Nov 282018
 

Jet tempur Su-30SM Rusia (photo : Alex Beltyukov / Russianplanes.net via commons.wikimedia.org)

Berlin, Jakartagreater.com Β  – Β Β  Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas pada Selasa, 27-11-2018 mendesak Moskow mematuhi lagi hukum internasional dan menghormati kedaulatan wilayah negara tetangga setelah Rusia menyita kapal Ukraina.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko memperingatkan ancaman “sangat serius” dari serbuan lewat darat setelah Rusia menyita 3 kapal Angkatan Laut Ukraina dan menawan awak kapal itu pada akhir pekan lalu, dirilis Antara, pada Selasa 27-11-2018.

“Rusia harus menghormati hukum internasional lagi dan tidak melanggar kedaulatan wilayah negara tetangganya,” kata Maas dalam pidato di Berlin. Untuk mencapai itu, Jerman dan sekutunya di Eropa memerlukan prinsip jelas dan “dialog sejati” mengenai keamanan di Eropa, kata Maas.

Dari Kiev, Reuters melaporkan seorang perwira kontra-intelijen militer Ukraina menderita luka berat setelah pesawat Rusia menembakkan peluru kendali ke arah kapal Ukraina pada Minggu 25-11-2018, kata kepala dinas keamanan negara (SBU) Ukraina.

Ukraina dan Rusia terlibat saling tuduh setelah Rusia menembak 3 kapal Ukraina kemudian menguasai kapal-kapal tersebut. Konfrontasi itu mendorong Ukraina memberlakukan darurat militer di beberapa kawasan, dengan mengutip ancaman serbuan darat oleh Rusia.

“Menurut informasi SBU, yang sudah terkonfirmasi, salah satu pesawat tempur Rusia menggunakan 2 peluru kendali terhadap kapal-kapal Ukraina. Akibatnya, salah seorang perwira SBU menderita cedera parah,” kata Vasyl Hrytsak dalam pernyataan pada Selasa.

Rusia mengatakan perwira SBU termasuk di antara yang ditangkap. Hrytsak membenarkan hal tersebut dan mengatakan bahwa perwira keamanan tersebut mendukung militer di sana.

“Yang mengagetkan ialah terhadap 2 kapal dan kapal tunda kecil Ukraina itu, pihak Rusia menggunakan enam “FSB” (Dinas Keamanan Federal Rusia) dan 4 kapal Angkatan Laut, dan juga helikopter-helikopter serbu serta pesawat-pesawat tempur Angkatan Udara Federasi Rusia,” kata dia.

Dia menambahkan dewan keamanan Ukraina mengambil semua langkah yang perlu untuk menjamin pembebasan mereka yang ditangkap. Konfrontasi tersebut menimbulkan ketegangan lagi setelah Rusia mencaplok Krimea pada 2014 dan mendukung pemberontakan pro-Moskow di Ukraina Timur.

Bagikan:

  62 Responses to “Menlu Jerman: Rusia Harus Hormati Hukum Internasional”

  1.  

    Tapi NATO boleh masuk ke halaman nya rusia yak…good

    •  

      Emangnya Rusia punya halaman ya??? Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

    •  

      memang ukraina masuk anggota NATO om ?
      mending om ganti nama aja jadi Kabummm…….
      soalnya klo om ngomong lalu salah otak om langsung panas dan meledak, bunyinya Kabummm…….. πŸ˜†

    •  

      Sekarang ane tanya ke ente Agato Sugimura , apa alasannya AS mencaplok wilayah negara lain yg secara defacto dan de jure diakui dan dihormati oleh dunia internasional?? Karena Krimea bekas wilayah Rusia yg dihadiahkan oleh Uni Soviet ke Rusia saat mereka bersatu?? Lol, sejarah adalah fakta dan setelah Uni Soviet bubar ya itu udah selesai.

