Des 062014
 

Menristekdikti, M Nasir, menegaskan komitmen Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk terus mendukung pengembangan aplikasi iptek nuklir terutama di bidang energi, dimana BATAN sebagai LPNK yang berada dibawah koordinasinya sebagai pionir.

Menristekdikti malah meminta rencana pembangunan Reaktor Daya Eksperimental atau PLTN mini dapat segera diwujudkan, hal ini dimaksudkan apabila PLTN dalam skala yang lebih kecil sudah ada, masyarakat dapat melihat langsung PLTN, untuk selanjutnya PLTN yang lebih besar dapat segera direalisasikan guna memenuhi kebutuhan energi nasional yang semakin tinggi.

“Kalau 2017 sudah bisa beroperasi, 2018 dan 2019 kita kenalkan ke masyarakat, 2020 kita sudah bisa siap membangun PLTN dengan daya yang lebih besar, target kita di masa datang PLTN bisa berkontribusi sampai 10 GW” demikian sambung Menristekdikti.

Menurut M Nasir tantangannya saat ini adalah bagaimana mengedukasi public, apabila di Serpong sudah ada reaktor daya meski berskala kecil, dan kemudian masyarakat bisa berkunjung melihat langsung, disediakan pula fasilitas seperti taman dan lainnya, tentu saja dengan memperhatikan faktor keamanan, keselamatan dan efisiensi. Menristekdikti menantang BATAN dalam tiga tahun untuk mewujudkan rencana tersebut. “Jika niat baik, insya Allah Tuhan mengabulkan”.

M Nasir juga menyebutkan pentingnya energi saat ini, tanpa pasokan energi yang cukup maka perekonomian tidak akan jalan, cita-cita kedaulatan pangan dan kedaulatan energi akan tertinggal di ruangan saja.

Menanggapi hal tersebut Kepala BATAN Djarot Sulistio Wisnubroto menegaskan pihaknya selalu siap menjadi motor pemanfaatan nuklir di bidang energi, jika sarana dan prasarana pendukung bisa lebih cepat, bukan tidak mungkin rencana Reaktor Daya Eksmerimental di Serpong lebih cepat terealisasi.”Kuncinya ada di stakeholder dan perijinan-perijinan, semakin cepat semakin baik”

Kepala BATAN juga menjamin transparansi dan keterbukaan informasi tentang pembangunan reaktor ini, “Kita wajib transparan dan terbuka, tidak ada mark up, mark up progam reaktor, kalau sampai ada mark up berbahaya, dan kita akan kehilangan kepercayaan dari masyarakat” demikian tuturnya. (eph)

Sumber : BATAN

Menristekdikti Ingin Buat Taman Nuklir

Jakarta – Kementerian Riset, Teknologi, dan Dikti (Kemenristekdikti) ingin membuat taman reaktor nuklir sebagai sarana edukasi masyarakat tentang teknologi nuklir. Menteri Riset, Teknologi dan Dikti, M Nasir, menyebutnya sebagai laboratorium daya eksperimen. Dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) ditunjuk sebagai pengelolanya.

“Energi nuklir selama ini ditentang oleh masyarakat karena itu saya ingin membuktikan Batan mampu menghasilkan energi yang baik,” kata Nasir disela peringatan hari jadi Batan ke-56 di Serpong, Tangerang, (5/12).

Selama ini Nasir menambahkan, nuklir dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan dan berbahaya. Rencana pembangunan reaktor nuklir pun selalu mendapat pertentangan.

Karena itu, Nasir ingin Batan bisa membangun laboratorium ini sebagai tempat yang menyenangkan, dengan menjadikannya sarana belajar sekaligus sarana rekreasi.

“Bangun reaktor sebagai laboratorium dibuat untuk tourism, masyarakat bisa menyaksikan teknologinya dan betul-betul menarik. Yang penting safety, secure, dan efisien,” ujar Nasir.

Nasir menambahkan, rencananya laboratorium akan dibangun dengan kapasitas sebesar 10-20 mega watt. Dan mulai dibangun pada 2016 dan selesai pada 2017 mendatang. Laboratorium dibangun di wilayah Serpong, Tangerang, dekat dengan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek).

“2017 harapannya sudah selesai. Kalau sudah selesai itu kita tinggal uji coba dan kita edukasi ke masyarakat,” katanya.

Nasir menjelaskan, pembangunan laboratorium daya eksperimen ini merupakan tahap awal dari rencana pembuatan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Indonesia. Nasir berharap rencananya ini tidak meleset karena inisatif ini sudah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) Kemenristekdikti.

Kita berharapnya cepat, kami (kementerian) ingin membuat semuanya menjadi mudah. Jangan ada regulasi yang menjerat karena sudah masuk RPJM Kementerian Riset, Teknologi, dan Dikti,” katanya.

Kepala Batan Djarot S. Wisnubroto sebelumnya menyebut laboratorium ini sebagai reaktor daya eksperimen. Penyebutan kata reaktor oleh Nasir masih dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan dan digantinya dengan kata laboratorium.

Sumber : Republika Online

Bagikan:

  25 Responses to “Menristekdikti: BATAN Berani PLTN, Kami Dukung Seratus Persen”

  1.  

    Pertamax

  2.  

    mantab lanjutkan asiik pagi2 banjir artikel :mrgreen:

  3.  

