUT yang juga sedih suasananya pada HUT TNI ke 53

Dirangkum ย dari berbagai sumber (by Satrio).

Berbagi

  178 Responses to “MENJELANG HUT TNI ke 69”

  1.  

    Pagiiii….!!!

  2.  

    Mantap nehh sambil ngopi baca yg bikin semangat pagi.

  3.  

    jossss infonya @ bung satrio

  4.  

    5 besar

    •  

      “Akan dikerahkan semua Alutsista besar besaran yang dimiliki oleh TNI…”
      klo dicermati kalimat diatas mau liat langsung ke TKP:(
      secara ini tahun akhir pemerintahan SBY, jd sbg salam perpisahan dgn menunjukkan tajirnya TNI kita..:D
      ahhhh mumet kepala-ku:(

  5.  

    6 cukup

  6.  

    keren sekali

  7.  

    5..6..7..8..9..10..

  8.  

    10 besarrrrr … telat T_T

  9.  

    ping..!!

  10.  

    saya yakin yang goib gak bakal di perlihat kan kayak latgab kemarin. . . .

    SALAM NKRI

  11.  

    horeeeee

  12.  

    gobrottttt…. padahal uda q gassss polll..tp kok mlorotttt

  13.  

    Saya pikir tadi ada clue wek clue wek dari bung satrio yg muncul buat rawon di HUT TNI kita … hehehe . Salam pagi sukses semua

  14.  

    great and good job TNI..

  15.  

    Tadi pagi nonton di salah satu stasiun TV Lokal Jawa Timur, dalam sebuah wawancara dengan Lembaga Konsumen Surabaya (jika gak salah baca tadi) mereka menolak penyelenggaraan HUT TNI di Jawa Timur karena akan mengganggu aktifitas Bandara Juanda.

    •  

      No Comment ๐Ÿ˜€

    •  

      Semoga HUT TNI ke 69 yang akan dilaksanakan pada 7 Oktober 2014 menjadi kado terindah bagi rakyatnya untuk menunjukan TNI sebagai Patriot sejati yang selalu bersikap Profesional dan selalu dicintai oleh rakyat, bukan hanya sebagai parade kebesaran semata.

      Karena kami rakyat juga pernah merasakan suasana HUT TNI yang paling sedih pada HUT TNI ke 20 dan HUT yang juga sedih suasananya pada HUT TNI ke 53

    •  

      syukuri saja…kami yg didaerah mau sekali2 HUT TNI itu di makassar…atau di menado…bergilir gitu…atau Balikpapan…jangan di jawa melulu…..soalnya kalo parade di makassar hanya panser2 ..

    •  

      dalam context untuk menggetarkan musuh gpp.

      •  

        Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui bung…
        ato Sambil menyelam minum susu…

      •  

        teringat pengalaman masih muda masih smp di gangguin terus. dibully di tabokin , sama temen2 yg nakal , akhir nya ikut perguruan bela diri secara diem diem , suatu saat show force baris lari lari lewat rumah temen2 yg nakal tsb , selanjut tidak ada yg berani gangguin sedikitpun, bahkan malah jadi baik sekali sikap nya. smoga negara kita aman sentosa.. maklum gadis cantik plus kaya raya banyak yg naksir..

        sbg rakyat kecil berharap jangan sampai pulau sudah di caplok , patok di geser , harta dah pindah tangan baru ngeh. dan cuma bisa meratapi itu semua..

    •  

      Yup betul sekali bung jalo…apalagi yg diliatin cm yg itu2 mulu..kecuali yg katanya disembuyiin disono ato disini ato yg ghoib2…sekali lg katanya ya hehehe..ato mmg punyanya ya itu2 saja…apalagi hanya buat penghormatan untuk oknum…hehehe

      •  

        berarti tumpengan doang lebih baik ya Bung? hehehe… :mrgreen:

        •  

          lauknya kerang rebus bumbu asem manisya ndan..hahaha :mrgreen:

        •  

          lauknya kerang rebus tanpa di kupas @ bung akung .pasti lebih prihatin dan rukun

        •  

          hahaha…. :mrgreen:

        •  

          ah bung ps ketawa aja nih. si akula apa dah di poles punggungnya buat parade ntar?

        •  

          Tumben nih bung PS nonggol siang…radar KSnya nangkap coment coment yang bikin crowded ya..? ๐Ÿ˜†

        •  

          begitulah Bung hehehe… :mrgreen:

        •  

          ndan…mu nnya ttg rumpon baru qt tu…milik melon kah ?? :mrgreen:
          (kalo jwbny nyengir,brarti bner punya melon)

        •  

          ente ketawa mulu bung PS :mrgreen:
          noh bantuin ane jelasin yang gak bener,, biar gak dianggap TNI gak pro rakyat

          Sajane ngantuk aku cak tapi yo dadi koment terus
          Hehehehehehe

        •  

          hahaha… awas Cak nanti darah tingginya kumat lho hahaha… sebetulnya mulut saya ini pengen nyeplos banyak Cak, masih banyak diluar TNI kita ini institusi pemerintahan yang ndak bener, kenapa harus TNI yang disorot terus? ada apa? cek kementrian penerima APBN terbesar kebocorannya seperti apa? Oknum-oknumnya seperti apa? sebetulnya ada banyak yang salah dengan sistem dinegara ini yang perlu dibenarkan. ingat TNI bersama rakyat itu benteng terakhir untuk mempertahankan NKRI :mrgreen:

        •  

          nambah tahlilan di mabes deh ndan PS :mrgreen:

        •  

          hehehe sindiran maut bung satrio keluar..
          ane akhir2 ini suka dengan artikel jkgr yg nyerempet2..jd keliatan deh mana yg ##### mana yg #######…hehehe

        •  

          saya bukannya tidak setuju bung PS, tapi momennya yang salah. Dalam satu tahun ini TNI terkesan menghambur-hamburkan BBM, Latgab Situbondo, Acara waktu di Armatim, Indenpendence Day, 17 agustusan, dll…. Kenapa tahun ini harus dibuat besar2 sedangkan saat ini dua rezim sedang ribut masalah bbm sampai permasalahan belum ada. TNI untuk rakyat, lebih baik menghindari dulu dari isu saat ini. Tapi yah kalau ngotot karena sudah persiapan sejak lama, saya no comment. Kenyataannya acaranya juga tertutup tidak langsung berhadapan dengan masyarakat.

          Saya jadi teringat teman saya yg kerja di kantor Keuangan di salah satu kota. Biasanya bulan2 Oktober datang ngajakin saya buat foya2. Saya tanya dia dapat duit dari mana?? dan dia ngomong sudah mau tutup buku jadi dikasih anggaran untuk seminar, kenyataannya bukan seminar tapi yah teman2 pasti tahu. Kemarin ngajakin, lalu saya bilang mendingan jangan ngajakin ane dari pada saya lapor KPK. Mudah2an tahun ini dia tidak ngajak lagi.

        •  

          ya persiapannya sudah lama Bung Jalo, di DIPA (daftar isian penggunaan anggaran) tahun ini pun memang telah dianggarkan acara HUT ini termasuk juga latgab situbondo kemarin, hanya memang kondosinya saat ini bentrok dengan isu-isu politik transisi pemerintahan sekarang ini. (kalau sudah ada bau-bau politiknya ini saya paling males hahaha..)

          ya, itulah kondisi real sebagian instansi pemerintahan di negara kita Bung, sudah mengakar! dan sudah bukan rahasia lagi. itulah makanya saya bilang ada banyak yang salah dengan sistem dinegara ini yang perlu dibenarkan. :mrgreen:

        •  

          Hmm.. Insya Allah segera dibetulin system yg error di negeri ini.

    •  

      salam hormat ndan Jalo…klo saya sih setuju klo memang untuk peng hematan biaya anggaran. tetapi kita harus juga lihat hal tuk kedepannya, apakah dengan adanya acara tersebut akan melemahkan posisi NKRI???…pasti kmandan-kmandan disini sdh tau jawabannya…pro dan kontra memang pasti ada…smoga kita juga bisa menyikapinya dengan bijak…smoga.

      salam Hangat tuk semua kmandan semua…selamat bertugas

      maaf lancang…cuma pendapat tukang cuci piring

      •  

        Terima kasih bung, masalahnya momennya untuk saat ini kurang bagus. Kenapa tidak tahun depan (kalau ekonomi lagi baik) undangan Pak Beye, saya yakin tidak ada masalah dan itu juga tidak ada permasalahan dnegan masalah kedaulatan. Yakin acara besok ini akan memberikan efek deterent kepada negara lain?? Pasti klaim wilayah perbatasan akan terjadi lagi meski TNI sudah gelar pasukan. Tanyakan kenapa??

        Wong pameran besok ada alat perang juga yang plastidip juga. Dan acaranya bukan untuk mempertanggung jawabkan kepada rakyat juga, lihat tempat digelar acara dan siapa yg di undang, jadi sudah ketahuan niatnya. Kemarin Situbondo sudah digelar latihan gabungan, nah ini yg penting karena ada perumusan strategi. Kalau parade doang yah silahkan kasih kesimpulan sendiri.

        Orang nikah resepsinya aja bisa mundur kok, sampai tanggal yang pas sesuai kemampuan.

        •  

          @Bung Jalo
          Memberikan Kritik itu boleh saja asal jangan menggiring pemikiran rakyat untuk membenci seseorang

          coba anda cerna tulisan anda sendiri
          “”Selain itu, acaranya ini cuman penghormatan bagi oknum bukan untuk masyarakat. Saya sudah diskusi, wong yang beli alutsista itu rakyat kok tapi rakyat dipersulit untuk menyaksikan.””

          Coba dijelaskan siapa oknum disini biar kami tau dan mengapa demikian??
          Dan upacara nya nanti dibuka untuk umum. lha tulisan anda memelintir dengan rakyat dipersulit untuk menyaksikan,,,

          Sebagai nara sumber harus berpikiran pemersatuan bukan ngajak membeci bareng2,,
          Saya tau bung jalo fansnya satu kubu (terlihat di FB anda) dan gak suka Presiden yang sekarang,,tapi gak usah menggiring warjager,
          Imho

        •  

          Dari awal banyak teman yg mengatakan bahwa acara ini untuk menghormati pensiunnya pak Beye… Dari banyak artikel mengatakan demikian. Saya memang ngefans sama yg sekarang, karena saya berharap banyak kepada beliau apalagi konsep trisaktinya. Memang sekarang belum terlihat karena masih belum memulai kabinetnya. Tapi kalau beliau salah dan tidak mementingkan rakyat atau melenceng dari konsep beliau saya juga akan mengkritisi kebijakan dan apa yg beliau lakukan…. Kemarin saat saya sodorin proposal saya adu argumen dengan timnya, bukan merasa hebat tapi saya uman menyampaikan keluhan dari sejumlah ahli kita yg diluar sana dan saya pun dibilang mereka gak nasionalis atau cuman kejar proyek.