      Malaysia jauh lebih manner saat merebut Sipadan-Ligitan daripada cara kotor bersenjata ala AS baik di Moldova, Georgia dan Ukraina.

      AS gak berani H2H lawan Ukraina soalnya lawan Georgia udah babak belur apalagi lawan Ukraina yg juga jantung teknologinya Uni Soviet. Ukraina cuman miskin SDA dan dibohongi 3 kali oleh AS. Pertama soal 4000 hulu ledak nuklir ex-Uni Soviet dan kedua soal dicurinya kapal induk Admiral Kuznetzov, terakhir Krimea. Harusnya dulu Agato Sugimura dibiarkan saja biar di kuasai Hitler. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

  2.  

    Amerika dan geng nya juga sama suka mengabaikan hukum internasional. Coba sekarang NATO protes keras ke Israel yang sudah banyak melakukan pelanggan HAM berat ke warga Palestina dan juga menduduki tanah Palestina.

  3.  

    kemarin ada orang bilang itu bukan wilayah internasional jadi hukum internasional kagak berlaku πŸ˜†
    mending itu orang lari sambil ganti nama jadi Nikita …….. Nikita Gebukin πŸ˜†

    •  

      Lah mmng itu bukan laut internasional, tapi laut russia, termasuk seluruh laut hitam, karna sejarahnya itu laut mmng laut sovyet & sovyet pula yg mmbebaskan seluruh kawasan laut hitam dr kendali nazi
      πŸ˜† πŸ˜†

      •  

        nyaplok sambil teriak osvobozhdeniye yevropy alias pembebasan Eropa

        BALIKIN KONIGSBERG KE PANGKUAN VATERLAND!!
        DEUTSCHLAND HU AKB….eh…UBER ALLES!!

        •  

          Itulah iwan and root bear tdk mengerti juga, bahwasan itu bukan laut internasional tapi laut russia, termasuk juga laut hitam,
          klu mengenai caplokan wilayah itu hanya sebuah hadiah dr perjuangan sovyet, krna barat & amerika tdk akn bisa mmberikan apapun dr prjuangan sovyet
          πŸ˜† πŸ˜†

        •  

          Itulah iwan and root bear tdk mengerti juga, bahwasan itu bukan laut internasional tapi laut russia, termasuk juga laut hitam,
          klu mengenai caplokan wilayah itu hanya sebuah hadiah dr perjuangan sovyet, krna barat & amerika tdk akn bisa mmberikan apapun dr prjuangan sovyet malah mrk memusuhin sovyet
          πŸ˜† πŸ˜†

          •  

            lah bantuan Lend-lease selama perang dunia 2 yg akhirnya dikhlaskan As ora usah bayar bhkan Stalin pura2 tak tahu menahu smpai kematiannya gimna coba

          •  

            bantuan apapun itu diwaktu pd 2 kan atas inisiatif amerika bukan sovyet, namun sovyet menerima bantuan trsebut, tapi sebagian bantuan trsebut tdk terpakai karna tenggelam jd karang tempat makanan ikan karna digempur nazi, tapi entah mengapa amerika mnjdkn bantuan trsebut mnjadi hutang sovyet
            πŸ˜† πŸ˜†

          •  

            lah bukan inisiatif mlah permintaan stalin karena merasa uni soviet berkorban agar jerman tidak ekspansif ke arah barat nyebrang atlantik

            tidak terpakai gimana wong jalur pengirimnnya juga lewat darat lewat pakistan afghanistan iran lalu ke utara

            buktinya tuh tank sherman sma truk2 sekutu muncul di parade tahunan victory day rusia

          •  

            Sudah jelas mengapa stalin tdk mmbayar bantuan amerika yg bantuan trsebut dari inisiatif amerika sendiri bukan sovyet karna amerika sudah dibantu sovyet mlwn jepang sehingg jepang menyerah, jd wajar stalin mengatakn itu impas kepd amerika
            πŸ˜† πŸ˜†

