JakartaGreater.com - Forum Militer
Jul 102016
 
kunjungan ryamizard frigate denmark

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu kunjungi frigate Iver Huitfeldt class Denmark ( Casper Klynge @DubesDenmark)

kunjungan ryamizard frigate denmark 1

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu kunjungi frigate Iver Huitfeldt class Denmark ( Casper Klynge @DubesDenmark)

kunjungan ryamizard frigate denmark 4

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu kunjungi frigate Iver Huitfeldt class Denmark ( Casper Klynge @DubesDenmark)

kunjungan ryamizard frigate denmark 2

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu kunjungi frigate Iver Huitfeldt class Denmark ( Casper Klynge @DubesDenmark)

Urusan pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) Indonesia, merupakan domain dari Kementerian Pertahanan yang kini dipimpin Menteri Ryamizard Ryacudu. Dan baru baru ini Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, melakukan kunjungan ke kapal perang Frigate Denmark. Menurut akun twitter Duta Besar Denmark untuk Indonesia Casper Klynge (@DubesDenmark), 7 Maret 2016, kunjungan dilakukan ke pangkalan Angkatan Laut Denmark, untuk melihat multi-purpose frigate Peter Willemoes. Frigate Peter Willemoes merupakan kapal perang kedua dari Iver Huitfeldt class yang dibangun Denmark, dan diluncurkan tahun 2010.

Frigate dengan desain seven-deck monohull ini memiliki fitur kedap air di 15 bagian kapal. Frigate Iver Huitfeldt dirancang untuk mengurangi pancaran radar, radiasi inframerah, underwater noise and magnetic signature, untuk membuat kapal sebisa mungkin tidak terlihat oleh musuh. Frigate Iver Huitfeldt class merupakan evolusi dari Absalon class yang dikembangkan oleh angkatan laut Denmark bersama Odense Baja Shipyard (OSS).

Sebelum kunjungan ini, pada 13 Januari 2016, para pejabat industri pertahanan Denmark telah pertemuan di Jakarta dengan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan jajarannya.

Pertemuan tersebut membahas kerjasama industri pertahanan yang berdasarkan transfer teknologi untuk industri Indonesia. Produk yang sedang dipertimbangan termasuk kapal angkatan laut, radar, dan sistem elektronik lainnya untuk mendukung operasi angkatan laut. Duta Besar Denmark Casper Klynge, kala itu mengatakan : “Ini lebih dari sekedar menjual dan membeli”.
Iver Huitfeldt-class [Denmark]

Strength: Anti-Air Warfare

Propulsion: It is powered by 4 MTU diesel engines which generate 8.2 MW each for a total of32.8 MW of power.

Sensors:

  • The main sensor is the 4-faced APAR (Advanced Phased Array Radar). This multi-function AESA radar works in the X-band and provides target detection, tracking and engagement in 360°. It has a major advantage over the SPY-1 search and SPG-62 illumination radar combination used in the Alvaro de Bazan class as the APAR can detect the incoming targets as well as provide guidance for 32 SAMs simultaneously including terminal illumination for 16 of them.
  • The Thales SMART-L radar provides long range aerial surveillance and the ability to detect and track ballistic missiles at distances of 400+ km. This AESA radar operating in the L-band is capable of tracking 1500 targets simultaneously and provides early warning.
  • There are 2 Saab CEROS 200 fire control radars to provide fire control for the 76 mm and 35 mm guns on board.
  • The Atlas ASO 94 hull mounted sonar provides submarine detection capability.

Persenjataan:

  • 32 Mk 41 VLS cells for a total of 32 SM-2 IIIA surface-to-air missiles (100+ km range)
  • Mk 56 VLS cells for 24 RIM-162 ESSM ( 50 km range)
  • 2 quad launchers for 8 Harpoon anti-ship missiles
  • 1 × Oerlikon Millennium 35 mm CIWS. This a highly advanced revolver gun with a 1000 rpm rate of fire. It uses special air-burst ammunition to destroy incoming threats.
  • 2 × OTO Melara 76 mm guns ( Will be replaced by 127 mm and 35 mm guns)
  • 2 × Dual MU90 ASW torpedo launchers

Iver Huitfeldt-class [Denmark] 2

Cons:

  • Diesel-only propulsion system when compared to the cutting edge CODOG/CODELAG systems on board the other top frigates.
  • No towed array sonar
Bagikan :

  78 Responses to “Menteri Pertahanan Ryamizard Cermati Frigate Iver Huitfeldt”

  1.  

