Menteri ESDM Jero Wacik Tersangka Korupsi

87
KPK tetapkan Menteri ESDM Jero Wacik sebagai tersangka kasus pemerasan di lingkungan ESDM (photo: itoday.co.id)
KPK tetapkan Menteri ESDM Jero Wacik sebagai tersangka kasus pemerasan di lingkungan ESDM (photo: itoday.co.id)

Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menegaskan akan mengikuti proses hukum yang dilakukan KPK. Jero menjadi tersangka dugaan tindak pidana korupsi dengan cara memeras.

“Tadi saya jumpa pers di KPK yang menetapkan status hukum saya, oleh karena itu saya akan tetap berada di Indonesia untuk mengikuti seluruh proses hukum yang berlaku,” kata Jero di Kementerian ESDM di Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (3/9/2014).

Jero Wacik ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pemerasan di lingkungan ESDM. Dia dijerat dengan dua pasal, penyalahgunaan wewenang dan pemerasan. Jumlah uang yang masuk ke kantong politisi Demokrat itu mencapai Rp 9,9 miliar.

“Pengumpulan dana-dana dari rekanan untuk program-program tertentu,” jelas Wkail Ketua KPK Bambang Widjojanto.

Kasus ini adalah pengembangan dari perkara yang menimpa mantan kepala SKK Migas Rudi Rubiandini dan mantan Sekjen ESDM Waryono Karno. (detik.com).

76 KOMENTAR

  1. Kdg terbesit pikiran, seberapa independenkah KPK?
    Dr warjager saya diajarkan membaca “clue2”.
    -penetapan tsk pak SDA di saat2 org heboh pemilu
    -kita tahu Pak AS pernah digadang2 jd cawapres meski akhirnya pak JK (berarti ada komunikasi politik sblm2 nya& ga mungkin “ujug2”)
    -dll

    Maaf jika ada yg tidak berkenan, disini kita berbagi dan mencoba menangkap “clue2” yg tersirat.

  2. Andaikan presiden tdak dibatasi hanya 2 priode berturut-turut, ada yg pngen pak Sby bisa jadi presiden untuk ketigakalinya. Ok, beliyau jelas lbih baik dari presiden sebelumnya(selain Sukarno) soal perkembangan alutsista, tapi, apakah capain itu sdah maksimal ? Apakah negara ini tdak bisa lbih dari yg sdah dicapai ? Kenapa India yg merdekanya setelah Indonesia,namun tehnologi dan pertahanannya lbih maju ? Berarti ada yg salah di Indonesia. Ok, saya menghargai upaya pak Sby meningkatkan pertahanan kita, saya hargai upaya beliyau dlm memberantas korupsi, tapi saya ingin lbih dari yg beliyau capai. Karna seharusnya Indonesia bisa. Asal Indonesia tdak salah urus. Kenapa pak Sby tdak bisa memberantas mafia migas ? Kenapa anggaran untuk subsidi bbm selalu hbis dan kekurangan, sehingga perlu memotong anggaran dari kementrian2 lain buat menambahi . Kenapa dana riset selalu minim ? Kenapa ?
    Katanya Indonesia kaya, tapi kenapa untuk membeli 3 ska su 35, 30 kasel, s400 100 batre, dll, selalu kekurangan dana ?? Kenapa, kenapa ??
    Mbuh ga’ ruh aku.
    Ndelik neh neng pojo’an.

    • Tersangka lalu terdakwa,punya tanggung jawab tapi melalaikan.klw d bilang karna tergiur ya pasti.mereka yg berpendidikan harusnya lebih pandai berhitung,jgn cuma hitung keuntungannya,tapi juga ruginya.yg sya dengar dri tv hukumannya berkisar antara 4-20th,lho kok berkisar ? Knapa hukumannya gak d buat paten,misalkan potong 1 tangan,kuras semua harta,atw penjara d pengasingan 30th.bukan utk belajar kejam,tapi agar mereka berfikir ratusan x ktika berniat korupsi,kan bisa jdi efek gentar sperti Apache,imho ,,

  3. Yap bung miris, Inilah pekerjaan terbesar presiden terpilih untuk segera diperbaiki dan diselesaikan. Karna di era SBY dalam hal penegakan hukum dan pemberantasan korupsi dirasa kurang berhasil. Tp kl hrs menilai secara keseluruhan hasil kerja yg telah ditorehkan SBY terbilang baik. begitu byk prestasi yg telah ditorehkan dan telah membawa Indonesia menuju arah yg lbh baik. Thank u so much my president

  4. terliat fotonya melambai – lambaikan tangan..eheh

    klu bisa pak kpk tes sekalian urine dan darahnya..aagagag

    selamat merasakan hidup susah boss…salam ma yg lain

    dimata hukum sama ..dan diperlakukan sama ..ini baru penegakan hukum sesuai uud ..lanjutkan kpk

  5. Dulu ada satu Kementrian, jadi kalau rapat itu sistemnya senioritas. Ini sistem senioritas bentuknya anak usaha paling banyak pemasukan negara duduk di depan langsung berhadapan dengan Menterinya. Kalau yg dibawah atau rugi, silahkan duduk di pojokkan dan selalu kena sindiran. Kasihan, saat Menteri yg sekarang masuk beliau langsung merubah dan Alhamdulillah nih Kementrian mulai terlihat perkembangannya. Dan yg bagus, beliau juga memangkas anggaran rapat demikian, beliau malah lebih senang dilakukan dengan Teleconfrence demi penghematan. Klu sudah terjadi senioritas seperti kasus diatas, saya rasa kasusnya sama yaitu ATM juga pasti berjalan.

    Maaf ini inisiatif menterinya sendiri loh, beliau juga pernah ribut di DPR karena masalah setoran. πŸ˜€

  6. …Jero Wacik ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pemerasan…

    keahlian awal mafia (godfather/maria puzo) juga pemerasan, menawarkan ‘perlindungan’ (protection racket) kepada para pengusaha, yang menolak perlindungan akan diberi pelajaran…

  7. Boleh tanya bung danu.
    1 ada ngga makelar mau rugi. Kalo dia jual harga segitu. Dia dari sumbernya sendiri dapat harga berapa.
    2 kalo harga minyak di hargai nol rupiah sebenarnya harga minyak dari pabriknya berapa bung danu baik punya kita dan punya asing
    3 dari harga itu masuk ke negara berapa
    4 kita impor harga berapa plus pengapalannya