          Memang saya aja yg gak boleh menggiring, di artikel sebelumnya juga ada yg menggiring apa yg dilakukan presiden skrg. Tidak perlu harus dipuja karena tugas beliau adalah demikian yaitu memperkuat pertahanan kita di UU juga sudah ada.

          Untuk masalah Kogabwilhan sesuai ancaman nyata sampai sekarang belum terealisasi karena siapa?? Mudah2an ada yg bener2 pembuat kebijakan disini pasti dia tahu jawabannya…

          Ok, saya dikasih kabar bahwa acara disana sistemnya undangan dan masyarakat tidak bisa masuk hanya bisa menyaksikan melalui layar televisi. Itu sama saja dengan nonton youtube, dan itu berbeda dengan apa yg dilakukan di sekitar monas yg langsung disaksikan masyarakat…

          Saya bukan benci, saya cuman kritik kalau bung satrio merasa saya menggiring yah terserah, saya gak merasa demikian…

        •  

          Klw menurut saya parade ini bukan untuk menghormati masa berakhirnya jabatan pak SBY, tapi untuk mengormati TNI dan tanggung jawab TNI terhadap rakyat yg dijaganya, Dan saya yakin semua mantan dan yang akan menjadi diundang semua, Mau datang atau ngak yaah terserah bahkan untuk pak SBY skalipun klw misal ngk bisa datang.

        •  

          Tunggu setaun meneh to… yg pasti parade drone lebih hemat ๐Ÿ˜€

        •  

          bung Jalo
          oh jadi oknum itu Pak SBY toh ?

          bung
          Beda irama ketikan anda sangat terasa,,
          Dimana komen awal anda begitu antusias mencemoh dengan emosi tinggi (atau karena bung Jalo gak mendapatkan undangan)

          Dan irama ketikan berubah datar setelah anda diprotes banyak orang,, dan mencoba membuat alibi

          Bung kalau boleh saran,, jangan tonjoilkan Ngefans dan benci karena warjag butuh sesepuh disini untuk semangat Persatuan.
          Jadi semoga bung Jalo lebih arif dalam berkomentar dimasa datang

          Imho

        •  

          Mohon Maaf sebelumnya para Kmandan…

          Dari Pandangan kami sebagai orang awam dari warga sipil biasanya. melihat acara tersebut akan menumbuhkan dan menciptakan rasa patriotisme dan nasionalisme….walaupun sebagian orang berpendapat kurang tepat tuk mengadakan acara tersebut saat ini… walaupun kami dari warga sipil biasa tidak bisa melihat secara langsung, tetapi melalui perantara media televisi sdh cukup membanggakan apa bila disiarkan secara langsung…dan untuk efek deterent n perbatasan mungkin para Kmandan sekalian disini yang lebih tahu jawabannya…Secara Pribadi saya sangat menghormati apa yang sdh di capai oleh TNI saat ini walaupun masih banyak kekurangan disana sini…suka tidak suka, perbedaan pendapat, merupakan bagian dari berdemokrasi…Tetapi balik lagi ke pribadi masing2 dalam menyikapi semuanya.

          Salam Hormat dan Hangat Buat para Kmandan semua di sini

          Maaf pendapat tukang cuci piring lancang

    •  

      Halo Bung Jalo, kalau saya sebagai warga biasa ingin menghargai kerja keras TNI menjaga wilayah NKRI selama ini, yah kalau untuk parade dan show of force masih bolehlah, memang kondisi lagi sulit tapi untuk acara peringatan HUT TNI saya rasa kita warga masih bisalah mengencangkan ikat pinggang sedikit.

      Yang membuat sakit hati itu politisi Bung Jalo bukan anggota TNI-nya. Politisilah yang membuat kebijakan dan sistem yang sekarang semrawut (banyak juga politisi yang masih benar), ditambah pengusaha nakal (banyak juga yang tidak nakal). Gabungan kedua oknum inilah yang membuat kondisi Indonesia miris seperti sekarang.

      Kita doakan saja yang terbaik dan berusaha masuk ke dalam sistem untuk memperbaiki dari dalam. Untuk saat ini kita relalah ga apa-apa menanggung sedikit biaya (dibandingkan dengan hasil yang diharapkan) untuk peringatan HUT ini.

      Saya sendiri masih yakin, Indonesia kalau saat ini walau sudah dikeruk habis-habisan SDAnya, hutang sangat tinggi, kalau kita bayar semua hutang dan mulai dari 0 (nol), Indonesia tetap akan kaya….Kekayaan Indonesia baik dari alamnya maupun SDMnya sangat besar. Indonesia itu orang-orangnya sangat kuat, hanya dibutuhkan pemimpin yang benar dan amanah untuk memimpinnya.

      NB : sori curhat juga, saya orang awam sales keliling naik motor keliling Jabodetabek.