    Cermati, diskusi, dll

    •  

      Termasuk top ten frigate di dunia, bahkan masuk ke jajaran 3 besar nya …

      Pak RR, beli TOT kayak sigma pak, jadi heavy frigate ada heavy corvete …

      Jangan malah light frigate …, padahal basic corvete …

      •  

        Tunggangan wowo yang satu ini kebanyakan kentat-kentut doank..otak gak ada yang jalan gitu..mana punya dia nyali bela negara? yang ada mental LGBT mirip tunggangan wowo yang laen…ampyuuunnnn tepok bokong bener-bener dah….. 😆

      •  

        Tunggangan Wowo yang satu ini kebanyakan kentat-kentut gegara bokongnya udah Doll bolong gede..Otak gak ada yang jalan gitu..mana punya nyali ni orang buat bela negara? bela diri sendiri aja udah terkencing-kencing, yang ada juga agen minyak tanah pada ngobok-ngobok truk tangki cari sisa-sisa hasil korupsi petral yang dibela mati-matian di jaman presiden dulu..ampyunnnn tepok bokong dah…

    •  

      Opini pribadi
      Keinginan RI meakusisi kaprang berbagai Negara ( Europa ) barat n timur akan menghasilkan karya Luar biasa , karena tau keunggulan dan kelemahan masing” product kaprang
      PT PAL sbgi manufactur kapal akan sangat di untung kan , kemampuan sdh teruji saat pembuatan KRI RE MARTHADINATA berkerja sama dgn Damen Belanda , maju selangkah membuat yg lebih maju n sulit ( apabila jadi Kerja sama dgn Denmark )
      Kita semua berharap realisasinya , perlu dukungan dari warga neg n pemerintah tentu suatu keniscayaan bagi RI
      Di karenakan high technology waktunya tentu Lama perlu politic will dari pemerintah dgn di perkuat UU siapapun Pres nya akan melanjutkan
      Juga yg perlu di sorot penggunaan logam dan pemahaman metallurgy akan menuju pembuatan engine , tentu juga technology electronica di sini segala aspect BUMN terlibat PT LEN , DAHANA ,Krakatau steel akan dilibatkan juga dari ZENI militer sbgai konsultan bahkan Mungkin di libatkan dlm pembuatan
      Kita ingin dan harus bersabar karena complex nya suatu technology memerlukan waktu pengerjanya , Mari kita dorong pemerintah dan TNI menuju kemandirian
      Dengan optimis , kritisi , memberi masukan atau lainya yg bermanfaat
      Salam NKRI

    •  

      Designnya sepintas mirip Banjarmasin class… Heavy Frigate one step closer to Light Destroyer

  2.  

    Pak RR…oyeee..!!!

  3.  

    Pertamax??

  4.  

    Waduh 3 orng langsung comment Di waktu yg sama
    Wkwkwkwk

  5.  

    cermati, tertarik, berminat, rencana mo beli, kaji, kaji lagi, kaji lagi

    Jadinya beli Admiral Gorshkov Class Alhamdulillah

    •  

      Sayangnya ga bisa dibikin dimari si gorshkov.. setidaknya iver masih lebih baik dibanding frigate china n salah satu frigate trbaik walaupun msh dibawah de zeven, sachsen class & admiral gorshkov..

  6.  

    Casper hantu baik…ya semoga sajalah ya…klo di php sakiiiitttt hati datuk…

  7.  

    kapan ya indonesia bisa bikin macam itu..

  8.  

    Baru mencermati.. berarti Masih lama dong masuk tahap tergoda.. hedeh..
    Semoga aja ada cintanya..

  9.  

    rencananya mau di beli nih fregat 10 unit ( dalam mimpi )…..

  10.  

