Dec 082014
 

Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menangkap 22 kapal China berlayar ilegal di laut Arafuru. “Kami tangkap kemarin jam 3 sore. Hasil tangkapan akan di bawa ke Tiongkok,” ucap Susi dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (8/11/2014).

Susi mengungkapkan, kapal besar berukuran mencapai 300 gross tonnage (GT) itu kedapatan tak menggunakan sistem identifikasi otomatis (AIS). Padahal, semua kapal besar terdaftar wajib memilikinya jika berlayar di laut Indonesia.

“Di Singapura kapal sekecil apapun pakai AIS semua. Kita juga usulkan nanti jangan kapal besar saja pakai AIS tapi kapal diatas 20 GT dipasangkan AIS atau transponder,” tegasnya.

Susi menginginkan kasus ini diselesaikan secara kekeluargaan. Untuk itu, dia meminta Kementerian Luar Negeri menghubungi kedutaan China di Indonesia.

“Saya juga sudah minta Menlu menghubungi dubes Tiongkok dan membicarakan ini. Kita pembicaraan hati ke hati. Komitmen bersama dunia atas pelarangan praktek ilegal fishing karena tidak ramah lingkungan.”

Selain itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga berhasil menangkap tiga kapal tak taat aturan. Yaitu, KM Manokwari 1-3.

Tiga kapal tersebut menyalahi aturan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) dan Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI).

Susi mengungkapkan, penangkapan tersebut berdasarkan laporan masyarakat via layanan pesan pendek masuk ke telepon selulernya pukul 1 dini hari.

Susi langsung meneruskan pesan tersebut ke Kepolisian Daerah Manokwari untuk dilakukan penangkapan.

“KM Manokwari 1-2-3 kita belokkan informasi dari masyarakat ke Polda. Jam 1-2 dini hari, SMS berseliweran.”

Dia tidak menjelaskan lebih detil asal muasal KM Manokwari tersebut.

“Peran aktif masyarakat partisipasi luar biasa. Mereka merasa diladeni, ditanggapi. Saya juga buat Satgas yang membuat masyarakat menjadi partisipan aktif di depan. (Merdeka.com).

  256 Responses to “Menteri Susi Tangkap 22 Kapal Ikan Tiongkok”

  1.  

    Krempulnya yang ane ambil dari postingan ini…MULUT MU HARIMAU MU…kalau kaga bisa singkron ucapan ma tindakan ya jangan banyak ngomong n gembar gembor ( pikir dulu sebelum bicara ), ane naik puun kecapi dulu sambil bawa karung…

  2.  

    perahu vietnam bakar, perahu malaysia bakar, perahu filpina bakar, kapal cina wkwkwkwk

  3.  

    Mulai skarang kudu respek sma mb ah bowo dan kudu nyimak b aik2 wejangannya. dia bisa memprediksi dgn tepat bahwa gk mungkin pemerintah skarang berani memb akar kapal cina. Hidup mbah bowoooooooo

  4.  

    harusnya di laut arafuru mengeful hitam …..
    tanda NKRI memang bertaji, menghempaskan semua mafia dan pencuri …
    tidak pandang siapa, yang namanya pencuri ya pencuri ….
    kecuali memang anget anget kuku ….
    pagi dele sore tempe ….

    jalaseva jayamahe ….

  5.  

    “dengan cara kekeluargaan & dri hati ke hati” bu…..???????

    Proses melalui hukum yg berlaku d negara kita, jk emang salah ya hrus sama hukuman ny…. Tenggelamin / di bakar.
    Apa emang gni hukum di negri ini…yaitu hukum “tebang pilih”…
    Jgn cz kasus ni n kata2″ kekeluargaan&dr hati ke hati” qt di cap tidak adil, cemen, bermental tempe dll

  6.  

    Hihihi……lucu….kemarin ramae bilang kapal dibakar, eh ternyata sampan. pas beneran kapal yg di tangkap, diselesaikan secara kekeluargaan.

  7.  

    iya pak jokowi buktikan merahmu

  8.  

