JakartaGreater.com - Forum Militer
Dec 232014
 
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku akan melakukan kerja sama dengan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS). Kerja sama yang akan dilakukan di bidang penelitian dan riset.

“Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga akan bekerja sama dengan Navy Seal di bidang riset dan penelitian,” kata Susi saat mengunjungi kapal militer milik Amerika Serikat, Kapal Littoral Combat Ship (LCS), di Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (22/12/2014).

Susi mengaku, dalam jamuan tersebut dirinya juga diminta untuk memaparkan kerja sama yang akan dilakukan oleh institusinya dengan Navy Seal.

Sementara itu, Susi mengagumi alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang ada di Kapal LCC. Dia pun berharap, alutsista Indonesia menyamai kapal yang berasal dari Negeri Paman Sam tersebut. “Jadi maunya saya, semua punya (Alutsista) sama,” tuturnya.

Sebelumnya, Susi dan kedua anaknya memenuhi undangan makan malam Duta Besar (Dubes) AS, Robert Blake, dan Panglima Kapal LCS, Laksamana Muda Charlie Williams.

Kapal perang pesisir milik Amerika itu tengah melakukan kunjungan persahabatan ke negara-negara Asia Pasifik, salah satunya Indonesia. Mereka pun akan melakukan latihan dengan angkatan laut bersama di kawasan tersebut. (Okezone.com)

Berbagi

  127 Responses to “Menteri Susi Kerjasama dengan Angkatan Laut AS”

  1.  

    Ada efek positif dan negatif

    •  

      Dulu Katanya Menolak Bantuan asing – kok ada si asiu disini yah …….. tanda tanya ni ?

      •  

        Mulai menampkkan wujud aslinya.Awal pencitraan yg berhasil dgn bakar&tenggelamkan kapal asing ilegal yg kecil2.Yg besar(tiongkok)dilepas.Sekarang kerjasama poros maritim dgn memberi akses pd asu.LUAR BIASA.

      •  

        Navy SEAL itu apa??? Lembaga riset???. Sudah nggak ada lagi lembaga akademik yang lebih layak untuk kerjasama riset?. Lebih salut dengan ketegasan Menkes Siti Fadilah Supari yang menuntut Namru ditutup. Dari awal sudah keliatan nih arahnya mau dibawa ke mana pemerintahan. Hayoo..jaminan begitu diangkat jadi menteri makin berkibar nih bisnis perikanan si ibu :p

  2.  

    Wah bakal rame nih

  3.  

    Lubang yang dalam semakin dalam….

  4.  

    Akankah menjadi episode baru dr NAMRU…. 🙁

  5.  

    klo hanya kerjasama d bidang riset & penelitian,latihan bersama bisa d terima.
    Klo bersekutu NO..!

  6.  

    Bagus bu susi….
    ga coba digadaikan z sekalian .??
    makin kesini sepak terjangnya makin aneh2.. termasuk intervensi dlm regenerasi KASAL.
    dgn usulan bintang 2 nya.

    namanya riset dan penelitian artinya buka aurat seluruh laut dan kekayaan didalamnya, ga dipersilahkan juga mereka maling2 kekayaan nusantara qo..

    •  

      Negara ini sbenernya mau dibawa kemana ..sama pemerintahan baru..??
      ditengah2 euforia semangat kemandirian bangsa, malah mentri ini mempersilahkan asing meneliti lebih lanjut SEMUA yg ada dilaut kita, ironis ya..hadehhh

      •  

        mari besok kita dorong pencabutan gelar pahlawan Ir.Juanda, ekonomi diliberalkan, keyakinan diliberalkan, hari ini pertahanan keamanan diliberalkan juga. NKRO…Negara Kesatuan Republik Outsourching.

    •  

      Setuju bung Donnie, riset dan penelitian dasar laut kita misalnya, itu harusnya juga mendapat persetujuan dari dari TNI .
      Pdhl kemhan/TNI AL telah memesan 2 kapal baru, Offshore Support Vessel (OSVs) 60 meter dari Prancis, melalui perusahaan galangan kapal OCEA SA. Dan kapal ini juga memiliki alat pemetaan wilayah bawah laut (oceanographic) yg canggih .