    Perpaduan banjarmasin class & Iver Huitfeldt class

  11.  

    ini bgs buat patroli di laut natuna utk menghdapi kapal perang china ( doktrin barat melawan china ), tp sejauh mana jumlah pembelian fregat dg di sertai T.o.T 70%

  12.  

    kalo lihat spek pabrik nya sih memang oke full en ane mau …
    cuman kalo ntar jadi beli trus spek nya beda jauh alias di downgrade …
    maka ane pilih PKR 30 biji buatan PAL

  13.  

    Makin nggak jelas kinerja menhan..dia bingung mau dibawa kemana ranah alutsista kita..udah pensiun aja..ganti bu susi aja yg jelas dan tegas

  14.  

    Buset berita lama tuh… Dikutip dr Twitter bln Maret n Januari 2016

  15.  

    Diam diam menghanyutkan…

  16.  

    Bungkus yg absalon nya….kalo yg Iver buat kerjasama nya…hehehehe

  17.  

    Gak yakin kalo Indonesia beli kapalnya bakal dipasangi Harpoon.. -_-
    mentok2 Exocet blok 3
    btw, RIM itu apa yak ? :p

  18.  

    Ora ono duite, nonton wae, 200 biji kcr 60 kasih c802, murah, banyak, dan menyeramkan

  19.  

    Sepertinya mempelajari skema changbogo yg diterapkan utk fregat jenis ini. Krn suplai dr rusia hanya menempatkan produksi di Indonesia tp pembuatan dilakukan oleh rusia.

  20.  

    Indonesia darurat kapal DESTROYER.

  21.  

    Senjata udah condong ke barat…

  22.  

    Lalu apa..??? Enak ya jalan2 ke eropa gratis…

  23.  

    Yg berharap banyak, siap2 jadi tumbal php berikutnya… Xixixixixiii

  24.  

    Sip

  25.  

    mudah2an mk41 sekalian di angkut dan kaga ada isu ham

  26.  

    Kakean mencermati boss….
    Ibarat orang mau menikahi wanita tapi ra due BONDO… terus bapak.e KAPAN ANAK KU DILAMAR LE.. baru tahap mau melamar…

  27.  

    terus apa alutsista gahar yang sudah resmi tanda tangan kontrak ?

    dan kapankah jadwal kedatangannya ?

    apakah sudah ada artikel tentang ini ?

  28.  

    Pak RR sepertinya lagi mikir,enaknya di beli apa nggak ya?kl beli pasti mahal ni fregate hehehe…….

  29.  

    My Opini :
    Sampe skrg kebijakan rencana kemandirian alutsista masih gamang…gak jelas…
    Cenderung spot by spot dan bukan fundamental (masih masalah beli beli beli dan rakit merakit…)

    Tapi patut dihargai usaha usaha untuk jalin kerjasama dengan negara lain….

  30.  

    Maksudnya ke denmark ya bung mabok sukhoi

  31.  

    Udah dibungkus kok, pakai karetnya 2 lagi,,!

  32.  

    nanti jng kaget ada real fregat rasa Denmark,belanda,prancis,jerman dan Russia, prosentase nya msih kecil tp PT PAL sudah siap!?

  33.  

    Semoga menjadi duet maut antara PKR dan IVER Class …

  34.  

    @jujurkan 🙁 saya sebagai agen asing/aseng tidak terima difitnah coba anda beri bukti bahwa saya mengobok obok dan apa yang saya obok obok…? .?? .kalo mau lempar tuduhan lihat lihat dulu jangan asal asalan.
    bisa saja saya tuduh kamu orang yang sakit jiwa…yang lebih senang membuat gaduh demi sahwat politik dirimu dan kelompokmu…atau mungkin kamu malon yaa…?…!
    :-$ =-o :-[

  35.  

    Beli kagak beli kagak beli kagak…??

    Kagak beli

  36.  

    fokus ke LCS dan perairan natuna dulu deh bang…

    latihan militer china menyambut hasil arbitrase tgl 12 juli 2016
    https://www.youtube.com/watch?v=V89hRBqZUDU

  37.  

