Apr 082016
 

Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meluncurkan empat kapal pengawas baru yang menjadi bagian dari armada Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (SKIPI).

“Saya ingin SKIPI memberi kontribusi tambahan dalam mengamankan laut lepas, ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) kita, supaya para pencuri ikan menyadari kehadiran negara dan kita tidak main-main,” ujar Susi Pudjiastuti dalam acara peluncuran kapal di Kolinlamil Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat, 08/4/2016.

Langkah ini juga membuktikan konsistensi pemerintah untuk terus menjaga laut Indonesia agar tidak dijarah pelaku penangkapan ikan ilegal.

Armada kapal terbaru ini nantinya ditaruh di laut Natuna, Arafuru, dan kawasan perairan perbatasan. Jumlah kapal akan dibangun dua hingga tiga unit setiap tahun, sehingga ada 10 kapal pengawas baru milik KKP, ke depannya.

Kapal KKP Orca class (Foto : Detik.com)

Kapal KKP Orca class (Foto : Detik.com)

“Anak Buah Kapal berjumlah 24 orang, 15 dari PSDKP (Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan) KKP. Kami dibantu TNI AL dan Marinir untuk melatih orang-orang kita,” ungkap Susi.

Empat armada Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (SKIPI) yang terbaru ini adalah ORCA 01, ORCA 02, ORCA 03, dan ORCA 04.

Pemberian nama ORCA diambil dari nama ikan paus yang gesit dan bersemangat sehingga kapal ini diharapkan menjadi kapal yang gesit dan mampu mendukung operasi di ZEE.

Kapal yang diproduksi oleh galangan dalam negeri ini dibuat dari material yang mayoritas kandungan lokal, dengan panjang 60 meter, dengan kecepatan 25 knot, serta mampu beroperasi secara terus menerus hingga 14 hari.

Kapal KKP Orca class (Foto : Detik.com)

Kapal KKP Orca class (Foto : Detik.com)

Kapal-kapal ORCA, lanjutnya, akan dioperasikan di wilayah barat dan timur, masing-masing dua kapal. Keempat kapal SIKPI menambah jumlah kekuatan armada Kapal Pengawas Perikanan yang dimiliki menjadi 35 unit yang tersebar di seluruh wilayah penangkapan perikanan Indonesia.

Kapal ORCA diharapkan mampu berkontribusi dalam sistem perikanan Indonesia. Berdasarkan UU No 45/2009, kapal pengawas perikanan merupakan kapal pemerintah yang diberi tanda tertentu, untuk melakukan pengawasan dan penegakan hukum di bidang perikanan.

Kapal Pengawas Perikanan ini dapat menghentikan, memeriksa, membawa dan menahan kapal yang diduga atau patut diduga melakukan pelanggaran di wilayah penangkapan perikanan Indonesia ke pelabuhan terdekat untuk pemrosesan lebih lanjut.

ANTARA News

  62 Responses to “Menteri Susi Luncurkan 4 Kapal SKIPI Orca Class”

  1. Ayo bu tmbh trs kapal kkp kl bs yg gede

    • Kata bu susi di metro, Palau dan Argentina juga bakar kapal terinspirasi oleh Indonesia… šŸ˜Ž

    • Jangan lupa didaftarkan dulu bu pada IMO…

      • @murai batu

        Sudah bang…tuh nomer registrasi IMO-nya ada disisi atap anjungan, persis diatas pintu anjungan.

        Bu susi tu orangnya sistematis, sangat memahami peraturan operasional dilapangan mengikuti standar internasional.

        Kayaknya bu connie dan bbrp akademisi yang titelnya bertumpuk-tumpuk pd jeles…mulai kalah saing sama bu susi.

