Des 142017
 

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi bertemu Menlu Palestina Riad Malki, di Amman, Yordania, 11/12/2017 (Setkab.go.id).

Istanbul, Jakartagreater.com – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) memiliki satu suara terkait keputusan Presiden AS yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

“Semua negara di OKI satu suara terkait Yerusalem, satu suara dukungan dari negara OKI sangat bulat,” kata Menlu Retno Marsudi ketika memberikan keterangan mengenai hasil KTT Luar Biasa OKI pada Rabu 13 Desember 2017 malam di Istanbul.

Menlu Retno Marsudi menyebutkan semua negara OKI menolak keputusan Presiden AS Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Menlu menyebutkan Indonesia akan terus berupaya dokumen-dokumen yang dihasilkan dari KTT LB OKI itu dapat diimplementasikan.

“Kita akan melihat satu per satu dokumen tersebut dan memberikan bantuan, kemudiaan kita akan terus berkomunikasi dengan DK PBB dan kita sampaikan yang paling penting adalah dokumen-dokumen itu bisa dilaksanakan,” katanya. Menlu Retno Marsudi menyebutkan KTT LB OKI mengenai Yerusalem baru saja selesai dan KTT mengadopsi 2 dokumen, yaitu satu komunike final dan kedua resolusi.

Menlu Retno Marsudi mengatakan ,”Dalam statement-nya, Presiden Joko Widodo menekankan atau mengusulkan adanya 6 hal, yaitu :

  1. Pertama, OKI harus secara tegas menolak pengakuan bilateral dari Amerika Serikat terkait Yerusalem tersebut. Yerusalem Timur adalah Ibu Kota Palestina.
  2. Kedua, Presiden Jokowi mengatakan semua negara yang memiliki kedutaan di Tel Aviv tidak mengikuti keputusan AS.
  3. Ketiga, negara OKI diminta untuk menjadi motor penggerak dukungan negara negara lain yang belum mengakui untuk dapat mengakui Palestina.
  4. Keempat, bagi negara OKI yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel agar mengambil langkah diplomatik sesuai dengan resolusi OKI.
  5. Kelima, negara-negara OKI diminta untuk mengambil langkah bersama meningkatkan bantuan kemanusiaan, peningkatan kapasitas dan kerja sama ekonomi dengan Palestina.
  6. Keenam, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa OKI harus mampu menjadi motor bagi pergerakan di berbagai forum intermasional atau multilateral untuk membantu Palestina.”Itulah 6 poin yang disampaikan Presiden Jokowi saat KTT LB TKI,” kata Menlu Retno Marsudi.

Menlu Retno Marsudi menyebutkan setelah KTT LB OKI, dirinya akan menggalang dukungan terhadap perjuangan Palestina dari negara lain termasuk Uni Eropa dengan menemui Menlu Uni Eropa di Brussel.”Kita akan membahas hasil KTT LB OKI ini dengan wakil Uni Eropa,” kata Menlu Retno Marsudi. .

Menlu Retno Marsudi menyebutkan dalam KTT LB OKI, Presiden Jokowi menekankan bahwa Indonesia akan menyertai perjuangan rakyat Palestina.”Palestina ada di jantung politik luar negeri Indonesia dan setiap helaan napas diplomasi Indonesia di situ ada keberpihakan kepada Palestina,” kata Menlu Retno Marsudi. (Antara).

Bagikan:

  52 Responses to “Menlu Retno: Anggota OKI Satu Suara soal Yerusalem”

  1.  

    negara islam mana aja ni..yg berteman dg israhell ..

  2.  

    Satu suara untuk paduan suara. ajib.

  3.  

    hadeuhhhhh… dpt jwban itu mah..mendingan ngintip lagi ah..sapa tau ada janda montok….hihihihihi

  4.  

    Yg penting 1hati juga dalam tindakan! Jgn tar yg py hubungan diplomatik dgn Israel jg yg sangat tergantung dgn AS ditekan dikit lgsg berubah pendirian!

  5.  

    Anggota oki satu suara untuk jerusalam? Apa mungkin disimak amerika cs

    Hahhaahaaaaa

  6.  

    Mskipun smua oki mndkung klau gag d dkung sma slah 1 yg mempunyai hak veto di pbb sma aja bhong… Amerika takutnya cuma sma negara yg punya nuklir… Kyak timur tengah d obrak abrik.. Bandingkan dngn korut cuma brani bacot doang gag da realisasi

  7.  

    diplomasi bukan masalah takut atau tidak….apalagi kata menang atau kalah….diplomasi adalah jalan tengah dari politik untuk mencapai tujuan tanpa kekuatan militer….jadi diplomasi adalah alat mencapai tujuaan paling beradab untuk saat ini….!!!

  8.  