      POTENSI dan kekayaan alam Indonesia yang luar biasa, wilayah nusantara menjadi surga riset ilegal kapal asing. Tujuannya tidak lain adalah untuk kepentingan perusahaan, lembaga atau negara yang ingin menguasai bumi khatulistiwa. Banyak data dan potensi sumber daya alam dicuri karena ketidaktahuan dan ketidakpedulian bangsa ini.

      Seluruh penelitian harus mendapat izin dari lembaga penanggung jawab,misalnya dulu melalui Kementerian Riset dan Teknologi, melalui tim yang dibentuk Sekretariat Perizinan Peneliti Asing .
      Tim ini merupakan pokja inter departemen yang anggotanya terdiri dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Mabes POLRI, BIN, LIPI, BPPT, serta Kementrian Kelautan dan Perikanan, atau kementerian yang lain yang disesuaikan dengan misi riset

    •  

      Bu susi udah kesal , soalnya tni al lambat, karena sdh terlalu lama membekingi illegal fishing…

      •  

        Belum tentu juga matra laut membekingi… msh dugaan itu.
        tidak ada alasan cukup untuk sampe menjual negara kepada asing.
        kalo belum mampu skrg, nanti anak cucu kita yg melakukannya bukan asing.
        bahkan skrg TNI juga memiliki peralatan yg mencukupi seperti dlm koment bung GUE.

        ini sih namanya komprador …

      •  

        Betul saya pribadi benci para beking2 yang menjual NKRI – tunjukan harga dirimu NKRI

    •  

      penyumbang kampanye ….gosipnya begitu.

      •  

        Bukan gosip..jet pribadi yang dipake kesana kemari nggak gratis loh bung he..he. There is no free lunch kata orang badui. Inilah mentalitas Kabinet Balas Budi yang sesungguhnya.

  7.  

    Bu susi mungkin jarang baca2 berita sepak terjang ASU hmmm

  8.  

    kalo maling dtenggelemin, saya setuju, kalo kerjasama yang aneh2 gini, tidak setuju.

  9.  

    amerika akan memberi bantuan kapal ke indonesia th 2015..sy pernah baca cm lupa drmn beritanya

  10.  

    Presiden sama mentri”nye..pengen dibawa kmn ye nih kapal yg bernama INDONESIA..??? maju ape mundur..?? Lurus ape belok-belok.?? Ape mau mengarungi samudera..!!! Masa mau kecebur kelobang yg sama lagi sih…terperpsok ke palung yg paling dalem..!! Wait & see..aje lah..!!! Semoga aje yg terbaik buat bangsa ini, klo ngga rakyat yg murka nih…jgn sampe bangsa ini trs di obok-obok oleh si asu ini. Sebab pasti punya kepentingan yg pasti ga ada yg gratis…

    ….NKRI HARGA MATI….

    •  

      Bung LA percuma saja berita ginian di bahas toh apa yg kita sampaikan jngankan di suport malah sesama warjager sendiri saling hujat
      Saya perhatikan disini ada terdapat orang” yg fanatik buta

      Lebih baik sillent az

  11.  

    semoga langkah bu susi membawa tidak merugikan indonesia, kalau kerjasama ini bermanfaat untuk indonesia saya setuju. tp klo syarat2 yg di ajukan as merugikan indonesia dlm jangka panjang mendingan kerjasama ini di batalkan aja, harapan saya bu menteri teliti betul poin2 penting dr kerjasama tsb agar tdk merugikan negara di kemudian hari. semoga bermanfaat untuk indonesia amiin…….

  12.  

    Cobalah buka mata sejenak… tidak ada yg aneh dgn riset dan penelitian dgn negara asing. Bukankah lembaga2 riset dan perguruan2 tinggi sudah melakukannya sejak lama? Benar kewaspadaan tetap diperlukan… tapi jika bicara soal “maling”, pelakunya bukan hanya satu, tetapi banyak.

    •  

      Maling itu banyak jenisnya
      -ada yang bawa senpi / sejam
      -ada pakai topeng
      -ada yang pakai bulu domba OMG

    •  

      Setuju banget bung..tidak ada yang aneh dengan penelitian oleh pihak asing. Yang ANEH adalah institusi yang melakukan adalah BUKAN LEMBAGA AKADEMIK melainkan PASUKAN SANGAT KHUSUS PALING GILA SEJAGAT. Itu yang mesti diwaspadai. Harusnya kita belajar banyak dari kasus NAMRU. Lah yang ini malah sengaja diundang. Hadeuh..#tepok jidat

  13.  

