Sep 152014
 
Ilustrasi. Alutsista  MEF.

Ilustrasi. Alutsista MEF.

Jakarta – Sejumlah nama dianggap cocok untuk menjadi Menteri Pertahanan di kabinet Jokowi-JK. Dengan sejumlah pertimbangan, Tim Pakar dan Pokja Redaksi Seleksi Menteri detikcom mengusulkan Andi Widjajanto, Budiman, dan Sjafrie Sjamsoeddin untuk duduk di posisi Menhan.

Dalam focus group discussion yang berlangsung di kantor redaksi detikcom, Warung Buncit, Jakarta Selatan, Kamis (11/9/2014), tim menyeleksi 78 nama hingga didapat jumlah final sebanyak 72 nama. Rapat yang berlangsung cukup alot itu mempertimbangkan hasil polling dari membaca, meski keputusan akhir ditentukan bersama dalam pembahasan tim pakar.

Calon Menteri Pertahanan yang pertama berasal dari kalangan sipil. Dia adalah Deputi Kantor Transisi, Andi Widjajanto, S.Sos, M.Sc (43). Andi yang mengenyam pendidikan master di Industrial College of Armed Forces, Washington DC, Amerika Serikat ini pernah menjadi dosen di SESKO TNI AD.

Selain itu, ia juga pernah menjadi anggota Task Force Pusat Studi Pemerintah Daerah (LOGOS) dan Task Force for Defense White Paper, SESKO TNI AD. Andi juga menjabat sebagai Direktur Ekonomi Pertahanan di Institut Pertahanan dan Studi Keamanan, Universitas Indonesia.

Andi bersaing dengan Jenderal TNI Budiman (58) yang saat ini masih aktif. Budiman akan memasuki masa pensiun pada bulan 30 September 2014.

Budiman menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat sejak 2013 hingga Juli 2014. Selama menjadi KSAD, Budiman menginisiasi program riset bersama universitas untuk mengembangkan alutsista milik TNI AD.

Tim Pakar Seleksi Menteri juga mengusulkan Letjen TNI (Purn.) Sjafrie Sjamsoeddin (62) untuk menjadi Menteri Pertahanan. Saat ini, Sjafrie menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan.
Sjafrie pernah memegang posisi sebagai Kapuspen TNI dan Sekjen Kementerian Pertahanan. Dia lulus dari Akabri pada tahun 1974. Sjafrie kemudian pernah menjabat sebagai Pangdam Jaya pada tahun 1997.

Selain mengusulkan dan menempatkan nama-nama dengan format kementerian atau lembaga seperti yang ada saat ini, Tim Pakar dan Kelompok Kerja Seleksi Menteri juga mengusulkan arsitektur kabinet tersendiri. Dalam format kabinet baru yang disusun berdasarkan visi misi Joko Widodo – Jusuf Kalla, dan tetap mengacu pada Undang-undang nomor 39 tahun 2008 tentang Kementerian Negara ini, posisi Menteri Pertahanan tetap ada dan tetap diusulkan untuk diisi oleh Andi, Budiman, atau Sjafrie.

Sejak dimulai pada 17 Agustus 2014 lalu, Program Seleksi Menteri detikcom telah mendapatkan 548 nama usulan dari masyarakat. Nama-nama kemudian diperas dalam beberapa tahap, mulai dari menjadi 88 nama, 78 nama, hingga finalnya didapat 72 nama. Selain mempertimbangkan polling dan masukan pembaca, sejumlah kriteria yang digunakan untuk menseleksi adalah kriteria untuk calon menteri yang lolos, yakni usia dengan rentang 38-65, tak catatan hitam di masa lalu, punya prestasi yang fenomenal dan tingkat penerimaan di masyarakat.

Tim pakar Seleksi Menteri detikcom dipimpin oleh Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Chandra Martha Hamzah, dengan empat anggota. Yakni pakar hukum tata negara Refly Harun, pengamat kepolisian Aqua Dwipayana, pakar teknologi informasi Onno Widodo Purbo, dan pakar ekonomi Fauzy Ichsan. (detik.com).

