Menutupi Kesiapan Tempur F-35, Angkatan Udara AS Butuh F-15X

Ten F-35C Lightning II aircraft assigned to the Argonauts of Strike Fighter Squadron (VFA) 147 sit on the flight line, Feb. 27, 2019 at Naval Air Station Lemoore. © MC2 Manuel Tiscareno via U.S. Navy

JakartaGreater.com – Keputusan Pentagon untuk menambah armada F-15X baru ke dalam permintaan anggaran untuk Angkatan Udara AS, merupakan sebuah langkah yang tidak diminta oleh layanan itu sendiri, didasarkan pada kurangnya kemampuan dan kapasitas armada F-35 saat ini termasuk biaya yang lebih murah untuk Eagles, menurut petinggi militer kepada anggota parlemen AS pada hari Kamis, seperti dilansir dari laman majalah Angkatan Udara (Air Force Magazine).

Permintaan anggaran tahun 2020 Pentagon mencakup sekitar US $ 1 miliar untuk 8 unit F-15EX “Advanced Eagles”, adalah sebuah keputusan yang berasal dari mantan Menteri Pertahanan AS Jim Mattis.

Kepala Staf Gabungan Jenderal Joseph Dunford mengatakan kepada Komite Angkatan Bersenjata Senat AS bahwa “kerangka kerja” keputusan telah berasal dari sebuah studi tentang kebutuhan masa depan armada pesawat taktis militer, yang mana menunjukkan bahwa Angkatan Udara AS kekurangan jumlah pesawat termasuk jumlah persenjataan yang bisa dibawa oleh pesawat tempur.

“Kemudian ditambah dengan armada F-15C, yang mulai menua pada periode 2027-2028”, katanya, “Jadi, dalam 5 atau 10 tahun ke depan solusi terbaiknya adalah F-15 yang disebut platform EX, untuk mengisi ulang armada F-15. Akhirnya kita akan sampai pada program semuanya F-35, tapi dari perspektif biaya dan perspektif kemampuan, campuran pesawat khusus ini untuk jangka waktu dekat ditentukan menjadi komposisi yang paling tepat”.

Peningkatan kemampuan angkut rudal udara-ke-udara jarak jauh AIM-120 jet tempur F-15 Jepang © Boeing

F-15EX pada awalnya hanya akan “sedikit” lebih murah untuk dibeli daripada F-35 baru, itu akan lebih lebih murah 50 persen daripada Joint Strike Fighter F-35 untuk beroperasi selama masa pakainya. Selain itu, ia memiliki “dua kali lebih banyak usia layanan” dalam hal berapa lama itu berlangsung.

Rencana Pertahanan 5 Tahun Masa Depan Angkatan Udara menyerukan untuk membeli 80 unit jet tempur F-15EX, meskipun pembelian akhirnya bisa sebanyak 144. Sekretaris Angkatan Udara AS Heather Wilson mengatakan sebelum anggaran dikeluarkan, bahwa F-15 dimasukkan ke dalam anggaran oleh entitas di luar Angkatan Udara AS dan layanan lebih suka membeli lebih banyak F-35.

Tinggalkan komentar