JakartaGreater.com - Forum Militer
Nov 122014
 
Kapal Patroli Tiongkok tembakkan Kanon air ke Kapal Vietnam

Kapal Patroli Tiongkok tembakkan Kanon air ke Kapal Vietnam

Tahun lalu, Presiden SBY sempat kesal karena KTT ASEAN, tidak bisa menemukan kata sepakat/ sikap bersama atas gejolak politik yang meningkat akibat sengketa di Laut Tiongkok Selatan (LTS).

Kini situasi di LTS, bukan lagi hanya perang kata-kata, tapi sudah adu fisik (kapal), seperti kasus Vietnam dengan Tiongkok. Akankah KTT Asean kali ini bisa membuat terobosan ?.


Kepemimpinan nasional Indonesia yang baru diharapkan memiliki kesadaran yang tinggi terhadap potensi-potensi yang dimiliki oleh Indonesia untuk turut berpartisipasi aktif bagi terciptanya perdamaian yang berkelanjutan di kawasan Laut Tiongkok Selatan (LTS), kata seorang pengamat.

“Peran RI terkait dengan upaya menyelesaikan klaim tumpang tindih di Laut Tiongkok Selatan tidak dapat dilepaskan dari kerangka kerja Komunitas ASEAN yang beriringan dengan Kerangka Kerja Kemitraan ASEAN dengan Tiongkok,” kata Direktur Pusat Kajian Indonesia untuk Demokrasi, Diplomasi dan Pertahanan (IC3D) Begi Hersutanto kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Indonesia dapat memainkan peran yang lebih besar di Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan konflik di kawasan LTS. ASEAN yang akan menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-25 di Naypyidaw, Myanmar, pada 12-13 November 2014.

Malaysia, Brunei, Filipina dan Vietnam termasuk anggota ASEAN selain Tiongkok dan Taiwan yang mengklaim sebagian atau seluruhnya dari kawasan Laut Tiongkok Selatan sebagai wilayah mereka.

Begi mengatakan masyarakat ASEAN terbangun oleh tiga pilar utama, salah satu pilar tersebut adalah Komunitas Ekonomi ASEAN dan Masyarakat Sosial Budaya ASEAN yang berpikir ke arah terciptanya derajat interaksi antarekonomi intra-ASEAN pada derajat yang tinggi dan berpikir ke arah pembangunan hubungan antara masyarakat (people-to-people relations) sesama anggota ASEAN.

“Jika implementasi kedua visi pilar tersebut segera terwujud pada tahapan derajat yang signifikan, akan tercipta suatu kondisi ketergantungan antar-ASEAN,” kata pengamat hubungan internasional itu. Menurut dia, hal tersebut cepat atau lambat akan mengundang negara-negara non-ASEAN untuk juga merasa berkepentingan turut serta ambil bagian dalam dinamika ASEAN yang kondusif.

Pendekatan sedemikian rupa, melalui kerangka kerja ASEAN yang tidak berorientasi pada pendekatan keamanan semata, nampaknya lebih visible bagi terciptanya stabilitas dan mencegah terjadinya eskalasi di Laut Tiongkok Selatan. “Dalam hal ini selama dua dekade terakhir terbukti Indonesia berhasil mempromosikan hal tersebut,” kata Begi. (ANTARA).

Berbagi

  46 Responses to “Asa di KTT ASEAN Bulan November”

  1.  

    met siang..

  2.  

    5 besar..:)

  3.  

    No loro…..

  4.  

    Tum mbokmu

  5.  

    Dengan adanya sengketa di LCS, siapa bilang di ASEAN tidak akan ada perang, inilah indikasinya bahwa di ASEAN mungkin saja terjadi perang,
    Indonesia harus bermain cantik, jangan sampai terbawa arus oleh negara2 ASEAN yang memusuhi China !!!

  6.  

    Asean apa kabarmu ?

  7.  

    nyimak dulu,,,,

  8.  

    Indonesia bisa mandiri tanpa asean, lebih baik dukung tiongkok kecuali si upil dan malingsial diusir dari asean baru tercipta kedamaian di asean selama tetangga brengsek itu masih jadi anggota ya tetap seperti itu karena dua tetangga ini ibarat benalu sekaligus mata mata asu cs di kawasan

  9.  

    Semoga hasilnya adalah merekomendasikan semua anggota Asean mengakui kepingin gabung dgn NKRI mjd nusantara

  10.  

    Masih akur gak para asean

  11.  

    Waduuuh panasnya makassar 🙁 , KaLau menurut saya Suara ASEAN akan 1 Visi BiLa Tiongkok sendiri gak mengKLai sepihak daerah2 sengketa Laut Cina seLatan , mudah-mudahan semua mencapai kata sepakat biLa pihak Tianmen bersepakat dengan ASEAN. Insya ALLAH !

  12.  

