Nov 192014
 
KRI Bung Tomo (TOM-357) melaksanakan uji tembakan meriam 76 milimeter di Pulau Gundul, Jateng, (Antara / Joko Sulistyo)

KRI Bung Tomo (TOM-357) melaksanakan uji tembakan meriam 76 milimeter di Pulau Gundul, Jateng, (Antara / Joko Sulistyo)

Jakarta— Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan, Badan Keamanan Laut (Bakamla) tidak dapat seenaknya menenggelamkan kapal asing yang dianggap ilegal. Sebab, ada prosedur penindakan hukum yang berlaku di laut dan disepakati oleh dunia internasional.

“Kalau sudah diperingati dulu, ya ‘dor, dor, dor’ (tembak ke udara) saja. Ada aturan yang berlaku, tidak sembarangan menindak, nanti kita diklaim (melanggar hukum) internasional,” ujar Tedjo di kantornya, Rabu (19/11/2014).

Tedjo mengatakan, kondisi keamanan laut di Indonesia memang butuh penanganan serius. Banyak sekali pelanggaran yang terjadi di sana. Misalnya, penjarahan hasil laut oleh kapal asing, penyelundupan barang hingga manusia, dan lain-lain. Oleh karena itu, Tedjo sangat mendorong revitalisasi Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) menjadi Bakamla.

“Kalau Bakorkamla dulu kan koordinator saja. Jadi, kalau ada apa-apa, dia yang minta kapal ke sini. Kalau tidak ada yang kirim, tidak bisa disalahkan. Kalau Bakamla, ini sudah menjadi pusat komando untuk menggerakkan,” ujar dia.

Perubahan tersebut, lanjut Tedjo, tidak berarti ada perubahan struktur kelembagaan. Bakamla akan tetap didukung oleh 12 satuan keamanan laut dari berbagai instansi, antara lain TNI, Polri, BIN, Bea Cukai, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Keuangan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan, serta Kejaksaan Agung.

Namun, Tedjo sekali lagi mengingatkan bahwa penindakan hukum di laut memiliki caranya sendiri. Ada peraturan internasional yang sudah bertahun-tahun disepakati. Untuk diketahui, hukum laut internasional yang dihormati di Indonesia adalah United Nations Convention on the Law of the Sea (Unclos).

Revitalisasi Bakorkamla ini masih menunggu Keputusan Presiden. Tedjo memprediksi, keppres akan keluar pada Desember 2014 mendatang. Bakamla itu sendiri akan diresmikan bertepatan dengan Hari Nusantara, 13 Desember, di Kota Baru, Yogyakarta.

Sekadar gambaran, pengubahan Bakorkamla menjadi Bakamla adalah amanah dari Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 yang diundangkan pada 17 Oktober 2014. Poin UU itu adalah pembentukan Bakamla dengan tugas, pokok, dan fungsinya, mulai dari pencegahan dini gangguan keamanan laut hingga penindakan.

Seperti diberitakan, Presiden Jokowi “geregetan” atas ulah kapal penjarah hasil laut di Indonesia. Dia menyebut, negara merugi Rp 300 triliun per tahun atas jarahan tersebut. Dia pun meminta keamanan laut untuk bertindak tegas terhadap kapal pencuri hasil laut.

“Enggak usah tangkap-tangkap, langsung saja tenggelamkan. Tenggelamkan 10 atau 20 kapal, nanti baru orang mikir,” ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (18/11/2014). (Kompas.com).

Bagikan :

  110 Responses to “Menko Polhukam : Tak Bisa Sembarangan Tenggelamkan Kapal”

  1.  

    1#

    •  

      Ora mudengan apa pura-pura ga tahu? Udah jelas instruksi presiden : awak kapal ditangkap baru kapalnya ditenggelamkan… Kok bisa jadi berubah main “dar der dor”… Kok Ada kesan “lain” yaa membaca komentar pak Menko dan sebelumnya Pak Kasal mengenai protap

      •  

        lah, kapal nelayan kita boleh diteggelamkan ?
        apa HAM hanya berlaku untuk indonesia saja ?

      •  

        Beliau manta KSAL bung..pastinya lebih paham prosedur penindakan di laut. Kan sudah dibilang ada aturannya. Presiden bilang ditenggelamkan itu tidak berarti tanpa menenggelamkan dengan mengabaikan prosedur yang seharusnya. Kita juga harus mematuhi hukum laut internasional.

