JakartaGreater.com - Forum Militer
Oct 302015
 

image

Jakarta – Dalam paparan kinerja 1 tahun Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) hari ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengumumkan bahwa KKP kini memiliki aplikasi baru bernama Global Fishing Watch untuk memantau pergerakan kapal-kapal penangkap ikan di seluruh perairan Indonesia.

Aplikasi yang merupakan hasil kerjasama dengan SkyTruth, Ocenea, dan Google ini mampu memantau 24 juta data kapal sekaligus. Kerjasama dengan Google tersebut dilakukan saat Menteri Susi melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS) pada akhir Juli lalu.

“Global Fishing Watch ini memungkinkan user melihat 24 juta data sekaligus. Ini tindak lanjut kunjungan ke AS,” kata Susi saat paparan kinerja di Kantor KKP, Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Aplikasi Global Fishing Watch ini, sambungnya, akan diluncurkan secara resmi pada 2016 mendatang. Data dari Global Fishing Watch akan dibuka, bisa diakses bebas oleh publik, sehingga masyarakat bisa ikut mengawasi kapal-kapal pencuri ikan.?

“Kita akan jadi negara pertama yang mau membuka data VMS,” ucapnya.

Publik bisa mendapatkan analisa data dari jaringan Automatic Identification System (AIS) yang dapat menyiarkan secara akurat identitas kapal, lokasi, kecepatan, arah tujuan, dan sebagainya. Informasi tentang perilaku kapal, seperti kegiatan penangkapan ikan yang akan dilakukan, dapat diunduh dari Global Fishing Watch.

“Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing adalah kejahatan global. Untuk mengakhirinya, kita harus menggunakan perangkat yang kita punya untuk memastikan kita bisa mengawasi dan mencatat semua kegiatan penangkapan ikan di wilayah perairan kita,” ujar Susi.

Untuk keterangan selanjutnya mengenai Global Fsihing Watch, silakan kunjungi laman www.globalfishingwatch.org.

Sebagai informasi, Di tahun pertama kepemimpinan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, total sudah 106 kapal asing pencuri ikan yang ditenggelamkan. Jumlah ini masih akan terus bertambah. Sabtu pekan ini saja, akan ada 6 kapal pencuri ikan lagi yang ditenggelamkan.

Berdasarkan data Ditjen PSDKP KKP, berikut daftar jumlah kapal pencuri ikan yang ditenggelamkan dalam setahun terakhir berdasarkan negara asalnya di berita ini.

image

Finance.Detik.com

Bagikan:

  17 Responses to “Menteri Susi Buru Kapal Pencuri Ikan Pakai Google”

  1.  

    lho

  2.  

    Semoga Aja Pencurian Ikan Jadi Semakin Berkurang Dan Menurun

  3.  

    cm lulusan smp tp pintar dan kreatif..lanjutkan bu susi…….

  4.  

    untuk berita yang sensitif seperti freeport, atau investasi perpanjangan kontrak freeport kok ga dimunculin ya? hehehe apa bener ga jadi? alhamdulillah

  5.  

    semoga kehidupan nelayan juga sejahtera,,,

  6.  

    td di berita katanya bu susi mau mengundurkan diri, ada apa nih koq garis depan pak jokowi mengundurkan diri, ditambah metro skrang2 ini tumben2an siarin demo, pas knaikan bbm kemana aja,,,,

  7.  

    agh di metro ada liputan mertuaku curhat d twitter ditawar 5T supaya mundur, + katanya mama susi mau mundur cuma mau menjabat 2 tahun aduh pusing aku

  8.  

    Lanjutkan bu..bravo..
    Sayang cuma 2 tahun ibu menjabat..

  9.  

    google dipakai mendeteksi keberadaan ikan bisa gk ya,,?? klo bisa pasti enak nih nelayan

  10.  

    Sebuah pemikiran dan terobosan yg mengejutkan dan positif. Mengejutkan karna meskipun dgn latar belakang pendidikan yg hanya lulusan SMA, tetapi beliau dgn pengalamannya yg sudah lama berkecimpung di bidang kemaritiman bisa memunculkan ide semacam itu, seakan2 menepis keraguan ttg kualitas beliau. Bahkan dibandingkan dgn org2 yg kebanyakan intelek tp talk more do less, profesionalitas beliau patut diacungi jempol. Salut dan takjub untuk beliau

  11.  

    Searching, seek & destroy!!!!!! Nyaali ok! Biar lulusan pasukan khusus/militer tapi belum tentu punya nyali, integrity, pemikiran spt bu susi. Mulai dari China Japan Malaysia Thailand Vietnam Philippine dibuat pusing + desperate + dongkol…

  12.  

    kalo bu susi yg ngebomin kapal semua bilang hebat, tp kalo jok yg ngelakukan itu psti bilangnya pencitraan..

 Leave a Reply