Bagikan:

  117 Responses to “Menteri Pertahanan era Presiden Jokowi”

  1.  

    Selamat sore…!!!

  2.  

    Duaaaa…

    •  

      Nunggu2 pencerahan dari pak ndan Satrio..”Dicari menteri penjaga alutsista asli Indonesia”..

      •  

        Pak SS akan di reshufel atawa diberhentikan pada tanggal 20 Oktober nanti,, posisi pak SS di KKIP menajdikan ikutnya berakhir masa bakti beliau dengan berakhirnya jabatan pak SBY di KKIP

        Feling saya Pak SS akan susah untuk diangkat menjadi Menhan,, pemerintah kedepan lebih condong dan mendahulukan orang orang terdekatnya dan itu wajar,
        Pak Andi Wijayanto dan pak Budiman kandidat terbesar,,

        Feeling saya malah bisa bisa KKIP dibubarkan dan diganti organisasi lain dengan trademark pemerintah yang baru,, karena KKIP adalah produk dari pak SBY,
        Moga feeling saya salah.

        •  

          Penghematan konyol ya bung satrio. Perasaan kekayaan kita perbulan agustus 100B$ lebih. Ikut bung Djoko Djawa dah kalo tbh yang naik. Saya ngga akan komen disini lagi percum tak bergun. Ke situs luar ajah

          •  

            Bau2nya seh bakalan dipegang ama paduka yang mulia baginda tbh bung :mrgreen: he,he,he

          •  

            Baunya memang sekali. Enakan GBHN ya bung eric siapapun yang jadi program terus berjalan dan fokus. Bukannya pencitraan. Siap2 ajah tentara kita kudu jago main game soalnya drones rule. Tepok jidat beneran

        •  

          Bung Satrio, apakah ada kemungkinan kalau Pak Budiman jadi Menhan, beliau akan meneruskan kebijakan MEF ke depannya? Krn beliau sdh ikut merancang MEF ini dari awal…

          Paling tidak bisa meyakinkan RI-1 dan RI-2 serta jajarannya akan kebijakan yang terdahulu. IMHO

        •  

          na klo dibubarkan berubah juga dong arah kebijakan MEF nya … bisa2 bubar semua perkuatan TNI selama 10 tahun terahir ini … sbg fanboys TNI saya agak H2c ….

          moohon pencerahan pak satrio ..

        •  

          Saya pilih pak ss (satrio suroboyo) dijamin makjleb :mrgreen:

        •  

          prediksi yg akurat banget ….he..he..he biasa ganti nakhoda ganti crew…yg ditakutkan dasar pemikiran nakhoda yg baru yg beda…orang prediksinya nggak bakal ada perang alias damai damai aja he..he..he

        •  

          Sepakat. Sepertinya pak SS akan berhenti. Cuma berharap semoga menhan ke depan bisa melanjutkan dan meningkatkan. Semoga tak menjadi kontraproduktif terhadap kemajuan yang sudah ada jika dilakukan perubahan-perubahan.

          •  

            Kalau boleh memilih saya pilih Pak SS, soalnya kemungkinan besar program MEF tetap terjaga walaupun ada perubahan namun tidak total..

          •  

            Jika yg menjadi menteri adalah orang terdekat atau orang lingkaran kelompoknya yaa wajar-wajar saja, klaim ikut berjuang memenangkan menjadi presiden adl “legitimasi” terkuat. yang menjadi persoalan jika paradikmanya tdk berdiri diatas kepentingan untuk memajukan Bangsa, tolak ukurnya sederhana “evaluasi” program2 pemerintah sebelumnya mana yang baik dan layak untuk dilanjutkan sbg sarana memperkuat & memajukan bangsa & program mana yang tidak dan harus dihentikan.

            tapi saya melihat tipologi pengangkatan menteri pemerintah kedepan kemungkinan akan berdasarkan “like” and ‘dislike” mengingat Maknyak Banteng sebagai Komisaris presiden sepertinya menghendaki pembersihan orang2 yg berkaitan, berbau dgn Ki Lurah, biasa sepertinya dendam belum akan berakhir. 🙂 makanya “kapasitas, kapabilitas” tdk akan dilirik sbg salah satu syarat menjadi menteri. beda dgn Presiden SBY yg berani mengangkat Pak SS walaupun Beliau ditolak & tdk pernah di beri Visa utk masuk ke negara asu tapi krn pak SS memiliki kapasitas toh tetap saja diangkat jd pejabat. itulah beda antara gerombolan Maknyak dgn Pak Beye.