        •  

          jadi ingat KSAL Bernard Kent Sondakh

        •  

          jika bicara hukum laut tentu KSAL lebih tahu daripada presiden. presiden juga bisa salah dan keceplosan. adalah tugas menteri-menteri dan pembantu presiden untuk mengingatkannya manakala itu terjadi.

          dulu semasa SBY bisa kritis kenapa sekarang jadi tumpul? sama saja, mereka berdua manusia yang bisa salah dan lupa.

    •  

      Maksud dari menkopulhukam apa,
      President sudah instruksi untuk menenggalamkan kapal, bila tidak seperti ini,, maritimnkita tetap akan kecolongan, yg paling sering nyolong juga vietnam , malaysia, china, dan thailand, kalao perlu di siarkan di seluruh dunia, supaya mata mereka melek, dan setelah di tanda tangani presiden kalao masih ada yg bandel, y itu terserah mereka, peringatan hanya akan jadi bahan ejekan buat maling cuy,

      Setelah ada korban 2 ekor kapal pastilah baru mereka sadar,, karena sesungguhnya sudah ada peringatan, sebelum di tindak,
      Hal seperti ini harus didasari hukum dan uud, 45,

    •  

      ganti aja KASAL nya…
      perintah presiden kq dibantah..

  2.  

    Hehehe…. asal

  3.  

    berarti pak joko belum ngerti aturan mainnya dilaut.main suruh tenggelamin.masih untung pak menkonya paham.kalau tdk.bisa jadi penyebab perang sesama tetangga diasean

    •  

      maaf bung, perintah pak jokowi itu sebenarnya udah tepat., cuma menkonya ini ngk paham.
      menurut pak jokowi kan kapalnya ditenggelamkan saja tapi awaknya di tangkap dulu. bukannya ditenggelamkan beserta awak2’y. maaf kalau salah tafsir.

      •  

        tetap tidak boleh bung, sudah ada perjanjian dengan negara tetangga kalau kapal nelayan tidak boleh dihancurkan karena itu merupakan mata pencarian bagi nelayan dan itu disetujui kedua belah pihak

        jadi yg diutamakan adanya pemberitahuan kalau nelayan tidak boleh melewati batas-batas negara, itulah kenapa masih ada sikap gak jelas karena terbentur peraturan dan perjanjian

        •  

          Maaf bung, trs soal kapal nelayan kita yg dibakar nelayanya suruh berenang ampe koit gmn ntu bung# awam

          •  

            setuju bung, mencuri ikan kok di bilang mata pencaharian?
            negara kecil papua nugini saja berani membakar kapal nelayan kita, saya dukung pemimpin yg tegas.

          •  

            betul bung,
            nggk usah terlalu kakulah, coba aja dulu urusan entar
            kan udah ada contoh, negara lain aja bisa bakar kapal kita dan tidak ditindak ama internasional

        •  

          Andai negara tetangga juga begitu maka ratusan kapal nelayan kita akan ditenggelamkan juga di Selat Malaka oleh Malaysia dan Thailand, di Laut Cina Selatan (oleh Vietnam dan Malaysia), di Laut Sulawesi oleh Filipina, di Samudera Indonesia (Kepulauan Pasir/Ashmore Islands) oleh Australia.

          Sampean tahu tidak jika Kepulauan Pasir/Ashmore Islands itu adalah lokasi penangkapan teripang turun temurun nelayan Bugis/Mandar meski kini sudah menjadi wilayah Australia??

          Sampean tahu tidak jika Pulau Miangas lebih dekat ke Mindanao – Filipina daripada ke Sangihe-Talaud bahkan Manado?

          Presiden juga bisa salah kok. Lebih baik mengakui bahwa pernyataan kemarin salah atau kelepasan bicara daripada mencari-cari alasan pembenar yang justru menunjukkan kepicikan kita.

          Sama juga kenapa black flight tidak langsung ditembak. Karena dalam hubungan antar bangsa ada hukum internasional yang mewajibkan setiap negara melindungi keselamatan dan nyawa manusia.

          •  

            Ok bung, tp masalah kapal dilelang saya ga setuju, ini jelas rawan korupsi, anda tahu sendiri seperti apa sistem hukum kita,,,

        •  

          Trus kapal-kapal nelayan kita yang di bakar bagai mana?? Apa aturan HAM cuma di negara kita?? Trus perintah presiden sudah jelas,,di selametin dlu orang nya,,,trus di tenggelamin..

