JakartaGreater.com - Forum Militer
Nov 222014
 

BMD-4M, TANK YANG BISA BERENANG DAN TERBANG


image001

Tahun depan akan ada penambahan tank, yakni 54 tank BMD-4M seperti yang disampaikan KASAL Marsetio pada HUT Marinir ke-69 di lapangan tembak Bumi Marinir, Karangpilang Surabaya, 17/11/2014.

Sebenarnya apa istimewanya tank yang diklaim unik dan tank bersenjata paling lengkap di kelasnya ini ?. Keunikan yang pertama tank ini bisa berenang di laut sebagai tank amphibi sehingga cocok dipergunakan oleh pasukan marinir. Yang kedua tank ini bisa diterjunkan dari pesawat sehingga bisa dikirimkan ke medan tempur manapun dengan cepat dan tank ini bisa pula digunakan oleh pasukan lintas udara.

BMD-4M dapat melewati medan air tanpa persiapan khusus. Saat mengapung di atas air, kendaraan ini dapat melaju dengan kecepatan hingga 10 km/jam dan dipacu di jalanan rata dengan kecepatan 70 km/jam dapat mencapai jarak 500 km dengan bahan bakar penuh.

Saat diluncurkan dari pesawat dan mendarat, tank ini dapat langsung operasional dengan persiapan cukup beberapa menit. Dengan lapisan “aluminium diperkeras” yang baru tank ini dapat melindungi awaknya dari senapan ringan dan pecahan peluru artileri.

Tank ini dilengkapi pula dengan suspensi hidropneumatik yang membuat kendaraan ini dapat mengubah ketinggiannya. Dengan suspensi yang fleksibel tank ini dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam pesawat dan dapat dengan mudah pula berkamuflase dalam operasi tempur.

Kepala Perancang BMD-4M Sergey Salnikov menyebutkan kemampuan baru kendaraan ini antara lain penguncian sasaran dan pelacakan, serta cadangan amunisi yang lebih besar. Radius tembakan meningkat hingga tujuh kilometer dengan adanya senapan artileri baru, yang mampu menyerang kendaraan militer ataupun bangunan berbenteng.

Amunisi diisi ulang secara otomatis sehingga mengurangi beban fisik dan fisiologis awak, sementara sistem kendali otomatisnya dapat beroperasi dalam modus pencitraan panas. Senapan artileri 100 mm kendaraan ini dapat menembakkan rudal anti-tank Arkan (PTUR/Protivotankovye Upravlyaemye Snaryady) hampir tanpa suara. Semua karakteristik ini membuat BMD-4M menjadi sistem artileri dan roket gerak otomatis yang multifungsi.

image002

Berikut data teknis Tank BMD-4M

Operasional 2005
Kru 3
Personel 5
                       Dimensi dan berat
Berat 13.6 t
Panjang 6.36 m
Panjang Hull 6.1 m
Lebar 3.11 m
Berat 2.45 m
                           Persenjataan
Kanon 100-mm gun, 30-mm
ATGW Bastion, AT-5 Spandrel
Senapan Mesin 1 x 7.62-mm, 1 x 5.45-mm
Peluncur Granat 1 x 40-mm
                             Mobilitas
Mesin 2V-06-2 diesel
Engine power 450 hp
Kecepatan Maksimal 70 km/h
Kecepatan Di Air 10 km/h
Jarak Tempuh 500 km
BMD-4M ketika diterjunkan dari pesawat

BMD-4M ketika diterjunkan dari pesawat

image006

image007

image008

image010

Hanya butuh beberapa menit utk mempersiapkan tank sebelum siap tempur

Pengirim : Pecinta Wanita (Biro Jepara)

Berbagi

  84 Responses to “Menyambut Tank BMD-4 Marinir”

  1.  

    mantab !

  2.  

    makasih atas editingnya,bung Diego…lebih sip tampilannya

    •  

      Terima Kasih atas kiriman Artikelnya Bung PW.

