Nov 262015
 

untitled-1
Su-35 memiliki kemampuan dan kecanggihan diatas Su-30

Jakarta, – KASAU Marsekal Agus Supriatna menyatakan pemerintah telah sepakat memilih Sukhoi Su-35 buatan Rusia sebagai pesawat tempur pengganti F-5 Tiger yang telah uzur.

“Saya baca dokumen yang dikirim Kementerian Pertahanan ke Bappenas. Yang sudah ditandatangani Menhan adalah Sukhoi Su-35,” kata Agus di Jakarta.

Mencari pengganti 16 pesawat F-5 Tiger yang dioperasikan Skuadron Udara 14 Pangkalan Udara Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, memang menjadi salah satu target utama TNI AU saat ini.

Agus mengatakan, sebelum Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu meneken kesepakatan pengadaan Sukhoi Su-35, TNI AU telah mengirimkan sepsifikasi teknologi pesawat yang mereka nilai pantas menggantikan F-5 Tiger.

TNI AU menyodorkan dua pesawat tempur sebagai pilihan: F-16 Viper, Lockheed Martin Amerika Serikat, dan Sukhoi Su-35 buatan Sukhoi Rusia.

“Sebagai pengguna, TNI AU hanya mengirimkan tech spec pesawat yang kami inginkan untuk memenuhi tugas kami,” ujar Marsekal Agus.

F-16 Viper dan Sukhoi Su-35 disodorkan TNI AU untuk dipilih karena mereka tak ingin mengubah sistem pemeliharaan secara ekstrem. “Kalau Sukhoi Su-35 kan sama dengan Sukhoi Su-30 yang sudah kami operasikan saat ini,” kata Agus.

Dari dua pilihan tersebut, TNI AU akhirnya memilih Su-35 yang dikenal dengan sebutan jet tempur siluman karena kecanggihan teknologinya yang tepat berada di bawah pesawat siluman generasi kelima.

Su-35 dapat menghilang dari radar, dilengkapi peralatan jamming untuk menurunkan kemampuan radar musuh, dan memiliki kecepatan supersonik sekitar 1,5 mach atau dua kali kecepatan suara.

Meski demikian, Agus memperkirakan instansinya tak dapat membeli Su-35 sebanyak 16 unit seperti jumlah F-5 Tiger sebelumnya, karena menyesuaikan dengan anggaran yang disediakan pemerintah untuk TNI AU.

“Dengan menghitung anggaran yang ada, mungkin beli 12 pesawat Su-35 saja. Tapi saya minta isinya sudah lengkap,” kata Agus.

Saat ini TNI AU mendapat alokasi anggaran US$3,1 miliar atau sekitar Rp41 triliun untuk modernisasi alat utama sistem senjatanya. Anggaran itu akan digunakan selama periode 2015-2019.

CNN Indonesia

 Posted by on November 26, 2015

  97 Responses to “Menteri Pertahanan Sudah Tandatangani Pembelian Su-35”

  1.  

    Heboh

  2.  

    wah ini baru mantap….

  3.  

    Lanjutkan.. sampai komplit 1 ska SU 35 ya pak Menteri

  4.  

    Lo kok

  5.  

    PERTAMAXXXX

  6.  

    Alhamdulillah… sujud syukur

  7.  

    Belum puas rasanya klo blm liat pswtnya nongkrong di lanud Indonesia dgn pilot Indonesia jg. Biarpun sebatas foto saja..

  8.  

    udah pada lega kan?

  9.  

    Akhirnya.. sales2 lain pada rontok

  10.  

    Alhamdulilah, dah cape baca artikelnya

  11.  

    R37 sama KS172 dibeli gak ya
    btw lengkap sama khibiny-m nya gk nih pak?

    •  

      coba dibayangkan saja bung , Anda saja menginginkan itu ada , apalagi tuh TNI …..

      yang pasti bias membuat tetanngga gangguan otak kanan-kirinya kl Jammer PODnya dinyalakan pada pespurnya ….

      edisi Lihat tampilan Akhirnya nanti ….

  12.  

    hasil polling warjager sdh disetujui nich..tinggal warjager biro madiun curi fotonya bila su35 sdh nongkrong disana ya..

