Dec 082014
 

Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menangkap 22 kapal China berlayar ilegal di laut Arafuru. “Kami tangkap kemarin jam 3 sore. Hasil tangkapan akan di bawa ke Tiongkok,” ucap Susi dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (8/11/2014).

Susi mengungkapkan, kapal besar berukuran mencapai 300 gross tonnage (GT) itu kedapatan tak menggunakan sistem identifikasi otomatis (AIS). Padahal, semua kapal besar terdaftar wajib memilikinya jika berlayar di laut Indonesia.

“Di Singapura kapal sekecil apapun pakai AIS semua. Kita juga usulkan nanti jangan kapal besar saja pakai AIS tapi kapal diatas 20 GT dipasangkan AIS atau transponder,” tegasnya.

Susi menginginkan kasus ini diselesaikan secara kekeluargaan. Untuk itu, dia meminta Kementerian Luar Negeri menghubungi kedutaan China di Indonesia.

“Saya juga sudah minta Menlu menghubungi dubes Tiongkok dan membicarakan ini. Kita pembicaraan hati ke hati. Komitmen bersama dunia atas pelarangan praktek ilegal fishing karena tidak ramah lingkungan.”

Selain itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga berhasil menangkap tiga kapal tak taat aturan. Yaitu, KM Manokwari 1-3.

Tiga kapal tersebut menyalahi aturan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) dan Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI).

Susi mengungkapkan, penangkapan tersebut berdasarkan laporan masyarakat via layanan pesan pendek masuk ke telepon selulernya pukul 1 dini hari.

Susi langsung meneruskan pesan tersebut ke Kepolisian Daerah Manokwari untuk dilakukan penangkapan.

“KM Manokwari 1-2-3 kita belokkan informasi dari masyarakat ke Polda. Jam 1-2 dini hari, SMS berseliweran.”

Dia tidak menjelaskan lebih detil asal muasal KM Manokwari tersebut.

“Peran aktif masyarakat partisipasi luar biasa. Mereka merasa diladeni, ditanggapi. Saya juga buat Satgas yang membuat masyarakat menjadi partisipan aktif di depan. (Merdeka.com).

Bagikan :

  256 Responses to “Menteri Susi Tangkap 22 Kapal Ikan Tiongkok”

  1.  

    Bu Susi mantap

  2.  

    capek deh

  3.  

    katanya mau di bakar, kok diselesaikan secara kekeluargaan ???

    Kalau berani jangan sama perahu nelayan kecil milik warga miskin

    Kayak ginian nih yang wajib di Bakar !!!!
    Nelayannya disiram Oli bekas
    dan dijeburin kelautan suruh berenang sendiri menuju pulau terdekat

  4.  

    Lanjutkan bu
    kami mendukungmu…..
    demi harkat martabat NKRI

    •  

      APA YANG DILANJTKAN DEK,

      SUDAH JELAS KETAKUTAN GITU, NGAK BERANI BAKAR SESUAI JANJINYA SENDIRI,

      •  

        hahahhahah.. kali ini ane setuju ma ente mbah.. kompromi dengan tiongkok ini tanda pemerintah kita pilih kasih..

      •  

        Yang menarik dari mbah bowo..setiap ada komen yg menghina mbah bowo ,,ia tidak membalas cacian itu dengan balik sebuah cacian ,malah ia memfokuskan pada masalah yg dibicarakan (menurut saya mungkin ia adalah salah satu orang yg menguji seberapa tangguh pemikiran warga jkgr,,ketika dihadapkan pada suatu perbedaan…LANJUTKAN MBAH BOWO dgn komporan2mu…agar warga jkgr makin matang dalam menghadapi suatu perbedaan(PALING YG GK KUAT PINDAH MBAH kyk waktu mbaca artikel yg dulu itu)cmiwuw..OM

        •  

          sebelum kita membakar kapal cina, sebaiknya kita siapkan dulu para diplomat
          kita yang tangguh untuk membenarkan bahwa kapal cina memang sengaja melakukan
          pencurian ikan di wilayah laut NKRI. mengapa ?? ingat cina sekarang dalam pasportnya
          telah mengklaim secara sepihak sebagian laut natuna sebagai miliknya. nah sekarang
          sekarang seandainya pembakaran terjadi maka pihak cina sudah pasti ngak terima karena
          mereka masih beranggapan natuna sebagai wilayahnya ?? maka masalah ini bukan mustahil
          akan di bawa cina ke mahkaman hukum laut internasional tuk melegalkan peta laut barunya.
          saya tidak ingin kasus sipadan dan ligitan terulang karena kita kalah kalah diplomasi melawan malaysia dan sekutunya. kita harus siap juga dengan menghadirkan perangkat keras alutsista untuk mengimbangi kekuatan armada PLA. jangan takut kalah kalau merasa
          benar, karena sejarah akan tunduk kepada fihak yg benar saja

        •  

          Proxy war bg.Siapa yg paling diuntungkan jika kita sengketa dgn Cina? Siapa yg paling ingin kita nimbrung di sengketa lcs? Siapa yg terdesak sangat butuh kita di lcs.Siapa yg bisa menghadapi Cina dlm sengketa lcs? Kita tdk bisa hanya melihat apa yg tersurat.Tapi kita juga hrs membaca yg tersirat.Mbah Bowo? Kenapa sangat ingin kita marah,takut dan emosi terhadap Cina? Siapa mbah bowo? Kenapa hrs telan bulat2 segala komennya? Salam allwarjagers!