  2. Lebih lengkapnya metrotv kickandy bersama SUSi Pujiastuti.

    • Gila jawabannya bu Susi yah, meskipun gak lulus smp, jawabannya jauh lebih berkelas, cerdas, tepat pada sasaran dan membumi dibandingkan profesor IPB yang dulu pernah mengkritik JKW waktu melantik menteri ini…

      • @nuncaku

        Profesor yg “masuk tu barang”…gara_gara korupsi bukan bang?

      • bu susi gak lulus sma di jogja karena kondisi yg memaksa. dia di kejar2 aparat kodim karena terlalu kritis ke orde baru. dia memang cerdas. dia satu bangku dan satu kos dgn ibu sri adiningsih guru besar ugm jogja yg juga pengamat ekonomi

  3. Nah lo…..nah lo

  4. Kebiasaan indonesia itu bkin otoritas baru pdhl ada yg fungsi otoritasnya sama..cba seandainya polisi air ma tni al dperkuat mngkin ga ada kejadian kya cina kmrn..kita bsa gugat cina ke pngadilan lah ini kapalnya ja ga trcatat gmna mau adilin cina

  5. mantap lahh kalo bisa nanti bikin yg sekelas sama Hamilton Class Cutter nya Amerika.

  6. 1 kpal di kwal 3 paskhas, buat persiapan sabotase kapal coast guard china…

  7. kasih senjata apa ?

  8. Nah,buk susi wawancara di metro tv,kapal penangkapan yang disita banyak dipelabuhan…sampai pohon pisang tumbuh di kapal
    Nah pertantaannya kapal milik siapa itu…..
    Kah kah kah jadi termehek ane sorry…!

  9. tumbuh pohon pisang. kelamaan disimpan, dah ledakin aja.

  10. bung Diego dan kawan2 ijin tanya apa kapal KKP itu dengkapi persenjataan macam meriam, torpedo, rudal ?
    jika tidak apa bisa ditakuti para maling?
    agar lebih gahar, kapal KKP perlu dikawal pasukan marinir, setuju teman2?

    • ya ga lah .. water canon ukuran besar lebih sip , dipasang senjata emang cuman kita aja yg bisa pasang senjata di kapal .. nanti yg lain pada ikutan pasang senjata di kapal sipil mampus dah

  11. musti pasang Gatling 30 mm di haluan …
    machine gun 12,7 mm twin barrel di sisi kiri dan kanan …
    di cat kamuflase biar sulit dilihat nelayan asing

  12. Joosshhhh

  13. Okita anri@ sipil lawan sipil bro..tentera lawan tentara
    Bukan tumpang tindih kewenangan,tapi lebih propesional

    • Yakin tuh cina sipil? Bu susi sndiri loh yg bilang klo di kapal cina bwa senjata2 yg canggih… anda bilang ga tumang tindih? Ini kapal kemnterian loh..indonesia pnya coast guard Bakamla knapa ga dmksimalkan itu bung

      • Kayaknya abg kita ini merugi krn kebijakan susi. Jd nyolot gni ma kinerja beliau..hee

        • Klo baca koment jngan stngah2 bung makannya..w ga blng rugi kebjakan bu susi dri awal koment..w koment cman blng nih di laut kbnyakan aparatnya tpi bda institusi jdi ribet urusannya..w dkung bu susi berantas itu smua tpi alangkah lbh baiknya klo ngandelin institusi yg ada dgn memperkuat mrka bkn mlah bkin institusi yg bru…bca dlu bung makannya jngn lngsung judge orang

      • @okita anri

        Bakamla tuh organisasinya aja baru terbentuk,,,perlengkapannya jg baru mulai disediakan. Bahkan sementara ini kru2 bakamla masih BKO dr instansi lain (AL, marinir, polairud).

        Kalo mau lihat akademinya bakamla (utk mendidik personel2 bakamla), kampusnya dijalan pemuda/jakarta timur…mungkin baru meluluskan angkatan pertamanya !!!