    Mbah..sudah tua mbah mau mati saja..

  9.  

    Baca ini :
    http://utama.seruu.com/read/2014/11/04/233482/menteri-susi-buat-kerjasama-penangkapan-ikan-dengan-6-negara
    Inilah diplomasi antar negara, treatmentnya jelas beda dong antar Asean/ di luar Asean.
    Nggak usah diributin berani/ tidak lawan China yg penting tindakan terus konsisten dan dukungan diplomasi yg kuat, insya Allah pencurian ikan berkurang.

    •  

      Sudah gk konsisten , sampan kere dari vetnam dibakar pake ngundang media asing segala. Giliran kapal cina yg segede bagong 300gt ‘akan diselesaikan dengan cara keleluargaan dan dari hati ke hati ‘ . jiaaaaahhhh, srbentar lagi kita akan dibully forumer2 luar

  10.  

    ndang matio ae wo…

  11.  

    :mrgreen:… Time Will Tell…

  12.  

    Haha lucu,,,yg Gede di proses secara kekeluargaan,,yg kecil hangus,,,smoga Tegas ya baik gede maupun kecil,,,,harapan rakyat kecil,

  13.  

    NEK WANI OJO WEDI WEDI
    NEK WEDI OJO WANI WANI

    SETUJU MA MBAH BOWO:
    TEGAKKAN WIBAWA NKRI, JANJI HRS DITEPATI APAPUN YANG BAKAL TERJADI NANTU

    BAKAAAAAAR….

  14.  

    ManA? MAN A ? MANA HAH ? YG KEMAREN TERIAK2 BAKAR2, manA yg bilang kita punya pemimpin kerempeng berhati singa ? Udah jelas depan mata ada kapal segede b agon g 300gt, klo emang brani bakar jgn hanya berani dengan sampan nelayan kere dari vetnam

  15.  

    BAKAR…………
    BAKAR…………
    BAKAR KAPALNYA………………………….
    BAKAR KAPALNYA SEKARANG JUGA………………………………………………………..

    JANJI ADALAH SEBUAH KALIMAH SAKTI
    WAJIB DITEPATI

  16.  

    Mending dibalik’yg kecil kekeluargaan!! Yang Gede2 Bakar,,,,harapan rakyat kecil,,

  17.  

    Mbah buatkan puisi Untuk Negeri China Yang Agung Penguasa IKan seluruh Lautan.

    NEGERI PARA PEMBERANI
    oleh Bowo Kusumo

    WAHAI NEGERI PARA KESATRIA PEMBERANI
    TEMPAT BERKUMPULNYA PASUKAN-PASUKAN ABADI
    YANG DENGAN GAGAH PERKASA BERLAYAR JAUH KESELATAN
    MENERAPKAN TANGAN BESI BAGI YANG MELAWAN

    TERBUAT DARI APAKAH HATIMU WAHAI PASUKAN PEMBERANI
    DARI BESI DAN BAJA, ATAUKAH DARI INTAN PERMATA
    HINGGA TIADA ADA RASA TAKUT LAGI
    SUNGGUH ENGKAULAH PASUKAN-PASUKAN ABADI.

    KAMI MERASA LEMAH JIKA BERHADAPAN DENGANMU
    KAPAL ARMADAMU SANGAT BESAR DAN CEPAT.
    DERU OMBAK PECAH DILAUTAN TERBELAH KAPAL PERUSAKMU
    KEHENINGAN BAWAH LAUTAN TERUSIK KEHADIRAN KAPAL SELAM MU.

    BURUNG-BURUNG PUNYA NALURI AKAN KEHADIRANMU
    TERBANG MENYINGKIR MENDENGAR DERU PESAWAT FLANKERMU.
    APALAGI KAMI YANG LEMAH DAN TIADA BERDAYA
    HANYA MENGHARAP BELAS IBA DARIMU WAHAI PARA KESATRIA.

  18.  

    Yang kemarin bilang Tentara China ngak serem, Lucu lucu wajahnya Bantahlah mbah sekarang !!!!!