      •  

        Saya selalu ikuti komen mbah bowo, kadang ada kontradiksi disatu sisi mbah seolah menebar supaya kita ketakutan kepada china, disisi lain mbah juga komen untuk berani sama china,,jadi simbah ini takut atau berani sama china ???

        •  

          Ya itulah bung shootgun, anak baru gede berwajah boros, sikapnya masih belum punya kepribadian tunggal, berubah-ubah layaknya ABG umumnya…. 🙂

          •  

            shootgun dan mj…. bukan saya mau membela mbah bowo

            Hanya untuk mengingatkan, mbah bowo dari kemaren2 mengingatkan kita untuk tidak mengusik/ bersinggungan dengan cina. dan apa komentarnya, beliau dicaci dan dibully. tetapi beliau tetep dengan pendiriannya, dan itu sah2 saja.

            Dan sekarang beliau menagih ucapan yg sudah keluar dari mulut beliau, jadi bisa diartikan konsisten apa tidak antara ucapan dan tindakan. Kalo menangkap ok, tetapi tidakan selanjutnya apa? kekeluargaan ato ditenggelamkan itu saja.

            Sekarang setelah ada kapal cina yg tertangkap, dan apa yg dilakukan menteri perikanan sekarang. mau/akan dilakukan musyawarah kekeluargaan. Apa kata dunia kalo seperti itu, berarti kita melakukan standar ganda untuk penindakan. Bagaimana perasaan kita dengan tetangga lainnya, seolah baik2 saja?

            Makanya untuk semua rekan warjag, mohon apapun itu entah kritik ato pendapat jangan menggunakan kata – kata yg mengarah kasar atau tidak patut.

          •  

            Sebetulnya tidak ada maksud mau pakai kata-kata kasar bung. Bagi saya, bukan pemakaian kata-katanya yang penting, tapi esensinya.

            Kalo ada komen yang berusaha melemahkan semangat bangsa ini dengan berbagai cara (entah dengan sinis/sindiran, menakut-nakuti dsb) bagi saya itulah yang harus dilawan….

            Masih lebih baik warjager yang gak sengaja pake kata-kata kasar karena emosi melihat bangsanya dijelek-jelekan daripada yang kasi komen meninggikan derajat bangsa lain sebaliknya merendahkan bangsa sendiri… imso and cmiiw…

          •  

            kali ini kudukung mbah bowo, ternyata wejanganmu mulai terbukti mbah

  5.  

    di tenggelamkan g nih bu …

  6.  

    bicara dari hati ke hati tu ok.tapi jangan pilih kasih tak kira dari nagara mana.hukum tetap di tegakkan….

  7.  

    mari kita lihat apa yang akan terjadi nanti

  8.  

    Loh.. kok kapal tiongkok malah diselesaikan secara keluarga.. tebang pilih namanya

  9.  

    BAKAR !!!!!!!
    BAKAR !!!!!!
    BAKAR !!!!!!!!!!!!!!!!

    MBAH NGAK INGIN MELIHAT INI MENJADI SEBUAH BADUT SIRKUS YANG MEMALUKAN
    LEBIH BAIK PERANG DENGAN PLA DARI PADA TAKUT MEMBAKAR KAPAL CHINA.

    SUDAH GEMBAR GEMBOR KE SELURUH DUNIA MAU BAKAR KAPAL PENCURI IKAN TANPA KOMPROMI SIAPAPUN ITU.

    Nyatanya kok seperti ini ???

    Monggo mbah diberi pencerahan ???

  10.  

    Niat hati ingin memperjuangkan harga diri bangsa, tpi berakibat buruknya citra bangsa. Maling memang harus dihukum, tpi hukum seluruh maling, bkn maling tertentu. Karena mau maling pakai sampan atau kapal tetap saja namanya maling,. Jgn tkut tenggelamkan saja semua jangan tebang pilih, cukup hukum didalam negeri saja yg tebang pilih. TENGGELAMKAN SEMUA PENGECUT

  11.  

    waahh scara kekluargaan ?? “Maksud looe” :mrgreen:

  12.  

    Kl kapal tiongkok ini gk yakiiin deh mau ditengelamin…
    Plg2 jg dilepas lg…

  13.  

    yang terjadi terjadilah

  14.  

    Keinginan eyang bowo TERKABUL…!!!!!!!!!!!!! MANTAP,,,….

    •  

      Bener kata mbah kan ??? Hah Bener kan ???

      “MANA BERANI BAKAR KAPAL PENCURI IKAN CHINA”

      •  

        beri tepuk tangan2…. mbah kok bisa memprediksi… ajarin dong…

        •  

          Nelayan China dilindungi Oleh PLAN yang terdiri dari Puluhan Fregat dan corvet dan juga sejenis kapal patroli bersenjata. Nelayan China sudah biasa sangat terlalu jauh ke selatan hingga ke natuna ataupun ke arafuru.

          Dan selama itu pula seluruh negara negara asean tidak ada yang berani melarang meskipun nyata tiap hari laut mereka di jarah.

