Nov 272014
 

Penulis : Arief Chaniago Niagara 

Penulis adalah Pelaku Bisnis Kreatif serta aktif pada Lembaga Pengembangan Usaha Madani.

http://www.theglobal-review.com/images/news/Masyarakat%20Ekonomi%20ASEAN.jpg

Masyakarat Ekonomi ASEAN (MEA) atau pasar bebas ASEAN mulai berlaku pada tahun 2015 mendatang. Artinya tidak lama lagi kita bangsa Indonesia akan memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dimana MEA ini mengintegrasikan seluruh negara-negara Asia Tenggara dalam berbagai bidang terutama di bidang ekonomi. Misalnya, mulai dari bidang ketenagakerjaan, investasi, produk, modal, investasi hingga jasa. Ada beberapa keuntungan bagi negara yang sudah siap menyongsog MEA ini, antara lain adalah meningkatkan kompetitif dalam persaingan ekonomi antar negara, serta meratakan pertumbuhan ekonomi antara negara Asia Tenggara.

Konsep dari MEA tersebut digagas oleh negara-negara Asia Tenggara dengan berdasarkan pada ASEAN Economic Blueprint atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yakni pertemuan puncak antara pemimpin-pemimpin negara anggota ASEAN dalam hubungannya terhadap pengembangan ekonomi dan budaya antar negara-negara Asia Tenggara. MEA ini tercetus dalam KTT ke-14 dimana hasil penandatanganan persetujuan pembentukan Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN-Australia-Selandia Baru. Tujuannya adalah meratakan pertumbuhan ekonomi di setiap negara-negara Asia Tenggara. Dengan kata lain menghilangkan kesenjangan ekonomi. Ibarat “Kran air yang selama ini tertutup dan sulit ditembus, kini dibuka selebar-lebarnya”.

Sejumlah pakar dan pengamat ekonomi optimistis bahwa Indonesia mampu menghadapi Masyarakat ekonomi ASEAN. Disela-sela peluncuran buku “Perdagangan Bebas Dalam Perspektif Hukum Perdagangan Internasional” dan dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (15/7/2014) Serian Wijatno dan Dr Ariawan Gunadi, SH, MH. mengungkapkan bahwa Indonesia dapat menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN dengan strateginya sebagai berikut: (a) Manfaatkan hambatan perdagangan untuk mengerem banjirnya produk dan jasa asing (b) Ciptakan sumber daya pengusaha yang kompeten melalui pendidikan dan pelatihan (c) Bentuklah forum sengketa perjanjian perdagangan bebas dengan prosedur yang sederhana dan jelas sehingga kepastian hukum.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menyatakan Indonesia butuh bersiap diri menghadapi ASEAN Economic Community(AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN pada 2015. Menurut dia, selama ini tak terlihat persiapan pemerintah Indonesia maupun pengusaha untuk menghadapi AEC. Menurutnya, AEC harus bisa dihadapi oleh pemerintah bersama pengusaha, juga masyarakat.

Sedangkan menurut Latif Adam, pengamat ekonomi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Diangkatnya Chairul Tanjung (CT) menjadi Menko Perekonomian, menggantikan Hatta Rajasa, bisa jadi merupakan angin segar bagi Indonesia untuk kembali concern untuk mempersiapkan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). setidaknya Chairul Tanjung (CT) dapat mengawal proses persiapan konsolidasi perbankan yang ada. Proses persiapan itulah yang harus memenuhi syarat-syarat, sehingga menghasilkan suatu kebijakan publik. Dimana konsolidasi perbankan nasional sudah tidak dapat dihindari lagi. Kebijakan tersebut menjadi mutlak dalam menghadapi MEA. Jika tidak Indonesia mempersiapkan mulai dari sekarang, imbasnya akan terasa pada saat MEA nanti. Perbankan nasional akan kalah bersaing dengan perbangkan asing. Harapan kita semoga pemerintah yang baru dapat mewujudkan konsolidasi perbankan nasional.