            Semoga omongan saya salah & kalaupun benar jangan dianggab dari saya yaa. 🙂

        •  

          Mudah2an feeling bung satrio salah,moga2 menhan pak SS….

          •  

            Kalau pak SS melawan dan dianggap menghalang halangi kerja KKIP baru atau membocorkan bahwa kebijakan MEF akan datang tidak sejalan,,keluar dari buku putih yang sudah ada

            paplingan Jurus Ham dan ungkit ungkit masa lalu akan dijalankan
            Semoga feling saya salah

        •  

          bapak syafri syamsudin adalah piihan yang tepat dan cermat, ……… semoga bukan oknum yg pernah berniat menjual pesawat kepresidenan !!!

        •  

          Lek ngene aku yo akur kang nyai :mrgreen: doprok karo jahit jaring seng suwek kenek kapal pukat

        •  

          mantap cak..
          Becak rong ewu njaluk selamet,,

          Yang terpilih dan menjadi Menhan akan datang adalah
          Bung Kirangan
          Imho

  3.  

    wah…..bahaya

  4.  

    tiga

  5.  

    ketiga

  6.  

    Tiga..

  7.  

    dpt no brp ya

  8.  

    absen dulu,,dapat posisi berapa ya

  9.  

    Affirmative 😈

  10.  

    ijin nyimak ndan

  11.  

    ane milih pak budiman atau pak syafrie aja…

  12.  

    orang lama semua calonnya…. kejutan datang apabila TBH yang terpilih

  13.  

    Bakal masuk..neh..

  14.  

    Sakut sama bung Mirza…

  15.  

    Pak Sjafrie usianya 62th ternyata, sdh sepuh.., saluut..di usia tsb msh membaktikan tenaga dan pikirannya untuk negara.

    Seakan tak kenal lelah..semua tentang alutsista Indonesia terangkum dlm pemikiran visioner beliau.

  16.  

    Bu Connie bakrie cocok tuh! Cantik Dan sexy + smart!

  17.  

    agar mef tni berkelanjutan pilihlah safrie syamsudin sebagai menhan !

  18.  

    agar mef tni berkelanjutan pilihlah safrie syamsudin sebagai menhan dan dia juga pintar jadi sales produk2 perthanan ri !

  19.  

    amiinn…

  20.  

    usul..mntri prtahan shrusy paham akn strategi perang dn prtahanan..bebas dr intrfensi asing..mntri prthan cocoky yaa dr kalangan tni,klu blh usul lg panglimanya tetep pak moel..santai tp tegas.

  21.  

    Pak sjafrie ajah…

  22.  

    bakalan rame nih sik baca dulu

  23.  

    Bkar Menyan biar Mbah Bowo muncul 😀

  24.  

    wait n see ….

  25.  

    aq pilih roma aja yg jdi mtri pertahanan………..

  26.  

    Siapa pun nanti ya yg jd Menhan semoga bisa membuat arah pertahanan ini jd lebih baik dari sebelum ya…konstelasi kawasan yg berubah kian cepat akan membuat posisi Indonesia bisa menguntungkan bisa pula merugikan… Arah kebijakan mef yg telah di susun dan kkip yg membudi dayakan inhan pada pemerintahan sebelum ya bisa di teruskan di tambah dengan perbaikan2 yg baik untuk kemajuan pertahanan dan TNI…semoga????

  27.  