    Gini aja. Lebih baik perang ulang aja, Palestina dibantu Turki, Arab Saudi,UEA, Qatar, Mesir,Iran dan kalo Israel pake nuklir biar Pakistan yg ngadepin. Ntar ujung tombaknya biar Malaysia aja sebagai negara terjaguh sekawasan. Lagian menhannya juga dah ngebet mau ngirim pasukan kan.

    Nah kalo Indonesia biar tidur aja dirumah, maju perang juga percuma karena gak ada yg bisa dibanggain. Pespur aja second an, Kaprang aja cuma Fregat jadi-jadian. MBT juga bekas. Nungguin Su-35 keburu kelar tuh perang.

    Lawannya Israel+USA+NATO (minus Turki)
    Gimana??

  9.  

    Belajar dulu The Art of War dulu atau bukunya Samuel Huntington dulu.

  10.  

    Gmn klo as dan konco2 nya bersikukuh bahwa yerusalem adalah ibukota israel? Lantas gmn jg negara2 OKI menanggapi nya? dgn cara kekerasan ato diplomasi ato jika diplomasi tak trcapai akankah pake kekerasan..,.nah jika head to head as dan konco2 nya vs negara2 OKI …gmn strateginya dan formasinya…bursa handicap nya gmn…haha…becanda lho bung2, akang2 dan jeng2 sekalian…

    •  

      Gak usah pake kekerasan. Cukup embargo penjualan minyak dan gas bumi ke Eropa maka itu akan membuat USA berpikir apakah bisa bantu Israel atau enggak. Gong embargo ini melengkapi embargo gas bumi dari Rusia.

  11.  

    Kalo yang ini gimana: USV “Bonefish” akan dihidupkan kembali dg menggandeng PT. Infoglobal sbg penyedia sistim pengendalinya.

    Tapi USV ini, nantinya tidak menggunakan nama “Bonefish” lagi, karena nama ini adalah merek dagang yang dimiliki oleh saab

  12.  

    Yakin satu suara?

    Lha yg turun dr negara2 centengnya ASU cuman sekelas menteri kok.
    Ini sikap nya mereka msh ambigu.
    Coba deeh dedengkot nya OKI yg notabene penghasil terbesar nya OPEC berhenti menjual minyak ke negara2 ASU dan boneka2 nya.
    Pasti mereka akan berfikir setengah hidup.
    Tapi apa mereka berani???????
    Lha kmrn aja saat ASU konflik ama rusia aja mereka suruh arab buat menggenjot minyaknya tuk membajiri negara2 yg biasa di pasok rusia kok.
    Lagipula setelah kekalahan ISIS di suriah maka ASU butuh sebuah konflik untuk tetap mendapatkan duit dr penjualan2 senjata di timteng.

  13.  

    amerika juga berdiplomasi bukan semata keharusan atau keputusan mutlak ….ada isu dari para pengamat internasional….tentang langkah yang diambil amerika saat ini….mencerminkan kegalauan amerika atas banyak masalah yang tidak menguntungkan mereka…..banyak kasus dari kekalahan amerika baik diplomasi maupun strategi militer….contoh masalah menguatnya pengaruh rusia dan cina yang sukar untuk diantisifasi amerika….masalah suriah dan korea….mencerminkan kelemahan diplomasi amerika atas dua pengaruh tersebut…..jadi diplomasi adalah strategi yang cerdas…..bukan semata mata obrolan kosong ….!!!!

  14.  

    Hampir Semua konflik berawal dari imigrasi yg berujung pada benturan budaya aka the clash of civilization

  15.  

    sharing analisisnya dong apa tangapanya bagai mana….kok nyimak tok….yaa engak rame…!!! šŸ˜€

  16.  

    Semoga keputusan OKI bisa membawa perubahan…Amin
    Diplomasi adalah jalan terbaik dlm penyelesaian.. PERANG adalah jalan terakhir ketika Diplomasi sdh tdk ada artinya lg.. Dan apabila sampai terjadi PERANG maka TIDAK AKAN ADA YG BISA MENENTUKAN SIAPA YG AKAN MENANG.. Karena sy sebagai orang yg beragama yg MEYAKINI KEKUASAAN TUHAN tdk akan Bisa menentukannya, sehebat apapun strategi dan alat perangnya karena TUHAN bisa membalikkan segalanya.
    Diantara contoh sejarah:
    PERANG BADAR.. 313 pasukan Muhammad bisa mengalahkan 1000 pasukan Quraisy dan PENAKLUKAN KONSTANTINOPEL yg 800 th sebelumnya sdh di ucapkan oleh Nabi Muhammad.
    Dan perjuangan Rakyat indonesia hanya dengan bambu runcing bisa menaklukkan penjajah