    •  

      Hehehhehehhe..Numpang lewat bung Masha.. Sehat selalu utk anda bung… Biro madiun mungkin agak sedikit kalah cepat dari biro goib bung…xixiixixixixixixi.. Mungkin kumendan biro goib bisa segera diperintahkan anak buahnya utk mencuri start..karena sdh resmi di beli nih..hehehheheehehe.. Tp jumlahnya aja dan armament pamungkasnya yg masih sinetronkan..wkwkkwkwkwkwk..

      •  

        Numpang ngopi bung bw,sehat selalu. Perasaan yg ini udah lama hadir gambarnya dimari,ya meskipun cuman ekor atau pahanya doang. Hehehe
        Gmna klo ane request ama komendan jamaah ghoib gbrnya si wek wek..

        •  

          Hehhehehehhehe… Sehat selalu bung Jeepers.. Noh kumendannya dah nongol lg s komen no.41 hehhehehe.. Kelitikan dah bareng bung Pakfa.. Siapa tau aja khilaf lsg kirim gambar yg ada menhan RR didalem kockpitnya…. Hehehehhehehe….

  13.  

    Alhamdulillah yaa..

  14.  

    Kapan tu barang datang???

  15.  

    sales lain masih terbuka buat 2 skuadron buru sergap kohanudnas. Yang bisa kasih TOT buat IFX kalo bisa.

  16.  

    alhamdulillah akhirnya…idolaku datang

  17.  

    Manfaatkan dgn se baik2x nya.
    Jgn di pake buat pajangan aja.

  18.  

    12 resmiyaaa…
    truus yang ghoiibyaaahh barapee yaaahh…???

  19.  

    Stempelnya sdh apa belum? nanti ada alasan lupa stempel, lupa no.surat…macam2 aja penghalang untuk beli induk macan.

  20.  

    Ya saya sangat sependapat dengan pengadaan su 35 s 12 buah.karna saya menilai…doktrin tni au tidak perlu tiap2 skuadron di isi oleh 16.18.24 atau 32 buah pespur.namun 12 buah tiap sekuadron yg lengkap dengan radar dan persenjaraan dan sistem pendukungnya sudah cukup…dan di mana yg biasanya 1 skuadron di isi 16 buah pespur dapat di kurangi 12 buah dan sisanya dapat di tempatkan di pangkalan2 tni au lainya.sebagai contoh..f16 ab tni ada 10 buah.lebih baik f16 tersebut di tingkatkan setara dengan f16 cd52 id yg akan datang dari amerika.jadi ri punya 10+24=34 f16.dan di oecah men jadi 3 skuadron.masing2 memiliki natuna 12…riau 12 dan iswahjudi 10 buah…dan di lengkapi dengan rudal 120 c amram.

  21.  

    iyeees Welcome Flanker Magetan My City Ready menantimuuu Tambh Bangga Saya Orang Magetan

  22.  

    Horee..buat lawan yang campur racun..

  23.  

    jangan lupa arsip lama juga dibuka, nostalgia bahasan SU-35 sama suhu-suhu baheula

    http://jakartagreater.com/pesawat-tempur-su-35-favorit-pengganti-f-5/

    •  

      Mantep ya bung @ kobu. Baca coment2 nya, jkgr yg lawas…
      Salam bung.

    •  

      He he he…jadi adem…adem banget bila ingat beliau beliau dalam mengupas masalah, memberi kickback dan saling melengkapi informasi, terlebih tata bahasa dan tatakrama yang memperlihatkan kualitas berpikir dan kesantunan dalam berkomentar…berbobot dan berkualitas…jauh dari caci maki dan ulasan yang sempit…miss them all…

    •  

      salam buat suhu-suhu yg dlu memberi ilmu di mari ..
      seperti yang punya warung bung diego, bung Melektech, bung nowyoudont, bung patech, bung okelah,
      bung Satrio, bung gue, bung WH, bung danu, bung donnie, bung Jalo
      dan sesepuh yang lain yang tidak bisa sy disebutkan 1per1 ..
      semoga sehat walafiat dan sejahtera selalu ,.

