Apr 192017
 

Ilustrasi radar laut. (Ist/jitunews.com)


Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengharapkan ada penambahan hibah dari Jepang berupa radar canggih pendeteksi benda di laut.

“Kita ingin mereka menambah hibah radar. Kita kan punya satu di Wakatobi,” kata Menteri Susi usai menghadiri Milad Ke-52 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu.

Menteri Susi mengatakan hal itu kepada wartawan terkait hasil kunjungannya ke Jepang. “Kita harapkan mereka bisa memberikan enam lagi di tempat lainnya,” ujarnya.

Menurut dia, Pemerintah Indonesia tidak perlu anggaran dalam pengadaan enam radar tersebut.

Kendati demikian, Menteri Kelautan dan Perikanan tidak menyebutkan enam lokasi yang diharapkan bisa dipasangi radar hibah dari Jepang.

Sebelumnya, Menteri Susi dalam rencana kunjungannya ke Jepang mengajak pengusaha asal Negeri Matahari Terbit itu agar mau berinvestasi di Indonesia berupa radar canggih pendeteksi semua benda di laut.

“Mau minta radar seperti yang sudah dipasang di Wakatobi, jadi model kapal seperti kemarin di Raja Ampat bisa terdeksi ke mana dari jarak 250 kilometer,” kata Menteri Susi dalam rilis yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu (8/4).

Dengan demikian, menurut Susi, kapal tersebut juga bisa mendeteksi kapal mana saja yang masuk ke titik yang menjadi bagian dari kawasan konservasi perairan nasional.

Sumber: Antara

  39 Responses to “Menteri Susi Harapkan Jepang Tambah Hibah Enam Radar”

  1. Waduh Kok Hibah

  2. Hibahkan juga DDH.

  3. Malon mana mal0n..?

  4. …. dengan kemampuan mendeteksi kapal selam

    MANTAB RAGA

  5. Waduh kok sampai minta????

  6. wajar sj kakak tua jepang ikhlas menghibahkan radar krn butuh pribumi indonesia utk melawan china

  7. mintanya kurang banyak

    xaxaxaxa..miiiaaww..miaaaww

  8. jadi inget artkel lalu, “berharap kaprang dan pespur sonotan & gank;s segera keluar dari wilayah NKRI, karena sudah terdeteksi radar, tapi enga ada pespur dan arhanud yang mumpuni untuk ngejar dan lock mereka

  9. Itu maksudnya bukan hibah 6 karena beli 12 kan?
    xixixix 😆 beli 2 gratis 1

  10. klu hibah radar si tak terlalu was” bung, radar kan jg penting bgt.. ini dr jepang lho, jadi bisa di bilang canggih.. minta yg banyak bu..!!

  11. Jangkauannya sampai 250 km…ini pasti radar OTH !!!

    Mereke panasonic apa sony ya?

  12. 250 km ?

    Masih kurang tuh.

    ZEE khan 200 mil laut.

    1 mil laut = 1,85 km

    200 mil laut = 200 x 1,85 = 2 x 185 = 370 km.

    Minimal harus bisa detect 370 km dari pantai sebab itulah batas ZEE kita.

    • @tn, phd

      Ternyata radar coastal trafic vessel bikinan jepang ini sangat canggih…bekerja pada gelombang-Ku, radar ini sanggup mendeteksi sasaran dg resolusi yg sangat tinggi.

      Bahkan sanggup membedakan 2 target yg berdekatan dan bisa mengukur ukuran target tsb berdasar rcs-nya…biarpun target tsb hanyalah 2 buoy yg terapung saling berdekatan.

  13. @>

  14. Kok jepang baek ya . . ?

  15. Wuih…bu susi bisa nyebut 6 radar lagi…berarti…titik2 radarnya sudah diketahui dan kebutuhan radar sudah dihitung…

  16. Kalo pencuri ikan pake kapal selam gimana caranya bu nyusi..dunia makin canggih jadi kapal selampun bisa disulap jadi penyedot ikan di seluruh lautan tanpa batas teritori….tanpa terdeteksi..uasikk kan…

  17. Jgn2 Radarnya ada dimasukkan teknologi dr. Prof.Josaphat Tetuko tuh! Buatan anak bangsa merek Jepang.he3 ngarep sih bgt!

 Leave a Reply