Mar 292015
 
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Pangandaran -Semenjak menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan akhir Oktober 2014, Susi Pudjiastuti langsung bergerak cepat. Program pertamanya adalah memberantas praktik illegal fishing atau pencurian ikan yang marak di laut Indonesia.

Susi mengatakan awalnya banyak orang yang tidak percaya dirinya bisa mengatasi kapal-kapal yang melakukan praktik illegal fishing, yang jumlahnya cukup banyak yaitu hingga 1.300 kapal eks asing.

“Semua dunia tahu kita perangi illegal fishing. Orang pikir saya gila sendirian, ngomong mengada-ada, not the open eyes,” kata mantan bos Susi Air ini saat berdiskusi di rumah pribadinya, Jalan Merdeka No. 312, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu malam (28/03/2015).

Sesuai perjalanan waktu, masyarakat tahu bila kapal pencuri ikan di wilayah laut Indonesia cukup banyak. Hal itu dibuktikan dengan penangkapan kapal nelayan eks asing yang berukuran 100-500 Gross Ton (GT).

“Kemudian begitu Vietnam minta perlindungan (dari badai) 1.928 kapal nelayannya, baru tahu semua. Kita itu baru belajar soal IUU (illegal unreported unregulated),” imbuhnya.

Sayangnya selama ini praktik illegal fishing dibiarkan begitu saja oleh negara. Sehingga kerugian yang diderita negara setiap tahun sangat besar hingga ratusan triliun.

“Begitu banyak hal yang diabaikan hanya karena itu dianggap bisnis ekspor. Sekarang ada nggak tambahan 5 juta ton di buku kita, tanya Pak Saut (Dirjen P2HP KKP) ada nggak? Kan tidak ada toh,” katanya.

Saat ini, menurut laporan tim Satgas Anti Mafia Illegal Fishing, dari 1.132 kapal eks asing, terdiskualifikasi 887 kapal karena terindikasi melakukan transhipment tidak sah, melanggar penggunaan ABK (Anak Buah Kapal), melanggar ketentuan alat tangkap, serta mematikan VMS (Vessel Monitoring System).

“Makanya kita tidak mau lagi kapal eks asing beroperasi di Indonesia karena lebih banyak mudharatnya (dampak buruk) dibandingkan manfaat,” terangnya.

Meski tidak menyukai kegiatan operasional kapal eks asing, Susi rencananya tetap akan membuka kembali izin operasional kapal eks asing mulai 1 Mei 2015. Namun tunggu dulu, Susi akan menerapkan prosedur yang cukup ketat.

Susi menjelaskan ia akan meniru sistem yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat menerbitkan izin terbang pesawat atau Air Operator Certificate (AOC).

Beberapa prosedur yang dipersyaratkan bagi pemilik kapal adalah data hasil tangkapan ikan, data riwayat perusahaan dan kapal, data transaksi keuangan hingga kepatuhan membayar pajak. Susi juga akan menganut sistem blacklist artinya perusahaan kapal tangkap ikan yang sudah terdiskualifikasi oleh KKP tidak lagi bisa beroperasi di Indonesia.

“Dari sini kita belajar lebih tajam dalam verifikasi pengeluaran perizinan. Di Perhubungan sudah benar, seperti harus kasih laporan keuangan, bila tidak AOC ini kan sama seperti SIKPI (Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan) dan SIPI (Surai Izin Penangkapan Ikan) tidak dikeluarkan. Kita kemarin sudah meminta data (pemilik kapal). Tetapi banyak yang tidak punya kan aneh,” cetus Susi. (finance.detik.com).

Bagikan Artikel :

  45 Responses to “Menteri Susi: Orang Pikir Saya Gila”

  1. Hahha

    • perlu orang gila seperti ibu. Untuk mengubah bangsa ini

      • Betul..
        Tapi harus jelas dl program jangka panjangnya dl
        Percuma kapal ilegal d tindak, tp program pemanfaatan potensi kelautan indonesia td dapat dimanfaatkan maksimal oleh nelayan indonesia…maling ditangkap tp nelayan kita jg gk bsa ngkap ikan krna gk ada sumberdaya, infrastruktur dan dukungan pmrintah..hasilnya krg mksimal

      • inilah ibu susi yang hebat,,top banget ibu susi,,gebrakan mantep..
        salut buat bu susi,,

      • bener bung..
        negara ini hanya akan berani dan di takuti kalo pemimpinya gila…
        perlu orang2 gila kaya bu susi kalo pengen negara ini sejahteraa…
        yg selalu melakukan hal yg gila biaar maling2 ikan kita takuut…

        TOP BGT….hihihi

        • saya rasa dari semua mentri dari kabinet kerja hanya ibu susi yang menunjukan eksistensi yang sangat bagus.. dan yang lain hanya paidai berkata-kata… emang beda ya klo orang yang pendidikan randah memimpin kelihatan tidak mikir panjang langsung main….pas yang berpendidikan tinggi….. banyak bacot kerja saja tidak…hasil juga tidak kelihatan…..ekonomi carut marut……!!!! saya rasa memeang seharusnya yang berpendidikan tidak tinggi yang memimpik kementrian…..pas nya gtu

  2. Menteri yg lainnya pada kemana? Salut buat gebrakannya bu..jempol dah

  3. Smoga bisa memajukan perikanan dalam negri dan meningkatkan kesejahteraan nelayan dalam negiri

  4. iya bu. Anda gila, dengan semangat kerja yg segila anda mau bergabung dgn kabinet yg isinya kebanyakan…. (no comment). Good luck on your good work..!!