    Wah gile nih…kebablasan itu namanya…

    kedok nya ASU itu emang di kegiatan penelitian & riset…walah bisa di telanjangi kekuatan laut kita + mereka bakalan mengenal jalur2 lalulintas laut kita.

    Bu Susi jangan Ge’er deh..cuman di undang makan malam doang dengan gampangnya meng-iyakan kerjasama ini….gilee ini taruhannya gede banget….mengenai keamanan negara.

    JANGAN SAMPE USIR KUCING (NELAYAN ILEGAL) TERUS MENGUNDANG HARIMAU KE SARANG KITA…HATI2 IBU SUSI.

    Ini TNI harus ikut terlibat dalam permasalahan ini, karena Ibu Susi Nol besar kalau masalah pertahanan nanti dia di bohongi sama ASU.

  14.  

    Susi mulai memainkan pion asu kedalam lcs, gue beranalisa klo pencuri ikan terbesar yg skrg ini merajalela kebanyakan dari kapal tiongkok, nah sedangkan kita masih lemah klo bermain sama tiongkok, sehingga taktik menjeret asu kedalam situasi ini adalah pilihan yang digunakan susi

  15.  

    Hadeh……yok opo ikie rek

  16.  

    posisi indonesia bukan di tengah/peyeimbang lagi antara blok barat dan blok timur udah nampak arah ya lebih ke barat….

  17.  

    saya kira ini bukan hanya kemauan dari bu susi saja, TNI, PEMERINTAH, dan para ilmuan pasti telah menyetujui dari kerjasama riset dan penelitian ini walau mungkin awalnya dari usulan bu susi,,saya juga pernah baca, panglima jenderal moeldoko menginginkan hubungan bilateral RI dan ASU semakin dipererat, inilah faktanya RI, biarpun banyak rakyat indonesia yg anti asu, itu tak akan pernah merubah para pejabat tinggi RI untuk ikut anti asu juga,,karena nyali mereka masih sebatas asia tenggara,,,

  18.  

    Selamanya amerilka sll membutuhkan keuntungan jangka panjang,,,,, sebaiknya biar anak2 indonesia dulu berusaha untuk indonesia,,

  19.  

    indonesia hrs waspada jika kerjasama dg AS dlm hal apapun krn kita sama2 tau AS menempatkan intelegen di semua lini kehidupan baik militer ataupun sipil, tp yg paling berbahaya adalah intelegen yg di rekrut dari dlm tubuh NKRI itu sendiri. waspadalah wahai bangsaku, oknum2 busuk di negeri ini yg harus dibersihkan krn mereka tidak segan2 menjual negeri ini untuk kepentingan pribadinya. masih terlalu banyak org2 busuk yg mengangkangi negeri ini sehingga negeri ini seakan mati suri. tetaplah bersatu menjaga ibu pertiwi.

  20.  

    PT PAL,PINDAD,PT DI,semua bisa melahirkan produk berkualitas awalnya dari krjasama dgn negara asing.
    Mungkin bu susi punya pandangan lain yg kita tdk tau,,

  21.  

    Rasanya soal Riset di Indonesia, termasuk penelitian oleh asing perizinannya harus melalui LIPI. Klo tidak biodiversity kelautan kita secara keilmuan bisa diambil dan kita tidak dapat apapun. Karenanya penting untuk diawasi kerjasama risetnya. Kita gak mau kekayaan alam kita tapi yang dapat kredit/penghargaan justru orang/negara asing..sementara kita sebenarnya mampu secara SDM tapi fasilitas dan dana tidak mendukung.

  22.  

    wahh…komen ane kena delet … 😀

  23.  

    Wah kebablasan loe…
    Klo ngomong hrus d fikir fikir dulu lolot…
    Jangan asbun jd mis komunikasi dech..
    Nanti klo udah terlanjur bicara gx bsa d resett..
    Gmna niihh…
    Smoga gx jd musibah ya allooh…
    Amiin..

  24.  

    Mohon ampun sesepuh .. tolong siapapun di forum ini cerahkan saya. US navy seal team/group berapa yang tugasnya berkaitan dengan perikanan??

  25.  