      *:?? apakah dah jarang nongol di sini dan pda jdi jendral semua kali ya ,.
      just kiding bung …
      salam dr SR kurang lbih 4 tahun ,..

  24.  

    Alhamdulillah…semoga berkah unt RI dan rakyatnya.

    Bangga banget rasanya….RI punya Su-35…smg yg seri 34 juga katut kebeli…hihihihi

    Langkah selanjutnya adl seimbangkan dgn alutsista pesawat tempur blok barat…..ingat: RI itu non-blok…apapun pilihan user, aku support total.

    Salam NKRI!!!

  25.  

    hasil test black label blm ada beritanya ya ??

  26.  

    Alhamdulillah….
    Tidak apa apa 12 …yang penting senjata nya lengkap Dan nanti ditambah.
    Tapi….Jangan lupa untuk melakukan pemekaran squadron Sukhoi 27/30 yang ada …ditambah sedikit sedikit bertahap….agar bisa jadi 2 squadron….(yang satu di makassar ..yang satu nya ..mungkin …di biak atau Morotai..)….siapa tahu…insya Allah .kalau beruntung….

  27.  

    tahun berapa ya nyampek di sini

  28.  

    jadi deh malam ini sukuran motong ayam

  29.  

    Belum deal mas, itu baru pengajuan kemenhan ke Bappenas untuk persetujuan dana alokasiNya, Itu pun kalau slot dana tersedia, jadi masih panjang prosesnya. Deal kalo pihak RI/Menhan sudah sigth Kontrak dengan si Robo baru Oke Mas…….

  30.  

    Min, kalau senjatanya apa aja yang di beli ?

  31.  

    flypass pas motogp2017 Untuk nunjukin ke dunia

  32.  

    lumayanlah……..12 klo siap tmpur ya dah bgus….

  33.  

    cie cie TNI sama Kemhan, buru2 publish berita beli SU35..buat apa ciihhh…uhuyy…udah ada yg mau nakal yaaaa

  34.  

    selama belom lia bokong semok dual engine su-35 di sini….berarti masi edi tansil

  35.  

    Mmmh Mantab kalee…

  36.  

    12 pesawat lengkap dgn armamentnya lebih baik dari pada 24 pesawat tapi ompong.. smoga cepet terealisasi

  37.  

    YONHAP kemana yah?ixixixixixix

  38.  

    Mau tanya deh..kira kira mungkin gak sih itu SU 27SKM kita aslinya adalah SU 30Ki yg sempat mau dibeli kita?

  39.  

    Kalau Sukhoi Su-35 kan sama dengan Sukhoi Su-30 yang sudah kami operasikan saat ini,” kata Agus. Jadi kesimpulannya MUTAN pak?? Muehehe kog ya demen ane dengernya :mrgreen:

  40.  

    Beritanya masih sama kayak yg kemarin itu,cuma diulang-ulang lagi.tidak ada isi berita yg menyinggung tentang pemerintah indonesia dan rusia sudah tanda tangan kontrak pembelian.yg sekarang ini baru sebatas menhan tanda tangani SU35 yg diajukan ke bapenas.

  41.  

    Jiiiaaaannn…angger wis ngomongi SU35 yahh..jiaannn..pokoke nylekaminlah..sentronggg pokokeee..jempolah,sumpahlah,yakinlahh…

  42.  

    malon tak de skill hanya bisa jilatin burit ona elly
    ck ck ck ck

  43.  

    LANJUTKAN, JAYALAH TNI, JAYALAH NKRI

  44.  

    Wwwwwwwwwwwooooooooooooooooowwwwwwwwwwww
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    Tetangga udah keluar keringat dingin, mainan baru bentar lgi datang 😀

  45.  

    huuuuraaaaaiiiiii….
    senangnya hati ku.. bahagia lah kmi sbg WNI .karna kita bisa beli barang primer nan baru.smua org klo pya barang bru psti seneng kn.

    pak komendan kok blg su30 yg ada sma spti su35 ya. apa su30 yg ada ini mutan ya…
    clue nya dunk bung TT,Bung BP.
    heeeee

  46.  

