JakartaGreater.com - Forum Militer
Sep 032014
 
KPK tetapkan Menteri ESDM Jero Wacik sebagai tersangka kasus pemerasan di lingkungan ESDM (photo: itoday.co.id)

KPK tetapkan Menteri ESDM Jero Wacik sebagai tersangka kasus pemerasan di lingkungan ESDM (photo: itoday.co.id)

Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menegaskan akan mengikuti proses hukum yang dilakukan KPK. Jero menjadi tersangka dugaan tindak pidana korupsi dengan cara memeras.

“Tadi saya jumpa pers di KPK yang menetapkan status hukum saya, oleh karena itu saya akan tetap berada di Indonesia untuk mengikuti seluruh proses hukum yang berlaku,” kata Jero di Kementerian ESDM di Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (3/9/2014).

Jero Wacik ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pemerasan di lingkungan ESDM. Dia dijerat dengan dua pasal, penyalahgunaan wewenang dan pemerasan. Jumlah uang yang masuk ke kantong politisi Demokrat itu mencapai Rp 9,9 miliar.

“Pengumpulan dana-dana dari rekanan untuk program-program tertentu,” jelas Wkail Ketua KPK Bambang Widjojanto.

Kasus ini adalah pengembangan dari perkara yang menimpa mantan kepala SKK Migas Rudi Rubiandini dan mantan Sekjen ESDM Waryono Karno. (detik.com).

Berbagi

  76 Responses to “Menteri ESDM Jero Wacik Tersangka Korupsi”

  1.  

    perawankah

  2.  

    baca ah

    •  

      makin hari berita yang ada bikin pengen marah dan elus dada
      -ada yang niat mau jual-jual
      -ada yang mau terus korupsi
      kayanya lebih enak hidup di pedesaan nga terlalu mikirin orang-orang gedean yang rakus harta dan jabatan, yang penting buat makan besok ada alhamdulilah dan ibadah akhirat tenang

  3.  

    1st..

  4.  

    bersih kn yang korupsi…hidup KPK

  5.  

    korupsi lagiii…..pejabat oh pejabat…

  6.  

    “Tidak Semua Pejabat itu Baik, Kalaupun Ada Itu Hanyalah Oknum (Perseorangan)”

    •  

      nurut ane perkara yg lazim memenjara pejabat ada 4, yaitu Harta, Tahta, Wanita, dan Paksa.
      Terpaksa korupsi krn dipaksa, terpaksa korupsi krn tdk bisa mengelak, terpaksa korupsi krn ingin kaya. πŸ˜€

  7.  

    Nyimak dlu..

  8.  

    absen n SR

  9.  

    Korupsi sudah biasa.

  10.  

    untuk KPK.lanjutken

  11.  

    Kdg terbesit pikiran, seberapa independenkah KPK?
    Dr warjager saya diajarkan membaca “clue2”.
    -penetapan tsk pak SDA di saat2 org heboh pemilu
    -kita tahu Pak AS pernah digadang2 jd cawapres meski akhirnya pak JK (berarti ada komunikasi politik sblm2 nya& ga mungkin “ujug2”)
    -dll

    Maaf jika ada yg tidak berkenan, disini kita berbagi dan mencoba menangkap “clue2” yg tersirat.

  12.  

    Ngobok2nya kok disaat sang juragan mau lengser? Artinya ada sesuatu pengaruh “siluman” dibalik KPK

    •  

      Atau Ada hubungannya dgn sumur minyak blok mahakam?

    •  

      Saya rasa ndak demikian adanya Bung. KPK kan penegak hukum jd dasar mereka menetapkan orang menjd tersangka adalah barang bukti dan fakta hukum. Kl barang bukti dan fakta hukum dirasa udh cukup menjerat seseorang menjd tersangka siapapun mereka tetap akan diadili.

      •  

        Semoga saja begitu Bung Cupax.
        tp agak riskan juga seorang petinggi “lembaga” tinggi komunikasi politik menjadi pendamping.
        Bagaimana jika yg berkomunikasi kapolri/TNI atau lembaga tinggi yg notabennya masyarakat masih menaruh kepercayaan tinggi di lembaga itu.

        •  

          Harapan terbesarku mereka tetap bs menjaga integritas dan konsistensinya dlm pemberantasan korupsi. Begitu besar dampak kerusakan yg tlh diakibatkan oleh prilaku korup ini terhadap sendi2 kehidupan berbangsa dan bernegara kita.

      •  

        betul mereka bekerja berdasarkan hal2 tersebut. akan tetapi siapa yang dijerat bisa diatur sesuai kepentingan dan skenario yang dimainkan pemesan

        •  

          Bung xtrada… Fakta dan data apa yg mengindikasikan bahwa KPK selama ini dlm menjerat pelaku korupsi diatur berdasarkan kepentingan dan pesanan!!!! Integritas dan konsistensi KPK dlm pemberantasan korupsi selama ini terbilang sangat baik.