    2015 panen hibahan Amriki
    Hibah radar maritim untuk Babel, Weh & Sebatik
    Hibah 1 Skuadron P3C Orion
    Hibah Cutter Class ex USCG buat Bakamla
    Hibah 3 transponder Satelit militer buat TNI AU, TNI AL & Bakamla

    Heran dikasih hibahan disini ribut mulu krg bersyukur. Kerjasama sama dgn Korea, Belanda, Amriki, Belgia, Inggris banyak tdk terima. Pokoknya harus Rusia. Memang disini pusatnya fanboy Rusia. Negeri pelit ToT jd idola
    Sebagai ex fanboy Rusia ane pilih Israel mengikuti kata hati India

    •  

      Hibah 100% kah?

      Tuluskah?

      Yang jelas gak ada yang gratis ya Bung.

      Rusia pelit TOT dengan kita karena intelejen mereka cukup tajam Bung, mereka tahu jika bangsa ini tidak akan pernah bisa melepaskan jeratan ASU. Wajar jika rusia pun hati2 dengan kita.

    •  

      Asing / Uncle ngak akan bantu / hibal Dll bisa ngak saling menguntungkan, ada maksud lain tapi diawasin aja de, macem2 tendang aja,
      -ibarat Antena Yang tinggi an kokok bila ditali pancang barat / timur bahkan utara dan selatan

    •  

      Rupanya anda tidak pernah belajar dari pengalaman. NAMRU adalah satu dari sekian banyak fakta masa lalu yg tidak boleh dilupakan. ASU wataknya selalu culas dan licik. Menjauhi ASU adalah langkah paling bijaksana.

      •  

        bung cakar [email protected] maaf numpang tanya apa itu Namru bung?
        maaf pertanyaan orang awam bung

        •  

          NAMRU = Naval Medical Research Unit merupakan lab riset AL AS yang didirikan dengan tujuan meneliti penyakit2 menular. Tersebar di berbagai belahan dunia, termasuk di asteng juga Indonesia. Dikatakan ini merupakan operasi intelejen yang berkedok meneliti penyakit. Bahkan ada yang bilang sebenarnya penyakit itu sengaja dibuat oleh mereka…,

          •  

            Terimakasih bung @RH

          •  

            Meneliti virus dengan tujuan dijadikan senjata biologi. Ingat kan dengan Menkes saat itu yang dengan tegas menuntut NAMRU supaya ditutup. Kalo menteri yang ini mah mau dibilang tegas nggak masuk kriteria deh.

    •  

      Bung Ayam Jago, you’re so naive.. Kalo bicara tentang US masalahnya adalah tidak ada makan siang gratis.. Betul Russia pelit TOT, bicara TOT kita bisa kerjasama dengan Prancis, Jerman dan Korsel yang selama ini berjalan. Btw, US juga sangat sangat pelit TOT. Kalopun sekarang mereka buka akses kerjasama seperti yang anda sebut di artikel JKGR lama ( maaf saya lupa judulnya ) hanya karena dan selalu punya ‘maksud dan kepentingan’..

    •  

      Sik gak kapok lepasnya Timles, lha tuh kejadian diawali dengan EMBARGO ASU, ditambah lagi pengalaman IRAK, dulu waktu perang dengan IRAN siapa yang ngebantu ASU kan? lalu….lepas tuh….

  26.  

    mungkin benar kata bung donnie,,seandainya para pejabat tinggi RI sudah tidak takut lagi dgn kecaman rakyat mungkin mereka akan mengusulkan agar asu membuat pangkalan militer di indonesia,,,

  27.  

    pada panas komentar 2nya

    lha emang sejak kapan kita tidak dijajah Sama USA

    ya allah bimbinglah negri ke jalan yang benar amien

  28.  

    Kekeke ini baru mantap

  29.  

    Dulu asu pernah minta kerjasama ke TNI untuk bantu pengamanan laut kita tapi ditolak sama TNI

    nah sekarang asu pasang jurus lain…yg dideketin ibu susi ini….hmmm….

    Bu susi sekalian minta bantuan asu untuk membersihkan area longsor di banjarnegara terus buat-in rumah untuk para korban longsor….terus bersihkan juga area korban banjir di bandung…terus minta bantu juga ke asu bersihkan pencemaran tailing sisa2 produksi freeport di sungai2 timika papua…..

  30.  

    Mohon ampun gusti…..