    Hmmm, pagi” dapet pertamax

  4.  

    Hurraa..semangat pagi Indonesia..aq dukung Indonesia punya pltn yg aman dan dimanfaatkan utk sebesar-besar kemakmuran rakyat..dan aq berjanji bila ditahun Indonesia pny Pltn nnt bersamaan dg aq dikaruniai momongan aq namakan nuklirina bila cewek,nuklirendy bl cowok..Dam’n I love Indonesia

  5.  

    Saya dukung 100% juga!!
    Dgn doa!!!

  6.  

    Sama 1000 % lagi dukunganya

  7.  

    Setujuuu…………….

  8.  

    Saya juga voting mendukung

  9.  

    Alhamdulilah.
    Gayung sudah tersambut, lampu sudah menyala, hijau, dan rakyat yg peduli kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia pun sudah ada dibelakangmu.
    Sekarang, mau apa lagi?
    Ayo batan segera tancap gas dan jawablah tantangan kemenristekdikti dgn segera!
    Kami selalu mendukungmu.
    Mat bekerja keras!
    Semoga Alloh memberkati kita semua. Amin!

  10.  

    PLTN salah satu solusi penyediaan energi listrik luar biasa besarnya ….namun masih banyak yang kontra. Indonesia sebenarnya sdh siap dan harus segera melakukannya selain tentunya difersifikasi energy macam gas dll……dari catatan kecelakaan nuklir di seluruh dunia korban yg timbul masih kalah jauh dgn kecelakaan lalu lintas…..artinya sangat aman, banyak orang mempersepsikan bahaya reaktor PLTN dgn bom nuklir, padahal beda banget ….. dalam skala kecil di bidang kesehatan dan penelitian juda sdh memanfaatkan energi nuklir …..reaktor mini di jogja dan serpong juga sdh berdiri sejak lama….dan tidak ada masalah dgn lingkungan sekitarnya

  11.  

    Lanjutken….akhir 2014 listrij msh byar pet
    apa kata dunia. .

  12.  

    Langsung saja bangun PLTN besar di kep. Riau, export ke Singaporno, untuk menguasai perlistrikan dan industri negara upil tsb, akhirnya si upil bisa ada dalam genggaman kita !

  13.  

    Semoga terwujud….

  14.  

    Assalamualaikum wr.wb.
    pertama-tama dana penjualan satelit harus di usut hilang kemana itu dana,
    baru nanti dananya bisa buat bangun PLTN :mrgreen:

  15.  

    Semakin cepat kita lepas dari bbm di sektor listrik makin cepat kita maju!

  16.  

    Statistik, sejarah dan audit membuktikan bahwa kita SANGAT lemah dalam inspeksi, tes dan pemeliharaan sebuah instalasi/ bangunan gedung (terutama gedung milik pemerintah). Kalau instalasi normal/ biasa, paling bangunan habis terrbakar atau ambruk; lha kalau instalasi nuklir wah kiamat, ingat Chernobyl.

    •  

      Kecelakaan reaktor nuklir terbesar di dunia adlh Chernobyl Ukraina (dulu Uni Soviet), korban tewas 56 dan masyarakat yg kena penyakit akibat radiasi 4000 orang….kemudian Fukhusima Jepang, tanpa korban jiwa…..Mohon maaf kasus kecelakaan pabrik pestisida Union Carbide Bhopal India, korban tewas 25,000 orang (versi pemerintah India 15,000 orang)….dari contoh kasus tadi bahwa semua instalasi pabrik kimia / nuklir mengandung bahaya yang sama…..kenapa PLTN selalu ditolak oleh sebagian LSM, sementara di indonesia pabrik2 kimia dan pestisida tidak di protes….Sebagian besar negera Eropa mengandalah energy nukir dan gas utk mereka,…tidak ada yg salah dengan kehidupan mereka…….awak kapal selam tenaga nuklir malah hidupnya satu tabung dgn rektor nuklir……

      •  

        bung Agung, anda tahu ngga radius 20 km exclusion zone dr Fukushima? Daerah ini tidak bisa dihuni sampe 30 tahun kedepan! Anda tahu ada increased risk of thyroid cancer utk anak anak di daerah Fukushima? Bahwa mrk harus membawa dosimeter setiap hari untuk memastikan dosis radiasi mereka tidak melebihi 100 mSV/th? Jangan hanya lihat dari sudut korban jiwa, lihat kehidupan ratusan ribu orang yang porak poranda, harus pindah dari tempat mereka sampai entah tahu berapa lamanya. Tolong nonton video youtube ini utk assessment terakhir ttg. Fukushima: http://www.youtube.com/watch?v=VoBLa2K7_6Y. Di German, sampai sekarang ngga boleh memakan hewan buruan di Bavarian state akibat Chernobyl.

  17.  

    Ane cuma senyum aja bro
    Ini dah mqsuk anggaran BATAN kok
    Dperkirakan butuh 1-2T
    Knp murah?
    Karna AMDAL dan uji tapak gk perlu dilakukan
    Bgitu juga beli tanah hinga keamanan
    Soalnya udah jadi 1 ama BATAN di serpong

  18.  

    fuse helium-3 our last hope

  19.  

    manut iline banyu………..

 Leave a Reply