Salah satu aspek penting yang perlu disiapkan dengan cepat bangsa ini adalah SDM yang kompeten. Kualitas sumber daya manusia merupakan faktor penentu keberhasilan pembangunan dan kemajuan suatu bangsa. Para tenaga kerja dari negara MEA yang memiliki kompetensi kerja yang lebih tinggi, tentunya akan memiliki kesempatan lebih luas untuk mendapatkan keuntungan ekonomi di dalam MEA. Dengan demikian, kita harus berusaha dengan sunguh-sunguh untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain, khususnya di kawasan ASEAN. Meningkatkan kualitas SDM harus diarahkan pada penguasaan iptek untuk menopang kegiatan ekonomi agar lebih kompetitif. Pemenuhan SDM yang berkualitas dan unggul karena menguasai iptek, akan berpengaruh terhadap struktur industri di masa depan. Dan apabila sasaran di atas bisa dipenuhi, akan semakin kuat basis industri yang sedang dibangun dan dikembangkan di Indonesia, yang pada gilirannya akan mendorong transformasi struktur ekonomi secara lebih cepat.

Namun salah satu senjata utama yang kita punya untuk memenangkan persaingan MEA ini adalah generasi muda bangsa Indonesia. Pemerintah Indonesia harus fokus untuk memoles generasi muda bangsa ini. Daya saing harus ditingkatkan, menciptakan lebih banyak tenaga kerja yang ahli (skilled labor), berikan perhatian lebih pada generasi muda yang mempunyai potensi besar namun kekurangan dalam segi ekonomi. Salah satu solusinya tarik semua sumber daya manusia yang bekerja diluar negeri dan berikan posisi strategis di industri maupun pemerintahan Indonesia dan berikan bantuan ekonomi pada generasi muda yang memiliki potensi, agar mampu dan terus kreatif.

Harus menjadi perhatian kita semua masyarakat indonesia, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan berlaku tahun depan. Indonesia sebagai salah satu anggota tentunya harus ikut mempersiapkan segalanya, karena yang terpenting adalah bagaimana negara kita sendiri bisa siap bersaing atau tidak dengan negara ASEAN lainnya. Indonesia tidak bisa menunda lagi proses konsolidasi perbankan. Pasalnya hal itu sudah dilakukan negara lain dalam 5 tahun terakhir dalam menghadapi MEA. Sejumlah bankir menyatakan, sepakat soal pentingnya konsolidasi perbankan di Tanah Air khususnya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015.

Agar pasca pelaksanaan MEA 2015, pasar dalam negeri tidak diserbu produk-produk negara-negara ASEAN lainnya, pemerintah perlu mendorong masyarakat Indonesia untuk menggunakan produk dalam negeri, dengan penerapan program cinta produk dalam negeri secatra konsisten dan serius, sehingga industri manufaktur dan industri kreatif dalam negeri terus bertumbuh dan tetap terkendali dari serbuan produk-produk impor dari negara-negara ASEAN lainnya. Oleh sebab itu marilah kita bergabung untuk senantiasa menggunakan produk dalam negeri serta bersatu antara pengusaha dan pemerintah agar tercapai sinergi dan meningkatkan efektiitas dan efisiensi untuk menghadapi tantangan MEA 2015 nanti. (www.theglobal-review.com)

Kiriman dari : Bung Akbar Mbojo

Bagikan :

  50 Responses to “Menyambut Masyakarat Ekonomi ASEAN ( MEA) 2015”

  1.  

    Harus disiapkan semua aspek yang diperlukan agar Indonesia tidak jadi penonton aja

    •  

      klo ane rasa ini ksempatan bagus
      perbankan kita gk maju karna mau ngembangin cabang ke malaysia kebentur praturan yg berat sbelah
      di INA 1cbng ada jaminan 10M sdngkan di mlysia 1cbng jminan 1T
      itu cuma khusus bank asing sdngkan bank lokal tidak
      bgitu juga expor2 kita ke ngara lain
      trmasuk sulit
      indomart mau ke thailand sulit tp sevel gampang
      ane yakin kita bisa
      udara ada garuda dan lion
      infrastruktur ada bnyak yg top
      tekekomunikasi ada telkom yg prtumbuhannya bagus
      dll
      smoga kita mnang di regional
      Aamin

      •  

        Yang masih belum transparan hingga kini: Perdagangan antar negara nanti tidak ada lagi bea masuk. Tapi perdagangan untuk produk dari negara mana?