      •  

        kalo sperti itu ibarat kita ini bujang ALIM. bujang 10 betul. hanya lurus saja jalan hidupnya, sekali2 tabrak saja aturan itu. biar pada kapok semua, ingat untuk menjaga marwah bangsa tidak harus berpedoman pada aturan. bangsa kita ini diperjuangkan dimerdekakan dengan menabrak aturan yang berlaku pada waktu itu yaitu aturan belanda. dan aturan belanda pada waktu itu memang wajib dilabrak

        •  

          Bung xtrada,,
          Mau sampai kapan ? Sampai ikan2 di laut kita habis ? Kalau nelayan kita yg mencuri dilaut tetangga lalu dibakar, itu resiko dong, siapa suruh mencuri,,,

          •  

            tidak semua nelayan punya GPS bung. sebagian besar masih mengandalkan navigasi tradisional. seringkali overlap dengan teritorial tetangga karena ketidaksengajaan (un-intentionally).

            kalau kehidupan bernegara memakai cara-cara koboi berbahaya bung.

            mungkin anda belum membaca/tahu perjuangan diplomat-diplomat kita supaya konsep archipelagic state / negara kepulauan diterima oleh negara-negara di dunia. itu dari tahun 1959 (Deklarasi Juanda) sampai 1982 (UNCLOS). sebelumnya wilayah laut kita hanya 12 mil dari pulau-pulau. laut pedalaman tidak diakui sebagai teritori kita.

            bersamaan dengan diterimanya UNCLOS – United Nations Convention on the Law of the Sea, kita juga dibebani menjamin keamanan dan kebebasan berlayar bagi kapal-kapal dengan tujuan damai.

            bahkan untuk maksud penegakan hukum pun tidak bisa semena-mena. menahan kapal juga ada masanya. mengarahkan kapal ke area berbahaya dilarang. apalagi meneggelamkan?

            ayolah berpikir kritis. hanya karena dikatakan presiden tidak selamanya benar. presiden juga bisa salah.

            terhadap illegal fishing. tarik ke pelabuhan. proses hukum secepatnya. kapal dilelang. duit masuk negara. cakep kan?

            just my two cents
            cmiiw

          •  

            Maaf bung Antasena..negara kita adalah negara kepulauan. Bung tahu tidak bedanya wilayah teritorial laut dan Zona Ekonomi Ekslusif?

    •  

      bung kian santang,,,
      wilayah teritorial laut adalah wilayah laut dgn luas 12 mil dari ujung terluar pulau2 di indonesia sedangkan ZEE adalah wilayah laut indonesia selebar 200 mil yg diukur dari garis pangkal batas laut indonesia,,,

      •  

        maaf bung extrada., nelayan kita lah yg justru masih menggunakan navigasi tradisional., dan kapal asing yg melanggar tersebut lebih modern dari kita. kalo kita ngk bisa tegas dari sekarang maka sampai kapanpun nelayan kita akan kekurangan mata pencaharian kaena hasil tangkapannya habis dikeruk oleh nelayan asing yg sudah lebih modern.

    •  

      menkonya letoy…cemen.

    •  

      ada undang2nya bung yg ngatur penenggelaman kapal

  4.  

    Tindak tegas bagi pelanggar kedaulatan NKRI.

  5.  

    – bbm dah naik jadi gak ada alasan lg buat pembentukan Bakamla sekaligus dukungan anggarannya ya Pak semoga maling2 di laut dapat berkurang..amiin

  6.  

    yes

  7.  

    Jangan lagi pak jokowi korban pembisikan

  8.  

    nyimak

  9.  

    anggaran jelas tersedia soale subsidi bbm bisa dialihkan ke operasional kapal patroli. semoga terrealisir

  10.  

    semua pake aturan, jangan seenae dewe, bisa kacau negeri ini

  11.  

    Presiden kan berbicara scr ringkasnya saja.
    Nyatanya beliau mengatakan “Orangnya jgn ditenggelam kan……”.
    Jadi, intinya sih berikan hukuman pd si penjarah ikan dgn hukuman yg membuat mereka dan orang lain tdk berani mencuri ikan diteritorial ri lagi, bhkn cuma utk sekedar memasukinya.
    Dan hukuman yg tepat ya orangnya ditangkap dan kapalnya ditenggelamkan.
    Laksanakan saja perintahnya. Itu lebih baik!
    Jayalah negeriku, Indonesia!