        • Loh ni kkp juga bru kebentuk kan jdi apa bedanya bung..yg saya sesalin knpa dbuat institusi bru pdhal yg lama ada..bukannya memperkuat malah jdinya tumpang tindih kan

        • @okita anri

          Di Indonesia ini terlalu banyak organisasi yang ngurusin sktr klautan,,,kalo ditanya bedanya apa, saya juga bingung je

          Yang jelas usaha utk merampingkan organisasi2 tsb spy tumpang tindih tidak pernah berhasil (entah memang sengaja dibuat spy ribut sendiri dan biar tdk ada instansi yang serius ngurusi sektor kelautan????)

          Ada ide utk melebur organisasi2 tsb dlm satu wadah. Diseluruh dunia hanya amerika yang bisa mewujudkannya kedlm satu wadah Coast Guard (yang merangkum tugas penjaga pantai, sar, mengatasi kejahatan dilaut,,,bahkan tugas2 bea cukai)…tapi tidak selalu konsep ideal dari amerika cocok diterapkan disini. Di amrik, dana, teknologi, sdm dll tdk menjadi persoalan…bahkan kapal cutternya saja sama besar/lebih besar dg/dari LPD kita.

          Jadi didunia tidak pernah ada keharusan hanya ada 1 wadah saja, karena konsentrasi tugas dan skill masing2 organisasi tsb berlainan dan disesuaikan dg kebutuhan masing2 negara,,,tetapi memang harus dirampingkan.

          Coba kita lihat ke benua eropa, disana tdk menerapkan 1 organisasi tunggal tapi tetap menerapkan beberapa organisasi dg pengaturan dan pembagian tugas yang jelas. Di itali/inggris/prancis/spanyol/norway dll misalnya: masih ada organisasi coast guard, sar, bea cukai, polair…dan bahkan AL-nya pun menyediakan kapal patroli utk pengawasan di zona ZEE

  14. harusnya tambah kapal pnjga pantai dg senjata otomatis, radar dan jamer. mampu duel adu kepala, trus dibekingi icbm di kalsel/kalbar

  15. Bu susi mmg hebat..,tp jgan lupa bu bgmana caranya agar para nelayan kita diindonesia bisa maju

  16. congratulation…

  17. @Ndolon..masak kapal dikawal paskhas, yg bener aja?

  18. Minimal kasih senjata 30mm. Jangan sampai kapal KKP malah ditembakin kapal maling ikan yg bersenjata. perompak dan coast guard cina.

  19. bocar bacir masalah teknis di lapangan .Satu Jaga kemanan atas nama NKRI Satu Ya Jaga Laut . jaga ikan . . satu ya jaga wilayah .ada 7 Instansi negara .Semua Kusut ..Jangan buat UU . Asal Asal .RicuH di Lapangan .. .Contoh LLAJ vs LAnTas . . PoLAiR.Vs KPLP DePHub..Vs TNI Al Camat Vs Pemda

    • @taruna pelayaran & @joyoboyo

      Yang bikin campur aduk peraturan dan instansi dilapangan tuh pemerintah dari jaman pak harto…dan baru sekarang mulai dibenahi

      Hayooo…mau komplin sama siapa?

  20. Taruna pelayaran Jakarta#
    betul, terlalu bnyak aturan dan intansi, ruwet, pemborosan, birokrasi, malah slg melemahkan ketika ketemu lwan kuat alias nyingkir sndr

  21. Lanjutkan bu susi..”sy pengen ikan laut melimpah ruah diindonesia dgn harga murah,trjangkau oleh semua kalangan..jgn sampe negara nkri dgn laut yg bgitu luas dan kaya ikan tp rakyatnya cm mampu mkn ikan mujair dan ikan lele..”

  22. Ia mas djoyoboyo.Saya merasakan apa terjadi di lapangan.. 7 instansi negara Para anggota Igo Ya luar biasa semua Klu bahaso palembang .pakam Nian .cak Kehebatan ..Sdhlah SaraN untuk Pemerintahan pusat ..Buat sperti uu LAw Kelautan.Satu pintu ..

