Apr 062016
 

Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia kembali meledakkan kapal ikan asing yang tertangkap mencuri ikan di perairan Indonesia. Peledakan kali ini, menghancurkan 23 kapal di tujuh lokasi berbeda.

Lantaran peledakan di tujuh tempat berbeda, Menteri Susi selaku Komandan Satuan Tugas 115 memberikan perintah peledakan, dengan cara video conference dengan anak buahnya di tujuh tempat tersebut.

“Pemusnahan kapal ini terdiri atas 13 kapal Vietnam dan 10 Kapal Malaysia dan dilakukan di tujuh tempat berbeda,” ujar Susi di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jkarta, Selasa 5/4/2016.

Peledakan kapal asing pencuri ikan di Indonesia (Foto: KKP.go.id)

Peledakan kapal asing pencuri ikan di Indonesia (Foto: KKP.go.id)

Tujuh lokasi yang dijadikan tempat peledakan dan penenggelaman kapal : Batam, Riau, Aceh, Tarakan, Belawan, Pontianak, dan Kepulauan Riau.

Lima kapal ditenggelamkan di Batam (empat kapal Malaysia dan satu Vietnam), dua kapal asal Malaysia diledakkan di Tarempa, Riau; tiga kapal Malaysia diledakkan di Langsa, Aceh; dua kapal Malaysia dihancurkan di Tarakan; satu kapal Malaysia di Belawan, Sumatera Utara; dua kapal Vietnam diledakkan di Pontianak; serta 8 kapal Vietnam dihancurkan di Ranai, Kepulauan Riau.

Dengan ditenggelamkannya 23 kapal ini, total ada 174 kapal ikan asing yang dihancurkan Kementerian Kelautan dan Perikanan sepanjang 2016. Peledakan ini merupakan peledakan ketiga yang dilakukan pada tahun 2016 untuk kapal yang melakukan illegal fishing.

Sumber : CNNIndonesia.com

Bagikan Artikel :

  24 Responses to “Menteri Susi Ledakkan 23 Kapal Pencuri Ikan Malaysia dan Vietnam”

  1. 1 hahahahaha

  2. pertamax !

  3. Tindakan penegakan hukum yg Nyata. Sip

  4. Ngomong opo…

  5. Semalam di ILC bu susi statementnya kurang pro ke lingkungan hidup.sy jd ngak respect lg bu.teluk jakarta hrs di lestarikan bu.teluk jakarta jgn di urug bu.ibu bilang accses org jakarta ke pantai ngak ada.gimana klu itu udah di urug.sy tdk setuju ada reklamasi pantai.kita kembali lg ke poros maritim.dgn laut kita jaya

  6. malon terdeteksi.
    itu di lcs gimana masih berani klaim juga gak lon ??.

    sekarang minta bantuan filipin ya?. emang filipin sudi mau kerjasama sama kau.

  7. @tito..hahaha takut juga mereka.unjuk gaye sahaja..

  8. Malon stress…. kwaaaakk..kwaaaakk…kwaaakk…

  9. @malon
    susah juga dimengerti bahasaya belepotan.
    beberapa kapal nelayan cina sudah di tangkap dari tahun 2009 dan sudah beberapa ada yang diledakin.

  10. negara awak cume berani lawan kapal kayu cuba china kasih lawan..cuiiihh gaye sahaja ngara awak kasih ledak..tengok malaysia tangkp kpl indon kasih hukum sahaja..sama sahaja kadih ledak tetp ade bolh banyk curi ikan negara awak..

  11. Asslmlkm bang boleh komen sekejap..malaysia ade curi ikan kah kat indonesia pastilah kena tangkap..saya kate tak bolhlah curi ikan kat luar negara..indonesia boleh jaga laotnya tak macam malaysia ramai kate curi ikan di lcs tak tangkapun tu china..indo ade amaran2 dn amalan2 mesti setiap luar negara nak ikut amalan2 atau peraturan dr indo..mcam spt indonesia ni bolh contoh ade ketegasan sangat untuk jaga..salam thanks..

  12. waalaikum salam neng.WENNY.
    hukum harus di tegakkan tidak perduli dari negara mana,kalau sudah terbukti melanggar harus di tangkap dan di ledakkan kapalnya,
    jangan merasa di hina karna itu kapal nelayan malaysia yang di ledakkan,
    karna hukumanya sudah begitu yang di terapkan di indonesia,

  13. kwaaakk…kwaaakk…kwaaakk…

  14. @jawa. Bang Tidak perlu menjelekkan suku. Karena kita masih saudara se INDONESIA. Dari kata2 anda saya bisa pastikan Anda orang sumatera(lampung). Saya pun orang sumatera jadi saya tau pemakaian kata seperti itu. Jangan seperti itu tak baik bang.

  15. @TMB. Masing2 negara punya aturan sendiri yang penting dalam menjalankan aturan tidak bertentangan dengan hukum PBB. INDONESIA sedang berkampanye memberantas illegal fishing yang didukung banyak negara besar termasuk Amerika. Jika negara awak keberatan silahkan ajukan ke PBB.

 Leave a Reply