Jan 072016
 
Klub A Air-to-Surface Missile (photo : portierramaryaire)

Klub A Air-to-Surface Missile (photo : portierramaryaire)

Rusia siap menjual sistem rudal Klub-A 3M-54AE untuk melengkapi jet tempur Su-30MK2 Angkatan Udara Vietnam. 3M-54AE (Klub A) adalah rudal anti-kapal dari keluarga Rudal Klub yang diluncurkan dari pesawat.

Rudal ini memiliki dua-tahap peluncuran roket. Tahap 1 rudal menempel di laut, terbang dengan kecepatan subsonik Mach 0,8 dan tiba-tiba melonjak menjadi 2,9 Mach ketika mendekati target, membuat sistem pertahanan strategis kapal perang musuh memiliki sangat sedikit kesempatan untuk intersepsi. Rudal Klub-A memiliki hulu ledak semi-armor piercing berbobot 200 kg, berat rudal dikurangi menjadi 1.950 kg sesuai dengan kendaraan untuk membawa dan jangkauan maksimum 300 km.

Sebelum menyatakan menjual Klub-A, militer Rusia telah menjual rudal anti kapal Kh-59MK untuk melengkapi pesawat tempur multiperan Su-30MK2.

Rudal Klub A

Rudal Klub A

Kh-59MK adalah rudal anti-kapal yang dikembangkan dari rudal jelajah darat Kh-59 Ovod (AS-13 Kingbolt), digunakan untuk menghancurkan jenis target di air dengan luas reflektor radar yang kecil, untuk serangan siang dan malam, di segala cuaca dan gelombang laut hingga level 6.

Fitur khusus rudal Kh-59MK adalah membawa 2 mesin termasuk motor roket berbahan bakar padat yang ditempatkan di bagian ekor dan mesin turbofan yang dipasang di bawah badan pesawat, untuk kecepatan subsonik Mach 0,88. Rudal ini memiliki berat 900 kg, hulu ledak 320 kg. Namun kelemahan rudal ini tidak bisa menghancurkan kapal perang yang besar.

Dari dua jenis rudal di atas, mana rudal yang tepat untuk digotong oleh pesawat tempur Su-30MK2 ke Vietnam ?

Jika kita membandingkan parameter dasar, maka rudal 3M-54AE (Klub A) terbukti unggul dari rudal Kh-59MK, dari kemampuan untuk terbang yangfleksibel, meskipun rudal Klub-A membawa hulu ledak yang lebih kecil tapi masih memiliki kekuatan ekstra untuk melawan satu kapal destroyer dengan 1 tembakan.

Su-30MK+Kh-59MK2-KnAAPO-1S

Namun rudal (Klub A) 3M-54AE memiliki kelemahan “mematikan” yakni berat badan terlalu berat hingga 1.950 kg, sedangkan tiang (pylons) di pusat badan Su-30MK2 hanya mentolerir berat maksimal 1.500 kg. Jika Anda ingin membawa rudal Klub-A, di Su-30MK2, maka harus menjalani proses memperkuat chassis yang sangat kompleks. Mirip dengan Su-30MKI India yang melakukan perbaikan rangka untuk bisa membawa rudal BrahMos.

Sementara itu, Kh-59MK relatif kecil dibandingkan Su-30MK2 dan dapat membawa 5 rudal jenis ini. Kemampuan untuk mengintegrasikan Su-30MK2 tanpa perubahan khusus untuk rudal Kh-59MK, menjadi keuntungan besar.

Oleh karena itu, setelah munculnya informasi Su-30MK2 Vietnam telah dilengkapi dengan rudal Kh-59MK, hampir pasti rudal 3M-54AE tidak memiliki kesempatan, untuk diangkut. Rudal Klub A, 3M-54AE akan dibeli jika Angkatan Udara Vietnam pada masa mendatang mengoperasikan versi Su-30SM dengan chassis yang telah diperkuat untuk menanggung beban rudal yang berat.

BaoDatViet.vn

  21 Responses to “Menunggu Modifikasi Su-30MK2, untuk Mengangkut Rudal Klub A”

  1. Unos

  2. Hampir Goib…

  3. Kutunggu jandamu bila kamu merindukan aku..
    Kurelakan kamu berpaling sejenak ke india dan vetnam..
    Kutunggu dan aku siapkan pesawatku bila kamu ingin memelukku…
    Ku akan selalu menunggu kemana kamu pergi aku tetap setia menunggumu… SALAM GOIB…

  4. absen….