  23. Saya pengen harga kepiting dan harga lobster trjangkau…ikan kakap ikan tuna bisa dibeli dgn harga murah..teruskan perjuanganmu bu susi..!!!

  24. Realisasikan pembuatan kapal markas bu susi…bikin 5 biji

  25. Nasib nasib..seumur hidup blm pernah makan lobster krna bagi saya sgt mahal..moga dgn perjuangan bu susi harga lobster trjangkau 20 rebu sekilo..amin

  26. ok..lah kalau begitu..2x…

  27. Bu Susi memang ga ada matinya !!…

  28. pelan tapi pasti’selama ibu susi menjadi menteri kelautan’dampak dari kebijakanya mulai terlihat dan di rasakan.

    • kalo liat statistik perikanan lebih mengejutkan lagi bung, pengekspor tuna dan lobster terbesar ke jepang melampaui philipine dan vietnam. nilai tukar nelayan peningkatannya sudah mendekati nilai tukar petani, jumlah tangkapan nelayan tradisional di berbagai daerah meningkat pesat.

  29. Intinya
    Yang komen pada ngawur tp ngk papa semua cuma opini
    Yang pasti..indonesia tu kartu AS
    Diperebutkan perannya
    Walau alutsista minim pengalaman perang ngk perlu diragukan

  30. Smoga dngn kebijakan Bu Susi lauk ikan hasil lautan Indonesia bs jd makanan pokok pendamping nasi yg murah dan terjangkau masyarakat kecil.. Spy anak2 kt bs jd anak cerdas krn ikan kaya akan omega 3 .. Lanjutkan Bu Susi smoga Allah sll memberikan ibu kesehatan dan perlindungan.. Aamiin

  31. Di jaman bu susi dah kaga ada tuh yg nama nya ikan krismon. Huahahaha..

  32. Mantap Sang “Paus pembunuh” milik KKP, semoga daya jelajah kapal Skipi yg berikut2nya bisa ditambah krn sayang kalo hanya 14 hari mesti kembali lagi utk mengisi ulang perbekalan, minimal dengan besarnya kapal yg setara KCR-60 Milik TNI-AL semoga Kapal Skipi kelas Orca milik kkp bisa punya daya tahan jelajah minimal 20 hari di laut

  33. okita ini asal bacot aja…dari nama instansinya aja udh kelihatan tugasnya. KKP ya menjaga perikanan. Bakamla menjaga laut sampai batas negara. PolAirUd menjaga keamanan laut dari pantai hingga lepas pantai. AL ya buat perang. masih gagal paham ?

  34. Jempol Lima…………

  35. di tulis juga donk di hull kapal, Indonesian Coast Guard

  36. Apakah ada diinstal sistim oto melara? Buat jaga-jaga šŸ™‚

  37. Jika Bu Susi nanti bisa jadi Presiden
    pasti 5th kepemimpinannya Indonesia akan selalu bikin gebrakan…

  38. 4 kapal Orcha ini dipesan pada tahun 2012 dengan kontrak efektif berlaku pada bulan JAN 2013

    Kapal pertama Orcha 01 diluncurkan pertama kali pada bulan NOV 2015 dan pada bulan APRIL 2016 Orcha 01 – 02 – 03 – 04 diresmikan secara bersamaan … mantap …

    terima kasih pak SBY
    terima kasih pak Jokowi
    terima kasih Ibu Susi
    terima kasih PT DAYA RADAR UTAMA

    JAYALAH INDONESIAKU (apalagi setelah ada komandan GUSPURLA ARMABAR yang bilang punya rudal berjangkauan 400 km)

    apakah club S ? … berarti KS Kilo udah berenang di sini dong pak ?

    … kikiiikikikih …

  39. sampai kapan nih negara kita di rampog terus..

  40. sampai nanti sampai terjual harga diri

 Leave a Reply