  12.  

    Peringatkan Dulu… Kalo tetep nakal baru tembak DOR DOR DOR 😀 😀

  13.  

    sangat setuju dg pak menteri, tp sy jgmau tanya beberapa bulan yg lalu perahu nelayan kita di bakar gitu aja ama tentara papua nugini kok gak ada sanksi apapun untuk negara tsb kenapa, mohon pencerahan klo ada yg bisa jwb.

  14.  

    Kalau pemimpinnya asbun bisa kacau neh , semoga pak jokowi dikelilingi oleh orang yg pinter tidak asal ngomong. Amin

  15.  

    Lalu bagaimana nelayan kita yg ditembaki negara tetangga kita, apa komentar bapak….buktinya negara tersebut adem ayem aja….!

  16.  

    maklum pak orang sipil yang gak tau

    maunya ya bam bem bom,bakar,tenggelemin

    :mrgreen:

  17.  

    Ane mah satuju ma mr jokowi, liat kapal qt d tnggelamin, sonora sama antek’a, protes qt d cuekin cuyyy

  18.  

    daripada di tenggelamkan,bisa nggak kapalnya disita ,dimanfaatkan sama nelayan kita

  19.  

    Soalnya yang bicaranya terstruktur dan sistematis Kebanyakan mikir.. Action NOL.

  20.  

    gampang pak presiden, SP3-in aja menkopolhukam, masak tentara kalah sama bu Susi, apa mesti ditato dulu tuh pak..

  21.  

    atasan udh perintah wajib dilaksanakan…giliran nelayan kita kapal.dibakar pulang berenang…diam aja

  22.  

    Jogo cocotmu ga usah asal njogog

  23.  

    Nelayan luar disayang…nelayan kita di tendang..di gebukin..di bakar..mgkn ada yang mateeekkk….mgkn juga ada gak yang bisa jalannnn…lagi…anteng2…wae..nasibb…nasibb…gak ada lgi yang berani dan tegass…kemana ya UUD 45..perasaan indonesia ini pake standar internasional..gak pede kayak nya pake UUD 45….

  24.  

    Kyaknya sih harus tegas sekalian……ga usah ragu ragu……perjanjian perjanjian….tapi siapa dulu yang melanggar dan lebih besar mana pelanggarannya…..kl m tenggelamin ya lakukan saja,bilang saja sedari dulu sudah bnyak pencurian yang dilakukan dan sudah sering kita peringatkan,tapi tidak di indahkan……jadi perlu di lakukan juga efek jera…….

  25.  

    ga usah ditenggelamkan.. mubadzir…
    tangkep orangnya (penjara 5 tahun, denda 3M), sita ikan yg telah ditangkap dan kasiin aja tuh kapalnya ke nelayan yg membutuhkan.. lumayan buat nambah-nambah tangkapan ikan bagi nelayan..

  26.  

    Klo kita cinta NKRI, ya sudah seharusnya yang masuk tanpa ijin atau mencuri ikan ya harus dihukum/ditindak dengan tegas, nelayan kita yg kesasar ke negeri orang saja kapalnya dibakar.gimana nih……

  27.  

    TUAN RUMAH TIDAK AKAN BERUNDING DENGAN MALING YANG MENJARAH RUMAHNYA

  28.  

    Kurang kompak,,,
    Antara pak, jokowi, ibu susi, dan sekarang pak,tedjo,,

    Bu susi pernah bilang ke DPR, # jgn asal setuju klo pemerintah mau mengadakan kapal patroli,, liat efisiensi nya, TNI AL punya 70 kapal patroli, tp ironis nya cuma 10 yg bs digunakan,, buat apa punya banyak kapal patroli klo tidak bisa digunakan.,,,,#

    Saat indo defence, pak jokowi mau menambah lebih banyak lagi kapal patroli, agar bs mengawal NKRI

    kasus ke dua, terkait artikel diatas. Antara pak tedjo dgn pak jokowi,,

    Klo bs kedepan sebelum mengeluarkan streatmen yg strategis, baik nya di rundingkan dlu,, biar lebih kompak, antar presiden dan mentri nya,,

  29.  

    Kalau ngedor pakai kapal selam, terus kabur…..