  31.  

    kerja sama riset dn penelitian apa ni bu , msh mentah ni wacana .. tp apapun itu haruslah saling menguntungkan .. dn menurut aku pemerintah masih mencari dukungan negara2 kuat tuk mendukung nkri menindak maling dn dll .. poros maritim butuh alutista yg kuat klu sekarang msh ember , kerja yg luar biasa , dukungan rakyat dn dukungan negara2 besar baik penindakan, tot , atw kerja sama ekonomi nkri harga mati !! tak kenal kompromi , duit dn embel lain klu menyangkut martabat dn kedaulatan .. jangan lupa apa yg terucap pak presiden , aku mendukung yg ini

  32.  

    Sedikit demi sedikit mulai terbuka tentang rumor aseng dan asing….

  33.  

    ya begitulah.

  34.  

    Lama kelamaan sepak terjang bu mentri yg 1 ini kok kebablasan ya…
    pake acara makan mlm segala,. . Smg gk ada “deal2” yg mlah merugikan NKRI.
    jujur saja ane khawatir, . Melalui bu mentri inilah , ASU membuka jalan untuk bisa mengobok2 wilayah teritori qt. n jika itu dh berhasil , saya yakin pemerintah kita kdepannya gk bakalan bs apa2…

    •  

      terlalu lebay dan muna mikirnya gt. trus kalo makan malem bareng tiongko dibilang antek tiongkok? kalau makan malem bareng rusia dibilang antek rusia? inget ga strategi jenderal besar SBY? berlayar di 2 arus bahkan banyak arus sekalipun.

      •  

        Kt lihat saja sejauh mana sepak terjang Bu Susi ini ke depannya. Bung Gue juga sudah menginformasikan, ketika baru menjabat,Bu menteri eksentrik ini sudah membuat statemen mau mendekati ASU. Ingat bung, statemen di awal jabatan biasanya merupakan komitmen atau janji yg harus ditepati.

  35.  

    sudah kelihatan belangnya. dari jual pesawat kepresidenan, jual gedung kementerian, sewakan pulau, ini mau melemahkan al. sedangkan al sudah beli kapal dari perancis.

  36.  

    Siap2 buat kena kritik keras bu gara2 kebijakan yg ibu buat..entah apa yg akan terjadi?

  37.  

    Test

  38.  

    Menyesal jadi akhli ilmu kelautan yang gapernah dianggap ada, jadi tukang cuci gelas kopi pun sudah mantan.. tapi gapapa lah, kan hanya urusan bisnis, gaperlu dibawa sampai ke hati…. Perlu pencerahan dari sesepuh warjag…. apa yang beginian gaperlu buka buka buku rumus dan rapat sana rapat sini buat menata agar yang saya lakukan tidak salah…? Mohon maaf pertanyaan orang gunung yang memang gangerti urusan laut….

  39.  

    Terimakasih banyak bung diego akhirnya saya bisa komen lagi di jakartagreater.com,
    Dan pendapat saya tentang ibu susi,sebaiknya jgn dulu deh ambil kebijakan seperti itu, tanya dulu deh sama tni, apakah setuju apa tidak, dan riset seperti apa yg bakal dikerjakan bersama uncle asu itu,soalnya ini masalah rahasia pertahana bawah laut kita yg mesti dirahasiakan dari pihak asing.tq.

  40.  

    langkah yg tepat ibu susi..saya mmg yakin klo pemerintah dan tni akan mendekatkan diri dgn brother kita amerika..lanjutkan,jgn dengerkan segelintir org2 yg protes sana sini nggak jelas..itu antek2 negara komunis rusia dan china yg iri dgn kehebatan amerika..
    berdoalah kawan2,mudah2an kita bs secepatnya menjadi sekutu terdekat amerika di asia tenggara

  41.  

    sedih.com

  42.  

    Gak usah nyesel, nikmatin aja, kan sebelum pemilu dah pada tau mau dibawa kemana bangsa ini….., salam tempel…..

  43.  

    Jangan lupa, untuk pembelian tempur bukan dilakukan kementerian perikanan jadi, lanjut terus borong teknologi dari Rusia

  44.  

    sebelum bertindak di fikirkan dlu matang2 lah , ini namanya ngak ngargain tni al.ckckckckckck

  45.  

    tolong bagi pemimpin2 sekarang.. jngan sakiti hati rakyat mu ini.. jangan sempai suatu saat nanti perang terjadi, rakyat tidak peduli lagi.. & bekata hancur..biarlah hancur..

  46.  

    Hati2 ASU ITU licik. Kejadian beberapa tahun lalu. Ngakunya penelitian Lab mengenai pembuatan anti virus utk kesehatan…eh ga taunya untuk agent mata2…di daerah senen…

  47.  