          •  

            usaha preventif nya mbah?… masa kita nunggu dia masuk ke daerah kita… adakah caralain?

          •  

            usaha preventifnya adalah dengan memperbanyak jumlah kapal perang jenis fregat 200 unit, LHD 5 unit, SU-35 50 Unit di taruh di Natuna. Gitu donk keren dikit.

            Uangnya ???? pasti ada mbah yakin, indonesia kaya,

          •  

            kemandirian produksi kita bagaimana? klo beli terus kita gak mandiri2 dong…

      •  

        Mbah…TKI mau di deportasi dari malaysia mbah…kira – kira kalau malon balas dendam kapal nelayannya ada yg dibakar kira – kira TKI kita di apain mbah…

        •  

          Mbah ngak bisa prediksi dik, belum ada bisik bisik yang masuk.
          soalnya malaysia masih mengamat amati, tindakan apa yang dilakukan pemerintah terhadap kapal china ini.

          Yang pasti Malaysia malaysia akan semakin menjadi-jadi, jika kita tidak bakar kapal pencuri ikan china.

    •  

      Mbah bowo…..klo besok dapet kapal gede2…tpi g dibakar kyak yg punya nelayan vietnam,,,,walhasil pilih pilih….kyaknya besok gua mau jadi cucumu aja deh mbah,,,mau belajar kewibawaan dari mbah bowo ajadeh ,,,,,daripada jadi pengecut,,,,,,,,

  15.  

    Lo kok kekeluargaan sih bu susi,harus adil dong,jangan tebang pilih…

  16.  

    nah gtu kl nangkep kapal china di indonesia timur aj dulu,, trz liat reaksi china,, jgn sampe insiden jammer d natuna terulang,, kali ini PLAN tidak berkutik,, b susi belajar dr pengalaman p susilo,, lanjutkan

  17.  

    Janjine bakar ,,yo bakar kok,, iq kok jdi kekeluargaan,,,,kalo takut bilang takut,,,,klo beraninya sama rakyat kecil,,,,mending MBAH BOWO,,aja yg jadi mentri,,,huh,,.sekali bakar yo bakar mbah yo (mbah bowo aq nyalon jadi CUCUMU yg siap membelamu jika diejek rakyat jkgr mbah yo…….klo kpal gede2 yg ditangkep g jadi dibakar,,,(mbaca tulisan KEKELUARGAAN diatas,,,jadi emosi aq )

  18.  

    MAKANYA KALAU BERANI YA BERANI SEKALI
    KALAU PENAKUT YA JANGAN MAEN GERTAK-GERTAK
    KALAU KAYAK GINI, MALU DILIHAT DUNIA, PASTI BESOK BERITA DIMANA-MANA ???

    YANG DIHADAPI CHINA
    CHINA TIDAK TAKUT APAPUN.
    KAPAL NELAYAN MEREKA AMAN MENJARAH SELURUH ISI LAUTAN LAUT CHINA SELATAN.

    •  

      Di saat konflik lcs memanas apa tindakan Rusia ya Mbah…

      •  

        Mbah yakin Russia Diam saja, ngak ada kepentingan di Laut China selatan. Mereka hanya jualan senjata.,

        •  

          klo rusia diberi kesempataan invest di natuna giamana… mau gak mau di akan melindungi natuna…???? piye mbah???

          •  

            Russia hanya jual senjata dek, Tapi mbah yakin dan prediksi mbah sedikit kemungkinan salah, yaitu China memang mengincar laut natuna. selagi mereka ngak merevisi peta mereka yang ada di pasport mereka, mbah tetap tidak percaya.

          •  

            Betul mbah ini… kenapa cina begitu besar-besaran inves di kita dia punya maksud untuk mencaplok Natuna…sehingga kita tidak bisa berbuat banyak dan ini sudah dibuktikan omongan ibu susi…kapal nelayan cina nggak usah ditenggelamkan kalo bisa di negosiasi saja kalo bisa dari hati-ke hati…apa kata dunia….maaf komen saya mungkin salah… serta hati-hati dengan yang disebut jalur sutra yang akan di aktifkan….Waspadalah 20X…

          •  

            Investasi besar besaran adalah cengkraman yang mematikan, Ekonomi dari hulu sampai hilir sudah dikuasai.
            Infrastruktur dan properti mereka juga kuasai.

            Coba tebak, tinggal apa lagi ??

            “LAUTAN DAN DARATAN”

            Coba tebak, Warga China di Indonesia dan di Malaysia maupun di seluruh asean mau bela siapa jika Konflik sudah meletus skala besar ?

  19.  

    Penangkapan kapal china tsb berdasarkan laporan masyarakat !!!
    artinya bukan dari hasil pendeteksian radar ??? kenapa tidak tercover oleh radar kita ???
    Tapi hukum harus tetap ditegakan, tidak boleh pandang bulu,……………TENGGELAMKAN !!!

  20.  

    kenapa tidak dibakar saja seperti kemarin kapal kecil milik nelayan vietnam..jangan pilih-pilih jika mau tegas ya jangan nanggung kapal siapa pun itu gak pandang bulu bakar ya bakar kenapa sama nelayan china kok sepertinya……………?????