          •  

            Tumben Ha ente ngakuin kalo Uni Soviet emang nerima bantuan dari USA buat PD2. Kalo ga dibantu emangnya bisa menang dari Jerman?? Hhhhhhhhhhh

          •  

            Ampe minta pakta non agresi ke Jepang lagi. Hhhhhhhhhhh hhhhhhh

          •  

            Ya diterima lah krna atas dasar inisiatif amerika bukan sovyet, tapi sebagian bantuan amerika tdk banyak yg terpakai karna digempur nazi mnjd karang tempat makanan ikan & tank pemenang di pd 2 yaitu tank t34, & pesawat pemenang pd 2 lovackhin, yak 1, ilyushin & kapal selam pemenang pd 2 malyutka & shchuka
            πŸ˜† πŸ˜†

          •  

            Fakta non agresi itu jepang yg mengajukannya ke sovyet, karna begini, sebelum fakta non agresi antara jepang & uni sovyet diteken?
            pd tahun 1939 22 mei, jepang, italy & nazi mmbuat fakta baja yg fokusnya hanya pd inggris & franc, tapi jepang menginginkan fokus pakta trsebut ke sovyet, yg jepang brmaksud utk mengamankn posisinya dinegaraΒ² boneka jepang, jk nanti sovyet akn menyerang jepang lbh jauh atau jk jepang kalah bisa mmbalasnya dgn bantuan nazi & sekutu, yg pd saat pertemuan fakta baja trsebut dihari sebelumnya 11 mei 1939 lg berlangsungnya perang sovyet mlwn jepang di khalkhyn gol & jepang kalah, namun italy & nazi menolak fokus jepang dalam fakta trsebut, sehingga jepang tdk menandatangani fakta trsebut,
            tapi jepang tdk punya pilihan lain, selain bersekutu dgn para anggota fakta tripartit 1940 27 september jepang menandatangni fakta trsebut & negaraΒ² lainnya,
            karna sebelumnya jepang melihat nazi bersama sovyet menandatangani fakta molotov ribbentrov 1939 23 agustus,
            kemudian utk mmperkuat posisi jepang lg dinegaraΒ² boneka jepang? Kemudian Jepang & sovyet menandatangani fakta netralitas nonagresi, jd yg mengajukan fakta non agresi adalah jepang bukan sovyet, itu lah alasan jepang menandatangani fakta trsebut

            Tapi dimulainya pd 2 disaat nazi mengingkari fakta molotof ribbentrof, sehingga nazi menyerang posisi sovyet dipolandia timur 22 juni 1941 operasi barbarosa
            πŸ˜† πŸ˜†

          •  

            Setelah fakta non agresi yg diajukan jepang ke sovyet pd tahun 1941 13 april? Kemudia jepang menyerang pearl harbor 1941 7 desember
            πŸ˜† πŸ˜†

        •  

          iya,,,iya,,, itu laut sudah jadi milik rusyah, karena diklaim oleh rusiyah.
          Tapi hukum laut menentukan bahwa jalur internasional selebar 25 NM, dan buffer 10% tidak boleh dilalui oleh kapal asing.

          Dalam berita ukraina mengakui telah memberi tahu pihak rusiyah untuk melewati selat kerch, dan melewati jalur internasional.
          Maka dari itu rusiyah tidak boleh menghalangi kapal ukraina untuk lewat jalur internasional.

          Tapi seperti biasa πŸ™„ rusiyah memberikan pernyataan palsu, bla bla bla bahwa ukraina telah melanggar, padahal sih kagak πŸ˜›

          •  

            Mantap berarti

          •  

            Kalo sdh memberitahu, gak mungkin sampe terjadi insiden tersebut paklek.
            Dasar ukraina yg songong dikira dpt dukungan mutlak dr NATO makanya ikut sifat arogannya. Sdh tau itu masuk wilayah Rusia, tentu hukumnya wajib mentaati atuaran main yg berlaku international, apalagi yg lewat adalah satuan kapal perang. Kapal Rusia aja jika melewati perairan Inggris selalu digiring oleh kapal perang Inggris kok. Dan tidak ada insiden, krn masing2 memahami norma yg berlaku.

