Sep 092017
 

Jakarta – Sebanyak 1200 pilot masih menganggur sebab kurang mempunyai kompetensi sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh maskapai penerbangan nasional, ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Memang patut disayangkan di waktu industri penerbangan nasional sedang tumbuh tetapi ternyata masih ada ribuan pilot yang lulus sekolah penerbangan masih belum bekerja,” ujar Menteri Perhubungan Budi kepada pers setelah usai membuka Rapat Kerja Dinas (Rakerdin) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Kamis 7-9-2017, di Jakarta.

Menurut Menteri Perhubungan banyaknya pilot yang masih menganggur antara lain dikarenakan terlalu banyak sekolah penerbangan di Indonesia yang jumlahnya setidaknya mencapai 20 sekolah, sementara sebagian diantaranya tidak mempunyai fasilitas mencukupi sebagai sekolah penerbangan.

Budi Karya Sumadi mencontohkan ada sekolah penerbangan yang hanya mempunyai satu pesawat terbang sehingga jam terbang siswa calon pilot kurang, akibatnya setelah lulus kurang mempunyai kompetensi yang memadai. Padahal idealnya sekolah setidaknya harus mempunyai 4 pesawat untuk digunakan melatih siswa terbang.

“Tanpa bermaksud ingin menyalahkan siapa-siapa sebaiknya sekolah penerbangan sebanyak itu dimerger saja menjadi hanya 10 misalnya, agar tidak mudah meluluskan siswa menjadi pilot,” ujar Budi Karya Sumadi .

Budi Karya Sumadi telah meminta Direktur Jenderal Perhubungan Udara untuk segera melaksanakan merger sekolah penerbangan yang ada sekarang, agar tidak mudah meluluskan siswa menjadi pilot. Merger itu, ujar Budi Karya Sumadi, dinilai penting agar sekolah mempunyai kualifikasi yang baik sehingga mampu meluluskan siswa menjadi pilot yang kompeten.

Untuk mengatasi pengangguran pilot sebanyak 1.200 orang itu, ujar Budi Karya Sumadi, Kemenhub secara bertahap akan melaksanakan seleksi ketat sehingga pilot yang lulus uji kompetensi layak diajukan mendapat pekerjaaan di maskapai penerbangan. Menhub juga minta pilot yang telah lulus seleksi dan mempunyai kompetensi agar dapat diterima di maskapai penerbangan.

“Saya minta kepada maskapai penerbangan nasional untuk mau menerima pilot yang sudah mempunyai kompetensi. Demikian juga kepada maskapai penerbangan yang banyak menggunakan pilot asing agar juga mau merekrut pilot kompeten lulusan dalam negeri,” kata Menhub Budi Karya Sumadi. (Antara).

  4 Responses to “Menteri Perhubungan : 1200 Pilot Menganggur”

  1. Ya jelas nganggur, krn ny*bu sie…makanya kerja yg bener dan baik, jgn brtingkah, bw banyak nyawa kok bisaw ya nyabu walaupun tak semua pilot nyabu, yg lainnya nyimeng….xixixi sama aja ya…

    • Tidak semua bgtu.. Ad mmang oknum sialan bgtu dan memang ad anak llusan sma yg memang tidak tau adat Brsikap. Tp tdak smua clon sprti itu. Ad yg alim hdup lurus. Dan ad klanya hrusnya sbgai orang mmlih jd pribadi mendidik bukan asal suka gue. Gue punya prushaan bodo amat ama elu. Jngan. Jngn gt. Pmrintah wjib menekan mskpai. Dan clon wjib tau kwjibannnya dan brusaha. Sama2 baik dah.. Jd orng yg baik.. Klo anda pham

  2. Dialihkan saja ke pesawat angkut, helikopter atau jet, itu pun kalau bisa

    • Hrusny sih bgtu pmrintah nggk prlu didik susah2 lg tinggal poles. Ksih iktan dinas sma2 untung. Tp kmbli k pmgng kpntingan mlht dr sdut pndang mreka. Yg dr kita mlhat ngtif ingin ad aliran dana giat ltih.. Dr sgi positif ya ad prtimbngn sndiri.. Klo anda phm mksd sy..

 Leave a Reply