  21.  

    lama lama mbah bowo yang dibakar….haha…

  22.  

    BAKAR……..
    BAKAR……….
    BAKAR SEKARANG JUGA………..

    ADIL….
    ADIL….
    ADIL……
    BERTINDAK HARUS ADIL.

  23.  

    Mbah, nek dah dibakar, saya pengin sampeyan masuk ke kapal buat ngecek tuh kapal dibakar apa dikasih kembang Api. Siap kan?

  24.  

    “Game Age of Empayer”

  25.  

    keinginan dan impian Mbah :

    – Kapal pencuri ikan dari china itu dikumpulkan di tengah laut
    – di Rudal dengan rudal buatan china
    – Disaksikan Pejabat negara
    – Ditayangkan live oleh beberapa media televisi
    – Agar Rakyat Bangga
    – Pemimpinnya Bermental Baja.

    •  

      sudah mbah…. tak mungkin terjadi mbah… bisa gila kita memikirkan itu…

    •  

      “Jangan banting pintu jika merasa masih ingin lewat pintu tsb“

      Bakar kapal china sama saja ngajak perang mbahh….
      Indonesia belum siapp perang dengan dgn tiongkok…
      ??
      mbah tebak sendiri deh skor nya brp kalo itu terjadi..

      •  

        Bener Bang Haji, Mbah masih gamang kalau terjadi perang dengan China. Tapi Gimana lagi Bang Haji, Hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu.

        Jika perahu nelayan pencuri ikan asal vietnam yang sekecil itu di bakar, maka seharusnya Kapal Pencuri Ikan china yang besar harus juga diperlakukan sama.

        Jujur, Malam ini rasa keadilan saya terusik melihat artikel diatas.

    •  

      Kalo yg itu jgn deh mbah.ane tdk setuju 100%. Entar asu ketawa kegirangan.ini gimana ngasih pencerahanya sampe luber gitu.????…(prihatin)

    •  

      suatuuu hal yg mussstahaaaal itu mbaaah…

      cm mimpii wae iku mbaaaa…

  26.  

    Apa bu? Kekeluargaan? Hahahahahaha……….!!! LoL..!! Asli ngakak ampe guling guling nih baca artikel…

  27.  

    Berhentilah kalian berteriak-teriak mencemooh karena china tidak perduli kapal nelayannya ditenggelamkan atau tidak. Mereka tetap akan datang. Bersiaplah.

  28.  

    Tenang mbah baru juga jam2an blm berhari2, yg kemaren di tenggelamkan aja harus tunggu lama buktinya baru kemaren di tenggelamkan nya sedangkan di tangkapnya sdh lama, sabar mbah org sabar di syg tuhan apalagi mbah yg sdh tue bntar lgi ngadep
    Peace 😀

    •  

      diatas kan sudah disebut di artikel Bu Mentri Bilang, “diselesaikan secara Kekeluargaan”

    •  

      Harusnya di Bakar, itu kan sudah jelas mencuri ikan. Jangan diselesaikan secaara kekeluargaan, Logikanya ini gimana ? Padahal kemarin kan baru saja bakar bakaran perahu nelayan ??

      Trus menjelaskan Ke Rakyat bagaimana pula ? Terkesan kan takut dengan china.

      Lha kalau begini kan jadi malu maluin sendiri, mending kemarin-kemarin jangan bakar-bakaran perahu dulu.

      •  

        Sabar Mbah, Diadili dulu, kayak Kapal Vietnam kemarin
        (Itu jg kekeluargaan)…
        trus nanti ada keputusan nya, setelah kapal disita, ya terserah mau di apain, Dijual kek, Dibakar kek…
        yg pasti itu kapal udah pasti kena di SITA..sama negara.

  29.  

    Pertanyaan Mbah sangat jelas dan tegas !!!!

    1. Berani ngak bakar kapal china yang terbukti mencuri ikan ? Kalau ngak berani maka stop berhenti “teriak teriak mau bakar kapal”.

    2. Kalau ngak berani bakar tolong dong jelasin ke rakyat apa alasannya ngak mau bakar kapal pencuri ikan china ?

    3. Jelasin juga dosa apa sampai perahu kecil pencuri ikan asal vietnam kemarin hari di bakar, sedangkan kapal besar pencuri ikan China tidak dibakar ?

  30.  

    mbah …
    ane kagak takut ma PLA, sesama manusia koq, tinggal adu nyali
    ane kagak takut ma kaprang

  31.  

    Yen wani ojo wedi-wedi..yen wedi ojo wani-wani !

  32.  

    Kalau saya simple aja. ALLAH aja nga minta bayar memberinya rezeki termasuk ikan. Sampai kiamat pun ikan itu nga akan habis. Malah kita yg capek menangkapnya.

  33.  

    Yang kemarin koar koar bakar kapal, sekarang pada diam semua, yang kemarin dukung Bu mentri dan membagus baguskan pada diem semua ????

    Hah ? kenapa ? Hah ?……………………….

    masih hebat Vietnam kalau gitu, Vietnam tidak takut dengan China.
    Vietnam hebat dalam segala galanya, soal keberanian dan Nyali.

  34.  

    Masalah ini bukan masalah sepele, ini masalah wibawa dan harga diri bangsa.