      Salam

      •  

        Melihat perlindungan personil yg menggunakan alumunium yg di perkeras,, kira2 tahan terhadap senjata kaliber berapa bung diego?

        •  

          Maksimum cal 7,62 bung andri…itu pun jarak tertentu karena kalau jarak dekat bs tembus juga mengingat sifat alumunium yg walau sekeras apapun lebih lunak dr baja…asal gak di bakar aja tuh tank…bs buat ngengoreng telor… :mrgreen:

          •  

            Salah kali om wehr, itu BMD-4M bisa nahan 30 mm kok dari depan. Kl samping sm belakang mungkin armornya lbh tipis. Armornya bukan dr aluminium buat panci lho, tp aluminium armor. Itu BMP-3F sm Scorpion kita juga pake aluminium armor kok. Cb baca2 lg deh..

          •  

            Aluminium diperkeras, itukan sama dgn alloy bung? sama sprt bak mesin dan velg mobil. tp kepadatannya serta komposisi campuran kimia saat pemasakannya dan lbh keras saat dlm peleburan krn dipress. berbeda dibanding dlm membuat velg kenderaan yg komposis kepadatannya lbh rendah. cmiiw.

          •  

            he… he… nick ane kesebut tuch…
            ikutan komen ach…
            ranpur ini merupakan salah satu tank tempur yang diandalkan utnuk melawan tank,helikopter dan pasukan infanteri lawan.
            selain bisa dioperasikan sebagai tank amfibi, BMD-4 juga mampu berperan sebagai ranpur pengangkut personel atau yang dikenal dengan istilah Infanteri Fighting Vehicle (IFV), dalam sekali aksi pertempuran 5 pasukan infanteri bersenjata lengkap dapat dihantar ke medan operasi oleh ranpur ini.
            karena diambil dari sasis BMD-3, Beberapa komponen BMD-4M relatif tidak ada yang berubah. Perbedaan paling kentara antara BMD-4 dan pendahulunya hanya terletak pada persenjataannya.
            untuk memberikan bantuan tembakan ranpur ini selain dilengkapi dengan turret Bakhcha-U juga mempunyai persenjataan meriam kaliber 100 mm 2A70, kanon koaksial otomatis kaliber 30 mm 2A72 dengan berbagai jenis peluru, dan senapan mesin kaliber 7,62 mm PKT yang terletak di atas turret. selain itu kanon 2A70 mampu menembakkan amunisi bertipe “high explosive fragmentation” dan rudal anti tank berpandu laser.
            salam hangat tuk semua.

          •  

            He he baca2 lagi deh bung bayuputra…nih sy kasih linknya…

            https://bpn16.wordpress.com/2010/09/10/keluarga-tank-scorpion-di-jajaran-tni-ad/

            http://tentangmiliter.blogspot.com/2013/12/fv101-scorpion-tank-ringan-utama.html?m=1

            Kan scorpion sekelas neh dgn BMD sama sama alumunium…

            Ngomong ngomong apa dasar anda bilang BMD tahan cal 30 mm? Semua IFV akan bubar kalo dihantam cal 30 mm…itulah kenapa pesawat dan heli berkategori tank buster seperti Warthog dan hind menggunakan cal 30 mm untuk menghancurkan tank bahkan tank utama…khusus MBT yg diincar bagian atasnya yg memiliki lapisan paling tipis terutama penutup mesin…itu baja loh…

          •  

            Walaupun lapisan depan BMD akan jadi tungku kalo dihajar cal 30 mm…

          •  

            “The chassis and the turret of the BMD-4M are of all-welded aluminum which provide a protection for crew and infantrymen against firing of ammunitions up to 30 mm in caliber on the front and against small arms fire of 7.62mm caliber for the sides”.
            tahan cal 30mm didepan dan 7.62 disegala sisinya. kayaknya sudah jelas bung wehr meski sama2 aluminium,tapi scorpie beda kelas sama bmd4m

            http://www.armyrecognition.com/russia_russian_army_light_armoured_vehicle_uk/bmd-4m_airborne_armoured_infantry_fighting_vehicle_technical_data_sheet_specifications_pictures.html