    •  

      Mungkin dana Pemilu yang tidak jadi 2 putaran masih sisa banyak bung.
      atau mobil Mercy baru untuk para menteri kabinet yg baru dilelang saja.

    •  

      maaf bung, tapi segala sesuatu harus dilihat dari azas manfaat dan mudharatnya. kalo memang banyak manfaatnya buat meningkatkan martabat dan moril TNI juga rakyat indonesia keseluruhan, kenapa tidak? Karena tidak bisa dipungkiri, di belahan bumi manapun yang namanya prajurit/ksatria ya ndak bisa terus2an low profile terus ๐Ÿ™‚ Sekali2 harus ditunjukkan “kesaktiannya” yang bisa bikin moril kita terangkat. buktinya kemaren2 TNI mengalah dan pilih low profile, malah di hina2 oleh beberapa orang indonesia sendiri dengan bilang TNI memble-lah, TNI ketinggalan jaman-lah dll. Lah sekarang mau unjuk gigi malah dibilang pemborosan? Kalo bikin acara tahun baru aja, meski habis dana ratusan juta bahkan mungkin sampe nilai M, di tiap kota lagi, ndak ada yang bilang pemborosan? memang nilai uannya ndak bisa di adu head to head, tapi maksud saya jika untuk acara hura2 kita tdk keberatan buang2 uang, tapi untuk acara yang bisa mengangkat martabat bangsa, malah maunya di hemat2 ? Maaf, ada musafir numpang lewat ๐Ÿ™‚

      •  

        Setuju bung Kakarot…Emangnya klo HUT TNI nggak jadi dilakukan terus masalah BBM bisa terselesaikan…? Coba dihitung BBM yang dibutuhkan buat HUT TNI sama BBM yang dipakai buat muter2 nggak jelas pas tahun baru banyakan mana…?

        •  

          hehehe…bung gajah, soal itung2an BBM banyakan mana abisnya, biar yang pinter matematika aja yang itung ๐Ÿ™‚ tapi yang jelas sudah saatnya kita membangkitkan kembali wibawa para ksatria TNI kita. karena beberapa tahun belakangan, akibat kebijakan low profile, TNI kita malah di lecehkan. contoh kasus aja ada anggota TNI yang malah tewas akibat dikeroyok preman, bukannya ini miris? padahal dulu, mana ada preman berani sama anggota TNI. maaf kalo komentarnya ndak cerdas, maklum cuma musafir yang numpang lewat ๐Ÿ˜€

    •  

      Klo d keluarga saja klo mw ad acara..klo tdk ad biaya d bela-belain ngutang.
      . Apalagi ni skelas negara., TNI.
      . Apa kata dunia ?!

  16.  

    ane tgu babaran ks dr bung ps…sr lg ahhh

  17.  

    Smg disiarkan secara Full oleh salah satu TV..

  18.  

    Absen bung Satrio. Moment apa yang menyebabkan HUT TNI ke 20 dan ke 53 terasa menyedihkan..?

    •  

      Hut TNI nyang ke 20 jatuh pada taon 1965 nyang ke 53 jatuh pada taon 1998 kayaknya klo tidak salah…
      di kedua taon ntu negara kita lagi terjadi peristiwa nyang kagak baik bung…

    •  

      BETUL HUT TNI ke 20 pada tahun 1965 diwarnai kesedihan dengan gugurnya pahlawan Revolusi dan kondisi Negara yang carut marut,
      HUT TNI ke 53 pada tahun 1998 Juga Kondisi negara lagi carut marut,, ditengah sorotan dunia kepada TNI dalam kasus pelanggaran ham dan pelaksanaan pengamanan demontrasi dan kerusuhan yang melanda Negara ini,,
      Saat itu terjadi karena proses transisi Pemerintahan yang tidak terjadi mulus dinegara ini

      Tahun ini Proses Transisi pemerintahan lagi berjalan ,,, diramalkan bakalan rusuh dan banyak yang juga mengharapkan rusuh,, agar Indonesia terpecah belah,
      TNI sebagai Penjaga Kedaulatan NKRI berusaha semaksimal mungkin menjaga Kedaulatan agar Indonesia tetap aman dan tidak rusuh
      Untuk itu dilakukan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya Latgab ,Siaga 1 Pilpres ,Siaga satu MK, dan perayaan HUT TNI ke 69,

      Perayaan HUT TNI ini memang sebagaia perayaan hari jadinya tetapi juga Show Off Force menunjukan kepada pihak pihak yang ingin berbuat rusuh bahwa TNI selalu siap mengamankan Republik ini,jadi jangan macam macam dan berulah
      Semua itu bagian dari Strategi pengamanan ,mencegah Hal hal yang tidak diinginkan terjadi di Indonesia, DInegara lain juga demikian Show Off Force dilakukan sebagai Penggentar agar musuh tidak menganggap remeh kekuatan negaranya

      Kalau faktor biaya dipermaslahkan dan dicampuri dengan politik maka tidak elok untuk didengarkan ,, karena Kedaulatan itu Mahal dan akan bertambah mahal biayanya bila ditempuh dengan cara perang

      Saat TNI bersiaga satu gak ada yang protes,, Setelah sukses menjaga Kesatuan negara dan ingin merayakan HUT nya diprotes dengan berbagai dalih, pemborosan lah, menyenangkan oknum lah,, menyenangkan rezim lah.. Siapa sih oknumnya coba disebutkan biar kami rakyat bisa tahu dan menilai dengan arif,,itu omongan asbun atau memang tahu kondisi internal TNI dan strategi pengamanan negara ini ?? atau hanya dukungan buta saja,,