    Yang ingin aku tnyakan,sjauh mana bentuk tlransi antar ngara asean slama ini.
    sbrapa bsar untung nya buat nkri untuk bisa mrdam api di lcs..
    jangan gara gara ego malah mrugikan kita sndri,

    Sbgai cntoh.,kita mnuntut pmrintah kita untuk bisa mghalau kkuatan cina lcs.
    seolah olah kita lah yang pling brhak untuk bisa mnunduk kan kkuatan cina.,
    smntara coba kita liat negara yg langsung konflik dngan lcs,
    apa mrka dah nglakuin sprti yg kita lakukan.
    justru mreka malah trlalu asyik brmain di rumah kita sndiri,tanpa ada rasa brslah.,
    Lah bukti nya dalam sblan sja dah ada 3 planggaran udara,atupun itu di laut.,
    dan kita juga pasti tau.siapa lagi kalau bukan ngara yg ngku srumpun,
    Dan trakhir tadi jam 9:00 ada lagi yg cba nrobos udara kita.ulah siapa cba.

    Ibarat kata orang tapsel/batak
    Kandang ni dngan di ida.
    tai kandang niba nda di ida.
    /Masalah ttangga kita paling tau.
    tapi masalah rumah sndiri gak prnah taw

    Maaf ea law ada kata kata yg slah.
    maklum buruh kasar.
    slam nkri dari negri sebrang.

  13.  

    Akankah Indonesia gamang menentukan posisinya terkait LCS?

    Banyak negara yang mengharapkan peranan Indonesia terkait masalah LCS, khususnya kemelut antara negara2 anggota ASEAN dan Tiongkok.

    USA dan Jepang sangat berharap bahwa Indonesia dapat memposisikan diri sebagai negara yang mampu menjaga stabilitas ekonomi dan keamanan di wilayah Asia Tenggara.
    Posisi Indonesia memang cukup rumit, di sisi lain memiliki komitmen dengan ASEAN, tetapi di sisi yang lainnya Indonesia pun harus bisa memposisikan diri untuk menjaga kepentingannya di wilayah LCS dan wilayah lainnya dalam NKRI, apalagi meskipun sesama negara anggota ASEAN tetap saja Indonesia sering di rongrong oleh negara sesama ASEAN seperti Malaysia untuk masalah perbatasan, serta dengan Thailand, Vietnam, dan Philipina terkait masalah pencurian ikan, Singapura terkait perbatasan udara serta masalah deportasi, masalah di atas adalah salah satu contohnya. Mungkin hanya dengan Brunai kita relatif lebih mesra.
    Jadi dimana posisi Indonesia?..tentu saja sudah menjadi pakem bangsa ini untuk selalu mnegedepankan keamanan dan diplomasi.
    Disinilah kita akan melihat sampai sejauh mana gebrakan diplomasi para pemimpin bangsa ini dalam menyelesaikan masalah global, karena ketika diplomasi itu berhasil dan menghasilkan win-win solution bagi semua pihak, maka Bangsa Indonesia akan semakin di kagumi atau jika tak menghasilkan sesuatu yang tidak memiliki perubahan maka yang ada hanyalah kegamangan karena semua pihak tidak memiliki kata sepakat…di sinilah kita harus mengambil keputusan yang luar biasa guna mengamankan kepentingan diri kita sendiri….

    •  

      Selama msh ada anggota ASEAN yg msh kurang ajar dan bikin kisruh memancing2 kemarahan Indonesia seperti jiran utara yg mengaku serumpun, dan anggota ASEAN yg lain tidak memberi teguran alias tak perduli dgn tingkah pola jiran utara yg tidak terpuji terhadap Indonesia (padahal jiran utara pongah ini jelas2 telah mencederai etika persahabatan antar negara ASEAN), maka Indonesia akan tetap gamang dlm menentukan sikap. Jangan harap Indonesia mendukung ASEAN dlm sengketa LCS.

    •  

      Yup bung PN,di satu sisi indonesia adalah kunci di kawasan tapi di sisi lain kita juga menghadapi kegalawan,boleh di bilang serba salah. Kita lihat saja sejauh mana pemerintah kita menyikapi terkait kebijakan LCS ini.

    •  

      Prinsip kt adalah : apabila ASEAN baik pada kt, maka kt akan balas dgn balasan yg lebih baik. Apabila ASEAN buruk pada kt, kt akan balas dgn balasan yg lebih buruk. Sy kira sangat simpel.