  5. Pendatang

  6. soale sing waras mesti ngalah …..

  7. gila ngaa apa” bu asalkan hasilnya bermanfaat, daripada ngakunya waras tapi hasilnya bikin rakyat menjadi gila

  8. shoot to sink….. every illegal fisherment boat in indonesian territory….

  9. Good job madame.

  10. joss bu susi,lanjutkan

  11. Justru orang2 yang ” gila ” seperti itulah ( yang positif ) yang diperlukan oleh negara sekarang ini !!!

  12. Bu puan gmn kbrnya ya..?
    pasti lg sibuk bngttt & mau siap2 buat gebrakan kyknya nih…

  13. Ibu ini benar2 gila,gila gak mau korupsi. Hebat bu… Di tunggu gebrakan selanjutnya. Buat mentri yg lain…mana suaramu,jgn cma jadi penonton.lihat pemerintahan sekarang seperti panggung lawakan!!!.

  14. Skrg pd memuji Bu Susi yah…
    Gak ada yg memuji Orang yg Milih Bu Susi nih?

  15. Ibu susi adalah mentri kelautan pertama yg masih waras

  16. jempol untuk bu susi lanjutkan..

  17. Ada BUMN perkebunan dan peternakan, kenapa tidak ada BUMM perikanan? Kalau ada BUMN pakai kapal besar pasti bisa menangkap ikan berkualitas, menyerap pekerjaan beberapa persen nelayan, dan mendatangkan devisa lebih banyak.

    • good idea bos…

    • sdh ada bumn perikanan: Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) dan PT Perikanan Nusantara/Perinus (hasil penggabungan dari empat BUMN yang bergerak di bidang perikanan: PT Usaha Mina (Persero), PT Perikani (Persero), PT Tirta Raya Mina (Persero), dan PT Perikanan Samodra Besar (Persero).

  18. oh susi susi
    sepak terjangmu pnuh kontroversi,skrg malah di anggap gila… tp sy acung jempol bwt anak bangsa yg berani gila demi kpntingan negara… perlu dikloning nih,biar ada susi susi yg sexy lainya di seluruh aspek birokrasi negara kita.

  19. Kayaknya lebih tepat pejabat dan aparatur negara ini yang lebih gila,korupsi dibiarkan menjadi budaya,jujur malah hancur,tingkat kedisiplinan yang rendah,yang salah dibenarkan,yang benar dibinasakan,bagi aparatur dan pejabat negara yang baik dan jujur biarlah kami kalah di dunia ini,tapi kami bisa tidur dengan nyenyak dan hidup dengan tenang meski hidup sedrhana, tidak mempunyai tanggungan di akhirat nanti

  20. 1000 jempol buat ibu

  21. Sharusnya yg cocok jd MENHAN tuch bu Susi…

  22. bilamana semua pemimpin tanah air tercinta ini seperti Ibu, Insya Allah indonesia akan jaya.

  23. john nash, profesor yg asli gila malah dapet nobel…. ibu mah belom sebrapanya…. tp aksi ibu berdampak nyata,,, makasih ibu gila

  24. Nih yang pantas jd presiden mah,… bagai mana menurut anda bung danu…?

  25. Kalau semua mentri kyk ibu Susi ,,,mgkin Negara kita bisa lebih maju dan makmur,,,

  26. Hmmm dulu Ibu Susi sempat di hina dan di hujat sekarang bu Susi buktikan kinerjanya
    Makanya jangan lihat dan rendahkan seseorang dulu,
    Sekarang ini yg banyak mah yg sok pinter tapi pada keblinger

  27. Salam hormat buat ibu

  28. sibuk apa bu zeze

  29. Hebat kapal2 kayu thai viet filip lansung dibakar ! Kapla cina ??? Hahaha , seselesaikan dengan cara kekelyargaan dan bicara hati ke hati kaya bu susi . Dari 8 kapal raksasa cina yg ditangkap gak ad satu pun yang dibakar, hanya satu msuk pengadilan dan denda 250jt doank, 7 kapal ntah kemana. Bener2 orang gila ! wkwkwkwkwkw

    • yg jatuhin vonis denda 250jt itu pengadilan bung, ibu gila yg diatas lewat kementrianya justru langsung ngajuin banding kecewa dng putusan pengadilan, banyakin baca bung biar nda gila 😀

      • Knapa thd kpal2 kayu vetnam thai langsung bakar ditempat ? Kanapa thd kapal raksasa cina gk dibakar lngsung ? Klo memang brani ya bakar langsung tanpa procrss pengadilan, ingat bu susi bilang ” thd kapal cina selesaikan dengan cara kekeluargaan dan bicara hati kehati” . Lalu kemana 7 kapal haifa yg lain ? Mkir, klo masalah bakar2an kapal sudah dilakukan sejak jaman sby cuma gk.pernah diliput.media.lokal

  30. nenggelemin kapal fishing illegal itu ibarat nepokin nyamuk di kebon….ga efektif n ga efisien..

  31. Salut dan kagum dengan sepak terjangnya bu Susi

  32. Braninya cuma nenggelemin kapal2 kayu vetnam, coba klo brani bakar tuh 8 kapal besi ukuran raksasa malinng ikan dari cina ! Kanpa gk langsung dibakar sepetti kapal.lain? Ujung2nya masuk pengadilan dan bebas bayar 250jt doank, yg 7 kapal lain ntah kemana beritanya , wkkwkqkwkw dagelan top

  33. biasa aja

 Leave a Reply