  30.  

    lagi lagi hukum international? Apakah itu menguntungkan kita? Kapan kita berdaulat dirumah sendiri? Sama aja kayak rumah kita didatangi maling… Trus malingnya udah kelihatan dengan mata kepala kita? enaknya anda apakan tuh maling? Secara anda lelaki jantan? Apakah anda cmn teriak2? Atau langsung ambil senjata?

    •  

      busyet dah!

      kalau tidak ada hukum internasional kita tidak akan punya Zona Ekonomi Eksklusif yang membentang 200 mil laut dari pulau terluar.

      kalau tidak ada hukum internasional kita tidak akan punya laut pedalaman. hanya laut sejauh 12 mil dari pantai pulau-pulau.
      itu artinya Laut Jawa, Laut Flores, Laut Sulawesi, Laut Banda, Laut Arafuru adalah laut bebas. kapal-kapal dari negara mana pun bebas masuk tanpa permisi, bebas mengambil apapun yang ada di dalamnya. bebas melakukan misi intelijen atau bahkan latihan perang.
      itu artinya kita belum menjadi negara kesatuan kepulauan (archipelagic state).

      konsep negara kepulauan itu baru diakui menjadi hukum internasional pada tahun 1982 (UNCLOS) meski kita sudah mendeklarasikannya tahun 1959 (Deklarasi Juanda).

      United Nations Convention on the Law of the Sea
      http://www.un.org/depts/los/convention_agreements/texts/unclos/unclos_e.pdf

      •  

        Bung Xtrada..percuma capek2 menjelaskan ke orang yang tidak mau mengerti. Mereka tidak paham bahwa dengan adanya hukum laut internasional itulah kita punya pijakan untuk mengamankan kekayaan laut dan kedaulatan kita. Lah wong bedanya wilayah teritorial laut dengan ZEE saja mereka tidak bisa membedakan, repot.

        •  

          Betul bung, kadang fanatik yg berlebihan membutakan pengetahuan,, seolah olah semua yg dikatakan fans kita itu tdk pernah salah, dan selalu benar,,

          Segala sesuatu yg berlebihan dan kekurangan rasanya kurang baik

          Berfikir kritis dan berprilaku bijaksana mencerminkan kedewasaan,,,

        •  

          bung kian santang,, memangnya aparat kita dari dulu ga tahu hukum laut internasional ? kenapa tidak tegas dari dulu,,??

          •  

            Sebenarnya jaman Kabinet SBY jilid I, waktu Kementrian KP di pegang oleh Freddy Numberi ( Jendral AL pertama dari Papua) pernah menempuh kebijakan menenggelamkan atau membakar kapal asing yang melakukan illegal fishing.
            Ada banyak kapal nelayan asing yang di tenggelamkan, bahkan foto-fotonya sengaja disebarkan waktu itu.
            Sempat ada protes dari pemerintah RRC karena mengira termasuk ABK juga ditenggelamkan
            Setelah menterinya diresuffle, kebijakan penenggelaman kapal illegal fishing sepertinya dicabut (cmiiw) karena kok tidak ada lagi kabarnya sampai menteri KKP dan Prsiden mengatakannya

      •  

        terus kenapa ya sonora tidak mematuhi hukum internasional dengan mengklaim secara sepihak batas wilayah indonesia., Mohon pencerahannya dong..???

      •  

        Sebaiknya kita ikutin Cina aja deh, sekalipun masih saling ngotot sama vietnam masalah batas negara, tapi mereka punya kebranian untuk mempertahankan yg menurut mereka benar. jadinya kapal vietnam kna sruduk tuh.

  31.  

    Gantian dong, awak kapal maling ikannya suruh berenang kembali ke negara asal, kapalnya ditenggelamin… beres…

  32.  

    tebar saja ranjau laut d dekat perairan ambalat dengan pendeteksi IFF supaya gak terjadi friendlyfire…beres

  33.  

    Tangkap orangnya, bakar kapalnya…. biar lebih manusiawi, kirim ke kedutaannya.

  34.  

    Kapal nelayan aj ga berani gmna klo kapal Militer Malaysia yg masuk??

    Masuk teritorial Indonesia berlaku hukum indonesia….

    wilayah punya kita.. klo ga mau ditenggelamkan jangan maling ikan…

  35.  

    menenggalamkan kapal ilegal kadang memang di perlukan untuk memberikan efek jera tp skrg bukan lg jaman koboy yg bisa seenaknya main tembak dar der dor…! kita punya aturan hukum tg harus di patuhi jd klo presiden memerintahkan tembak dan tenggelamkan kapal asing ilegal berarti presiden secara tidak langsung menganjurkan aparat untuk melanggar hukum.