    Kapal China memang sengaja mencuri ikan. Gitu Kokdiselesaikan secara kekeluargaan. Kemarin-kemarin diliput media lokal dan asing, di wawancarai, di eluk elukkan, di bilang hebat dan sebagainya.

    Kejadian Inikah yang kalian katakan hebat ?
    Apa ngak mengusik rasa keadilan adek adek semua ???

    bayangkan, itu kapal china kapal besar, banyak lagi.
    masak ngak di bakar ????

    Lha terus Gembar gembor “saatnya bakar kapal” itu bagaimana ?

    Tolong dong jelasin ke Rakyat.

  35.  

    SEKARANG INI NEGERI NEGERI JIRAN SEDANG MEMERHATIKAN TINDAKAN APA YANG AKAN DI AMBIL OLEH JOKOWI.JIKA TINDAKAN JOKOWI BERAT SEBELAH DAN TIDAK MENGAMBIL LANGKAH MEMBAKAR KAPAL KAPAL NELAYAN CINA INI MAKA NEGERI NEGERI JIRAN ASIAN AKAN MULA MEKANDANG JOKOWI UDAH TIDAK PUNYA SEMANGAT ASIAN DAN INDONESIA TIDAK MUNGKIN SUKSES SELAMANYA TANPA BANTUAN NEGERI NEGERI JIRAN NYA ASEAN.AYO JOKOWI LAKSANAKAN PERINTAH MEMBAKAR KAPAL KAPAL’NELAYAN DINA INI UNTUK MEMBUKTI JOKOWIMMENGHORMATI SEMANGAT ASEAN ITU SENDIRI

  36.  

    Sepanjang bukti syah dan meyakinkan tidak ada pandang bulu pada siapapun yang salah… sekalipun itu kapal Cina kalau salah harus DITINDAK, saya yakin RRT tidak tidak akan membela yang salah. Saatnya bangun dikniti bangsa Indonesia!
    Yang senang bangsa sendiri di bully silahkan pilih negara lain karena Anda tidak layak menyandang status WNI ?!

  37.  

    Udah mending berani nangkep…yg dari china… yg dulu2 mah ga berani nangkep yg sono….. lha. Tinggal kita dorong untuk dilakukan penenggelaman juga…..

  38.  

    Yach . . sami mawkn ga ada bedanya
    Hukum tajam buat ramyat dan pengusaha kecil tapi tumpul buat yg kelas kakap
    Kalau kmrn nenggelamin kapal2, kecil tp knp sekarang ga berani nenggelamin sama kapal yg berrtonase besar, padahal mrk yg plg ràkus mengeruk sumber daya alam kita.
    Memang susah ngebedain bunyi omongan sama kenthut.

  39.  

    Tidak dibakar khusus china, tapi ditukar dengan rudalnya he he he

  40.  

    Otak baru dipakai kalau menghadapi tembok, gak ngurus dibilang mencla mencle… yang penting ratting terjaga…!!!

  41.  

    Krempulnya yang ane ambil dari postingan ini…MULUT MU HARIMAU MU…kalau kaga bisa singkron ucapan ma tindakan ya jangan banyak ngomong n gembar gembor ( pikir dulu sebelum bicara ), ane naik puun kecapi dulu sambil bawa karung…

  42.  

    perahu vietnam bakar, perahu malaysia bakar, perahu filpina bakar, kapal cina wkwkwkwk

  43.  

    Mulai skarang kudu respek sma mb ah bowo dan kudu nyimak b aik2 wejangannya. dia bisa memprediksi dgn tepat bahwa gk mungkin pemerintah skarang berani memb akar kapal cina. Hidup mbah bowoooooooo

  44.  

    harusnya di laut arafuru mengeful hitam …..
    tanda NKRI memang bertaji, menghempaskan semua mafia dan pencuri …
    tidak pandang siapa, yang namanya pencuri ya pencuri ….
    kecuali memang anget anget kuku ….
    pagi dele sore tempe ….

    jalaseva jayamahe ….

  45.  

    “dengan cara kekeluargaan & dri hati ke hati” bu…..???????

    Proses melalui hukum yg berlaku d negara kita, jk emang salah ya hrus sama hukuman ny…. Tenggelamin / di bakar.
    Apa emang gni hukum di negri ini…yaitu hukum “tebang pilih”…
    Jgn cz kasus ni n kata2″ kekeluargaan&dr hati ke hati” qt di cap tidak adil, cemen, bermental tempe dll

  46.  

    Hihihi……lucu….kemarin ramae bilang kapal dibakar, eh ternyata sampan. pas beneran kapal yg di tangkap, diselesaikan secara kekeluargaan.

  47.  

    iya pak jokowi buktikan merahmu

  48.  

    Mbah..sudah tua mbah mau mati saja..

  49.  

    Baca ini :
    http://utama.seruu.com/read/2014/11/04/233482/menteri-susi-buat-kerjasama-penangkapan-ikan-dengan-6-negara
    Inilah diplomasi antar negara, treatmentnya jelas beda dong antar Asean/ di luar Asean.
    Nggak usah diributin berani/ tidak lawan China yg penting tindakan terus konsisten dan dukungan diplomasi yg kuat, insya Allah pencurian ikan berkurang.

