Aug 202017
 

Bendera Indonesia dicetak terbalik pada buku panduan pembukaan SEA Games 2017, Kuala Lumpur, Malaysia, 19/8/2017. (Foto: Twitter Imam Nahrawi).

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin akan menemui Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Minggu untuk meminta maaf secara langsung terkait insiden pencetakan bendera yang terbalik dalam buku panduan SEA Games 2017.

“Kami ingin memohon maaf kepada rakyat Indonesia di atas kesilapan yang tidak disengajakan dalam mencetak bendera Indonesia dalam buku cederamata tersebut,” ujar keterangan tertulis Sekretariat Panitia Penyelenggara SEA Games (MASOC) 2017 yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu malam, 19/8/2017.

Khairy Jamaluddin yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Penyelenggara SEA Games 2017 dalam akun twitter resminya membalas cuitan akun Menpora Imam Nahrawi yang memprotes pencetakan bendera Indonesia dalam buku panduan pesta multi-cabang olahraga ASEAN itu.

“Kesilapan ini adalah amat dikesali dan kami percaya hubungan erat di antara dua negara ini lebih diperkukuhkan di bawah semangat Sukan SEA,” demikian keterangan tertulis MASOC.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, ketika mengikuti upacara pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, menilai pencetakan bendera Indonesia yang terbalik dalam buku panduan pesta multi-cabang olahraga ASEAN ke-29, sebagai tindakan yang teledor dan ceroboh.

“Saya kira hal ini yang mencederai kemegahan pembukaan SEA Games 2017 yang disaksikan jutaan orang,” kata Menpora Imam Nahrawi.

Kementerian Pemuda dan Olahraga akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan serta Kementerian Hukum dan HAM terkait insiden pencetakan bendera Indonesia yang terbalik itu.

Bendera Indonesia yang tercetak terbalik ini sebenarnya untuk menandakan negara mana yang sudah menjadi tuan rumah SEA Games. Di bawah bendera tersebut terpampang jelas tahun tuan rumah yaitu 1979, 1987, 1997 dan 2011. Kesalahan mencetak bendera ini ternyata hanya terjadi pada Indonesia. Dirilis Antara, 19/8/2017.

  58 Responses to “Menpora Malaysia Minta Maaf Cetak Bendera Indonesia Terbalik”

  1. Pasti rame…

  2. malayon beking bagara. Ntar kena nu tinju baru nyaho euy

  3. lemparin pisang aja om,

    sudah kuduga malon pasti cari gara-gara..

  4. kecil kemungkinan tidak sengaja melainkan sengaja, biasa beruk ingin terkenal kesalahanx di media internasional

  5. Bendera yang bisa dibolak-balik ya Thailand….yang lain ngga bisa…..
    Ini insiden yang sangat Serius…dan seharusnya dibuat Nota Protes Diplomatik…dari Pemerintah

  6. Bendera indonesia simple cuma 2 warna, bandingi dengan bendera thailand/laos yg agak rumit..kalo salah cetak masih masuk akal, tp kalo bendera indonesia salah cetak kemungkinan 95% disengaja…hik hik hik

  7. Malon ehhh malon , dari dulu gak pernah bener kerjain sesuatu..

    Boodoohh nya kebangetan..!!!

  8. Enak bingit cuman minta maaf..
    Mending minta bu Suci untuk tenggelam kan…

  9. negara anggota SEA games itu brp? apa pada gak sekolah itu malon?? nyetak bendera saja salah….
    pure-pure salah cetak…. (klassssiiiik banget)…

  10. sengaja itu.. mungkin psy war.. atau mereka tidak suka dngan perkembangan indonesia yg begitu cepat dibawah pemerintahan presiden Jokowi. Krn disana masih terbelenggu korupsi yg dilakukan PM Najib.. Memang dasar orang2 oportunis menghalalkan segala cara.. setelah kejadian mereka dngan mudahnya lngsung minta maaf.. enak beneeerrr.. Asian games nanti kita balas.. kita berikan tinja diatas bendera mereka.. bilang saja waktu mencetak tidak sengaja ada taik cecak jatuh diatas bendera mereka.