        Jika asal-muasal barang tidak dibatasi, maka Singapura adalah negara yang paling banyak mendapatkan benefit dari MEA ini. Mereka tinggal impor barang sebanyak-banyaknya dari luar ASEAN semisal China, kemudian distribusi ke sesama MEA.

        Seharusnya asal barang dibatasi, yaitu yang bebas bea hanya yang diproduksi atau dimanufacturing di negara anggota saja, dengan ketentuan sekian % nilai tambah dari negara tersebut. Jika hanya dirakit tapi komponen teteup berasal dari luar ASEAN ya teteup harus kena bea masuk….

  2.  

    Indonesia harus siap, perang dagang, ekonomi dan sumber daya manusia di kawasan sudah dekat!

  3.  

    @Malemjum’atlegi

  4.  

    Rakyat banyak yang susah pak
    Banyak Rakyat Makan Ubi pak
    Ngomong sih gampang ini itu…………………..

    KENYATAAN ???? RAKYAT BANYAK YANG MASIH MAKAN UBI

    KAPAN RAKYAT BISA MAKAN KEJU ??
    KAPAN RAKYAT BISA MINUM SIRUP ??
    SEJAK JAMAN MBAH KECIL KOK YA GINI GINI SAJA.,…….

    ENAK JAMAN PAK HARTO PAK
    BBM MURAH, APA APA MURAH
    MOTOR MURAH
    TANAH MURAH

    SEKARANG BBM RP. 8.500 ? RAKYAT KECIL DI SURUH MAKAN APA PAK ????

    MOHON MIKIR……..
    MOHON PRIHATIN…….
    JANGAN SOK JADI NEGARA MAJU……..
    TIRULAH SINGAPURA
    TIRULAH MALAYSIA…….

    TIRULAH YANG BAEK BAEK SAJA……..

    •  

      mbah sangat prihatin, sangat sangat prihatin, RAKYAT MISKIN TETAP MISKIN, YANG KAYA JADI PRIHATIN…….

      Barang barang naek, pulsa naek, naek angkot naek,
      Banyak orang sakit darah tinggi pak ????????

      •  

        “ENAK JAMAN PAK HARTO PAK”, jangan asbun

        lihat dulu donk bagaimana kinerja suharto, bagaimana dia membangun indonesia (pake apa, cara apa, dengan apa, oleh siapa dan siapa yang diuntungkan), baru anda bicara..

    •  

      Kasian pak

      1. Kasian tukang becak
      2. kasian pemulung
      3. kasian petani
      4. Kasian buruh pabrik
      5. kasian penjual ikan hias
      6. kasian tukang tambal ban
      7. kasian tukang roti keliling
      8. kasian tukang sapu
      9. kasian tukang jahit baju

      YANG NGOMONG NGAK ADA EFEK APA APA KARENA BBM NAIK, MOHON MBAH DI BANTAH SEKARANG ?????

      •  

        Mbah Bowo ngece nih,

        1. Tukang beca makin rame karena bakal banyak orang asia tenggara yang bakal naik.

        2.Tukang mulung berjaya karena bakal banyak sampah plastik dan limbah industri.