    •  

      melanggar hukum tp demi keamanan laut kita, demi kesejahteraan nelayan kita, demi kedaulatan bangsa kita, demi taubatnya sang pencuri,,bukankah ini bagus bung,,,jika presiden berani memberi perintah berarti sudah siap dengan segala akibtnya,,,

  36.  

    tu kapal nelayan indonesia dibakar tetangga sebelah mana hukumnya?

    hukum ada buat qt patuhi bersama… bukan untuk bakar nelayan qt…tpi klo nelayan sebelah yg jelas maling…”pake hukum dlu”

  37.  

    kasihan dong para nelayan kita yg kapal2nya jadul,udah gitu mrk juga kurang pengetahuan,kalau kita main bakar bukankah malah merugikan kita sendiri.brp banyak nelayan2 kita yg ditangkap krn masuk perairan negara lain.disebabkan spt yg saya sebut diatas.
    bukankah malah jadi pemicu perlombaan untuk saling bakar buat nunjukin kpd negara lain.kalau negara mrk juga bisa tegas..
    maaf kalau salah

  38.  

    Sampai kapan harus gini trus

  39.  

    lagi euforia untuk main tembak,bom, dan bakar

  40.  

    Hukum laut internasonal untuk membatasi hukum suatu negara bukan berarti hukum laut internasional di atas segala nya , kedaulatan laut indonesia lebih tinggi dari sebuah perjanjian secarik kertas tsb ,mungkin yg komen gak setuju belum pernah merasakan kapalnya dibakar dan juga ditenggelamkan padahal di GPS nya masih menunjukan wilayah laut indonesia .

  41.  

    ternyata.. jalur komando jokowi tdak berjalan dgan baik…. padahal perintahnya sudah jelas, tnpa ada penafsiran yg menbingungkan… ” tangkap pelaku ilegal fishing lalu tenggelamkan kapal nyaa” tpi knpa pak tedjo berkata lain.. ini seolah2 pak tedjo tdk mematuhi perintah atasannya. Memang pak tedjo mantan kasal, dia lbh mengerti tatacara serta hukum dilaut yg brbeda didarat.. tpi inikan perintah langsung presiden..!! knpa jokowi berkta sprti itu sebab klo seandainya 1-2 kapal asing ditenggelamkan maka 10-20 kapal asing yg berniat msk kewilayah indonesia akan berpikir 1000x untk msk wilayah indonesia… ini mengingatkan kita klo parkir sembarang ditmpat yg tidak semesti maka motor atw mobil akan dikempesi atw paling parah diderek… sehingga mendatangkan efek jera pada yg lain…makanya maksud jokowi menenggelamkan kpal asing untuk memberi efek jerapada yg lain….
    lalu saya berpikir klo pak tedjo sudah tidak menjalankan intruksi presiden maka jalur komando presiden tidak berjalan dgan baik… saya ingin berikan satu gambaran bila nanti seandainya jikalau umpama.. negara kita diserang oleh negara lain lalu presiden memberi perintah untuk menyerang balik.. lalu menhan berkata “kita tdak bisa serang balik krna ada hukum internasional” lalu menlu berkata ” kita harus menjaga hubungan baik” kemudian panglima tni berkata ” bisa pelanggaran ham” klo sudah begini apa gunanya presiden.. kan jalur komando nya sudah jelas presiden adalah pimpinan tertinggi tni.. klo tidak adanya kekompakan bisa2 hancurlah republik indonesia yg tercinta ini…
    .

  42.  

    Kalo nelayang kita di bakar gk pake uu sgala .tuh .di laut gk ada bekas nya..bentrok tni gk pake prosedur serang trs .gk brani sma negara orang

  43.  

    Masak ada maling di ingatkan,,gag dikasi pelajaran,,,ya gag ada yg takut malingnya,,,,tegas bukan berati kejam,,,ada tempatnya sendiri ketegasan ito,,jika harga diri negara di injek injek maling,,masak qta diam,,,masak qt lelaki berbaju wanita

  44.  

    Hajarrrr!!! Sekali kali kita jadi koboi di negeri sendiri siapa yang protes???? Malon saja kaprang lo yang nyelonong lha kita defensive banget dah bosan dengarnya

  45.  

    tertawa aja membaca diskusi artikel ini.. kedewasaan sedang diperlihatkan oleh masing masing koment..