      Masih banyak kelurga TNI yang menetes airmatanya saat menyaksikan kebesaran upacara setiuap tahunnya ,, ini dikarenakan mengingat Almarhum suami,ayah,kakek,Saudaranya dll yang berkorban jiwa raga nya dipalagan palagan dalam mempertahankan NKRI,
      Keluarga pejuang Trikora, dwikora,seroja, dan lain lain ingin pengorbanan nyawa keluarganya tidak sia sia dengan Kebesaran TNI dan Negaranya

      Bukankah TNI adalah anak kandung Rakyat,, kalau ada yang tidak menyukai anak kandungnya itu orang tua yang bagaimana ?

      Imho

  19.  

    Maaf bung jalo kali ini sy krg setuju dgn pendapat anda. Sdh sekian lama rakyat negeri ini merasakan kegelisahan, kejengkelan jg rendah diri krn negara yg mereka cintai sering dilecehkan negara2 lain bahkan oleh negara sekelas malaysia. Jadi biarlah kali ini kami sbg rakyat Indonesia meraih kembali kebanggaan kami jg keyakinan kami bahwa kita adl bangsa yg besar yg akan menyongsong kejayaan masa depan.
    Yg menolak krn penerbangan sipil tertanggu patut dipertanyakan kecintaannya thdp negeri ini. Jg kita tdk trllu miskin sampai2 tdk mampu utk melakukan parade militer.

  20.  

    bener gak nih? jangkauan rudal tni ke ausi :source engingeng

    http://pbs.twimg.com/media/BxG8HD2CEAEAAmP.jpg:small

  21.  

    Buang buang duit yang seharusnya dihemat dihamburkan yang memang harus dilaksanakan mau dihilangkan…siap siap indon balik ke jaman jahiliyah dpr berkuasa bukan rakyat lagi termasuk tni hanya jadi bonekanya para elit politik maaf kalo kasar lagi kesal sama para elit…gak mikirno rakyat blas mung nguber tahta kekuasaan lan ngumbar angkoro murko ngenteni wae kiamat teko nang bumi nusantoroo titenono!!!!!!

    •  

      Bung Sakera. Jangan pakai istilah Indon. Istilah itu digunakan orang Malaysia untuk menghina warga negara Indonesia yg mencari makan di negaranya. Atau anda bukan orang Indonesia?!?!?!?!?

    •  

      mau marah,curhat gak papa.tapi jangan pake kata “ind*n”, itu hinaan dari yg rakyatnya Yang dipertuan bagong.

    •  

      Saya benci orang yg menyebut Negara saya Ind*n,,
      Indonesia,,nama Negara ini bukan d ambil dgn tafsir mimpi,tapi dengan Perjuangan,bnyak nyawa dmi nama Indonesia,
      Memang hanya sebatas nama,alah lebay apalah artinya sebuah nama,betul,,tapi dgn pemanggilan yg betul brarti kita menghargai jasa” Pahlawan yg merebut dan mempertahankan Negara ini,,
      Sama halnya dgn sebuah Baret TNI,,beli d pasar harganya murah,d sobek”,d injak” gak ada yg akan marah kecuali anda lakukan d depan mata TNI,boleh coba besok pelakunya jadi tempe goreng,,hehehe,
      Mulailah menghargai nama Indonesia,tanah ini bukan Malon yg gak pernah merdeka scara harfiah,yg gak takut mukanya bonyok karena mereka pengecut yg beraninya main keroyok,pemerintahan mreka picik dan jiwanya Ayam.tpi Indonesia Negeri pejuang,,,hehehe maaf neh ngelindur,moga ada manfaatnya,jgn marah krna d masukin k Hati,tpi jgn coba” dgn negara kecil ini ๐Ÿ™‚
      Hanya imho yg sok tahu,,

    •  

      pura” mw komen baggus ni orng.. tp kcplosan dia.. hati” ada ular.. tangkep tuh biar sya yg semblih.. dah siapin cluritnya nih..

  22.  

    Maaf juga bung Jalo. Saya Kali ini juga tidak sependapat dengan anda. Surabaya dekat dengan kota lain yg Ada penerbangannya tentu bisa untuk mengalihkan penerbangan. Selain itu tentu bijak kalau kita menjadwalkan penerbangan kita. Dan yang paling utama adalah yang terganggu kan hanya segelintir rakyat Indonesia. Kan tidak semua rakyat Indonesia tinggal di Surabaya. Jadi terlalu naif Lah kalau sedikit2 mengatasnamakan rakyat. Karena masih banyak rakyat Indonesia yg ingin melihat gaharnya alutsista yg dimiliki. Kalau bicara efisiensi, tentu kurang pas acara ini dikaitkan dengan efisiensi. Karena TNI tidak gratis membeli BBMnya dan pembelian itu juga tidak ke luar negeri. Logikanya Ada perputaran uang disitu. Kalau bicara efisiensi, masih banyak yg bisa kita lakukan.

  23.  