    Panas

  48.  

    GUBRAK.!!

  49.  

    Apakah kerja sama dengan militer asing dibolehkan melalui menteri ink???????

  50.  

    mulai sekarang untuk calon mentri atau calon presiden RI sekalipun harus di orientasi tentang strategi pertahanan. kebijakan apapun yg diambil harus memperhatikan keamanan pertahanan negara.

  51.  

    Tambang tambang sudah banyak dikuasi kini lautan juga mau dikuasi juga, bagaimana bisa mandiri kalo begini terus, kemarin pak Jokowi asing boleh pimpinm BUMN kini pembantunya minta bantuan asing dilautan, sebagai rakyat merasa prihatin, kami memilih pemimpin yang amanah sesuai UUD, mudah mudahan hanya wacana jangan digadaikan negariku ini

    Salam NKRI

  52.  

    Mssih ingat organisasi tanpa bentuk di jaman pres. suharto? Sptnya bentuk gerakan seperti ini sdg dijalankan untuk menghancurkan nkri dengan melibatkan cukong dan media

  53.  

    yaelah jauh2 amat mikirnya….panglima jenderal besar SBY sekolah di amrik, latgab bareng mrik trus antek gitu?muna semua. sehari2 makan kfc aja sok

    •  

      Bung Vandahlan, kalo saya sih, make produknya ASU, makan di KFC ya gak apa, tapi kalo sudah menyangkut aurat dalam Indonesia, unsur strategis bangsa dan kesatuan bangsa……ya gak bisa diterima lah kalo ASU ikut campur….bung mau, bos bung mengatur hidup bung harus harus bagaimana dan mengaur esain dan tata interior rumah bung….?

  54.  

    Bung Bedo (no. 16) ..ini ASU ditawari riset loh …. ..coba rumah sampeyan mau gan di riset sama tetangga sebelah..?!?

  55.  

    Riset adalah kekuatan…jadi hati-hati share riset dengan ASU…kalo kita gak kuat, mending gak usah….mending kita aja sendiri…apalagi dengan Navy Seal, waduh…..sarat kepentingan mereka (ingat NAMRU)……bung Vandahlan, kita saja lah yang melakukan riset, sambil makan kfc…

  56.  

    numpang koment bung,cuma kalimat ini yang cocok “GO TO HELL WITH YOUR AID .. !!”

  57.  

    Pemikiran pendek bisa berakibat buruk, berfikir dan membuat kebijakan harus melalui beberapa filter efek positip dan negatipnya, jangan karena ingin sukses mengamankan laut dari pencurian ikan 300 t/ thn tapi berdampak pada hal yg kita tdk inginkan. Jalan pintas dari seorang pejabat yang tdk fikir revolusioner. Kerdil.

  58.  

    Mau penelitian kok sama NAVY SEAL.. Mestinya KOORDINASI DENGAN TNI AL buat SISTEM KEMARITIMAN YANG MUMPUNI berikut TEKNOLOGI PENDUKUNGNYA yang secara bertahap bisa mencakup seluruh NUSANTARA.. Sekali dayung beberap pulau terlampaui.. illegal fishing teratasi, Kemaritiman Negara semakin Terintegrasi,.. apa kerjasama NAVY SEAL GRATIS.?? berapa banyak NAVY SEAL yang ibu “UNDANG” untuk negara seluas NUSANTARA ini.. dan sampai kapan.. berapa banyak kapal perangnya yang akan dibawa kemari dan akan ditempatkan dimana.. itu sama saja bawa srigala kedalam rumah..

  59.  

    risetnya bagaimana ya? kenapa tidak menggunakan tim akademis saja? atau ini memang navy sealnya orang akademis? atau memang diskusinya sesama soccom akademis bersama kopassus akademis? kerjasama militer kok yang memberi pernyataan bukan pejabat terkait? kalau tidak ada pernyataan dari jajaran TNI, dari trimatra (sesuai jargon sea, air, land navy seal)…hal apa yang akan dirisetkan? dan apa hubungannya dengan pemutakhiran alutsista setara usa?
    semoga bu mentri tidak menepuk air di dulang, kesatuan masyarakat indonesia setelah pemilu agar dapat dijaga. salam tabik…

  60.  

    mo nyari minyak kali di laut, sekalian ngitungin lontong

 Leave a Reply