Mei 222019
 

Helikopter Little Bird (Foto: Boeing Defense)

Menteri Pertahanan Mohamad Sabu telah menyerukan untuk menghentikan spekulasi tentang masalah pembelian helikopter tempur ringan buatan AS senilai RM300 juta yang belum diterima oleh Angkatan Bersenjata Malaysia karena akan mengganggu penyelidikan.

Dia mengingatkan komite investigasi khusus tentang isu-isu tata kelola, pengadaan, dan keuangan bahwa Malaysia masih melakukan penyelidikan pada masalah-masalah pengadaan dan keuangan Kementerian Pertahanan.

“Pihak yang tidak terkait tidak boleh berspekulasi tentang masalah yang sedang diselidiki oleh komite seperti pembelian helikopter, karena akan mengganggu proses penyelidikan,” katanya dalam pernyataannya.

Dia mengatakan Kementerian Pertahanan (Kementah) akan memperpanjang hasil investigasi dalam pembelian 6 helikopter Little Bird atau MD530G ke Kabinet sebelum melaporkan ke Komisi Anti Korupsi Malaysia (Suruhanjaya Pencegahan Rasuah Malaysia – MACC) dan polisi untuk tindakan lebih lanjut.

“Sebagaimana hasil dari investigasi terhadap masalah pertukaran lahan sebelumnya,” katanya.

Sebelumnya, media FMT mengetahui bahwa 6 unit MD530G Helikopter yang diproduksi oleh pabrikan dirgantara raksasa asal AS, McDonnel Douglas dipesan oleh Kementah, dipimpin oleh Hishammuddin Hussein pada waktu itu.

Sebuah kontrak ditandatangani pada November 2016 yang menetapkan bahwa helikopter akan dikirim dalam 2 kelompok. Dengan Grup ke-2 dijadwalkan tiba tahun lalu.

Perusahaan lokal yang ditunjuk sebagai agen Helikopter MD telah membayar 35% dari nilai kontrak, berjumlah sekitar RM113 juta.

FreeMalaysiaToday

 Posted by on Mei 22, 2019

  2 Responses to “Menteri Pertahanan Malaysia Minta Untuk Hentikan Spekulasi Helikopter Little Bird”

  1.  

    …jangan kecil hati pak cik Sabu, helikopter bagus itu… lincah tangkas… dan sulit ditarget bisa lewat lorong dan gang sempit…bisa nylempit2

  2.  

    Agato Sugimura naik helikopter kecil mungil