    TENTARA TENTARA CHINA ADALAH PATRIOT TERLATIH PEMBERANI DAN HEBAT

    ITU HARUS DIAKUI

    BUKTINYA APA ??

    “TUH KETAKUTAN NGAK BERANI BAKAR KAPAL PENCURI IKAN CHINA”

  19.  

    saya kira tinggal nunggu ketok palu pak jokowi,
    kalo bakar ya bakar…
    kalo di kembalikan ya di kembalikan…..
    kita toh tinggal ngelihat doang kebijakan apa yang bakal diambil…
    kalo melihat gelagat yang terjadi sebelumnya bahwa presiden mendukung kebijakan mentri susi, pasti di bakar…. tinggal nunggu momen yang tepat. bisa besok, lusa, minggu depan, bulan depan atau tahun depan

    •  

      Klise, alesan terus cari cara aman, kenapa ? hah Kenapa ?

      Bangsa ini adalah bangsa besar, pantang mundur !!!!!

      BAKAR KAPAL CHINA SEKARANG JUGA
      TUNJUKKAN WIBAWA NEGARA INI.
      AGAR TIDAK DIJADIKAN BAHAN OLOK-OLOKAN
      KARENA CUMA BERANI PERAHU NELAYAN KECIL.

  20.  

    Harusnya sesuai pepatah Jawa…

    “YEN WANI OJO WEDI WEDI….. YEN WEDI YO OJO WANI WANI…” ( kalau berani ya jangan takut takut, kalau takut ya jangan berani berani ).

    Sebagai WNI saya mendukung pemerintah berantas pencurian ika…. tetapi hukum dan ketetuan harus dijalankan secara tegas tanpa pandang bulu…. Semoga amanah sesuai JANJI…!!!

  21.  

    Sebenarnya kita tidak takut dan tidak pernah takut pada bangsa asing yang menakutkan bangsa kita sendiri Mereka rela jual harga diri demi kepentingan pribadi dan golongan akhirnya mengorbankan kedaulatan negara dan bangsa Tercinta ini yaitu “Indonesia”. Semoga, kita tidak larut dalam perpecahan, waspadalah perang itu sudah dimulai.

    Salam NKRI.

  22.  

    para MFB klo ada artikel politik ekonomi dsb sering protes, yang dibahas alutsista aja…

    ada situasi seperti ini langsung melihat analisanya hitam-putih, naif banget !

    emang negara gak boleh ada pamrih, gak boleh punya pertimbangan berlapis2 ? ? ?

    sudah cukup banyak KRI mengusung rudal cina, klo hubungan memburuk, terus harus cari pemasok lain ?, bagaimana radar, cms dsbnya ? gimana klo diembargo lagi gara2 masalah HAM di papua (alasan gampang, bisa dicari2)…

  23.  

    dear : Admin

    Dulu saya senang sekali membaca artikel artikel yang berbobot, bisa nambah ilmu, nambah pengetahuan, saling bertukar informasi secara sopan, membangkitkan Nasionalisme terutama buat anak muda seperti saya..
    tapi sekarang…..

  24.  

    salam kenal,….kalo mau bakar ya di bakar kalo ga mau di bakar ya jgan gak-gak,….hidup mbah bowo.,,,

  25.  

    Ini bukan masalah mbah bowo, ini adalah masalah komitmen . permintaan yg sederhana saja agar susi menepati jan jinya un tuk membakar kapal2 pencuri ikan seperti den gan lantangnya susi membakar sampan n elayan miskin v etnam dengan memanggil media dalam.dan luar negri. Ayo pak jokowi bu susi tunjukkan merahmu, tepati janjimu. Hajar siapa pun yg melanggar kedaulatan negri in i kami akan mendukungmu dan mbah bowo akan membuatkan puisi tentang keberanian mu

  26.  

    saya inginnya mungkin 3 atau 4 dari 22 kapal cina yg mau d ledakan,sebelum d ledakan mbah bowo d ikat d tiang salah satu kapal truss…boomm…!!!
    Potongan kapal jd tmpat hunian ikan & potongan tubuh mbah bowo jadi pakan ikan..