        3. Petani bisa mudah jual ke negara tetangga.

        4. Buruh pabrik akan dibayar mahal karena langka dengan banyaknya pabrik yang akan bertambah.

        wes ah capek

      •  

        bowo maning………!!!!!!!!!!
        wo…. tolong jangan memprovokasi……!!!!
        Kowe selalu mengatakan orang indonesia banyak yang miskin……!!!!!!! sebenarnya kowe telah menghina bangsa ini sendiri dengan mengatakan prihatin atas kemiskian merka. sedangkan mereka tidak pernah mengatakan dirinya miskin
        Orang2 seperti anda yang hanya bisa menghina mereka dengan kata2 miskin!!!! sedangkan mereka sebenarnya kaya ( Kaya akan akhlak, Kaya akan kejujuran, Kaya akan hal-hal yng baik) di negeri ini tidak ada orang miskin…!!!!!

        •  

          omong kosong semua retorika itu, yang ada perut kalau lapar harus makan !!!!!!!!

          mohon dek Maning sadari, kalau dek maning lapar harus apa ? jawabannya ya harus makan !!!!!

          Kalau bensin habis mau kemana ? ke pom bensin !!!

          Bensin harganya berapa ??? Rp. 8.500

          Harga beras berapa ?
          harga susu kaleng berapa ?
          semua itu diangkut pakai apa ?

          kaya ahlak bagus, kaya ilmu bagus, tapi kata kata dek nio itu jebakan yang artinya ngak usah kaya, buat apa uang dan sebagainya

          Beras dibeli pakai apa ?
          bensin di beli pakai apa ?

          cukupkah dengan kaya kejujuran, kaya ilmu dan kaya ahlak saja bisa membeli beras ? buat makan ?

          •  

            Bensin mahal tapi kok byk yah masyarakat menengah ke bawah yang ke warung jarak 100m beli rokok naik motor?

          •  

            Sekarang bagaimana manusia itu sendiri untuk berusaha dan berdoa…cara itu yang rasional, dari pada cara anda.

          •  

            Indonesia kan gemah ripah loh jinawi mbah
            bukan kolam ikan tapi kolam susu !!

            ingat itu mbah ???

      •  

        kita wajib sukur mbah..miskin itu tergantung orangnya kalo giat bekerja saya yakin seyakin-yakinya ALLAH akan kasih jalan tp kalo males ya miskin ya tetep miskin. coba kalo subsidi dicabut dialihkan ke infrastruktur jalan, irigasi dan transportasi saya yakin petani akan udah menjual hasil pertaniannya dan tidak dipermainkan para tengkulak. kalo infrastruktur ga memadai aksesnya ya hasil panen yang ditempat terpencil akan susah jualnya dan akhirnya busuk. cabut subsidi bbm juga untuk membangun pusat kesehatan yang terdekat sehingga angka kematian ibu hamil dan yang membutuh kan bisa terjangkau. subsidi juga bisa dialihkan untuk pembangunan sekolah agar anak-anak generasi penerus bangsa tidak perlu menempuk jarak puluhan kilometer, menyeberangi sungai melewati lembah untuk mewujudkan cita-citanya. kita ambil contoh yang paling dekat dengan jakarta banten bagaimana anak-anak sekolah harus bertaruh nyawa untuk menyeberangi jemnatan indiana jhon. jangan lah kita mengeluh BBM naik seakan dunia akan runtuh kita adalah orang yang beruntung hidup diperkotaan liat lah saudara kita yang di papua dan didaerah perbatasan yang terpencil mereka rela membeli bbm dengan harga yang sangat jauh kita beli dan mereka tidak protes..selama kita mau berusaha kita pasti dapat memenuhi kebutuhan hidup kita…pendapat sales
        salam NKRI

      •  

        BETUL MBAH..DULU BANYAK TEMAN NGASIH UANG UNTUK MENCALONKAN JADI PRESIDEN..SEKARANG YANG NGASIH UANG MALAH KESUSAHAN KARENA BBM NAIK.

        DITULUNG MALAH MENTUNG.