          •  

            Trims bung banzai infonya…sy jd tertarik alumunium apa yg dikembangkan rusia sehingga bisa menahan impak cal 30 mm…apakah hanya janji pabrikan atau sdh teruji…kalau benar alangkah baiknya jika alumunium ini dipakai buat lapisan atas MBT yg rentan serangan udara…kalau rudal AT sih emang gak ada lawan…

          •  

            Udah baca kan bung wehr, bahwa BMD-4M dan BMP-3 dua2nya diklaim bisa nahan 30 mm dari depan. Kl A-10 Warthog sm Mi-35 Hind kl buat ngancurin MBT atau ranpur dgn armor tebal lainnya nggak make cannonnya lho, Warthog kan juga bawa Hellfire dan Hind bawa Ataka, ya jelas itu yang dipake.

  3.  

    Siap…grak

  4.  

    Premium….mantab lanjutkan

  5.  

    posisi 4

    •  

      sayang banget reload amunisinya pake otomatis ga manual

      •  

        Justru utk tank amfibi perlu yg reload otomatis, krn tank amfibi bkn dirancang melawan MBT. jd gak perlu reload manual yg gunanya sebatas dpt memilih amunisi, yg biasanya diperlukan oleh tank berat krn dgn reload manual, comander memeilih peluru afpds utk menjebol bodi tank lawan mwpn HE yg bisa menghancurkan benteng kubu lawan, gudang dan prajurit2 infanteri. sdg kalau utk tank amfibi, reload otomatis lbh baik krn lbh cpt dlm menembak, sangat cocok utk penyerbuan dan pendudukan dan pertahanan garis pantai, dan peluru tank amfibi lbh diperlukan yg berjenis HE fragmantasi yg berguna utk meledakan benteng2 pertahanan pantai, kapal2 patroli, dan penghalang2 sprt batang pohon kelapa dll. jd dgn reload otomatis sangat perlu utk tank amfibi utk penembakan beruntun saat menuju garis pantai lawan yg dpt membuat efek gentar, memporak-porandakan pertahanan dan menurunkan moril prajurit lawan. utk melawan tank berat sekelas MBT jika mmg musuh sanggup menempatkan MBT dipantai yg jls tanahnya byk rawa2 😆 gak perlu pake meriam lg utk menghancurkannya krn biasanya tank amfibi dilengkapi oleh ATGM yg lbh dr ckp menghancurkan MBT. Agar saya ngerti klw anda tdk asal komen, saya kepingin tau alasan anda kenapa anda menyayangkan tank sejenis ini menggunakan reload otomatis? trims.. Salam.

        •  

          Reload otomatis kalo ketemu apes macet di sistem akan butuh waktu relatif lama untuk menyelesaikan masalahnya karena sistemnya lumayan rumit dan tertutup…kalau manual tinggal buka breech keluarkan peluru bermasalah,beres deh…kalo otomatis lagi asyik2 ngoprek meriam macet keburu kena snellvuur kanon meriam atau tank musuh..lebih sial lagi dimasuki granat tangan dr palka atas oleh infanteri musuh…

          Agar saya tdk salah mengerti anda ngawur,bagaimana pendapat sy menurut anda bung bareta?

          •  

            Tp turret area BMD-4M atau BMP-3F kan juga nggak seluas MBT spt Leopard 2. Kl hrs ada crew yg bertugas sebagai loader ya tambah sumpek itu turret. Biasanya amunisi pada tank yang make manual loader kan disimpan di bustle dari turret yang dibatasi blast door, lah ini turretnya mini gitu, mau ditaro dimana itu amunisi cadangan kl make manual loader? Memang ada plus minusnya sistem autoloader dan manual loader. Tp sy percaya Rusia udah mikir masak2 knp mrk milih pake sistem autoloader.

