Nov 292018
 

Sistem rudal pertahanan udara jarak jauh S-400 Rusia. Β© Russian Federation MoD

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menyatakan, pada Rabu, bahwa Kekuatan Barat menyesali bahwa mereka tidak memiliki cukup waktu untuk membangun pangkalan angkatan laut NATO di Krimea sebelum referendum 2014, ketika orang-orang Krimea menyatakan keinginan mereka untuk menjadi Rusia.

“Saya mengerti bahwa beberapa rekan Barat kami sangat menyesal bahwa mereka gagal membangun pangkalan angkatan laut NATO di Krimea, tetapi tidak ada yang harus dilakukan: seperti jalannya sejarah, seperti kehendak rakyat Krimea,” kata Lavrov setelah melakukan pembicaraan dengan mitranya dari Swiss, Ignazio Cassis.

Dia mencatat bahwa referendum Krimea berlangsung sepenuhnya sesuai dengan prinsip penentuan nasib sendiri. Pengamat asing memantau proses referendum, meskipun mereka tidak mewakili pemerintah resmi. “Namun, mereka adalah orang-orang yang benar-benar ingin tahu apa yang sedang terjadi di sana, dan mereka menyatakan proses penentuan nasib sendiri menjadi hal yang sah, dan orang-orang Krimea telah memilih jalan bersatu kembali dengan Rusia,” tegas Menlu Rusia.

“Akibatnya, Selat Kerch menjadi bagian dari wilayah perairan Rusia,” kata Lavrov.

Setelah kudeta di Ukraina pada bulan Februari 2014, para pejabat di Krimea dan Sevastopol menyelenggarakan referendum, di mana 96,77% warga Krimea dan 95,6% warga Sevastopol memilih untuk memisahkan diri dari Ukraina dan bergabung dengan Rusia. Delapan puluh persen dari populasi pemilih berpartisipasi dalam referendum. Presiden Rusia menandatangani kesepakatan reunifikasi pada 18 Maret 2014, di mana Dewan Federasi (majelis tinggi parlemen Rusia) meratifikasi pada 21 Maret. Meskipun hasil referendum, Kiev menolak mengakui Krimea sebagai bagian dari Rusia.

Sumber: TASS

Bagikan:

  25 Responses to “Menlu Rusia: Barat Menyesal Tidak Bangun Pangkalan NATO di Krimea”

  1.  

    Rusiyah sepertinya hilang ingatan tentang
    1. Budapest Memorandum, Rusiyah tidak akan menyerang Ukraina.
    2. Eurasian Custom Union, Rusiyah minta Ukraina supaya bisa share pelabuhan Ukraina dengan Rusiyah.
    3. Euromaidan, terjadi sebelum pencaplokan Krimea oleh Rusiyah, besar kemungkinan itu diwayangi oleh Rusiyah.

    •  

      Yah begitulah permainan culas Rusia. Sayang mainnya gak cantik dan soft. Malah bikin jadi ancaman di masa depan. Takdirnya bakal kayak Jerman waktu PD 1 dan 2.

      •  

        Barat memang punya standar ganda. Kita tau, apa yg mereka lakukan saat Timor Timur menyatakan berpisah dr indonesia. Tanpa ampun, langsung mengakui hasil referendum. Knp tidak dg Crimea??

        •  

          Sekarang ane tanya ke ente , apa dasarnya Indonesia mencaplok Timor Leste tahun 76.

          •  

            lalu mengapa USA dan Aussie membantu Indonesia dalam aneksasi Timor Leste???

          •  

            menghindari berdirinya Kubanya pasifik barat

          •  

            Suruh saja agato bertanya ke aming lee saja

            aming yg msh merahasiakn pria trsebut, karna blm diakui, jika tdk demikian bisa rusak citaΒ² aming hanya krna mslh perbedaan & mslh lainnya, oleh karna itu msh dirahasiaknnya, sambil menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg,
            begitu juga sipria yg msh merahasiakn aming lee dr keluarganya & istrinya, kecuali aming lee ikut keyakinan keluarganya, jk tdk? Yaa msh dirahasiakan juga
            πŸ˜† πŸ˜†

        •  

          West Papua jelas dulu bekas wilayah Hindia Belanda makanya Indonesia bisa mengeklaim hal itu dan bahkan perlu melakukan referendum untuk menguatkan integrasi West Papua ke Indonesia. Nah, saat Timor Leste dianeksasi oleh Indonesia kok pemerintah Indonesia gak ngadain Referendum?? Salah sendiri kan. Mau dibangun infrastruktur apapun di Timor Leste, uang sebanyak apapun takkan bisa membeli hati dan harga diri rakyat Timor Leste.