    •  

      mbah ini sudah sepuh dek, wajib dihormati,

      Kenapa adek malah marah dengan Mbah ?
      Kan mbah mendukung pembakaran kapal.

      Masalahnya BU Mentri kok jadi katakutan sendiri, padahal kan masalahnya sepele, tinggal bakar saja.
      Lha kemarin Bu Mentri kok pakai undang wartawan segala saat bakar perahu nelayan Miskin pencuri ikan ?

      Kan kalau kayak gini jadi bahan olok-olok negara negara tetangga ?

      Masak beraninya sama perahu kecil milik warga miskin vietnam.
      GILIRAN KAPAL CHINA, TAKUTNYA MINTA AMPUN………. SAMPAI NGAJAK KEKELUARGAAN.

      KAN SUDAH ADA TNI AL YANG SIAP MEMBACKUP KEBIJAKAN BU MENTRI.

  27.  

    Ini bukan masalah mbah bowo, ini adalah masalah komitmen . permintaan yg sederhana saja agar susi menepati jan jinya un tuk membakar kapal2 pencuri ikan seperti den gan lantangnya susi membakar sampan n elayan miskin v etnam dengan memanggil media dalam.dan luar negri. Ayo pak jokowi bu susi tunjukkan merahmu, tepati janjimu. Hajar siapa pun yg melanggar kedaulatan negri in i kami akan mendukungmu dan mbah bowo akan membuatkan puisi tentang keberanian mu

  28.  

    Untuk warjagers…sebenarnya para sesepuh masih hadir disini cuma jadi SR ( Ada yang sambil senyum2, ketawa …de el el).Bagi yang ingin kenal lebih dalam lagi dengan mereka silakan ke FB atau PG…tidak perlu memberikan komen kecewa terhadap Jakarta Greater…setiap warung pasti punya “JUALAN” khas masing-masing…Salam.

  29.  

    Apanya yang propanda, apanya ??? hah
    ? apanya ?? Hah ?? Apanya ???
    Nuduh sembarangan… baca beritanya diatas !!!!!!!!!!!!!!

    “Bu Mentri Ngomong diselesaikan Secara Kekeluargaan”

  30.  

    mbah bowo yg terhormat,,kapal cina kan baru semalam d tangkap,kan harus di identidikasi secara kseluruhan,gk ujug2 d bakar..
    Dan berita yg saya tau gk ad tu bu susi bilang kapal cina akan d urus secara kekeluargaan.

    •  

      ada kok dek widi beritanya, di online juga ada, mbah mengamati.

      Oke mbah bisa menyadari ngak langsung di bakar.
      Tapi di proses hukum sesuai hukum yang berlaku, TAPI

      DAN PADA AKHIRNYA RAKYAT INDONESIA MENANTIKAN KAPAL CHINA PENCURI IKAN ITU DI BAKAR DAN DI KIRIM KE DASAR LAUT ARAFURU.

      BIAR SEMUA DUNIA TAU, INDONESIA TIDAK MAEN MAEN.

      TIDAK ADA KATA KATA KEKELUARGAAN, DARI HATI KE HATILAH, ATAU OMONG KOSONG LAINNYA, BAKAR YA BAKAR. SUSAH AMAT SEH….. MODAL BENSIN 5 JERIGEN SAJA KOK REPOT.

  31.  

    semangat mbah bowo…. ane dukung….

  32.  

    APA SEH SUSAHNYA BAKAR KAPAL CHINA PENCURI IKAN ITU ?

    MBAH KASI TAU CARANYA YA ?

    1. BENSIN 5 JURIGEN
    2. KAIN SEBAGAI SUMBU
    3. KOREK API

    TARUH JERIGEN BERISI BENSIN ITU DI ANJUNGAN, GELADAK, BURITAN DAN LAMBUNG KAPAL. SUMET SUMBUNYA, MELEDAK DEH TUH KAPAL.

    BERES KAN ?

  33.  

    ayoooo mbah semangat

  34.  