          •  

            Maaf bung werh saya tdk membicarakan masalah apes.. klw mslh apes kita serahkan sama yg diatas krn membahas itu udh pasti ngawur bung :mrgreen: yg saya bicarakan kelebihan reload otomatis utk tank amfibi. masalah macet sepertinya rasionya sangat kecil kemungkinan bung. kalaupun terjadi saya pikir kemungkinannya 1 berbanding 500 utk teknologi alutsista skrg krn dimasa damai sprt skrg pasti pembuat senjata mereverse senjata mrk lbh teliti dan cermat dan kesalahan sistem dan desain pasti sdh sangat di reduksi mrk, kecuali pada masa PD2 dulu, yg mana pabrik2 pembuat alutsista membuat senjata secara massal dgn lbh memprioritaskan dari kuantitas drpd kualitas. jadi gak bisa digeneralisir alutsista pada masa PD2 dgn teknologi alutsista skrg. reload otomatis dan manual punya kelebihan dan kekurangannya msg2. terlepas dr mslh macet yg blm jelas terbukti sering terjadi, yg jelas manual lbh variatif dkm memilih peluru utk kategori apa yg dihadapi. sdg yg otomatis kelebihannya sdh pst lbh cpt dan mampu menembak beruntun yg tdk mgkn bisa di imbangi dgn sistem reload manual. lagian biasanya kenderaan tempur termasuk tank sprt ini yg sdh reload otomatis jg msh dibekali senjata tambahan sprt canon dan smb mwpn yg coaksial. boro2 dimasukin granat oleh infanteri lawan, yg ada sebelum nyampe masukin granat ke laras tank, udh duluan semaput disiram smb. 😛

          •  

            oh ya.. sepertinya ada terlupakan? jk meriam 100 mm BMD-4M dapat meluncurkan rudal anti tank Arkan ini, berarti kemungkinan BMD-4M ini tdk sepenuhnya full autoloader, tp semi autoloader yg pasti bkn sistem manual penuh. krn jk autoloader bagaimana memasukan rudal anti tank arkan kedalam laras meriam utk di tembakan? kecuali breech nya bisa dibuka tutup secara manual utk memasuki rudal tsb, tanpa menggunakan magazin autoloader? Well.. mgkn ada teman2 warjager yg lbh mengetahui spek tank BMD-4M ini, setidaknya utk sdkt byk mengetahui akan kekuatan alutsista yg sdh diakuisisi Indonesia ini dgn alutsista negara2 sekitar. Salam..

          •  

            Bung pedro, emang sudah pasti dibeli ini BDM-4M? Rasanya masih diperdebatkan yang dibeli itu BMP-3F lg atau BDM-4M deh. Wiki sih jangan dipercaya, bisa diedit oleh siapa saja. Kl menurut sy mending nambah BMP-3F aja yang udah terbukti andal dipake sm marinir. Ngapain nambah jenis ranpur baru lg yg fitur dan kemampuannya nyaris sama?

          •  

            Assalamualaikum wr.wb.
            kalau perkiraan saya BMD 4 yang dipilih karena bisa di terjunkan dari pesawat, ini yang di incar.
            kemungkinan marinir memilih alutsista dari russia semua karena berkaitan dengan data battle management systemnya.
            sedangkan angkatan darat lebih cenderung ke produk eropa dan amerika karena memiliki kesesuaian.