  5. Kutunggu jandamu bila kamu merindukan aku..
    Kurelakan kamu berpaling sejenak ke india dan vetnam..
    Kutunggu dan aku siapkan pesawatku bila kamu ingin memelukku…
    Ku akan selalu menunggu kemana kamu pergi aku tetap setia menunggumu… SALAM GOIB……

  6. Rudal tersebut mempunyai 2 slot untuk pylons….
    Su-30SM only for Russia Air Force….
    Su-35 bisa membawanya, seperti yg ditunjuk gambar pertama pada ajang MAKS beberapa tahun lalu.
    Bomber Full-back juga berkemampuan sama, namun belum diijinkan untuk diekspor.
    Selain bisa diinstall pada multi-role fighter/bomber, jenis rudal tersebut sebelumnya lazim dibawa oleh Strategic bomber sekelas Tupolev untuk menenggelamkan armada kapal perang kelas berat milik lawan.
    Rudal jenis tersebut ditujukan untuk menangkal strategi US yg lebih condong menggunakan kapal permukaan kelas medium-berat terutama armada kapal induk.
    Tidak hanya dibawa oleh pesawat, rudal jenis ini juga digunakan oleh platform kapal selam dan kapal permukaan. Penamaan ”Club” pada rudal jenis ini sebenarnya hanya sebagai klasifikasi saja. Club-A (Air) untuk peluncuran dari platform udara (pesawat), Club-S (Submarine) peluncuran dari kapal selam dan Club-N (Naval) untuk kapal perang permukaan.

    • Ngak juga su30SM juga dipakai oleh kazakstan air force. Ini variant sama dgn india dan malaysia punya. Maksud nya klu vietnam mau guna missile ini, mereka harus membeli su30sm kedepan supaya ngak lagi di modifikasi seperti apa yg mereka miliki skrng su30mk2. Su30mk2 bisa juga menggunakan missile ni tapi harus modifikasi berat pada rangka nya.

      • @Salam….
        Lalu apa perbedaan mendasar Su-30 SM dengan Su-30 Mk2, Su-30 MKI, Su-30 MKM, dan Flanker jenis lain sehingga menjadikannya berbeda terutama pada struktur dan bahan dasar penyusun rangka yg berpengaruh pada daya angkut ataupun yg mempengaruhi struktur dan rangka pesawat jika membawa beban yg sama beratnya???
        Bukanya seri SM lebih condong ke multi-role fighter daripada bomber???

    • Sekalian numpang nanya bung, club-k sebenernya betulan ada apa engga sih? soalnya banyak berseliweran di youtube.

  7. Klu mendengar yg ghoib pada pesimis bro,tenang yg ghoib bikin gregetan ,ini namanya poliik pusing,strategi bikin ngilu lawan

  8. Vietnam sangat serius mengasah taring sebagai persiapan menghadapi kemungkinan konflik di lcs. Calon musuh Vietnam di lcs adalah China yg memiliki kekuatan laut sangat kuat, jauh dari Vietnam. Selain kemungkinan terjadi bentrok dg China di perbatasan darat China – Vietnam, maka kemungkinan terjadi bentrok dilaut adalah sangat mungkin, mengingat kepulauan spratly yg diperebutan China, Vietnma dan beberapa negara asia tenggara yg lain berada ditengah laut china selatan.
    Pilihan rudal KH-59MK untuk melengkapi SU-30MK2 adalah pilihan taktis dan strategis untuk menghadapi kapal-kapal China. Tentu rudal ini bersifat aktif agresif karena dibawa dg pesawat tempur SU-30MK2 menuju sasaran, sementara untuk pertahanan pantai (pasif) Vietnam memiliki K-300P Bastion dan konon rudal ini mampu menyerang pangkalan Angkatan Laut China di Shanya yang terletak di pulau Hainan.
    Sementara Vietnam yg sibuk melengkapi berbagai peralatan tempur sbg persiapan menghadapi konflik lcs, Malaysia malah terdengar sepi dari gosip, kurang terdengar persiapan apa yg sdg dilakukan oleh angkatan bersenjatanya. Barangkali Malaysia lbh “mengghoibkan” alutsistanya agar mampu membuat kejutan pd musuh atau berharap dpt dukungan dari kawan FPDnya..

    • Malaysia ngak mengoibkan bos, skrng malaysia memberi tumpuan kepada pembangunan menyeluruh untuk capai tahun 2020, maka duit nya habis di situ. Tapi malaysia juga sudah miliki missile kh-59me dan juga mempunyai AGM harpoon. Ngak masalah kedepan juga boleh dibeli kalau mau Kh-59mk dan missile baru Klub A 3M-54AE. Banyak pilihan, brahmos juga salah satu missile terbaik. Su30mkm ngak perlu dimodifikasi berat lagi kerana sama dgn model su30SM dan su30mki untuk dipasang missilex2 Klub A 3M-54AE dan Brahmos yg berat. Su35 juga ngak masalah dgn ini.

  9. Kita lihat dan tunggu aja …
    Setiap negara yang terlibat di LCS memainkan strategi nya masing-masing … Pion-pion sudah dijalankan.
    Kita tunggu mana negara yang akan ‘memenangkan’ game di LCS …

  10. Apakah kita berminat pada rudal ini atau secara diam2 sudah ada barangnya dimari

  11. kutunggu jandamu…….!!!

    artikel Mantaps……!!!!!

    akan kunanti …akan tertarik…..akan berminat……..GHOIB….GHOIB….!!!

  12. SU30mk2 ganti kelamin? Diujung penantian F22ID Blue Ocean TNI-AU

 Leave a Reply