    ALASANNYA ADA SAJA KALAU SUDAH BERHADAPAN DENGAN KAPAL PENCURI IKAN CHINA.

    YANG INILAH, ITULAH, TOT RUDAL LAH, INVESTASILAH, KEKELUARGAAN LAH, DARI HATI KE HATI LAH, APALAH, OMONG KOSONG SEMUANYA !!!!!!!!!!!!!!!!

    HARGA DIRI BANGSA SEDANG DI PERTARUHKAN !!!!

    BAKAR KAPAL PENCURI IKAN CHINA ITU SEKARANG JUGA !!!!
    RAKYAT INGIN BUKTI !!!!!
    BUKTIKAN, BAKAR TUH KAPAL !!!!
    RAKYAT PASTI MENDUKUNG.

  35.  

    Memangnya saya salah apa ?

    Kok jadi mbah yang disalahkan ?
    Mbah menyadari kamu masih muda dek,
    Tidak layak bagi mbah berdebat dengan dek Borneo.

    TAPI TOLONGLAH

    INIKAN MEMALUKAN KALAU NGAK BERANI BAKAR KAPAL BESAR PENCURI IKAN DARI CHINA.

    APA KATA NEGARA KAWASAN, KAN JADI MEMALUKAN DAN JADI BAHAN OLOK-OLOKAN.

  36.  

    Pemerintah sudah memperhitungkan dengan matang sebelum keputusan tenggelamkan kapal ilegal fishing dibuat.Artinya sudah berhitung dengan berbagai skenario dan kemungkinan.Jangan dikira RI takut dengan China dalam masalah ini.Bagi kami (para patriot) tak ada rasa takut menghadapi siapapun..Justru yg takut (sebaliknya) mungkin mereka ..sotoy nih…Untuk jangka panjang, Indonesia sangat dibutuhkan oleh China..masalah bakar kapal gak akan mengganggu tat tet tot atau ote ote atau apalah…katanya tot rudal, kerjasama satelit atau apalah..akan terkena imbasnya.Itu sama sekali gak ngaruh !..emangya tot rudal cuma denga china ?.. trus kerjasama satelit hanya dengan China?..jadi tanpa cina RI Nothing gitu ?? hehehe..jangan underestimate negara sendiri.justru cina yg akan rugi kalau tidak kerjasama dengan RI..Kapal Ilegal fishing yg berasal dari mrk pasti akan ditenggelamkan.Marah atau kesal karena kebijakan yg terkesan pilih2 ya boleh2 saja..cuma jangan lebay.cek dan rechek lagi…setiap berita atau informasi apapun sikapi dengan tenang dan cari sumber lain….

  37.  

    iya si bowo agen oz makanya bakarin kita terus kalo kita geger sama cina kan aman dia sibos bowo

  38.  

    Wah bahaya nih Ibu Menteri Susi , kalo sama vietnam dan malaysia. kapalnya langsung dibakar dan ditenggelamkan. Kalo dengan kapal Cina Bertonnase besar bicaranya hati ke hati tidak ditenggelamkan.Memang kenapa Bu Menteri takut dengan Cina?

  39.  

    Membakar kapal ikan yg segitu banyak adalah salah satu kemubaszziran, sdh segitu banyak kerugian negara atas pencurian ikan ini (10 thn aja di x 300 tirliyn Hasilnya = bayar utang negara,penambahan alustista,lapangan pekerjaan).. Pesan sy “Jika pemerintah ngotot pembakaran kapal ikan asing sama Sj membiarkan pemuda2 indonesia nganggur,, kapal asing yg ditangkap sdh Sgt mmbantu negara tp lbh membantu lg jika kapal ikannya di pergunakan membuka lapangan kerja, itung2 mengembalikan kerugian negara,,

  40.  

    Kapal nelayan kecil punya tetangga sesama negara asean dibakar, giliran yang ketangkep kapal besar punya Tiongkok langsung lembek kayak tape.. Besok-besok bu menteri nggak usah koar-koar mau bakar lagi deh kalo pelaksanaannya nggak konsisten gini