          •  

            Klo fakta dan data rill mgkn blm ada, krn klo ada bisa hilang kredibilitas kpk.
            kita lihat, baca dan cermati kepingan informasinya.
            Mau tidak mau ada indikasi terkontaminasi.
            :maaf jika salah.
            Kita diskusi sehat saja hehehe

  13.  

    bung Diego pinter milih mpotonya,,,,,, arrgggghhhhh……

  14.  

    semoga tambah berkicau ketika dalam sangkar..

  15.  

    Pembersihan dimulai. Bersiaplah.

  16.  

    Cuci gudang …

  17.  

    Andaikan presiden tdak dibatasi hanya 2 priode berturut-turut, ada yg pngen pak Sby bisa jadi presiden untuk ketigakalinya. Ok, beliyau jelas lbih baik dari presiden sebelumnya(selain Sukarno) soal perkembangan alutsista, tapi, apakah capain itu sdah maksimal ? Apakah negara ini tdak bisa lbih dari yg sdah dicapai ? Kenapa India yg merdekanya setelah Indonesia,namun tehnologi dan pertahanannya lbih maju ? Berarti ada yg salah di Indonesia. Ok, saya menghargai upaya pak Sby meningkatkan pertahanan kita, saya hargai upaya beliyau dlm memberantas korupsi, tapi saya ingin lbih dari yg beliyau capai. Karna seharusnya Indonesia bisa. Asal Indonesia tdak salah urus. Kenapa pak Sby tdak bisa memberantas mafia migas ? Kenapa anggaran untuk subsidi bbm selalu hbis dan kekurangan, sehingga perlu memotong anggaran dari kementrian2 lain buat menambahi . Kenapa dana riset selalu minim ? Kenapa ?
    Katanya Indonesia kaya, tapi kenapa untuk membeli 3 ska su 35, 30 kasel, s400 100 batre, dll, selalu kekurangan dana ?? Kenapa, kenapa ??
    Mbuh ga’ ruh aku.
    Ndelik neh neng pojo’an.

    •  

      Berlebihan…

    •  

      Contoh kecil adalah bumi hanguskan kebijakan penguasa lama, meski kebijakan itu mmg baik ke depannya.
      Adanya oposisi memungkinkan untuk bumi hanguskan kebijakan.
      Dlu kita ada GBHN , dimana disitu tertuang mau di bawa ke mana 5 th ke depan negara kita.
      Skrg kita punya MEF, kalau bumi hangus bumi hangus , kapan maju…selain faktor dari luar dan dalam negeri yg tidak ingin RI menjadi bangsa besar.
      cmiiw

    •  

      Pak presiden baru siap menaikkan BBM apapun resikonya demi NKRI. siapa takut.
      Segala alutsista modern akan diakuisisi. Mungkin MEF-3 akan selesai 2019 dengan motor pak JK.

      Kita harus optimis dengan pemerintahan kedepan. mari berpartisipasi di bidang masing-masing. semoga mobil ESEMKA electric segera meluncur menggantikan kendaraan dinas yg sdh rusak. hemat BBM.

  18.  

    Nasib

    •  

      Tersangka lalu terdakwa,punya tanggung jawab tapi melalaikan.klw d bilang karna tergiur ya pasti.mereka yg berpendidikan harusnya lebih pandai berhitung,jgn cuma hitung keuntungannya,tapi juga ruginya.yg sya dengar dri tv hukumannya berkisar antara 4-20th,lho kok berkisar ? Knapa hukumannya gak d buat paten,misalkan potong 1 tangan,kuras semua harta,atw penjara d pengasingan 30th.bukan utk belajar kejam,tapi agar mereka berfikir ratusan x ktika berniat korupsi,kan bisa jdi efek gentar sperti Apache,imho ,,

  19.  

    Yap bung miris, Inilah pekerjaan terbesar presiden terpilih untuk segera diperbaiki dan diselesaikan. Karna di era SBY dalam hal penegakan hukum dan pemberantasan korupsi dirasa kurang berhasil. Tp kl hrs menilai secara keseluruhan hasil kerja yg telah ditorehkan SBY terbilang baik. begitu byk prestasi yg telah ditorehkan dan telah membawa Indonesia menuju arah yg lbh baik. Thank u so much my president

  20.  

    miris…( karo ngelus dodo, ngelus dengkul atos eram)

  21.  

    prestasi beliau cukup signifikan…

    cuma 9,9 miliar..dihukum ringan aja…ga nyampe ratusan ato triliunan…

    •  

      Huzz bisa aja bung handal,sya nyari uang 4jt utk usaha aja susah bgt,knapa pak Jero gak caling2 sya ya klw pnya uang lebih,eh ,,, πŸ™‚

    •  

      pak handal,

      apa ya prestasinya (mungkin ada berita yang terlewatkan),

      yang pasti proyek RFID dan konversi BBG mangkrak walau untuk skala jabotabek sekalipun…

      •  

        pembangunan listrik 10.000mw…
        Ground Breaking Cepu 9 Desember 2011
        UU minerba
        renego freeport, newmont, gas lng,
        dll

        •  

          renego freeport + gas lng tangguh, hmm bolehlah jadi faktor meringankan -asal jangan ada kasus2 yang lebih besar setelah ini… πŸ™‚

          pembangunan listrik 10.000mw – paten prakarsa JK…

          UU minerba – disahkan 2008

          Ground Breaking Cepu 9 Desember 2011 (ujung seremonial proses panjang sejak kontrak exxon dilanjutkan 2006 -JW dilantik sebagai men ESDM oktober 2011)

          newmont -status quo

          •  

            listrik ide jk bener om..pak jero yg meneruskan…
            UU minerba bukannya baru saja di sahkan om?

            newmont udah selesai kemarin ini om..udh renego. udh tarik dari arbitraase

            damai dah om danu…lop u so much..