    Tapi pandangan sy tdk akan berarti bagi orang2 ATHEIS yg Berpandangan Bahwa LOGIKA AKAL MANUSIA DIATAS SEGALANYA.
    Seperti diantara pandangan tokoh Atheis keturunan Yahudi ini:
    Sigmund Freud, seorang neurologis terkenal dan juga pencetus teori psiko-analisis, pernah berkata bahwa agama itu ilusi yg menyebabkan penyakitĀ “Neurosis Infantil Kolektif”Ā terhadap manusia. Akibat agama, manusia menjadi lemah dan manja, seperti anak2. Mereka terlalu mengandalkan Tuhan, mengandalkan “kekuatan ilahi” untuk menyelesaikan masalah2 hidup mereka.Ā 

    Jean Paul Sartre, filsuf pencetusĀ Eksistensialisme, pernah berkata bahwa “Manusia tidak akan pernah jadi manusia selama masih ada Tuhan” Kebebasan sesungguhnya baru bisa diraih apabila tanpa Tuhan. Selama ada Tuhan, manusia terkekang, tidak pernah bisa berkembang maksimal. Menurutnya, hal ini dikarenakan terkadang agama terlalu meremehkan rasio, hanya mementingkan kolektivitas saja.
    ————-
    NB: Buat yg MERASA ATHEIS mohon maaf sekedar pandangan saja.
    Dan sy tdk melayani DEBAT apalagi Rujukan bacaannya beda.. Satu suka buku wayang dan satunya buku Superman pasti gk nyambung.. Habisin waktu dan tenaga saja.. Hehehe

    •  

      kalo mengenai hubungan jerman turki menurut pandangan saya….rada rada mencurigakan…!!!
      karna sebenarnya selain sejarah panjang hubungan kedua negara juga tidak ada konflik kepentingan malah sebaliknya saling menguntungkan…mungkin bisa jadi tekanan pihak lain atau bisa jadi sandiwara ala sinetron yang berepisode….!!! ini menurut hemat saya loh bung…jangan diangap serius….!!! šŸ™‚

    •  

      terima kasih .bung preman untuk mengingatkan dalam hal yang baik….!!!
      anda ini termasuk katagori preman yang beriman………saya harap semua preman mendapat hidyah agar bisa meniru jejak anda….!!!

      •  

        hehe.. Anda terlalu berlebihan dlm menilai bung@Aming.. Bukankah sudah kewajiban kita sebagai UMAT BERAGAMA dlm MENYAMPAIKAN KEBAIKAN.
        Salam bung@Aming lee

        ā€˜Sesungguhnya Allah mewahyukan kepadaku agar kalian bersikap rendah hati hingga TIDAK SEORANGANPUN YG BANGGA atas yang lain dan tidak ada yang berbuat aniaya terhadap yang lainā€ (HR Muslim no. 2865).

    •  

      Kalo gak mau debat lebih baik buat blog sendiri aja. Asal tau aja, Konstantinopel akhirnya jatuh ke tangan Muslim Turki Usmani. Tapi Turki Usmani kalah di PD1 bahkan sebelum PD banyak daerah yg dikuasai Anglo-Franco-Italy dan Yerusalem dikuasai Israel sampai sekarang. Kalo masih mau mimpi ttg masa lalu ya lebih baik cepet bangun tidur aja sebelum Kedubes USA di Tel Aviv jadi pindah ke Yerusalem.

      Hhhhhhhhhh

    •  

      Perangnya sudah, hasilnya gabungan negara2 Arab pada keok……… Sinai dan dataran tinggi Golan malah kena caplok.

      Diplomasi halus dan kasar juga sudah dilakukan dari semenjak kalah perang Yom Kippur……….

      Impian untuk menjadikan negara Palestina yg Mefdeka kayaknya perlu resep khusus……. gabungan antara pengobatan medis, alternatif, herbal dan metafisik……… termasuk do’a dari anak yg sholeh…

  17.  

    Oh ada yg MERASA to.. Hehehe
    BONUS:
    Kutipan:
    Dunning-Kruger Effect, Sindrom yang Dialami oleh Orang yang Merasa Paling Benar dan Tahu segalanya.

    http://intisari.grid.id/Wellness/Psychology/Ingatlah-Ketika-Kita-Merasa-Benar-Orang-Lain-Belum-Tentu-Salah/Ingatlah-Ketika-Kita-Merasa-Benar-Orang-Lain-Belum-Tentu-Salah-2

    Efek Dunningā€“Kruger adalah suatu bias kognitif ketika seseorang yang tidak memiliki kemampuan mengalami superioritas ilusif, artinya ia merasa kemampuannya lebih hebat daripada orang lain pada umumnya. Bias ini diakibatkan oleh ketidakmampuan orang tersebut secara metakognitif UNTUK MENGETAHUI SEGALA KEKURANGANNYA.
    METAKOGNITIF adalah kemampuan untuk mengontrol ranah atau aspek kognitif. Meta kognitif mengendalikan enam tingkatan aspek kognitif yang didefinisikan oleh Benjamin Bloom dalam taksonomi Bloom yang terdiri dari tahap ingatan, pemahaman, terapan, analisis, sintetis dan evaluasi.

 Leave a Reply