  46.  

    orang ini perlu di ganti saja.

    banyak ngomong doang…….!!!!

    Hati hati luch…..tar ente di geser ke pinggir laut.

  47.  

    Yang di maksud itu Nelayang ASIIING.

    Bukan Nelayang Kita…….!!!!

    Masak sudah jelas jelas maling perlu di ingatkan…….!!!!1

    wah….jangan jangan si bapak ini punya kapal juga….???

  48.  

    @mas Ijjat Sudiyatmika, sudah jangan ditanggapi pak si mijoe ini,dia orang Indonesia juga, yang tujuannya hanya membuat kisruh disini saja.

  49.  

    kalo cara penangannya begini, pencuri kekayaan laut Indonesia tidak akan ada takutnya buat mencuri kekayaan laut kita, karena justru pihak kita lah yang serba takut untuk menindak pencuri tsb dengan berbagai alasan !!!

  50.  

    Instruksi Presiden sangat jelas. Tangkap nelayannya dan bakar kapalnya. Hanya pengecut yang membiarkan maling masuk kerumahnya.. mencuri harta benda.. memperkosa isteri anda..

  51.  

    SR numpang komen, bung xtrada, salam kenal sebelumnya, saya sendiri sependapat dengan anda jika acuannya unclos, tapi kira2 bisa enggak ya seandainya indonesia mengeluarkan deklarasi semacam deklarasi juanda, mungkin dengan nama deklarasi maritim atau deklarasi jokowi mungkin yang isinya kurang lebih nelayan asing yang terbukti dengan sengaja memasuki dan menangkap ikan di wilayah indonesia akan langsung ditenggelamkan, entah akan diakui negara lain atau enggak kan tergantung bergaining power kita. nah kalau kasusnya bagaimana nanti kalau nelayan kita memasuki areanya malaysia kemudian dibakar juga, ya solusinya diberikan sosialisasi, kalau belum punya gps bagaimana, ya diberikan kredit lunak semacam kpr untuk melengkapi kapal mereka dengan gps, gps sekarang kan sudah relatif murah atau lebih bagus lagi ada kpr kapal penangkap ikan besar untuk kelompok koperasi nelayan, jadi kapal yang kecil2 gitu sekali2 meningkat gitu jadi kapal besar jadi tangkapannya bisa lebih banyak. kalau ternyata yang bandel nelayan kita bagaimana walau sudah tahu tetapi tetap menangkap ikan di malaysia misalnya? ya resiko ditanggung sendiri.

    salam sekian unek2 saya bung xtrada.

  52.  

    Kalo pendapat sy sih sayang jika kapalnya di jadikan rumpon, lebih baik disita oleh negara dn dpt dimanfaatkan oleh rakyat yg belum ada pekerjaan/nganggur utk menjadi nelayan pemula, lumayan bs menciptakan lapangan kerja baru dn bisa mensejahterakan masyarakat kita, sekaligus menunjang program pemerintah utk bisa menjadi poros maritim dunia …
    Dgn syarat kapal sitaan tsb jgn dilelang/dijual ke cukong/org kaya tapi harus dikelola oleh pemerintah bersama nelayan dn hasilnya dibagi antara keduabelah pihak dgn sistem bagihasil yg saling menguntungkan, ini salahsatu solusi utk
    Mensejahterakan rakyat kita …

  53.  

    saya rasa maksud pak jokowi itu adalah untuk memberikan efek jera buat para maling di lautan agar mereka berpikir 2 kali jika ingin mencuri kekayaan laut kita ..tp mesti di pikirkan alternatif lain untuk memberikan efek jera selain menenggelamkan kapal

  54.  

    Menko polhukam Lembek, bagaimana anda mau berenang kalo anda takut basah/takut air, ini lah yang dimaksud oleh Presiden dgn ” tenggelamkan ” , bagaimana bisa disegani/ditakuti oleh para penjarah tsb kalau anda tidak mau mendobrak dan membuat gebrakan !!!

  55.  

    Assalamualaikum wr.wb.
    la la la la scorponenya udah bisa nembak torpedo belum?
    apa cuma dari hasil photosop doang :mrgreen:
    itu orang malaysia sendiri lo yang bilang kalau scorpone nembakin torpedo cuma photosop doang :mrgreen:

 Leave a Reply