          •  

            > UU Minerba Disahkan

            Posted by Amanda pada 17 Desember 2008

            UU Minerba Disahkan, Tiga Fraksi Walk Out

            JAKARTA–MI: Setelah sempat diwarnai skorsing selama hampir satu jam, RUU Mineral dan Pertambangan (Minerba) akhirnya disahkan menjadi Undang-Undang (UU) dalam sidang paripurna DPR RI, Selasa (16/12).

            >> newmont betul arbitrase batal, artinya balik ke meja perundingan…

            lop U full pak handal

    •  

      Ini nih yang pol saya benci Kirain cari uang 9,9 milyar bagi rakyat kecil itu gampang. Masih ada rakyat kita yang sebulan cuma dapat 1 juta bahkan kurang

  22.  

    Orang gila aja doyan duit apalagi yang masih waras gratisan lagi, yang aku sesalkan kapan giliranku bisa nyicip korupsi gak usah banyak banyak asal cukup buat kawin lagi dah lumayan kok…ngarep.com

  23.  

    Masih kecil hanya 9,9m = 1 rudal hellfire
    Dibanding kan dana hambalang 2,5 T yg gak tau kmna kan bisa bt beli 2 SU-30 baru
    Apalagi dana century 6,7 T yg dicuri entah siapa? mngkin isa bt beli kapal frigrate baru ato kapal selam baru lagi

  24.  

    terliat fotonya melambai – lambaikan tangan..eheh

    klu bisa pak kpk tes sekalian urine dan darahnya..aagagag

    selamat merasakan hidup susah boss…salam ma yg lain

    dimata hukum sama ..dan diperlakukan sama ..ini baru penegakan hukum sesuai uud ..lanjutkan kpk

  25.  

    Sungguh miris ketika kementrian jadi ATM

  26.  

    Dulu ada satu Kementrian, jadi kalau rapat itu sistemnya senioritas. Ini sistem senioritas bentuknya anak usaha paling banyak pemasukan negara duduk di depan langsung berhadapan dengan Menterinya. Kalau yg dibawah atau rugi, silahkan duduk di pojokkan dan selalu kena sindiran. Kasihan, saat Menteri yg sekarang masuk beliau langsung merubah dan Alhamdulillah nih Kementrian mulai terlihat perkembangannya. Dan yg bagus, beliau juga memangkas anggaran rapat demikian, beliau malah lebih senang dilakukan dengan Teleconfrence demi penghematan. Klu sudah terjadi senioritas seperti kasus diatas, saya rasa kasusnya sama yaitu ATM juga pasti berjalan.

    Maaf ini inisiatif menterinya sendiri loh, beliau juga pernah ribut di DPR karena masalah setoran. πŸ˜€

  27.  

    …Jero Wacik ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pemerasan…

    keahlian awal mafia (godfather/maria puzo) juga pemerasan, menawarkan ‘perlindungan’ (protection racket) kepada para pengusaha, yang menolak perlindungan akan diberi pelajaran…

  28.  

    APA ada hubungannya dengan realisasi uu bahan mineral yg gak boleh langsung export?

  29.  

    Makanya fit n proper test nya di benerin plus yang ngetesnya. Kalo ini ikut asu ngga apa2 mereka yang kena pelecehan seksual aja di pecat apalagi napi. Di kita merdeka. HAM HAM HAM perasaan itu nama roti prancis

    •  

      Iri dengki yang di pupuk. Bukannya gimana caranya negri ini makmur tapi gimana caranya untuk diri pribadi kaya. Karena korup ya kudu rame2 biar ada temen dan kuat dan kalo ada yang nge bela rakyat di singkirkan. Mental pekerja alias mental kuli bukannya mental pemimpin. Tapi ya ngga mau mawas diri. Nunggu pengadilan yang kuasa kali

    •  

      bung urakan percuma pemimpin yg tegas dan berani kalau ia cuma sendiri

  30.  

    Boleh tanya bung danu.
    1 ada ngga makelar mau rugi. Kalo dia jual harga segitu. Dia dari sumbernya sendiri dapat harga berapa.
    2 kalo harga minyak di hargai nol rupiah sebenarnya harga minyak dari pabriknya berapa bung danu baik punya kita dan punya asing
    3 dari harga itu masuk ke negara berapa
    4 kita impor harga berapa plus pengapalannya

 Leave a Reply