  11. sengaja biar berpengaruh ke mental pahlawan olahraga kita. oon + bloon malon ini

  12. wah upin ipin nakal lagi…

  13. Lha masa cetak bendera sesimpel itupun salah…..apa perlu TOT ya heheeehe

  14. SEkolah dmn tuh masak hafalin dua warna aja gak bisa, Dasar malon TUKANG ngIRI PHD.

  15. Malon sengaja tuh cari gara2

  16. Malon mau cari perkara dia..

  17. Hahaha… Tenang Aja Kan Kita Masih Bisa Bales Dendam Di Asian Games 2018 Dan Nanti Semoga Creatornya Ngubah Bintang dan Bulan “Jalur Gemilang” Dia Ubah Jadi Palu Arit…

    #Kan Bung Welleeehh…

  18. Malaysia keliatan begoknyaa coyy, kok sampai salah apa gak di cek dulu maling sialan….

  19. Malon cari gara gara rakyatnya cuma 42 juta (2 jt pekerja indinesia) mau nantang rakyat indonesia 200 juta lebih…..Lon Malon dasar Bloon…..

  20. ini ni jadi nya kalau beruk suruh cetak bendera, ya gitu jdinya.
    tpi ane yakin ni emang di sengaja,,,
    emang perlu di hajar tu malon

  21. Minta maaf saja tak cukup. Kalau tidak disengaja harus ada tindakan untuk memperbaiki kesalahan ini.

    Harus ada tindakan nyata dari pemerintah sebelah itu.

    Suruh mereka tarik semua buku suvenirnya dan cetak lagi yang benar.

    Kalau tidak mereka lakukan, boikot saja acara ini, usir dubes mereka yang ada di sini.

  22. sudah keterlaluan … tukang cetak di malon jg sdh tahu bendera kita merah putih … ini perintah pejabat malon !!! suatu tantangan kah ? mau perang kah ??? siaaappp ….!!!

  23. dasar malon bodoh … di bilang bodoh pasti mau belajar..tp ini mah udah berkali kali…apa g pernah mikir x y.. atau memang dasarnya orang malon tuh pendengki…

  24. Protes keras… Suruh rubah tuh semua pernak pernik bendera Indonesia yg digambarkan terbalik yg ada di SEAGAMES. Sepele, tapi utk suatu ajang multinasional, adl suatu preseden buruk bagi Indonesia jika diam saja. Apapun alasannya tindakan Malaysia itu tdk bisa diterima. Dan pemerintah harus memonitor segala tindakan perbaikan itu sampai tuntas.
    Apalagi momen ini di saat Indonesia merayakan HUT nya.
    NKRI Harga Mati!!!

  25. Peristiwa ini sebagai upaya malon untuk dapat menjegal kontingen Indonesia dalam meraih juara umum, Panggil pulang seluruh kontingen Indonesia, ………… makan tuh semua piala emas atas prestasi semu mu malon !!!

  26. Wajarlah kalau tersalah cetak…yg mencetaknya bukan orang indonesia kan..kenapa harus emosi..

    Di indonesia itu..orang yg lahir & besar di indonesia saja sering salah pasang bendera..selalu terbalik..mau bukti???

    https://seword.com/politik/pks-sebut-pasang-bendera-terbalik-tidak-sengaja-gelap-dan-terburu-buru-ini-faktanya/

    nah…kejadian bendera indonesia dipasang terbalik tanggal 8/8/2017..masih baru lagi kan???

  27. Tarik saja duta besar indonesia di malaysia…harga diri bangsa di injak2…

  28. Putuskan hubungan diplomatik….terus bombardir beruk semenajung sampe ke akar akar nya 1 jam harus hangus malaysia

  29. masa buat gambar bendera aja minta tot…???? gimana mau tot buat kapal perang kalau gambar se simpel itu aja gak bisa.. sumpah kebangeten ni orang begonya.. bisa bisa nya orang spt itu jadi menteri.. apa gak ada orang yg lebih pinter lagi di negara persemakmuran mami elis ni…??