    Lanjutkan perjuanganmu Jendral Sudirman
    Mari kita jaga kedaulatan dari Negara lain ( terutama MALON )
    kita akan selalu dukung HANCURKAN PISANG ….EH MALON….
    Biarin si Carin dgn dunianya….
    Kasihan kurang kasih Sayang ortu
    Sejak kecil di tinggal ortunya merantau ke RUSIA makanya dia dendam banget
    Di situ kadang saya merasa sedih… 🙁
    Yang Sabar ya Carin

  38.  

    moga moga bukan cuma Selpi di kaprang …ada niat utk beli dan belajar …

  39.  

    kalau melihat tot yg ditawarkan sih pembelian frigate Denmark ini kayaknya setara dengan alokasi dana untuk pembuatan 2 PKR…cucoklah..silakan diambil pak barang 2 biji…..biar PAL naik kelas buat modul real frigate…

  40.  

    @Diego

    Panser Saladin hampir pensiun, 50 unit Panser Badak segera perkuat kavaleri TNI AD.

    Untuk senjata utama, dipilih kanon Cockerill CSE 90LP (Low Pressure) MK3M A1 besutan CMI Defence, Belgia, serupa dengan yang dipakai Tarantula 6×6. Meski mengadopsi varian yang lebih lama, tetapi pemakai kanon Cockerill 90 mm cukup laris di lingkungan TNI, sebut saja seperti di tank Scorpion dan tank amfibi PT-76M Korps Marinir TNI AL. Kabar baiknya, untuk Cockerill 90 yang akan dipasang di Badak, komponennya telah berhasil dibuat oleh PT Pindad, hanya bagian laras yang masih di impor dari Belgia.

  41.  

    Monggo tanda tangan pak, TOT sebanyak2nya

  42.  

    bungkus yg banyak pak

  43.  

    Hanya Kunjungi & Cermati Doang.
    Ujung2nya perbanyak pesan kapal2 patroli mini PC-28/32/43 & KCR-40. Banyak kapal (kecil) banyak : komisi, jabatan crew, anggaran mtc/opr, dll. Tumpang tindih opr dgn Bakamla, KKP & PolAirud. Navy itu di mana2 fungsi nya pertahanan laut dg kemampuan perang anti kapal/pesawat/kapsel, butuh korvet/fregat/destroyer, bukan kapal ecek-ecek. Poros Maritim Dunia ?

    •  

      bro, pengetahuan anda ketinggalan 49 tahun

      coba baca perang 1967 arab-israel tentang missile boat ‘komar’ mesir, rudal termit/styx dan nasib destroyer israel ‘eilat’…

      gimana mo tumpang tindih klo senjata yang ditenteng beda?

  44.  

    wakakakakaka lebay,poto2 mah mudah….emang siapa yg mau beli???duit dari mana???anggaran cuma 1 billiun dolar itu cuma akan dibelikan pkr sigma lagi ke pt pal….dapat 4 biji…..kalau 1 billiun di belikan iver dapat 2 biji…….jadi jamaah ngimpi iyah gak usah masturbasi pingin inu itu….anggaran kita itu sedang ancur

  45.  

    fregat murah tinggal iver/absalon,talwar,sama gorskov class….soal electronik canggih iver karena mirip de zeven pruvicien….tapi soal senjata masih garang talwar/gorskov….ciwsnya doble2….ada kahstan lagi….dijamin jet/rudal musuh gak bisa mendekat…..kalau soal sangar aneka rudalnya masih garang talwar dan gorskov…..senjjata iver kita ragu boleh gak import???lagian ngapai ngilirik iver?????pt pal sudah bisa bikin sigma…..terusin aja itu…damen kan udah bilang…sigma itu bisa dipanjangin sampai 140 meter…bisa jadi destroyer,nambahin 2 block hull ditengah…tinggal ganti radar smart L…aster 30….ciws ganti daripada milenium gun…lebih ganas kahstan depan belakang…towed aray sonar…jadi deh destroyer

  46.  

    Langkah maju buat industri pertahanan nasional jika PT PAL bisa kerjasama dg perusahaan denmark. Dilihat dari spek dan persenjataan nya sdh sangat modern. Semoga kemhan segera ttd kerja sama buat kemajuan alutsista kita.