            kalau salah ya maaf 😀
            maaf oot 😀

          •  

            bmd 4 itu autoloader tidak pakai semi-semian, ya gitu kelihatannya :mrgreen:

            http://www.youtube.com/watch?v=EC559U2O1VQ

          •  

            hehehehehehehe,,,beresss

        •  

          Assalamualaikum wr.wb.
          saya lihat di video tetap automatis bung,
          lihat videonya tidak?
          reloadnya otomatis kalau mau mengganti peluru crunya harus turun, beda dengan leopard yang di dalam kubahnya terdapat simpanan peluru dan kalau mau reload crunya menggotong dari simpanan di masukin ke dalam sistem turret senjatanya tapi crunya masih di dalam kubah.
          kalau BMD kan sudah otomatis apa yang disimpanan ya itu yang di masukin ke dalam turretnya, kalau mau mengganti crunya harus turun, dan mempersiapkannya lagi.

          tolong lihat ini sistem reload manual
          http://www.youtube.com/watch?v=lkCzu9KKV2E
          jadi dari simpanan crunya menggotong ke dalam reload turretnya.

        •  

          Bung WongNdeso, kl sy mikirnya buat apa marinir yang merupakan elemen pasukan pendarat beli ranpur dgn kemampuan bisa diterjunkan dari pesawat? Emangnya mau ngambil alih tugas pasukan linud? Terus apa marinir punya pesawat angkut berat sekelas Hercules buat angkut tu barang? Wong Hercules kita dipegang sm AU semua kok.

          Di Rusia sendiri, BMD-4 ini cuma dipake sm pasukan linudnya. The BMD-4 (Russian: “?????? ?????? ???????-4”; Boyevaya Mashina Desanta-4 literally “Combat Vehicle of the Airborne”. Jd dari namanya saja, BMD itu dalam bahasa Rusia mempunyai kepanjangan yang kl diartikan maknanya “ranpur pasukan lintas udara”.

          •  

            Assalamualaikum wr.wb.
            ya silakan dipikir tapi hati-hati jangan lama-lama entar botak :mrgreen:

            ya kalau perkiraan saya untuk di pelajari teknologinya serta pengoperasiannya.
            jadi bukan berdasarkan dari fungsinya saja melainkan dari oprekaannya.

            la terus kenapa AD beli kotak sabun (M113 kata bung werhmacht itu kotak sabun :mrgreen: ) bila herculesnya saja di pegang linud :mrgreen:

            kalau salah ya maaf 😀
            maaf oot 😀

          •  

            tapi kalau itu berdasarkan fungsinya berarti marinir sedang ulang tahun mau bikin kejutan :mrgreen:
            biar lawannya jantungan :mrgreen:

          •  

            bmd-4m sepertinya versi penyatuan/penyederhanaan(unification) bmd4 dan bmp3, jadi mungkin tujuannya ke arah platform multi peran, bisa amphibi dan bisa airborne, dan ringan buat dibawa melalui kapal atau pesawat. CMIIW

  6.  

    beuhh….. keren Beuh..
    makin banyak model, makin banyak bahan racikan buat pt Pindad.

  7.  

    Muantep Buanget…!

  8.  

    Terima Kasih ArtikeL nya bung Pecinta wanita , insya ALLAH kita dapat TOT nya :mrgreen:

  9.  

    Setunggal

  10.  

    Bung Diego, yg bener BMD atau MBD.?? maaf awam

  11.  

    Jare presidene gag due duit.. makane BBM regone diundakne…
    Lhaaa kok jek kuat tuku tenk

  12.  

    Ciamik..borong…

  13.  

    Russiaa strooong bingit 😀

  14.  

    Smoga Pindad dpt TOTnya….menuju NKRI Mandiri Alutsista

  15.  

    Ditunggu kedatangannya..

  16.  

    sekelas ilyushin cuma muat 3 biji doank :mrgreen:

    di herky kita muat berapa ya? 😆

  17.  

    Apa ini sebanding dengan penggantian BTR 80 yg tidak jadi dipesan

  18.  