            Komen kok asal ndower aja.

          •  

            selat kerch belum ada konvensi internasionalnya semcam konvensi Montreux utk selat Bhosporus yg dipegang Turki
            yg ada hanya persetujuan unilateral antara rusia dan ukraina di tahun 2003.

            ini tergantung Rusia juga apa mau berunding secara multilateral dg Ukraina sesuai aturan hukum internasional utk memberikan akses kapal2 Ukraina tanpa aturan2 yg mengikat dan berat sebelah.

          •  

            Dari mana anda bisa taukbahwa Rusia memberikan pernyataan palsu, bla bla bla bahwa ukraina telah melanggar? Ada sumbernya.?

            Jng asal ngewes jika gak bisa sertakan sumbernya paklek.

          •  

            Batas geografis laut Azol sebelah utara itu masih wilayah Ukraina, kok bisa diakui sbg wilayah Rusia?? Gimana rasanya kalo laut Baltik dan Laut Utara diblokade dari jalur kaprang Rusia?? Atau gak boleh lewat Selat Bering dan Giblartar misalnya. Seenaknya aja asal blokade tuh Rusia. Sebelas Duabelas lah ama China. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

          •  

            Lha iya rusiah melewati selat Inggris pake acara sungkem sama Q.E πŸ™„ soalnya inggris negara yg kuat.
            Coba klo lawan negara2 kecil seperti yg bung anu bilang, “Finlandisasi” aka rusyah beraninya cuma sama negara kecil πŸ˜›

      •  

        Bung, Laut Jawa juga laut teritorial Indonesia, tapi emangnya gak boleh kapal asing lewat?? Sama aja dg Laut Hitam dan Laut Azol. Apalagi keduanya juga punya batas dari beberapa negara. Gak bisa diklaim sepihak ma Rusia. Kelakuan Rusia sama kayak China yg ngeklaim LCS. Sama-sama be_gonya. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

        •  

          coba ingat kejadian insiden F-16 berhadapan dengan F-18 di Bawean… boleh saja lewat, tetapi ya terus tidak asal slonong boy… mesti ijin dan sebagainya…
          Gara2 itu makanya Indonesia terus beli Sukro… soalnya buat ngadepin si tukang slonong boy…

          •  

            Indonesia berjuang lama untuk mendapatkan hak ZEE dan hak teritorial yang mana salah satu yang menentang ya USA karena akan membuat mereka jadi mesti ribet kalau mau melewati wilayah Indonesia…

          •  

            alasannya kan cuma 1 aja bung, USA kan Poldun πŸ˜€ hahaha… Poldun mah bebas, karena dunia milik mereka, dan itu semua karena ke be_goan mereka

          •  

            Fansboy Amer Tidak bakalan mau paham soal ginian, pokoknya yg benar mereka yg lain harus wajib ngaku salah

            😎

          •  

            Loh, Ukraina itu mau ke Pangkalannya loh. Ke wilayahnya sendiri. Lalu apa alasannya Rusia ngelarang?? Gak usah ngepat ngepot bahas yg lainnya dulu deh jawab aja apa dasar hukumnya Rusia melarang Ukraina kembali ke wilayahnya sendiri. Karena melewati wilayah Rusia??? Krimea aja gak diakui Internasional kok.

            Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh.

          •  

            bukannya waktu kapal amrik lewat P.Bawean sudah ijin ya bung yuli ?
            Dan Carl Vinson waktu itu tidak melanggar buffer 10%.