    •  

      Aku petani mbah jangan sembunyi di bawah ketiak ku mbah. Aku gak butuh ocehan mu… petani sekarang makmur mbah karena pupuk dan bibit di subsidi pemerintah dan lebih mudah.wong tani gak butuh bensin murah mbah. Penting pupuk karo bibit murah mbah. Contohnya sekarang. Malah aku untung besar mbah karena bensin naik. Jadi harga jual produk pertanian ikut naik mbah. Ini contohnya mbah saya sendiri wong tani ndeso utun… panen cabe 200kg harga jual cabai rawit 55rb… lek mbah bowo masih sembunyi di bawah ketiak petani tak poles ndasmu pakai uang 110juta biar mengkilap.

      •  

        Ketika aku muda, aku ingin mengubah seluruh dunia. Lalu aku sadari, betapa sulit mengubah seluruh dunia ini. Maka aku putuskan untuk mengubah negaraku saja.

        Ketika aku sadari bahwa aku tidak bisa mengubah negaraku, aku mulai berusaha mengubah kotaku. Ketika aku semakin tua, aku sadari tidak mudah mengubah kotaku. Maka aku mulai mengubah keluargaku.

        Kini aku semakin renta, aku pun tak bisa mengubah keluargaku. Ternyata aku sadari bahwa satu-satunya yang bisa aku ubah adalah diriku sendiri.

        Tiba-tiba aku tersadarkan bahwa bila saja aku bisa mengubah diriku sejak dahulu, aku pasti bisa mengubah keluargaku dan kotaku. Pada akhirnya aku akan mengubah negaraku dan aku pun bisa mengubah seluruh dunia ini.

        bowo koplak.. baca diatas itu…
        lalu tanyakan pada dirimu sendiri..
        elu yg uda tua bangka apa sudah melakukan sesuatu yg berguna..
        rubah dirimu menjadi baik sebelum merubah orang lain..

        •  

          dek bonek ini seorang cucu yang kurang sopan, tapi mbah bisa memaklumi, karena dek bonek usianya masih muda, pengalamannya masih sedikit,

          Begini dek bonek, rakyat butuh beras murah dan sembako murah, sedangkan bbm untuk mengangkut itu semua jadi naek, berarti apa ? berarti sembako dan lain lain naek semua.

          Mbah bisa menyadari kalau BBM naek jaman Bapak SBY karena harga minyak dunia naek tajam.

          sekarang jadi aneh kalau harga minyak dunia sedang turun, BBM malah dinaekkan.

          apa ini ? apa ???????????

          Bener kalau DPR menggunakan hak intreplasi

          •  

            Pada segi keuangan negara ini akan baik, jadi ada ruang fiskal. pemerintahan sekarang lagi mencuci piring kotor yang belum sempat tercuci bersih.

            uang itu dialihkan ke aspek produktif, (perlu pengawasan)
            Hak intreplasi hanya aspek politik…(anda kaya yang tidak tau aja)

            masyarakat Indonesia sudah lebih dewasa tercermin dengan intensitas penolakan yang cenderung menurun dibandingkan taun2 sebelumnya. (kalau politik pasti rame)

            coba anda diskusi dengan ekonom…supaya anda pintar.

          •  

            Wkwkwkwk…biasanya orang bangga ngaku muda, lha ini sudah saya pelajari semua komennya, yang namanya Bonek ini usianya sekitar 2-3 tahun lebih tua dari kakek bowo.

            Mbah Bowo itu cuma karena punya muka boros, keriput di usia dini, makanya dipanggil tetangga kanan-kiri sebagai mbah….akhirnya keturutan khayalannya waktu ngentut jadi simbah-simbah 🙂

      •  

        Jika pucuk(trubus) mengguning kemudian menjalar ke batang, akhirnya busuk jaringan diobati pakai apa ya pak Aziz? awal tanam sudah ditabur dolomit dan trichoderma….(disamping fermentasi kohe).

        Mbok saya diajari biar bisa ngelap sendal jepit pakai duit 110jt.
        (bibit dan obat subsidi sudah ada sejak jaman sby)

  5.  

    Komentar ke empat

  6.  

    Hidupppp mbah bowoo….

  7.  