    Sebenarnya BMD-4M ini penyempurnaan dari BMP-3F yg dimodifikasi pada bagian suspension rantai,turret dan relload amunisi.Tujuannya agar lebih tahan banting ketika diterjunkan dri udara bukan terbang sperti pesawat.Awal penciptaan ditujukan utk pasukan lintas udara rusia.Dan ini merupakan jalan kemandirian alutsista tni dgn pemakaian kanon 100mm yg sama dgn bmp3f.Dan sekarang pindad telah memulai kerjasama dg rusia utk memproduksi amunisi kal 100mm utk wilayah asia pasifik.Kedepan indonesia merupakan pasar sekaligus distributor peralatan militer rusia utk wil asia-pasifik.Sebagaimana yg diperankan sonotan & sonora bagi produk2 asu di asia pasifik.lamkenal semua.

  19.  

    kok lebih ringan dari bmp 3f yah

  20.  

    jakarta – beijing -moscow that is the special alliance not usa

  21.  

    Keren 😀

  22.  

    tank serbu pantai yang mantap ini

  23.  

    Coba TNI AD mau gtu tank rusia.. sprut SD utk divisi lintas udara hehehehe

    •  

      Sprut SD dgn BMD-4M ini kan sepupuan secara dilihat dari kemampuannya yg setara. sprut menang diberatnya yg lbh berat sekitar 4 ton. dan sprut menggunakan laras smoothbore 125 mm bukan 105 atw 100 mm. karena lbh berat jd lbh sulit dibawa dgn pesawat pengangkut dan jg krn menggunakan peluru kaliber 125 yg mn peluru kaliber ini tdk digunakan oleh TNI AL mwwpn satuan yg lain sehingga mnjd logistik nightmare kedepannya. berdasarkan kemungkinan hal tsb makanya Sprut SD ini tersisih utk diakuisisi dan akhirnya dimenangkan oleh BMD-4M yg menggunakan peluru kaliber 100 mm yg byk dipakai oleh TNI dan jg pindad sdh memproduksi peluru dgn kaliber 100mm. jg lbh ringan utk dibawa di pesawat.

  24.  

    Memang tank yg keren krn unik shg mempunyai mobilitas yg tinggi. Dgn canon 100mm dan lapisan alumunium yg diperkaya bisa melindungi dan mengentarkan lawan apalagi ditambah senapan otomatis 7.67 mm yg bisa mjd cadangan dan sekaligus pembantu serangan ditambah yg plg keren ada roket ATGMnya. Semoga bisa diproduksi di indonesia. Hanya pesan saya kalau berteman jgn nanggung2, berteman dgn negara yg menguntungkan saja bukan yg mjd duri dlm daging. Rusia setrooong bgt.

  25.  

    Harusnya Linud kostrad beli juga tuh jd biar bisa diterjunkan bareng prajurit yonkav nya kostrad.

  26.  

    Mode on,sr.

  27.  

    Mobilitas vs armor vs daya gedor.
    BMP-4M ini memiliki mobilitas tinggi dg armor minim dan daya gedor setengah. Pilihan terbaik untuk marinir, tapi bukan untuk kavaleri darat.
    Leopard berbeda, dengan armor kuat dan daya gedor mumpuni, yg dikorbankan adalah mobilitas. Sebagai MBT kavaleri, Leo varian terbaru adalah yang terbaik di kelasnya.
    Semua kembali kepada strategi masing-masing matra.

  28.  

    Pertanyaan nubie kepada senior2 warjag: Kalau tank di air drop dari pesawat, awaknya ikut didalam tank atau menunggu di daratan ya? Dalam kondisi latihan bagaimana & jika kondisi perang gimana? Terima kasih

    •  

      setahu saya @bung oto saat penerjunan tank BMD-4 ini awak tank ikut didalamnya,Perancis pernah juga uji coba menerjunkan Tank(?) dengan awak didalamnya namun terjadi kecelakaan shg menyebabkan 1 awaknya tewas.sejak itu Perancis tdk pernah lagi melakukan ujicoba penerjunan tank dgn awak didalamnya