    •  

      Sudah gk konsisten , sampan kere dari vetnam dibakar pake ngundang media asing segala. Giliran kapal cina yg segede bagong 300gt ‘akan diselesaikan dengan cara keleluargaan dan dari hati ke hati ‘ . jiaaaaahhhh, srbentar lagi kita akan dibully forumer2 luar

  50.  

    ndang matio ae wo…

  51.  

    :mrgreen:… Time Will Tell…

  52.  

    Haha lucu,,,yg Gede di proses secara kekeluargaan,,yg kecil hangus,,,smoga Tegas ya baik gede maupun kecil,,,,harapan rakyat kecil,

  53.  

    NEK WANI OJO WEDI WEDI
    NEK WEDI OJO WANI WANI

    SETUJU MA MBAH BOWO:
    TEGAKKAN WIBAWA NKRI, JANJI HRS DITEPATI APAPUN YANG BAKAL TERJADI NANTU

    BAKAAAAAAR….

  54.  

    ManA? MAN A ? MANA HAH ? YG KEMAREN TERIAK2 BAKAR2, manA yg bilang kita punya pemimpin kerempeng berhati singa ? Udah jelas depan mata ada kapal segede b agon g 300gt, klo emang brani bakar jgn hanya berani dengan sampan nelayan kere dari vetnam

  55.  

    BAKAR…………
    BAKAR…………
    BAKAR KAPALNYA………………………….
    BAKAR KAPALNYA SEKARANG JUGA………………………………………………………..

    JANJI ADALAH SEBUAH KALIMAH SAKTI
    WAJIB DITEPATI

  56.  

    Mending dibalik’yg kecil kekeluargaan!! Yang Gede2 Bakar,,,,harapan rakyat kecil,,

  57.  

    Mbah buatkan puisi Untuk Negeri China Yang Agung Penguasa IKan seluruh Lautan.

    NEGERI PARA PEMBERANI
    oleh Bowo Kusumo

    WAHAI NEGERI PARA KESATRIA PEMBERANI
    TEMPAT BERKUMPULNYA PASUKAN-PASUKAN ABADI
    YANG DENGAN GAGAH PERKASA BERLAYAR JAUH KESELATAN
    MENERAPKAN TANGAN BESI BAGI YANG MELAWAN

    TERBUAT DARI APAKAH HATIMU WAHAI PASUKAN PEMBERANI
    DARI BESI DAN BAJA, ATAUKAH DARI INTAN PERMATA
    HINGGA TIADA ADA RASA TAKUT LAGI
    SUNGGUH ENGKAULAH PASUKAN-PASUKAN ABADI.

    KAMI MERASA LEMAH JIKA BERHADAPAN DENGANMU
    KAPAL ARMADAMU SANGAT BESAR DAN CEPAT.
    DERU OMBAK PECAH DILAUTAN TERBELAH KAPAL PERUSAKMU
    KEHENINGAN BAWAH LAUTAN TERUSIK KEHADIRAN KAPAL SELAM MU.

    BURUNG-BURUNG PUNYA NALURI AKAN KEHADIRANMU
    TERBANG MENYINGKIR MENDENGAR DERU PESAWAT FLANKERMU.
    APALAGI KAMI YANG LEMAH DAN TIADA BERDAYA
    HANYA MENGHARAP BELAS IBA DARIMU WAHAI PARA KESATRIA.

  58.  

    Yang kemarin bilang Tentara China ngak serem, Lucu lucu wajahnya Bantahlah mbah sekarang !!!!!

    TENTARA TENTARA CHINA ADALAH PATRIOT TERLATIH PEMBERANI DAN HEBAT

    ITU HARUS DIAKUI

    BUKTINYA APA ??

    “TUH KETAKUTAN NGAK BERANI BAKAR KAPAL PENCURI IKAN CHINA”

  59.  

    saya kira tinggal nunggu ketok palu pak jokowi,
    kalo bakar ya bakar…
    kalo di kembalikan ya di kembalikan…..
    kita toh tinggal ngelihat doang kebijakan apa yang bakal diambil…
    kalo melihat gelagat yang terjadi sebelumnya bahwa presiden mendukung kebijakan mentri susi, pasti di bakar…. tinggal nunggu momen yang tepat. bisa besok, lusa, minggu depan, bulan depan atau tahun depan

    •  

      Klise, alesan terus cari cara aman, kenapa ? hah Kenapa ?

      Bangsa ini adalah bangsa besar, pantang mundur !!!!!

      BAKAR KAPAL CHINA SEKARANG JUGA
      TUNJUKKAN WIBAWA NEGARA INI.
      AGAR TIDAK DIJADIKAN BAHAN OLOK-OLOKAN
      KARENA CUMA BERANI PERAHU NELAYAN KECIL.

  60.  

    Harusnya sesuai pepatah Jawa…

    “YEN WANI OJO WEDI WEDI….. YEN WEDI YO OJO WANI WANI…” ( kalau berani ya jangan takut takut, kalau takut ya jangan berani berani ).

    Sebagai WNI saya mendukung pemerintah berantas pencurian ika…. tetapi hukum dan ketetuan harus dijalankan secara tegas tanpa pandang bulu…. Semoga amanah sesuai JANJI…!!!

