Sep 122017
 

Prototype Tank Medium FNSS-Pindad (FNSS)

Jakarta – Prototipe Tank Medium hasil kerjasama Pemerintah Indonesia dan Turki diperkirakan tiba di Indonesia pada 23 September mendatang.

Vice President Technologi and Development PT Pindad, Heru Puryanto mengatakan tank medium tersebut dalam proses pengiriman menggunakan jalur laut. Menurut Heru, Indonesia nantinya hanya menerima bagian platform atau bagian bawah mesin dari Tank Medium, seperti dilansir Anadolu Agency, Sabtu, 9/9/2017.

“Sekarang prototipe pertama sedang dikapalkan ke Indonesia untuk ikut parade HUT TNI 5 Oktober, dan sekarang masih dalam perjalanan. Tapi kita sedang menunggu solusi bagaimana datang lebih cepat,” ujar Heru kepada Anadolu Agency.

Untuk melengkapi tank medium itu, PT Pindad akan memasang dan merakit bagian turret atau meriam dan juga sistem komunikasi. “Dan itu hanya platform saja tanpa turret dan radio. Setelah prototipe itu datang, kita integrasikan,” ujar Heru.

Heru menerangkan, agar dapat beroperasi maksimal, tank medium nantinya akan melalui tahapan uji final yang dilakukan pada November 2017 mendatang.

Adapun prototipe kedua Tank medium yang dibuat di Indonesia, saat ini masih dalam proses pembuatan dengan rencana tahap uji final pada tahun 2018.

“Prototipe kedua yang dibuat di Indonesia direncanakan kita assembly [rakit] selesai 2017. Tapi belum dites karena prototipe pertama belum dites. Final tes baru di November. Setelah itu baru akan diterapkan di Indonesia,” ujarnya.

Indonesia dan Turki sepakat bekerjasama untuk membuat prototipe tank medium melalui PT Pindad dengan produsen alutsista FNSS Savunma Sistemleri, Turki.

Prototipe pertama dibuat di Turki dan prototipe kedua dibuat di Indonesia. Setelah launching pada 5 Oktober nanti, PT Pindad menargetkan produksi medium tank ini sebanyak 20 unit pada 2018 mendatang.

 Posted by on September 12, 2017