    Wah itu sedikit kutipan dri perkataan Bpk.Jenderal Sudirman ya ๐Ÿ™‚

    “Anak-anakku, Tentara Indonesia, kamu bukanlah serdadu sewaan, tetapi prajurit yang berideologi, yang sanggup berjuang dan menempuh maut untuk keluhuran tanah airmu. Percaya dan yakinlah, bahwa kemerdekaan suatu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa harta benda dari rakyat dan bangsanya, tidak akan dilenyapkan oleh manusia siapapun juga.”
    (Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman,
    5 Oktober 1949)

  24.  

    wlopun ada pro&kontra, Smoga acarany berlangsung dg lancar..
    N hrapan sya, semoga yg goib2(wlopun gk hrus smuany) d tunjukin kpd rakyat.. Cz tu smua dr uang rakyat jg.

    * yg goib jgn d umpet2in trlalu lama d0nk .. Kami sbgai rakyat takut , klo yg goib2 mlh jd goib selamany (di jual).

    •  

      Wadaw kena deh,,
      Mungkin yg goib” sedang d budi dayakan agar beranak-pinak bung Piitrux ๐Ÿ™‚
      Silahkan yg Goib bertapa menambah Ilmu Kanuragan,,tapi harapan Rakyat Indonesia yg d sebut” makhluk Goib itu menampakan diri/kekuatannya pada waktu Negara ini genting,jgn d bilang Goib tpi saat ada pertempuran ttp Goib aja alias Mimpi Manis,hehehe ๐Ÿ™‚

      •  

        Klo lg d budi dayakan biar bs beranak pinak y syukur alhamdulillh bung… . Apalagi qt sbgae orang awam kn gk prnah tau penampakan ny, klo yg goib” tu jd goib selmanya(dijual).. Y qt sbgai rakyat yg apes bung, . toh tu buat bli dri uang rakyat jg.
        smoga yg goib2 d tunjukin, y wlopun cm 1 / 2 bji lah.. .

  25.  

    Okelah lok memang perlu untuk unjuk otot. Biar masyarakat percaya diri dan tetangga berhitung 1000 kali lok mau ngeganggu Indonesia. Tapi mustinya masyarakat jga harus siap dngan konsekuensinya, yaitu pemborosa bbm dan ongkos untuk semua pertunjukan tersebut. Jadi bila sekarang bbm langka ya harus maklum. Dan bila apbn kembang kempis sehingga riset kekurangan dana,pembangunan infrastruktur mangkrak,pertumbuhan ekonomi menurun, ya jangan protes, jngan lantas nyalahin pemerintah baru nanti. Oke..???
    Damai damai damai…
    Smua pasti ada sisi baik dan sisi buruknya.

    •  

      Saya dan keluarga besar saya sebagai pembayar pajak siap. Tapi anda tanya ke mereka-mereka yang mendapatkan fasilitas rumah mewah, mobil mewah, gaji besar, memainkan anggaran, dan fasilitas lainnya baik berbentuk kunker, simposium, pelatihan ataupun yang tidak sesuai dengan peruntukkannya terutama di akhir periode tiap TA siap nggak klo seluruh fasilitas dan tunjanggannya dikurangi? Ganti mobil mentri pake camry. Atau gunakan mobil mentri dari era kabinet sebelumnya yg layak pakai. Ganti tunjangan kendaraan anggota dewan dan pejabat dengan MPV sekelas 1000-1500 cc yang murah meriah.

  26.  

    Oh ya untuk warjager yang para tukang dan user ane mau konfirmasi
    Akan saya email dan mohon kerjasamanya untuk meningkatkan kualitas Warjag kedepannya
    Atau bisa email saya di [email protected]

    ditunggu kerjasamanya terimakasih

  27.  

    Sesekali pingin melihat formasi2 pespur diatas sby menari2 indah….udah bertahun2 nunggu momen ginian, kalo memang pingin hemat biaya…mending cuman parade ato parkir aj tuh leo, marder, astros, heli kebnaggan TNI di makodam 5 brawijaya…biar semua warga bisa lihat !!! lumayan hemat tapi juga bikin semua warga senang… maaf opini awam

  28.  

    Untuk sementara ini kita harus segera basmi para penimbun BBM, penjual BBM ilegal, pembajak tanker BBM [ gara-gara mereka ber ton ton BBM ilang ].

    Untuk jangka panjang kita harus riset dan kembangkan mesin penggerak non BBM untuk kendaraan sipil maupun untuk arsenal perang kita. Ke depan minyak makin mahal.

    Mungkin bisa dipertimbangkan membuat video dokumentasi yg sinematik setiap unjuk kebolehan alutsista yg kita miliki [ sukhoi mengintai, mlrs bersiap nembak dsb ]. Supaya bisa disebar luas dan diperbanyak secara masal deterence efeknya.

  29.  

    Pride for TNI …
    Pride for Indonesia …
    Saya pikir pak SBY mengadakan HUT TNI secara besar-besaran bukan berkeinginan penghormatan pada dirinya atau sebuah rezim, kalau beliau ‘gila’ hormat maka usulan penganugerahan ‘jendral besar’ akan diterimanya.
    Parade militer dilakukan juga sebagai bahan pertanggungjawaban uang pajak yang dikeluarkan rakyat. Terlepas dari alutsista yang ghaib itu merupakan strategi dari TNI ya … Serahkan pada ahlinya …

    TNI JAYA …
    INDONESIA JAYA …
    DIRGAHAYU HULUBALANG NEGERI …
    DOA KAMI BERSAMA MU …

  30.  