  61.  

    Sebenarnya kita tidak takut dan tidak pernah takut pada bangsa asing yang menakutkan bangsa kita sendiri Mereka rela jual harga diri demi kepentingan pribadi dan golongan akhirnya mengorbankan kedaulatan negara dan bangsa Tercinta ini yaitu “Indonesia”. Semoga, kita tidak larut dalam perpecahan, waspadalah perang itu sudah dimulai.

    Salam NKRI.

  62.  

    para MFB klo ada artikel politik ekonomi dsb sering protes, yang dibahas alutsista aja…

    ada situasi seperti ini langsung melihat analisanya hitam-putih, naif banget !

    emang negara gak boleh ada pamrih, gak boleh punya pertimbangan berlapis2 ? ? ?

    sudah cukup banyak KRI mengusung rudal cina, klo hubungan memburuk, terus harus cari pemasok lain ?, bagaimana radar, cms dsbnya ? gimana klo diembargo lagi gara2 masalah HAM di papua (alasan gampang, bisa dicari2)…

  63.  

    dear : Admin

    Dulu saya senang sekali membaca artikel artikel yang berbobot, bisa nambah ilmu, nambah pengetahuan, saling bertukar informasi secara sopan, membangkitkan Nasionalisme terutama buat anak muda seperti saya..
    tapi sekarang…..

  64.  

    salam kenal,….kalo mau bakar ya di bakar kalo ga mau di bakar ya jgan gak-gak,….hidup mbah bowo.,,,

  65.  

    Ini bukan masalah mbah bowo, ini adalah masalah komitmen . permintaan yg sederhana saja agar susi menepati jan jinya un tuk membakar kapal2 pencuri ikan seperti den gan lantangnya susi membakar sampan n elayan miskin v etnam dengan memanggil media dalam.dan luar negri. Ayo pak jokowi bu susi tunjukkan merahmu, tepati janjimu. Hajar siapa pun yg melanggar kedaulatan negri in i kami akan mendukungmu dan mbah bowo akan membuatkan puisi tentang keberanian mu

  66.  

    saya inginnya mungkin 3 atau 4 dari 22 kapal cina yg mau d ledakan,sebelum d ledakan mbah bowo d ikat d tiang salah satu kapal truss…boomm…!!!
    Potongan kapal jd tmpat hunian ikan & potongan tubuh mbah bowo jadi pakan ikan..

    •  

      mbah ini sudah sepuh dek, wajib dihormati,

      Kenapa adek malah marah dengan Mbah ?
      Kan mbah mendukung pembakaran kapal.

      Masalahnya BU Mentri kok jadi katakutan sendiri, padahal kan masalahnya sepele, tinggal bakar saja.
      Lha kemarin Bu Mentri kok pakai undang wartawan segala saat bakar perahu nelayan Miskin pencuri ikan ?

      Kan kalau kayak gini jadi bahan olok-olok negara negara tetangga ?

      Masak beraninya sama perahu kecil milik warga miskin vietnam.
      GILIRAN KAPAL CHINA, TAKUTNYA MINTA AMPUN………. SAMPAI NGAJAK KEKELUARGAAN.

      KAN SUDAH ADA TNI AL YANG SIAP MEMBACKUP KEBIJAKAN BU MENTRI.

  67.  

    Ini bukan masalah mbah bowo, ini adalah masalah komitmen . permintaan yg sederhana saja agar susi menepati jan jinya un tuk membakar kapal2 pencuri ikan seperti den gan lantangnya susi membakar sampan n elayan miskin v etnam dengan memanggil media dalam.dan luar negri. Ayo pak jokowi bu susi tunjukkan merahmu, tepati janjimu. Hajar siapa pun yg melanggar kedaulatan negri in i kami akan mendukungmu dan mbah bowo akan membuatkan puisi tentang keberanian mu

  68.  

    Untuk warjagers…sebenarnya para sesepuh masih hadir disini cuma jadi SR ( Ada yang sambil senyum2, ketawa …de el el).Bagi yang ingin kenal lebih dalam lagi dengan mereka silakan ke FB atau PG…tidak perlu memberikan komen kecewa terhadap Jakarta Greater…setiap warung pasti punya “JUALAN” khas masing-masing…Salam.

  69.  

    Apanya yang propanda, apanya ??? hah
    ? apanya ?? Hah ?? Apanya ???
    Nuduh sembarangan… baca beritanya diatas !!!!!!!!!!!!!!

    “Bu Mentri Ngomong diselesaikan Secara Kekeluargaan”

  70.  

    mbah bowo yg terhormat,,kapal cina kan baru semalam d tangkap,kan harus di identidikasi secara kseluruhan,gk ujug2 d bakar..
    Dan berita yg saya tau gk ad tu bu susi bilang kapal cina akan d urus secara kekeluargaan.

    •  

      ada kok dek widi beritanya, di online juga ada, mbah mengamati.

      Oke mbah bisa menyadari ngak langsung di bakar.
      Tapi di proses hukum sesuai hukum yang berlaku, TAPI

      DAN PADA AKHIRNYA RAKYAT INDONESIA MENANTIKAN KAPAL CHINA PENCURI IKAN ITU DI BAKAR DAN DI KIRIM KE DASAR LAUT ARAFURU.