    •  

      Sebenarnya dimulai masa pemerintahan SBY antisipasi strategis untuk masalah LCS ini sudah dirancang, mulai dari pendekatan diplomatis sampai dengan kemungkinan terburuk yang akan terjadi (konflik senjata). ASEAN mungkin tidak lagi menjadi skala prioritas kita, karena organisasi negara2 Asia tenggara ini tidak sesolid dulu, banyak konflik terselubung dari para anggotanya seperti “api dalam sekam”, dan Indonesia sudah membaca hal ini. Peningkatan kekuatan militer adalah sebuah opsi yang wajib dilakukan dan sepertinya presiden baru kita JKW sudah mulai membaca hal ini dengan adanya peningkatan anggaran militer, kemandirian dalam bidang militer pun terus di genjot hal ini merupakan salah satu cara agar tidak ada lagi tekanan politik yang melemahkan kekuatan militer kita, serta yang terbaru adalah opsi pembelian Eurofighter… kenapa? karena mereka menawarkan TOT, kita memilih Eurofighter di bandingkan SU35 padahal memiliki daya gentar cetar membahana lebih baik dibandingkan Eurofighter dikarenakan memang dalam waktu dekat konflik senjata masih jauh di depan mata dan sekarang pun SU yang ada lebih banyak di gunakan untuk kejar2ran dengan penyusup…prioritas skala panjang patut di lihat karena jika suatu masa kita terjebak dalam konflik LCS dan memaksa kita untuk terjun langsung dalam konflik, setidaknya kita sudah memahami dan mampu membuat pespur sendiri,,(mudah2an)

  14.  

    …Kalau ada artikel baru yg terbit, awal2 diskusi slalu diisi komentar yg seolah brlomba utk mnjadi yg pertama.. Mereka ini anak SD atau apa? Kok msh ada sih badut2 sperti ini nonggol di forum militer pertahanan? Mohon ditertibkan…~

  15.  

    sebuah petikan lama:

    *Berikut petikan wawancara wartawan tempo dengan alexander A ivanov
    Sehubungan dengan kerja sama militer antara Rusia dan Indonesia, Ivanov menekankan tentang kerja sama antara angkatan laut kedua negara. Sebagai negara kepulauan yang terluas di dunia, ujarnya, Indonesia perlu memiliki angkatan laut yang kuat. Indonesia telah membeli kapal selam tipe BNV dengan tipe terbaru dengan teknologi termodern dari Rusia. Kapal selam ini antara lain mampu mengejar target dalam posisi di dalam laut ataupun di permukaan laut.

    ini pernyataan mantan menhan
    Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan hal itu seusai sidang kabinet terbatas bidang keamanan yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (11/8), di Kantor Presiden. Estimasi kebutuhan anggaran pertahanan itu, menurut Purnomo, termasuk pengadaan 10 kapal selam yang baru terealisasi dua buah.

    pertanyaannya jika itu di tahun 2011 sekarang sudah berapa ya KS Kilo kita yang sudah berenang di ZEE indonesia?

    salam Bhineka tunggal ika warjagers semua.
    gemuk, kurus, tinggi, pendek, putih, hitam kita semua anak bangsa Indonesia (NKRI)

  16.  

    Khusus untuk Laut Tiongkok Selatan, Jokowi menyerukan semua pihak untuk menahan diri, menjalankan Declaration of Conduct (DoC), dan mempercepat kesepakatan Code of Conduct (CoC).

    “Saya menyadari, ASEAN telah menjadi aktor dan memiliki kewajiban terhadap masyarakat global. Oleh karena itu, kita harus memastikan lingkungan strategis kita di Asia Timur, yang menjadi pusat gravitasi dunia, tetap damai dan stabil, sehingga kondusif bagi kemakmuran bersama,” urainya. Maju terrus NKRI
    ?
    ?

  17.  

    Khusus untuk Laut Tiongkok Selatan, Jokowi menyerukan semua pihak untuk menahan diri, menjalankan Declaration of Conduct (DoC), dan mempercepat kesepakatan Code of Conduct (CoC).

    “Saya menyadari, ASEAN telah menjadi aktor dan memiliki kewajiban terhadap masyarakat global. Oleh karena itu, kita harus memastikan lingkungan strategis kita di Asia Timur, yang menjadi pusat gravitasi dunia, tetap damai dan stabil, sehingga kondusif bagi kemakmuran bersama,” urainya. Maju terrus NKRI
    ?
    ?

  18.  

    Ada apakah gerangan??? Salam kenal Bung Danu

  19.  

    Pantesan tadi pagi antara jam 11-12 an diatas rumah F16 lewat, kirain ada latihan apa soalnya memang sering gonta-ganti yg lewat dari Halim. Kadang Su, kadang F16, JAT, kadang juga F5, dulu hawk, boeing 737 AU, Herky, dan CN-295. Makanya sy kira latian biasa ternyata lagi scramble. Btw kok F16 nya lepas dari Halim ya? Perasaan Halim nggak ada squadron tempur.

  20.  

    salam bung2 semua, kemarin malam banyak F16 terbang dengan di bunyikannya sirine di iswahjudi.saya kira ??g? terbang malam ternyata diberita ada yang nyelonong masuk wilayah udara kita. Salam dari ???g maspati

  21.  

    Sudah ada d dlm hanggar ndak boleh mabur ndisit hahahaha, pesawatnya itu loh yg dr negara ujung dingin

  22.  

    Asean itu makanan khas Bogor, dari sayur-sayuran:-D hehehe

  23.  

    Papua gimana ya kabarnya papua,,,prajurit as udah22000,,,gimana kbar papuaku ,,,,maaf ,,,,maaf

 Leave a Reply