    Sejak era reformasi Menhan selalu di jabat dari sipil utk menegaskan dominasi sipil atas militer. Juwono S. Matori A Jalil, Mahfud MD. Purnomo Y…gk tau jika pk Jokowi beda sendiri. jadi dr 3 calon di atas kans terbesar adalah Andi w. tp kemarin ada pernyataan jika menteri tidak di ambil dr Tim Transisi. jadi peluang Andi jg kecil. Jika pk Jokowi mau netral jatuhnya kemungkinan ke Akademisi krn yg diperlukan adalah ahli Manajemen Pertahanan krn ke depan ada PangTNI. 3 Kastaf, 3 PangKogabwilhan..semua level bintang 3 dan 4 dan semua pegang pasukan minus PangTNI..jadi harus selaras semua..IMHO…kita berharap orang yg paling tepatlah yg menjadi MenHan…

  28.  

    berharap pada salah satu kandidat boleh saja,tetap kita harus optimis pada siapapun yang akan terpilih,kita harus hargai dan hormati.

    peribahasa mengatakan

    “harimau mati meninggalkan belangnya”

    jadi bila nanti yg terpilih tetap akan menorehkan sejarah….sejarah baik atau buruk,itu sebuah pilihan pada nanti siapa yg akan terpilih.

    maaf cucu lancang

  29.  

    @bung gue

    saya pilih bung lare sarkem aja…

    biar tar lgsg buka hotel yang bnyk
    hehehe

    cuma canda
    maaf cucu lancang

  30.  

    vote andi wijayanto for menhan biar lapak ane ada kerjaan mreteli bbj n nimbang leo weeek wek wek wek 😀

  31.  

    saya lebih suka jika Pak Budiman yang naik jadi menhan.

  32.  

    Siapapun menhannya ….keputusan di RI 1 dan ring 1 nya…he..he..he

  33.  

    Siji loro telu,
    Tangane sedeku,
    Mirengake pak guru,
    Menawa di dangu…
    (inget lagu jaman TK ndisik)
    Ijin nyimak…

  34.  

    Budiman …
    biar r & d ditambah terus
    biar produk lokal lebih byk dipakai
    biar semuanya lebih jujurrr …….

  35.  

    bisa jadi..bisa jadi.. :mrgreen:

  36.  

    kuat anggaranya,dgn rencana buku putih beliau

  37.  

    ane sih pengennya duet pak purnomo dan syafrie terus lanjut :mrgreem: tapi ahh sudahhlah,,,semoga program MEF terus lanjut

  38.  

    bung EH, nah klo ditarik mendagri khan udah sesuai prediksi banyak orang he he he .. :mrgreen:
    Tapi klo tiba2 dijadiin menhan itu baru ruuuaaaar biasa he he he ….. :mrgreen:

  39.  

    Kalo ane kandidatnya cm 3
    Bang satrio , bng erick , bng pocong syerem ,
    Hhe

  40.  

    sekalipun aku bukan pendukung mas joko…
    tapi berharap apapun program perkuatan alutsista tni kedepan nya akan lebih baik…sekalipun pesimis akan kelanjutan MEF 2 dan 3,
    untung sempat ada akselerasi pengadaan bbrp alutsista..

  41.  

    calon menhan yang mantap adalah yang sering main CNC generals zero hours,,,biar tau gimana perang itu xixixixixixi :mrgreen:

  42.  

    Siapapun menterunya .. MEF akan dilanjutkan . Pak jk membuat pernyataan program2 pemerintah sebelumnya yg baik akan dilanjutkan . Dan jk adalah orang yg mendorong pindad untuk memproduksi anoa dengan mengumpulkan bank2 bumn sebagai penyertaan modal . Dan satu lagi PDI P tidak pernah berada di pemerintahan selama hampir 10 tahun , mereka akan selalu meminta saran dan pendapat menteri2 sebelumnya ..

  43.  

    Seluruh perjanjian kerjasama industri dengan pihak2 asing telah ditandatangani .. seperti produksi propelan dan lain2 . Itu semua dikebut oleh kementrian pertahanan era skrg sebelum berakhir dan tidak bisa dibatalkan oleh menteri pertahanan yg baru siapapun orangnya .perjanjian kerjasama industri dengan produsen senjata belgia , prancis , belanda dan dengan turki pun udah dibuat undang2 .. itu terlihat bahwa banyak produk militer yg dibeli dengan format TOT dengan kerjasama industri . Salut dengan kecerdasan kkip dan kementrian pertahanan era sby dan Tni . Semoga terus maju NKRI

  44.  