            Hanya saja, kurangnya pemahaman AL pada waktu itu, seperti apa itu kapal induk(Aircraft Carrier), bagaimana mereka beroperasi, lalu apakah ada pesawat dari CV melakukan CAP di wilayah sekitar CV..
            waktu itu AL belum memahami. bahkan tidak ada kapal AL melakukan shadowing.
            sehingga wajar saja jika F-18 melakukan manuver dan mengancam F-16 pada waktu itu yg dikira menjadi agressor.
            Tapi lesson learned lha…..habis itu pilot AU sudah paham seperti apa air combat πŸ˜†

          •  

            Yupz, CV masih di ALKI begitu juga formasi udara F-18. Yg mereka sebut perairan internasional ya ALKI itu. Memang harus ada shadowing dari AL. Atau mungkin karena terbatasnya kapal ya bisa jadi.

          •  

            Bung Yuli, tidak bakalan kasus Bawean di blow up sama fansboy amer, karena disitu ada amer yg ngepot2 sih

            😎

          •  

            Itu masih di ALKI. Ente paham ALKI??

          •  

            Itu iwan kaRoot cocok jd adik si Agotos. Main seruduk aja nda penting benar salah.

            Dibaca ya lek tentang historis insiden bawean, setelah ada nota protes dr Indonesialah baru pemerintah melaporkan kegiatan satuan kapal perang mereka.

            Dibaca ini biar nda asal ngewes aja

            https://www.google.com/amp/s/m.antaranews.com/amp/berita/618202/f-16-nomor-registrasi-ts-1603-berjasa-pada-insiden-pulau-bawean

            http://www.bawean.net/2008/09/kronologi-insiden-duel-udara-f-16-tni.html?m=1

            Paham nda apa itu declarasi juanda yg melahirkan ALKI 1,2,3?

          •  

            beli sukro rencananya udah jauh hari sebelum bawean

            klo di Bawean pendapat sya sepertinya probing defense dan reaction time, hal cukup lumrah krena setiap tahun terjadi hal seperti ini puluhan kali di negara2 lain sbgai bgian dari test bed hard power dlm hubungan internasional

            kemarin di natuna juga terjadi kan namun entah kenapa g di buka ke publik ttg peswat tempur dari negara mna

          •  

            Yg jd masalah, selain masuk kewilayah RI, kegiatan F-18 mereka sdh mengganggu penerbangan sipil jg bung Anu.

            Makanya dilayangkan nota protes pemerintah RI, setelah ada nota protes itu baru mereka melapor. Bahkan F-18 mereka akhirnya melapor ke ATC bali.
            Makanya ketika mereka melewati selat lombok yg merupakan ALKI dipantau terus oleh pesawat Boeing B-737 sampai iring2 Armada AS keluar dr ALKI.

          •  

            dimana2 probing dgn melanggar kedaulatan ruang udara akan mengganggu penerbangan sipil bung asal gak paranoid dan trigger happy wae.

            mereka bukannya melapor namun ketahuan dari laporan pilot Batavia air dan ATC Bali
            kuat dugaan sya klo mereka juga ngetes jammer peswat perang elektronika EA18 Growler yg baru masuk layanan kala itu.

            nota protes yg dikirimkan ke kedubes As dibalas dgn surat permintaan maaf dgn alasan kendala birokrasi antara grup kapal induk dan kedubes As yg mengakibatkan telatnya izin.

            (Seperti diberitakan sebelumnya, lima pesawat tempur Hornet milik Angkatan Laut AS kepergok melintas di atas Pulau Bawean, Jawa Timur, dan dihadang dua pesawat F-16 milik Indonesia, Kamis silam. Kendati demikian, menurut Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Chappy Hakim mereka tak melanggar peraturan batas wilayah udara RI. Sebab, mereka telah meminta izin meski belum keluar karena kendala birokrasi. Namun, mereka salah dalam hal durasi waktu terbang yakni dua jam lebih atau melebihi ketentuan yang diizinkan [baca: Pesawat AS Bermanuver Mencurigakan di Bawean].

            https://www.liputan6.com/news/read/57839/sukhoi-perlu-agar-insiden-bawean-tak-terulang

          •  

            Emangnya aturan internasional membolehkan negara lain slonong boy karena ijinnya telat diberikan?