      •  

        Ada awak dan tidak, itu tergantung dari informasi satuan intai di lapangan seperti informasi dari tontaifib drop tank diterjunkan di posisi mana turunnya. biasanya skenarionya kalau diterjunkan digaris depan dan langsung dilokasi musuh, maka awak tank sdh didalam kenderaan, sdg bila diterjunkan didaerah dimana lokasi itu mash dikuasai teman2 maka biasanya tanknya saja yg diterjunkan sdg awaknya menyusul dgn parasut. jd intinya adlh jk diterjunkan di daerah musuh maka awak tank akan ikut didalam kenderaan dan setelah mendarat langsung siap menembak posisi musuh yg mengancam dan berusaha membuka jalan utk infanteri dan linud menyerbu posisi musuh, dan awak tank didalam saat penerjunan jg menimbang dan mengingat resiko tank tersebut akan direbut dan dikuasai musuh jk tanknya aja yg duluan mendarat, dan sebaliknya jg beresiko kalau awaknya aja yg duluan mendarat tanpa tank tsb yg menjadi senjata mrk. makanya semuanya ada prosedur dan tahapan sebelum penerjunan, informasi tim pengintai sangat diperlukan dalam hal ini. dan gak bisa jalan sendiri2 tanpa backup dan informasi yg valid. kalau tank diterjunkan didaerah aman, maka tank diterjunkan tanpa awak tank ikut serta didalamnya krn resiko tank jatuh ditangan musuh tdk ada. Demikian bung menurut SOP nya yg saya ketahui. Salam..

        •  

          oh ya, ada yg kelupaan, sebelum drop tank dilakukan, biasanya diawali dgn aksi serangan pesawat tempur serang darat dgn strategi melakukan carpet bombing dengan berapa kali sortie gunanya agar memecah dan membuyarkan kosentrasi musuh yg mana biasanya musuh dilengkapi oleh rudal manpad yg beresiko besar bila blm di netralisir pd saat pesawat pengangkut tank dan alutsista lain sprt meriam2 dan pesawat pengangkut prajurit2 linud diterjunkan.

  29.  

    beli bmd4 yg bisa diterjunkan dari pesawat, apa bakal ada perubahan doktrin tni khususnya soal peran marinir?
    kalo memang bmd4 ini dibeli buat marinir dan bukan buat linud/kostrad, apa artinya marinir bakal punya wilayah tugas yg lebih jauh daripada 20km dari garis pantai?

  30.  

    Permisi.. komen newbie.. menyoal ToT. Apakah tidak sebaiknya kita mengikuti langkah tiongkok dalam inovasi alutsista nya? Tidak sekedar membeli produk, tapi membeli lisensinya agar bs diproduksi dalam negeri. Kalau msh kurang, mungkin bisa kita reverse engineering (memang tdk semudah berkata2). Rasanya bangsa kita tidak kekurangan SDM berkualitas unt melakukannya. Terlebih lagi, bila tiongkok bisa, seharusnya kita jg bs. Maaf jika ada yg salah. Mohon di revise. Salam…

    •  

      Itu mahasiswa” banyak yang pintar” tapi gak keurus loh. malah pada daftar kerja sembarangan ada yang jadi customer service pdhl teknik mesin. nah itu aja di perdayakan buat reverse engineering. Ga hanya teknik mesin, hampir semua bidang nnti ikut dibagiannya.

  31.  

    Pak jendral, Kalo pengen njiplak gampang, bawa satu ke china pretelin terus buat baru pasti cepet jadi..ora percoyo ?? Patut dicoba….

  32.  

    Di thread ini diskusinya bagus..
    Bukan OOT kaya kemarin2, bener2 sesuai bidang. Adu argumennya bagus saling berbagi link dan bukan link gamelan. :v
    Gamelan bagus sih, kalo untuk blog yang ngebahas ttg sastra

    Masalahnya kebanyakan kemarin diskusi kok ad yg banyak bullyannya.. -_-

 Leave a Reply