    Yang suka ngomong MIKIR MIKIR MIKIR…………. Mohon harus berfikir menggunakan hati nurani, jangan meliberalkan BBM pak,

    BBM harus tetap di subsidi pak, itu amanat Undang undang pak….

    •  

      nah, kalau liberal cenderung ke pasar..tapi kan nilai BBM lagi turun, jadi kan gak liat pasar…
      apa salah dana konsumtif digunakan untuk hal yang produktif? MIKIR

    •  

      BBM subsidi itu sebenarnya trik pemerintah utk mencegah liberalisasi perdagangan Migas di Indonesia…skr aja contohnya di Jakarta..krn harga Pertamax sdh demikian rendahnya..hanya beda Rp 1.450, dgn BBM subsidi konsumsinya Jakarta naik 100%. nasional naik 40%….dilain pihak Shell juga laku keras…artinya kalo tdk ada BBM subsidi tdk ada maka Petronasdll akan masuk..Pertamina akan ngos2an hadapi pesaing2 baru…tapi itu keniscayaan krn pasti tdk terelakkan..btw..ada yg analisa yg unik..konsumsi BBM Pertamax naik 100% di Jakarta berarti selama ini memang bbm non subsidi memang sangat tdk tepat sasaran krn banyak mobil mewah yg minum BBM subsidi krn harganya murah…Minyak mentah dibawah 80 USD/barrel , dianalisa akan bertahan selama 2015…selamat utk orang Jkt berPertamax Ria he7x..

  8.  

    NGOMONG SIH GAMPANG, SITU SUDAH PERNAH MERASAKAN PENDERITAAN RAKYAT MISKIN BELUM ????? JANGAN SUKA DUKUNG DUKUNG KENAIKAN BBM DEK, NGAK BAEK ITU,

    GUNAKAN NURANI DAN GUNAKAN LOGIKA
    BBM NAIK = BARANG NAEK = RAKYAT SUSAH
    BBM TURUN = BARANG TURUN = RAKYAT BISA SEJAHTERA

    YANG KEMARIN NGOMONG PETANI DAN ORANG DESA NGAK KENA EFEK KENAIKAN BBM SINI BANTAH EMBAH SEKARANG !!!!
    1. memangnya orang desa ngak makan indomie, ngak belanja sabun, ngak beli barang-barang konsumsi ???? hah ????

    2. sudah pasti barang barang konsumsi naek, transportasinya saja menggunakan BBM ????

    •  

      Klo subsidi bbm diganti sm subsidi pendidikan & kesehatan gimana mbah? Sekolah gratis sampe otak nggak sanggup, berobat gratis di semua rumah sakit.Gimana coba mbah?

    •  

      mbah bowo memang luar biasa… mbah bowo cocok jadi anggota DPR,, buat wakilin rakyat kecil yang tertindas dan sengsara seperti mbah bowo ya… walopun tua, giginya tinggal dua, tetp semangat ya…

    •  

      saya malah bingung kalo analisa dipakai..iharga BBM murah rakyat sejahtera…harga BBM naik terus 10 thn ini…tapi penjualan mobil…bisa nembus diatas 1, 2 jutaan, motor 10 jutaan pertahun…harga rumah milyaran kebeli..klas menengah naik dratis keangka 40 jutaan..kalo statistik salah yah saya ikut bohong jg he7x….tapi memang ada orang miskin yg struktural ini krn difabel(cacat)..usia tua…skill yg tdk kompeten…wanita non skill..tdk punya aset produksi..inilah yg harus disupport dgn KPS , KIS, KIP…KUR dll biar anak2nya bisa sekolah terutama kejuruan shg punya skill..bisa bekerja disektor jasa..dll..kalo mau lihat contoh subsidi yg tepat guna itu UAE dan Qatar..shg rakyatnya bisa sekolah gratis sampe ke LN….kesehatan gratis..mau usaha diberi modal dan kemudahan shg tumbuh klas pengusaha yg kuat…..meski belum ideal banget..