    SORAK HOREEEE!!!!! Bentar lagi bisa lihat SU35 sliweran di atas kota MADIUN!!! dari kecil udah terbiasa lihat A4 Skyhawk, F5 Tiger, F16 di atas kota Madiun.. bentar lagi SU-35!!!

    Ga apalah 12 biji fully loaded untuk renstra hingga 2019.. selanjutnya kan ditambah lagi.. UHUUUYY

  47.  

    alhamdulilah ..besok aku mau ngadain acara syukuran .. datang kawan

  48.  

    Yes kami memang buruh migran kat negri ngko…kerena kami yakin kitorang ade skill dan kemampuan….bukan macam budak malay yang pemalas dan suka hidup mewah.
    Dan saye yakin gaji saye ngan gaji ngko orang tu lagi besar gaji saye….

  49.  

    siapa yang mau selametaaannn kalo ni barang dateeng??? Warga JKGR kudu kopi darat selametan SU 35 niihhhhh….

  50.  

    Bisa tidur nyenyak nie……………ssssssssssssst

  51.  

    Alhamdulillah terimakasih Yaa ALLAH.akhirnya SU-35 jadi dibeli Indonesia.biasa Indo bilang beli cuma 12 pesawat.padahal Indonesia beli 2x lipatnya..mana.dapat ToT kalo belinya sedikit.Rusia tuh pelit kalo masalah ToT..

  52.  

    Alhamdulillah terimakasih Yaa ALLAH.akhirnya SU-35 jadi dibeli Indonesia.biasa Indo bilang beli cuma 12 pesawat.padahal Indonesia beli 2x lipatnya..mana dapat ToT kalo belinya sedikit.Rusia tuh pelit kalo masalah ToT..habis itu lanjut beli SU-34 1 SKUADRON aja dulu.

  53.  

    ademmm benerrrrrr

  54.  

    Lama2 antiklimaks nih dgn su 35……..,banjirrr berita…goreng terus…

  55.  

    Renstra 2 su 35…renstra 3 T 50 PAKFA.sambil menunggu produksi masal pakfa dan sebagai pengganti pespur hawk tni au…. hehehee mantab.

  56.  

    Anggaran TNI AU kog cuman…3,1 M $ ya..utk tahun 2015-2019, padahal pengajuan pak RR 500an trilyun rupiah…itu untuk pembelian Sukhoi aja…atau Ada pengalihan ke matra yg laen ya?..

  57.  

    Test

  58.  

    kita kapan ya? USAF is seeking 1,763
    F-35As through 2038

  59.  

    kata bung karno: adem ayem koyo dene kesiram banyu wayu sewindu lawase,yg artinya (maaf klo salah) damai sejahtera bagaikan tersiram air yg tersimpan selama 10 tahun lamanya,,,hehehe dingin banget pastinya hati kita semua fans berat su35,,,mantaap,,!!

  60.  

    “Kalau Sukhoi Su-35 kan sama dengan Sukhoi Su-30 yang sudah kami operasikan saat ini,” kata Agus–>
    komenku dari dulu su35 itu dibuat 2 prototype:
    su27M dan su30M. yang dikembangkan paling banyak su27M. Indonesia mempunyai Su27M K S= Su35 seri ekspor (k=ekspor,S= seri)

  61.  

    Semoga secepatnya terwujud.

  62.  

    Bener ngga nih, kalo bener Alhamdulillah lah moga aja cepet dateng.

  63.  

    O

  64.  

    “Dengan menghitung anggaran yang ada, mungkin beli 12 pesawat Su-35 saja. Tapi saya minta isinya sudah lengkap,” kata Agus @Logikanya 12 SU-35 di beli dari anggaran 2016 TNI AU.
    Nah.. “Dana Pinjaman Lunak Rusia untuk Pembelian Alutsista Indonesia (USD 3 Billion) kemana??
    GHOIB mode on!

  65.  

    lumayan neh.. kalau 16 pesawat F-5 Tiger yang dioperasikan Skuadron Udara 14 Pangkalan Udara Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur di jual ke Timor Leste, bisa buat tambahan beli Rudal Sukhoi

    qiqiqiqiqiqiiiiiiii