            Meski birokrasinya bertele-tele, ya mereka harus taat hukum, gak boleh slonong boy… Ikut aturan maen lah… Jangan meresa ijinnya pasti diberikan trus masuk rumah orang sembarangan…

          •  

            Ente bacaΒ² UNCLOS lagi aja. Wilayah laut teritorial dan Laut Internasional udah diatur disana. Kalo laut teritorialnya juga menjadi jalur bagi kapal dari negara lainnya maka mereka wajib memberikan jalur. ALKI pun muncul karena kepentingan Indonesia diakomodir di UNCLOS.

            Ibaratnya kalo ente punya lahan dan ada rumah warga dibelakang ente dan biasa jadiin lahan ente buat jalur hilir mudik ya ente harus ngasih jalur buat mereka. Emangnya ente mau nutup jalur mereka kayak di Bandung?? Serakah banget pola pikir ente. Hidup di dunia itu gak bisa sendiri bung, kerjasama jelas kebutuhan mutlak bagi sesama manusia. Kalo mau hidup sendiri noh di Mars aja.

          •  

            Ini rupanya banyak kesalahpahaman dari wargajager……

            Perlu dikoreksi bahwa CVN-70 TIDAK BERADA DI ALKI

            dan ALKI sudah dibahas tahun 1998, membentang dari Utara ke Selatan, pertemuan dengan negara2 maritim besar seperti amrik, cinak, inggris, australia sudah dilakukan.
            Tapi amrik menginginkan ada jalur dari Timur ke Barat, singkatnya ALKI IV.

            Dari sini sudah bisa dipahami bahwa CVBG yg melintas di dekat P.Bawean dari Singapura mau ke Australia memiliki misi politik, yaitu menginginkan hak lintas dari Timur ke Barat.
            Admiral on the ship juga pasti “Well Informed” lha……
            Mana mungkin mereka melintas di Laut Jawa sambil planga plongo… πŸ˜†

            Lalu masalah boleh tidaknya terbang di wilayah NKRI, jawabannya tentu tidak boleh.
            Tapi jika melihat standar tugas yg dijalankan gugus tugas CVN-70, adalah menjalankan misi CAP pada wilayah disekitar CVBG, dan menon aktifkan radio, adalah hal yg wajar bagi mereka.
            Tapi setelah insiden itu, setiap pespur wajib melintas di ALKI, dan amrik pun setiap kali kapal induknya melintas, tidak lagi pespurnya menjalankan misi CAP.

            Setiap orang pasti berbeda pandangan, bagi politikus mungkin mereka menganggap ini sebagai panggung politik πŸ˜†

  4.  

    Iwan and root bear & agato tdk mengerti juga, malah makin tebal oonnya
    πŸ˜† πŸ˜†

  5.  

    Makin tebal ngaurnya
    πŸ˜† πŸ˜†

  6.  

    Makin panas nih situasi.

  7.  

    Iwan And Root Beer, Agato Sugimura adalah antek-antek AS dan Israel

  8.  

    Hancurkan Iwan And Root Beer dan Agato Sugimura karena mereka adalah antek-antek AS dan Israel

  9.  

    Hancurkan Iwan And Root Beer

  10.  

    Hancurkan Agato Sugimura

  11.  

    Agato Sugimura adalah LoL

  12.  

    Iwan And Root Beer adalah LoL

  13.  

    BREAKING NEWS : Agato Sugimura adalah LoL

  14.  

    Hooooammmmm…

  15.  

    sepertinya yg disini perlu dinominasikan utk menerima medali Purple Heart dan medali Orden “Za zaslugi pered Otechestvom” bagi mereka2 yg berani memperjuangkan imej negara pendukung masing2 dlm pertempuran Battle of Jktgr.

 Leave a Reply