          •  

            Gato@ lalu kenapa pulak ostrali bisa jadi negara yang kebanyakan warga bule bang ??? Harus nya kan suku aborigin yang punua ntu daerah???? Serius nanya!!!

          •  

            Kalau papua barat diminta, kenapa papua tidak di aneksasi semuanya???

          •  

            Lah agato tdk akan mengerti bahkan makin tebal ngaurnya, papu barat itu maka mnjd bekas hindia belanda karna sovyet disitu mndukung indonesia dlm pengambil papua barat ke indonesia sehingga belanda hrs meninggalkan papua barat, klu timur leste mmng bukan dicaplok indonesia atau karna perjuangan indonesia tapi timor leste diserahkan ke pemerintahan indonesia dari amerika & australia
            πŸ˜† πŸ˜†

          •  

            yg menekan Belanda melepas papua adalah As krena memang punya kepentingan dan ada kesepahaman antara Presiden As John f Kennedy dan pak karno kala itu

            lgipula uni soviet mendukung indonesia krena dia butuh pangkaln laut utk logistik dan pelabuhan2 friendly dimana Surabaya jadi sasaran utama

            semua negara Adikuasa punya interest sendiri2

          •  

            Itu kan karna soviet mndukung indonesia dalam perebutan irian barat, sehingga amerika segera menekan belanda, yg amerika kawatir jk terjadi perang dunia 3,

            tapi katanya diera soeharto, aceh mnjd rekrutan soviet, sehingga aceh menyerang pemerintahan era soharto, betulkah itu soviet trlibat dlm pembentukan gam?
            πŸ˜† πŸ˜†

          •  

            lewat muammar ghaddafi
            gam dan fretilin terkenal dpt suplai dan latihan dari libya

          •  

            Berarti russia tdk terlibat langsung dlm pembentukan gam
            πŸ˜† πŸ˜†

        •  

          Barat bkan suatu entitas seperti PKK yg disi ibu2 klo ada 1 gosip dirumppiin smpe berkali2 pertemuan

          mereka kumpuln negara demokrasi dimana akn cenderung terjadi amnesia di setiap perubahan administrasi

          •  

            Gue bukan ibuΒ², karna ini bukan gosip & mmng betul aming msh merahasiakn pria trsebut, karna blm diakui, jika tdk demikian bisa rusak citaΒ² aming hanya krna mslh perbedaan & mslh lainnya, oleh karna itu msh dirahasiaknnya, sambil menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg,
            begitu juga sipria yg msh merahasiakn aming lee dr keluarganya & istrinya, kecuali aming lee ikut keyakinan keluarganya, jk tdk? Msh dirahasiakan
            πŸ˜† πŸ˜†

          •  

            huha memang bukan ibu ibu tapi tante tante….keliatan kalo dia ngeles pasti mau cari pria simpanan…

          •  

            Ini mmng betul bro, coba loe tanya mengapa pria trsebut msh dirahasiakannya supaya loe lebih percaya lg,

            aming yg msh merahasiakn pria trsebut, karna blm diakui, jika tdk demikian bisa rusak citaΒ² aming hanya krna mslh perbedaan & mslh lainnya, oleh karna itu msh dirahasiaknnya, sambil menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg,
            begitu juga sipria yg msh merahasiakn aming lee dr keluarganya & istrinya, kecuali aming lee ikut keyakinan keluarganya, jk tdk? Msh dirahasiakan
            πŸ˜† πŸ˜†

  2.  

    Barat menyesal tdk mmbangun pangkalan nato dikrimea? Barat sebetulnya bukan menyesal, tapi tdk berkutik jk dekat russia, jd percuma saja bangun pangkalan nato, buktinya banyak wilayah negara yg pro barat & amerika yg di ambil russia, tpi mrk cuma mmberikan sanksi yg tdk berarti, bagai mana nanti jk dibangun pangkalan nato dikrimea jk tdk berguna? Paling kata orang cuma nyemak nyemakin ajja
    πŸ˜† πŸ˜†

  3.  

    Hooooammmm…

  4.  

    HANCURKAN Agato Sugimura dan Iwan And Root Beer

  5.  

    Horeeee Agato Sugimura adalah LoL

  6.  

    Makin seru nih klu saling lempar tudingan, paling2 maksimal AS dgn NATOnya hy memberi sangsi tambahan!

 Leave a Reply