Aug 112017
 

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat memberikan Orasi Ilmiah di Universitas Airlangga, Surabaya, 11/8/2017 (KKP RI)

Surabaya – Sebanyak 300 orang lulusan terbaik dari berbagai fakultas seluruh kampus di Indonesia diincar Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk menjadi staf di kementerian yang dipimpinnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta “lima lulusan terbaik dari tiap fakultas di berbagai kampus. Seluruhnya saya butuh 300 orang untuk menempati posisi staf di Kementerian Kelautan dan Perikanan,” ujar Menteri Susi sewaktu menghadiri peringatan Dies Natalis ke- 56 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair) pada Jumat 11 -8-2017 di Surabaya, Jawa Timur.

Sewaktu bertemu dengan Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih, SE, Mt, Ak, CMA dalam kesempatan acara tersebut, Menteri Susi Pudjiastuti langsung mengutarakan keinginannya itu.

“Silakan Pak Rektor, kirim ke saya 5 lulusan terbaik Unair, pasti langsung saya tempatkan di staf Kementerian Kelautan dan Perikanan,” ucap Susi Pudjiastuti .

Menteri Susi Pudjiastuti diundang dalam acara Dies Natalis ke- 56 FEB Unair untuk didaulat memberikan orasi bertema “Pembangunan Ekonomi Maritim” di depan 700 civitas akademika, mahasiswa setempat, serta para undangan.

Tetapi sebelum menyampaikan orasinya, Menteri Susi Pudjiastuti merendah dengan mengatakan dirinya hanyalah seorang lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Meski hanya lulusan SMP, menteri nyentrik di kabinet Presiden Joko Widodo ini mampu membuat para civtas akademika, mahasiswa dan tamu undangan yang hadir tercengang mendengarkan orasinya tentang konsep pembangunan Indonesia menuju poros maritim dunia yang berlangsung selama satu jam lebih.

“Bu Susi Pudjiastuti ini menjadi pakar sebab selama bertahun-tahun belajar langsung dengan menggeluti bisnis di bidang perikanan dan kelautan,” kata Rektor Mohammad Nasich memberi penjelasan kepada mahasiswanya usai Menteri Susi menyelesaikan orasinya.

Setelah selesai berorasi itulah Menteri Susi Pudjiastuti menyampaikan keinginannya mendapatkan 300 orang lulusan terbaik dari tiap fakultas di berbagai kampus untuk turut membangun masa depan Kelautan dan Perikanan Indonesia.

“Oleh sebab masa depan sektor maritim di Kementerian Kelautan dan Perikanan sangat ditentukan oleh sumber daya manusianya,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan.

Untuk itu, Susi Pudjiastuti mengatakan, sudah memerintahkan segenap Direktur Jenderal di kementeriannya untuk menggandeng kampus-kampus dalam program rekruitmen 300 mahasiswa lulusan terbaik.

“Kualitas manusia dari lulusan terbaik dari tiap fakultas berbagai kampus di Indonesia ini sangat diharapkan untuk kemajuan Kementerian Kelautan dan Perikanan,” ujar Susi Pudjiastuti .

Dekan FEB Unair Prof Dian Agustin menyambut baik tawaran Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

“Sejujurnya saya baru tahu kalau Kementerian Kelautan dan Perikanan mencari lulusan terbaik dari semua fakultas. Saya pikir hanya fakultas kelautan saja,” ujar Dekan FEB Unair Prof Dian Agustin. Dirilis Antara, 11 Agustus 2017.

  6 Responses to “Menteri Susi Butuh 300 Mahasiswa Lulusan Terbaik”

  1. mau dijadikan apa bu? nelayan atau pengusaha??.

  2. Industri perikanan nasional masih blm bangkit, hasil panenan banyak tapi pemanen sedikit, diperlukan modal dan teknologi yang banyak untuk mengolah hasil laut.
    Smg industri kelautan kita tdk sampai di potensi namun sgr menjadi penggerak ekonomi nasional, melebihi agraris.

  3. Saya akan sumbang 2 warga JKGR lulusan terbaik utk memajukan kementrian kelautan dan perikanan dibawah pimpinan bu susi.
    Yg pertama : bung Tukang Ngitung. Phd lulusan terbaik bidang hitung menghitung, yg akan membantu menghitung jumlah ikan dilaut beserta potensi perkembang biakannya.
    Yg kedua : bung Jimmu lulusan terbaik bidang marketing/pemasaran, yg akan membantu menjual ikan2 di perairan Indonesia ke pasar tradisional maupun modern di Internasional.

    Kolaborasi keduanya akan dpt mensukseskan program poros maritim dunia perikanan Indonesia bu.

    Ngomong opoooo iki…..pagi2 kok ngelantur.
    Selamat pagi warjag.

  4. Saya akan usul bu Susy jadi menristek atau menhankam

  5. Iju susi Hari jumat kemaren ya mampir ke unair,,yaaaahh kok gak ada pengumuman sebelumnya,,

 Leave a Reply