Mar 172019
 

Menkav-3 Marinir yang terdiri dari 5 Unit PT 76 dan 3 Unit BTR 50 M melaksanakan kegiatan simulasi Gerakan Maju Untuk Kontak (GMUK) pada Rabu 13 Maret 2019 di Pelabuhan Sorong.

Sorong, Papua, Jakartagreater.com   –   Dalam rangka pergeseran kendaraan tempur (Ranpur) Menkav-3 Marinir yang terdiri dari 5 Unit PT 76 dan 3 Unit BTR 50 M dari Pelabuhan Umum Sorong menuju Mako Resimen Kavaleri-3 Marinir Katapop Distrik Salawati Kabupaten. Sorong Papua Barat.

Komandan Resimen Kavaleri-3 Marinir Kolonel Baju Kelana Putra tidak menyianyiakan kesempatan tersebut untuk sekaligus mengasah kemampuan prajuritnya dengan Latihan Satuan Dasar (LSD) TW.1 TA. 2019 yaitu melaksanakan kegiatan simulasi Gerakan Maju Untuk Kontak (GMUK) pada Rabu 13 Maret 2019.

Pelaksanaan Latihan yang di pimpin langsung oleh Komandan Resimen Kavaleri-3 Marinir Kolonel Marinir Baju Kelana Putra yang juga bertindak sebagai Pimpinan Latihan dan Perwira Staf Operasi Menkav-3 Mar Letkol Marinir Muhson, S.E, M.Tr Hanla selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat).

Kegiatan latihan simulasi ini diawali dengan pemberian perintah operasi (PO) oleh Komandan Kompi Lettu Mar Basor kepada krew Ranpur, selanjutnya 1 Peleton Kavaleri bergerak dari titik pemberangkatan yaitu di persimpangan Pelabuhan Arar Kota Sorong menuju Daerah Persiapan (DP) Katapop melalui poros jalan Petro Cina.

Dalam pergerakan Gerakan Maju Untuk Kontak tersebut para krew Ranpur disimulasikan mendapatkan problem rintangan yang berupa ranjau anti personel, ranjau anti tank dan beberapa tembakan konsentrasi musuh.

Maksud dan tujuan dari latihan ini menurut Komandan Resimen Kavaleri-3 Marinir adalah agar setiap krew Ranpur dapat meningkatkan kemahiran dalam bermanuver di darat serta memahami dan teliti dalam mengambil satu keputusan dengan cepat dan tepat. (marinir.tnial.mil.id)