  9.  

    maaf…kapling untuk komen diartikel ini akan di borong oleh mbah bowo semua….he..he..he

  10.  

    saya berharap president mengatakan :
    1.”JANGAN BELI PRODUK LUAR”
    2.”MARI PAKAI PRODUK SENDIRI”.

  11.  

    Abaikan orang tua itu… Mbah apalah itu… Shame on you!

  12.  

    Produk kita ga’ kaLah bersaing kok , ApaLagi Produk Motor buatan daLam negri terbukti Tangguh , ViAR memang motor Rakyat , Harga terjangkau , mudah pengurusan kredit nya , sparepart berkuaLitas dengan produk pasaran , dan motor bebeknya GRATIS SERVIS 2 TAHUN , he he he maaf numpang Promo he he 🙂

  13.  

    yah selama asas adil dan produktif sama-sama dijunjung tinggi antarnegara bolehlah MEA berjalan, sebab selama ini kan banyak peristiwa dimana indonesia selalu dirugikan oleh malaysia dan singapura contoh kebakaran hutan di sumatera dan kalimantan.toh nyata-nyatanya yang terbakar kan di hutan milik pengusaha malaysia ataupun singapura, contoh lainnya banyak sekali bank asing bertebaran di indonesia apalagi sampai mengakusisi bank lokal. tapi coba lihat kasusnya bank mandiri buka cabang di singapura. Sulitnya minta ampun. Jangan sampai di MEA ini indonesia banyak dirugikan dan hanya dijadikan budak ataupun sapi perah negara asing. Saatnya kita bangkit Bangsa Indonesia. Buktikan pada dunia kita MAMPU

  14.  

    Produk asing sllu diback up ma pemerintah mereka…

    lah indonesia??? pemerintah tutul kuping..mata..n hati.. sllu menyerahkan pada mekanisme pasar liberal….

    kan ka*pret….

  15.  

    Kalo smua rakyat indonesia pemikiran nya kya mbah bowo kira2 indonesia jdi sperti apa iya ??? Xixixi

  16.  

    Sudah saatnya subsidi bbm dicabut,, untuk dialihkan ke pendidikan dan kesehatan.. kalau mikirnya kayak mbah bowo indonesia ndak akan bisa maju.. mau kaya kerja keras,, mau enak kerja keras,, mau senang yo kerja keras,, mengharap bantuan terus kapan mandirinya,,, saya juga wong cilik,, bahkan untuk mencari kerja dan nafkah kluarga saja saya harus bekerja di luar negri,, biarin aja bbm naik, asal untuk kepentingan yg lebih bermanfaat,, lanjutkan p.jokowi,, walau aku tak memilihmu tapi aku dukung programu… maju terus pantang mundur,,,

  17.  

    Mbah Bowo : SUBSIDI Tidak Membuat KAYA Mbah Tapi Lapangan Kerja Bisa Memungkinkan Jadi KAYA. Disubsidi BBM Sampai Rp 500 Tapi Kalau Mentalnya Miskin Gak Akan Sejahtera.

    SUBSIDI TIDAK MEMBUAT KAYA MBAH.

    Iya Tho??

  18.  

    mbah bowo koplak terlalu semangat komenx, sudah tua tapi semangatnya masih 17-an

  19.  

    maaf saya ikut nimbrung,
    apakah kebijakan naekin bbm ini untuk MEA, ato apa yah..? masih belum bisa di mengerti.
    kalo alasannya memperluas ruang fiskal berapa nambahnya ya…? kan ga bisa hemat seribu nambah seribu trus cukup, karena jasa juga akan ada kenaikan…..selain bahan baku karena ngangkutnya pake mobil orang kaya ( yang punya truk kan orang kaya).
    tapi entahlah, kita rakyat hanya bisa manut, merengek, dan nuntut, keputusan ada di pundak para negarawan da pengambil kebijakan.

  20.  

    Setuju bung…

  21.  

    Apakah dengan dibukanya MEA kita bebas bea cukai bila belanja online dari singapore?

 Leave a Reply