  47.  

    fregat/destroyer ideal……ciws minim 2…kahstan depan belakang…..sam aster 30…….rudal ashm/serang darat rusia…onyx/klub….radar smart L…towed aray sonar…..meriam utama minim 76mm lebih bagus 155 mm bisa gebuk daratan juga…..mesin disel codoe aja irit tapi sistem gear box baru biar bisa lebih cepat kecepatannya….dengan sam aster 30 kita gak usah beli sistem pertahanan udara darat….platform sam pakai kapal lebih mobile dibawa kemana2 buat pagar batas luar daripada sam yg ngendon terbatas didarat…karena negara kita pulau laut

  48.  

    setidaknya pulang dari sana, pulang bawa mockup/miniatur Iver Huitfeldt class

  49.  

    meski berita dari maret 2016 tapi masih sangat bagus, andaikata sukses mengakuisisi nih kapal.
    karena kemampuannya..cukup mantap untuk menghadapai kapal PLA . dg missile VLS se banayk itu dg kemampuan jarak bervariasi….cukup untuk menghadapi salvo missile asli cina atau missile kopian dari ruis yg datang secara sea skimming secara salvo.

    Bolehlah untuk sebagai kapal escort armada. apalagi kalau beli 3 atau 4 buah sekaligus.

  50.  

    Pengembangan radar mobile dan rudal sudah berjalan dgn denmark ..
    Saya cuma selfi saja tapi lirik yg lain

  51.  

    Kalaupun menhan jadi membeli fregat iver, apakah juga mampu untuk membeli gendongannya full weapon? kalau cuma kosongan ya percuma juga.
    Senjatanya cukup lengkap sih dengan 1 meriam 127mm didepan , 2 millenium 35 mm didepan dan belakang, 32+24 VLS SAM missile ditengah, 8 SSM.
    Kalau bisa di samping kiri kanan ditambah MSI Seahawk A1 (termasuk buat PKR Sigma 105)

  52.  

    yang mbulet itu bukan soal beli kpl perangnya tpi soal tot nye,kenapa ga yang 10514 aje ye yang di kembangin jadi fregat tentu dengan bantuan dari damen bayar totnye aja ma damen gimana batur sadulur sadayana……..visss,aaah.

  53.  

    duit ada…..tapi sudah pasti buat beli lagi pkr sigma…pt pal…dapat 4 biji……kalau beli iver dapat 2’biji….tapi sudah pasti duit yg ada dibeliin sigma pkr pt pal…..
    Sebenarnya buang2 uang aja…pt pal sudah pandai buat sigma…..menambah panjang 2 blok lagi sudah jadi destroyer sigma…ngapain lirik iver?????yg penting bukan kapalnya….yg penting isi fiturnya….
    Sigma secara design sudah cantik….diamon cutting…..bisa nambah panjang sampai 140 meter itu…ngapain ribet cari sana sini????yg penting niat beli radar smart L,..aster 30…ciws kahstan…torpedo berat,towed sonar….rudal klub/onyx….sudah jadi destroyer ganas itu

  54.  

    ….light destroyer….

  55.  

    iver itu murah hull kapal doang….kalau dijejali fitur komplit harganya juga hampir mirip de zeven pruvicien…..de zeven juga keluarga sigma class……jadi rugi lirik sana sini…terusin aja bikin sigma pt pal….tapi ya jangan sigma yg sekarang ukuran 105 meter….buat sigma 140 meter…..meriam utama 155 mm,…..sam aster 30….ciws 2 kahstan depan belakang…….rudal ashm/serang darat onyx….towed sonar…smart L radar/aesa……torpedo black shark atau skyval….sudah ganas itu…….fregat yg kuat kalau pertahanannya kuat….itu dilihat dari banyaknya ciws dan samnya

  56.  

    Nggak ada towed sonar array…gampang digebuk kapal silem…modar nih fregat

  57.  

    Habis cermati….mimpi deh…bertaun-taun….

  58.  

    Habis cermati, mbayangin…..mimpi deh bertahun-tahun…

  59.  

    Kapalnya bagus.. Selevel sama de zeven tp ini lbh jelek dikit, tp ini juga yg lbh realistis. Hhi”

  60.  

    klo mau beli + kerjsama sudah sgera LAKSANAKAN …jngn cuma mondar mandir..
    ingin….berminat…cermati….evluasi…akan…

    tertarik….cape deh….

    negara2 lain semakin di depan…jauh meninggalkan negara yg lelet..gk tau mau apa…

 Leave a Reply