    Sebagai rakyat jelata, saya ingin menyaksikan seluruh alutsista yg dibeli dengan anggaran MEF 1 sebesar 150T. katakanlah krn dianggap alutsista strategis dan rahasia, jenisnya tetap harus ditunjukkan kepada rakyat (misalnya Kilo atau Rafale atau SU34) meskipun hanya satu biji. Kalau jumlahnya dirahasiakan, saya kira masih bisa diterima. Tapi kalau jenis dan jumlahnya dirahasiakan semua, rakyat pasti akan bertanya, apa benar memang kita sdh beli dng anggaran MEF1. Jangan2 anggaran sdh digunakan, tapi barangnya tidak ada dengan alasan rahasia. Utk menghilangkan suudhon tsb dan juga sebagai pertanggungjawaban kepada rakyat, serta untuk meningkatkan rasa cinta tanah air kepada rakyat, tidak ada salahnya kalau semua jenis alutsista yg sdh dibeli, ditunjukkan kepada rakyat. Alangkah bangganya kita, apabila tahu TNI sangat kuat dan yakin mampu menjaga keutuhan NKRI. Maaf kalau salah, maklum hanya pendapat oot dari rakyat jelata penjual ayam di pasar.

    •  

      setuju mas Pitik..yang di rahasiakan ya jumlahnya dan penempatannya..keberadaannya jangan di rahasiakan kalau dirahasiakan dimana efek deterennya?..secara Defile itu jg kan mempertontonkan..maksudya jg sbg peringatan k negara asing apa yg kita punya. Kalau di buka saja rakyat kita yg senang tapi jika di sembunyikan rakyat negara lain yg senang dan ngelunjak terus sama kita..hayoo pilih yang mana?…percuma kita jaga keseimbangan kawasan tapi kita di lecehkan orang terus..kalau memang Punya ya Tunjukkan..biar orang Paham bahwa negara Indonesia ini negara Besar dan rakyat juga bangga sebagai Bnagsa yang Besar…

    •  

      Mungkin nih mungkin, yang di pake beli alusista goib itu duit lanang yang ngga ada di APBN jadinya kalo di liatin jadi blunder urusan sama kpk dan DPR tentunya. Ah pokoknya mbulet dah lha wong dulu nyarinya susah gara2 mikir eskalase kedepan dengan uu minerba yang bikin si asu dll ngambek. Belum lagi joechink yang ugal ugalan. Bukannya di banting kontan. Iya apa ngga. Di rumah tangga ajah kalo si suami beli2 hingga necis, lha bininya pasti cemburu duit dari mana neh sambil nunjuk jidat suami. Terus si bini juga kan pingin nyicipin duitnya masak laki doang yang beli beli. Hehehe bininya siapa lagi kalo bukan penghuni gedung kura2 dan jaringan

  31.  

    Mohon maaf para sesepuh karena saya orang Indonesia asli yang tadi itu tidak sengaja tiping yang gak komplit lagi kesal aja sama ruu yang mau nyunat hak berdemokrasi rakyat…sebagai rakyat kecil saya rela makan cuma pakai garam asal TNI kuat dan pajak yang saya bayar tidak dipakai bancakan para elit sekali lagi mohon maaf hidup TNI hidup NKRI…

  32.  

    Para sesepuh dan bung-bung senior, barusan baca di surat kabar, salah satu pesawat yang akan ditampilkan adalah 3 unit F5. itu F5 beneran ato F5 jadi2an ya? ๐Ÿ™‚ mohon pencerahan untuk musafir yang numpang lewat ๐Ÿ™‚

  33.  

    Saya kira tak elok jika ada orang yg bilang penghormatan kepada oknum,rezim atau pula suatu pemborosan.
    NKRI adalah besar.
    Kita harus bersyukur dan TNI bersama rakyat adalah benteng terakhir NKRI.
    Jangan selalu mengkambing hitamkan TNI atas nama rakyat.
    Jangan buat TNI dan rakyat bercerai berai.

    Maju terus TNI.
    I love TNI.
    I Love INDONESIA
    NKRI harga mati.

  34.  

    Sy memang bukan tentara, tetapi sy pernah mendengar cerita orangtua sy tentang bagaimana menderitanya tentara kita saat konfrontasi dgan Malaysia. Bagaimana hebatnya mereka menggempur inggris di perbatasan kecamatan sekayam kalbar. Dengan senjata AR 15 nya. BM 59 yang berat Dan suaranya menggelegar. Banyak yg tak pulang lagi. sy kecil hanya melihat bekas lubang peluru dipohon2 sekitar perbatasan. tapi saya tahu bahwa mereka sudah banyak berbuat. Sekarang pertanyaan sy apa yang sudah kita buatan? Ada tapi tak sebanding. Jadi biarlah uang tahun mereka sebagai penghapus Lara Dan duka mereka.

  35.  