    • Hahaha… Dan Lebih Lucunya Lagi Gowind Di Klaim 100% buatan Malon… Padahal Semua Modul Di Buat di DCNS (Prancis) Dan BNS (Malon) Cuma Ngelas Doank…

  30. Ngulah lagi tuh tetangga jaguh! FPDA mah begitu besar kepala walau jd budaknya nenek Eli!

  31. For simple and easy thing mereka lakukan dengan salah,…. either its stupid or do it on purpose….

  32. Event segede itu…tidak ada quality kontrol yg terakhir apa?…kog janggal ya…mau cetak ulang..kalo yg minta negara..pasti bisa 2-3 hari..apa gak punya biaya cetak ulang atau disengaja..dalam artian disengaja..dia meremehkan masalah tsb…

    • Hahaha… Kan Sudah Saya Bilang Klau Ini di Sengaja Bung. Moso Klau Tanpa di Sengaja Sampe-2 Koran+Buku Panduan+List Pemegang Medali Terbanyak Sampe Kebalik Semua Bung. Dan Lebih Anehnya lagi Di Semua (Koran+Buku+List Yg Berhubungan Dgn Sea Games) Itu Cuma Indonesia Yg Di Balikin Semuanya Dari Bendera Sampe Ke Perolehan Medali Sama Malon plus Masa Udah Tetanggaan Dari Dulu Bikin Bendera Aja Masih Salah. Aneh Bukan?…

      • Miskin dan bodoh itu malingsia….

        • Dan Yg Lebih Lucunya Lagi Bendera Di Daftar Top Score Pun Juga Salah Masa Septian David Orang Singapor Dan Juga Yg Lebih lucu Semua Kontingen Saat Pembukaan Sea Games Di Larang Untuk Memakai Baju Adat (Kecuali Malon)

          #Shame On You Malingsia

          • Ngakunya negara Islam, kelakuan melebihi dajjal….. malingsia…..

          • KUALA LUMPUR, NETRALNEWS.COM – Ketua Badan Perwakilan KNPI Malaysia, Khairul Hamzah, menilai protes bendera Merah Putih yang terbalik yang dilakukan Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi, sudah mewakili bangsa Indonesia.

            “Saya rasa, protes yang disampaikan oleh Menpora Imam Nahrawi, juga oleh Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir, sudah cukup mewakili dan menggambarkan betapa ‘serius’ nya protes kita tersebut,” ujar Khairul Hamzah di Kuala Lumpur, seperti dikutip dari Antara, Minggu (20/8/2018).

            Dia mengatakan sebagai warga Indonesia dan juga warga netizen (pengguna sosmed) patut memuji langkah bermartabat yang juga dilakukan oleh perwakilan resmi Republik Indonesia tersebut, dalam menyampaikan protes.

            “Kesalahan ini memang sangatlah disesalkan. Bendera adalah sesuatu yang sangat sakral, sesuatu yang sangat ’emotional related’ bagi seluruh Rakyat Indonesia, yang terkenal dengan jiwa nasionalisme yang sangat kental,” katanya.

            Dia mengatakan memprotes pihak yang bertanggung jawab dalam merupakan hal yang wajar dan layak dilakukan.

            “Tapi, sebagai bangsa yang besar dan bermartabat, selayaknyalah kita menyampaikan protes tersebut secara bijak dan bermartabat pula,” katanya.

            Dia mengatakan tidak perlu bangsa Indonesia menyampaikan protes tersebut secara berlebihan, tidak perlu juga menuduh dan mengecam Pemerintah Malaysia sengaja melakukan kesalahan tersebut, apalagi bersikap anarkis dan sebagainya.

            “Sebagaimana yang sudah kita ketahui, pihak panitia SEA Games sudah meminta maaf terkait insiden tersebut, pemerintah Malaysia juga sudah minta maaf. Bahkan Menteri Belia dan Sukan Malaysia, Khairi Jamaluddin, sudah secara langsung meminta maaf kepada Menpora Imam Nahrawi,” katanya.

            Dia mengatakan sebagai bangsa yang besar, Indonesia juga harus berjiwa besar untuk memberi maaf apalagi Malaysia adalah saudara serumpun kita, hubungan baik antar kedua negara jauh lebih berharga ketimbang kerikil kecil kesalahan yang tidak disenga.

            “Mengumbar kemarahan yang berlebihan apalagi sampai anarkis, tidak akan memberikan manfaat yang baik, itu cuma kepuasan emosional sesaat saja,” katanya.

  33. Sial, komen ane pada ngilang……. prihatin…..

  34. Mereka berani pasti karena ada FPDA. cba ga ada itu deh. ykin ga bkal berani tuh negeri kacung british. cuih…

    #shame on you Malaysia

  35. Suruh amerika serang malon, bukankah amerika temen baik kita 😆

  36. Cetak bendera negara tetangga aja kebalik….dasar …

 Leave a Reply