    Selama menjadi KSAD, Budiman menginisiasi program riset bersama universitas untuk mengembangkan alutsista milik TNI AD.
    ———————–
    Sptnya jokowi tertarik dgn kemandirian dan hal2 yg futuristik. Jika memang demikian, Budiman adalah calon terkuat

  45.  

    Tanpa mengurangi rasa hormat, rasa bangga, rasa cinta sy thd Bpk SBY.., mohon maaf Pak SBY..jk ada kata sy yg kurang berkenan.

    Sbntr lg Bpk SBY sdh menyelesaikan tugas memimpin bangsa ini dgn gemilang.
    Tetapi bangsa ini masih sangat membutuhkan energi, pemikiran, wawasan, pengayoman dr Bpk SBY.

    Bangsa Indonesia dlm bbrp tahun mendatang akan mengalami berbagai tekanan baik secara politik, perekonomian, termasuk militer dan pertahanan

    Sangatlah menyedihkan klo suatu saat nanti terjadi operasi militer yg dilakukan negara lain thd negara Indonesia. Hal itu krn kekayaan alam Indonesia yg melimpah dan diincar semua negara.
    Tambang-tambang, tanah yg subur, laut dgn ikan yg seakan tdk prnh habis.
    Sementara mereka..negara lain.semakin kehabisan lahan utk produksi mknn.
    Untuk bs mncukupi kebutuhan primer rakyatnya, mrk akan berbuat apa sj termasuk merebut lahan di negara ini.

    Walaupun sdh tdk mnjabat sbg presiden, Bpk SBY masih sangaat dibutuhkan..krn belum terlihat ada pemimpin yg mampu menghadang “bahaya” yg akan segera dtg tsb

  46.  

    Ganti Pemerintahan ganti kebijakan..berharap Pak SS atau Pak Budiman jd MenHan..mungkin para Warjager mengusulkan pak TB jd MenHan..secarakan beliau dkt dengan ibu pemilik partai pemenang sekarang..:)

  47.  

    Vote pak Budiman, agar industri pertahanan dalam negeri maju.

  48.  

    seandainya bung SATRIO masuk di List Menhan.. pasti tokcerrr dahh.. amiieen.

  49.  

    Sukarno,,Suharto,,Susilo bambang yudhoyono,,cm ke tiga presiden ini saja yg mampu memperkuat otot TNI jadi lbh baik..di era Sukarno indonesia menjadi kekuatan militer terkuat di bumi selatan..di era Suharto militer NKRI menjadi macan asia..di era SBY bung2 bisa menilai sendiri bgm perkuatan otot TNI,,mkn militer indonesia akan menjadi lbh kuat jika presidenx berawalan huruf S,,,tanya knp???krn S sm artix SUPER,,heheheh,,maaf hya pendapat military fansboy..

  50.  

    no comen !!!

  51.  

    ayas pengen yang bisa jadi menhan adalah orang mempunyai integriras tinggi, tegas, bijak, mampu mengakomodir semua matra dan elemen-elemen pendukung lainya, mampu mempercepat MEF II dengan inovasi kemandirian alutsista, sehingga menjadi bangsa yang disegani di wilayah asia dan satu lagi anti korup, dan punya rasa malu

  52.  

    menhan NKRI tdk boleh org yg berwawasan pan amerikana, kliatan arahnya..cara berpikirnya, statement2nya, langkah2 kebijakannya, aplikasi2 pemikiran dan kebijakannya,… smua yg menguntungkan loby2 asu / inggris/ ausi/ singa/ china siapapun orgnya dan apapun pangkatnya bisa disebut menggadaikan negara tercinta ini. bolehkah para sesepuh warjeger, rakyat seperti kami ini diberitau.. jika ada petinggi militer atau mantan petinggi militer yg menggadaikan negaranya,kira2 apa hukuman yg pantas?
    imho 🙂

 Leave a Reply