    Assalamualaikum wr.wb.
    imho
    sebenarnya semua sudah ada porsinya, atau rencana anggaran pembelanjaan negara,
    termasuk acara HUT yang diharapkan dapat meningkatkan rasa patrioisme, kebanggaan serta nasionalitas.
    namun yang tidak mempunyai porsi kan untuk oknum yang korupsi.

    jika rencana ini dirubah atau di cancel apa anggarannya kembali?
    tidak, hal tersebut malah membuat oknum-oknum baru, karena anggaran yang telah ada tidak tahu mau dihabiskan kemana, sehingga mereka yang sebelumnya tidak terlibat korupsi malah bisa terlibat korupsi karena ada anggaran yang nganggur.

    mau dikembalikan ke kas negara? ke dpr badan anggaran?
    tidak mungkin balik, paling hanya beberapa persen saja yang kembali yang lainnya dipangkas untuk biaya surat-menyurat yang tidak lain biaya tersebut masuk ke kantong oknum-oknum, dan membuat peluang korupsi baru.

    kalau salah ya maaf ๐Ÿ˜€
    maaf oot ๐Ÿ˜€

  36.  

    Saya dan seluruh keluarga besar saya sebagai rakyat dan pembayar pajak. Setuju tetap direncanakan acara tersebut. Tapi dengan syarat, mbok ya yang barang ghoib dimunculin 1 biji aja. Atau biarkan para punggawa yang ada disini dan akan mengikuti acara tersebut juga membabar secara gamblang, jelas, dan akurat mengenai keberadaan yang ghoib. Cukup 1 aja yang dimunculin dari tiap jenis berikut fotonya biar nggak hoax hoex klo nggak ada fotonya. Buat yang punya link untuk mengklarifikasi berita hoax hoex batang ghoib nggak ada masalah tp buat yang nggak punya pasti ngidam berat. Link ane aja infonya terbatas hanya pada bidang yg memang menjadi kerjaanya dia. Klo yg laain kebanyakan gelapnya. Hayo laksanakan segera, supaya detergen nya makin kuat, dimunculkan yg perlu dimunculkan.

  37.  

    saya juga om

  38.  

    Maaf yg mengatakan pemborosan dan mengatas namakan rakyat miskin dan gak mampu. RAKYAT YG MANA,?? saya juga rakyat miskin,makan juga susah,tp saya lebih senang uang pajak di pakai untuk pengawal negeri yg rela mati demi negeri dari pada di makan anggota hewan yg tiada hari tanpa korupsi..
    SELALU BERTANYA TANYA ATAS NAMA RAKYAT YG MANA.?? KAMI SUDAH MUAK DG KATA2 ITU… Semoga azab hadir cepat bg yg mengatas namakan rakyat.

  39.  

    To; Bung Jalo
    Bung,ane tertarik dengan pernyataan anda yg mngatakan kurang lebihnya
    – Orang nikah aja resepsinya bisa mundur sampai tanggal yang pas sesuai kemampuan
    – Saat ini masyarakat sedang susah bbm,acaranya diundur tahun dpn
    Emmmm dari 2 point yg saya tangkap di statementny bung jalo trsebut,ada hal yg ingin saya tanyakan k anda
    > Apa jaminannya ketika acara ini diundur di kemudian hari,di kemudian hari trsbt tdk terjadi kesusahan bbm seperti saat ini?

    Klo menurut saya,ini saat yg tepat bung. Dgn suksesi pemerintahan yg berjarak 2minggu dari acara trsbt,ini dpt di jadikan sinyal kepada kawasan. Seolah olah berkata “hey guys,whoever become the next president for this country. We would to remain you that we are strong and always grow up to be stonger ever”

    Maaf bung jalo,hanya curcolan bakul tahu hehehhehe ๐Ÿ˜€

  40.  

    JAYA LAH NKRI KU ! BERSATULAH BANGSAKU! KUATLAH TNI KU!! NKRI JAYA

  41.  

    Setuju @Bung werkudoro,,saya cuma seorang Petani..jgnkan naik pesawat lihatpun jarang*..jd sy tidak sependapat dgn apa yg dikatakan bung jalo..! Sudah bosan dengan kata* yg mengatasnamakan Rakyat..! Semoga HUT TNI Lancar & aman terkendali..!

  42.  

    Yang goib biar goib aja, kenapa? Ya biar gak diusilin sama H sukri ๐Ÿ˜€ kalau yg lama mau dilego biarin aja toh… tuh liat pesawat kepresidenan yg baru dibeli aja mau di”sukrikan” .
    Kalau masalah penghematan, HUT TNI tahun depan kayaknya deh… pasti yg seliweran serba drone… dari pesawat drone… kapal drone…. tank drone …. dan mungkin tentara drone…. smg aja penontonnya kagak drone juga… ๐Ÿ˜€ irit dah pokoknya.

  43.  

    saya kira tak elok jika mengkritisi hari jadi TNI. lha kalo anak kecil ulang tahun aja penginnya yang meriah apa lagi kalo suit sepen tin. seharusnya kita berterima kasih dengna TNI, kita bisa tidur nyenyak disaat tni PATROLI. kita bisa berkumpula dan bercengkrama dengan keluarga disaat anggota TNI menjaga perbatasan negara. BERTERIMA KASIHLAH ATAS KESETIAYAAN TNI MENJAGA IBU PERTIWI..

    CURHAT SALES ALKES

  44.  

    jam berapa ya acaranya yang tanggal 5

  45.  

    MET ULTAH TNI, JAYALAH SELALU NKRI DAN BERSATULAH TNI INDONESIA,,,,

  46.  

    Mat ultah TNI yg ke 69 smga tetep smangat menjaga NKRI..

 Leave a Reply