      BIAR SEMUA DUNIA TAU, INDONESIA TIDAK MAEN MAEN.

      TIDAK ADA KATA KATA KEKELUARGAAN, DARI HATI KE HATILAH, ATAU OMONG KOSONG LAINNYA, BAKAR YA BAKAR. SUSAH AMAT SEH….. MODAL BENSIN 5 JERIGEN SAJA KOK REPOT.

  71.  

    semangat mbah bowo…. ane dukung….

  72.  

    APA SEH SUSAHNYA BAKAR KAPAL CHINA PENCURI IKAN ITU ?

    MBAH KASI TAU CARANYA YA ?

    1. BENSIN 5 JURIGEN
    2. KAIN SEBAGAI SUMBU
    3. KOREK API

    TARUH JERIGEN BERISI BENSIN ITU DI ANJUNGAN, GELADAK, BURITAN DAN LAMBUNG KAPAL. SUMET SUMBUNYA, MELEDAK DEH TUH KAPAL.

    BERES KAN ?

  73.  

    ayoooo mbah semangat

  74.  

    ALASANNYA ADA SAJA KALAU SUDAH BERHADAPAN DENGAN KAPAL PENCURI IKAN CHINA.

    YANG INILAH, ITULAH, TOT RUDAL LAH, INVESTASILAH, KEKELUARGAAN LAH, DARI HATI KE HATI LAH, APALAH, OMONG KOSONG SEMUANYA !!!!!!!!!!!!!!!!

    HARGA DIRI BANGSA SEDANG DI PERTARUHKAN !!!!

    BAKAR KAPAL PENCURI IKAN CHINA ITU SEKARANG JUGA !!!!
    RAKYAT INGIN BUKTI !!!!!
    BUKTIKAN, BAKAR TUH KAPAL !!!!
    RAKYAT PASTI MENDUKUNG.

  75.  

    Memangnya saya salah apa ?

    Kok jadi mbah yang disalahkan ?
    Mbah menyadari kamu masih muda dek,
    Tidak layak bagi mbah berdebat dengan dek Borneo.

    TAPI TOLONGLAH

    INIKAN MEMALUKAN KALAU NGAK BERANI BAKAR KAPAL BESAR PENCURI IKAN DARI CHINA.

    APA KATA NEGARA KAWASAN, KAN JADI MEMALUKAN DAN JADI BAHAN OLOK-OLOKAN.

  76.  

    Pemerintah sudah memperhitungkan dengan matang sebelum keputusan tenggelamkan kapal ilegal fishing dibuat.Artinya sudah berhitung dengan berbagai skenario dan kemungkinan.Jangan dikira RI takut dengan China dalam masalah ini.Bagi kami (para patriot) tak ada rasa takut menghadapi siapapun..Justru yg takut (sebaliknya) mungkin mereka ..sotoy nih…Untuk jangka panjang, Indonesia sangat dibutuhkan oleh China..masalah bakar kapal gak akan mengganggu tat tet tot atau ote ote atau apalah…katanya tot rudal, kerjasama satelit atau apalah..akan terkena imbasnya.Itu sama sekali gak ngaruh !..emangya tot rudal cuma denga china ?.. trus kerjasama satelit hanya dengan China?..jadi tanpa cina RI Nothing gitu ?? hehehe..jangan underestimate negara sendiri.justru cina yg akan rugi kalau tidak kerjasama dengan RI..Kapal Ilegal fishing yg berasal dari mrk pasti akan ditenggelamkan.Marah atau kesal karena kebijakan yg terkesan pilih2 ya boleh2 saja..cuma jangan lebay.cek dan rechek lagi…setiap berita atau informasi apapun sikapi dengan tenang dan cari sumber lain….

  77.  

    iya si bowo agen oz makanya bakarin kita terus kalo kita geger sama cina kan aman dia sibos bowo

  78.  

    Wah bahaya nih Ibu Menteri Susi , kalo sama vietnam dan malaysia. kapalnya langsung dibakar dan ditenggelamkan. Kalo dengan kapal Cina Bertonnase besar bicaranya hati ke hati tidak ditenggelamkan.Memang kenapa Bu Menteri takut dengan Cina?

  79.  

    Membakar kapal ikan yg segitu banyak adalah salah satu kemubaszziran, sdh segitu banyak kerugian negara atas pencurian ikan ini (10 thn aja di x 300 tirliyn Hasilnya = bayar utang negara,penambahan alustista,lapangan pekerjaan).. Pesan sy “Jika pemerintah ngotot pembakaran kapal ikan asing sama Sj membiarkan pemuda2 indonesia nganggur,, kapal asing yg ditangkap sdh Sgt mmbantu negara tp lbh membantu lg jika kapal ikannya di pergunakan membuka lapangan kerja, itung2 mengembalikan kerugian negara,,

  80.  

    Kapal nelayan kecil punya tetangga sesama negara asean dibakar, giliran yang ketangkep kapal besar punya Tiongkok langsung lembek kayak tape.. Besok-besok bu menteri nggak usah koar-koar mau bakar lagi deh kalo pelaksanaannya nggak konsisten gini

 Leave a Reply