Jun 052016
 

Warga Belanda sebelumnya khawatir F-35 akan bersuara lebih bising daripada F-16, pengujian terbaru menunjukkan keduanya memiliki tingkat kebisingan yang tidak berbeda jauh.

Selama pengujian kebisingan suara mesin F-35 dan F-16 akhir bulan lalu, warga di dekat Leeuwarden dan Volkel, dua pangkalan udara Belanda yang akan menerima F-35, menemukan suara F-35 Joint Strike Fighter hanya sedikit lebih keras.

Warga disekitar pangkalan menyatakan, F-35 sedikit lebih bising dari F-16, tapi tidak jauh lebih bising seperti yang mereka bayangkan sebelumnya, dan tidak menjadi masalah bila mereka harus hidup di lingkungan dekat kebisingan F-35.

Pengujian berlangsung pada 26 Mei, setelah Belanda menerima batch awal dua F-35 yang diterbangkan dari Edwards Air Force Base, California pada 23 Mei lalu.

Angkatan Udara Belanda melakukan dua penerbangan dengan F-35, dengan afterburner penuh selama lepas landas, diikuti beberapa menit kemudian oleh F-16. Dua pesawat tempur tersebut terbang sekali di sore hari dan sekali di malam hari.

Dalam sebuah survei online, warga diberi pertanyaan yang sangat sederhana: Apakah suara lebih keras atau lebih rendah dari biasanya? Apakah anda bisa betah? Apakah Anda mengalami getaran lebih? Dari 1.500 warga yang terdaftar dalam survei, 1.000 keluarga turut berpartisipasi dalam survey itu.

Perbedaan kebisingan antara dua pesawat tersebut berbeda sekitar tiga desibel, dan Belanda puas dengan hasil pengujian kebisingan karena sebelumnya warga takut F-35 akan bersuara jauh lebih keras daripada F-16 karena memiliki mesin yang lebih besar. Penduduk sekitar memang mengalami sedikit getaran lebih pada F-35 daripada dengan F-16.

f-35 5

Angkatan Udara Belanda tidak memiliki rencana untuk pengujian kebisingan suara mesin lebih lanjut. minggu depan F-35 akan menjalani tes untuk mengetahui kesesuaian F-35 dengan hanggar di lapangan udara Belanda. Pesawat juga akan berpartisipasi dalam misi pelatihan, dan tim penguji akan mulai melihat jejak logistik F-35.

F-35 Belanda kemungkinan akan berpartisipasi dalam air show Leeuwarden pada 10-11 Juni, di mana F-35 akan dipamerkan statis atau kemungkinan melakukan pertunjukan udara.

F-35 akan membuat debut internasional resminya di Royal International Air Tattoo dan Farnborough Air Show di Inggris bulan depan.

defenceNews

Berbagi

  32 Responses to “Mesin F-35 Sedikit Lebih Bising dari F-16”

  1.  

    lumayan tambah sebel..

  2.  

    SEGERA UNDANG BELANDA KEMBALI KE INDONESIA DENGAN MENEMPATKAN ARMADA LAUT DAN UDARA MEREKA DI NATUNA, KHUSUSNYA PESAWAT F 35 MEREKA.

    BELANDA, BAGAIMANAPUN JUGA MEMPUNYAI KEWAJIBAN MORAL MELINDUNGI INDONESIA

  3.  

    pesawat apaan ya.. kok lbih bising dr pswat 70 an

  4.  

    Wah bowo koplak dah muncul,komen terkoplak di JKGR ini…

  5.  

    Aduh kewajiban moral apa ta mbah, kayak INDONESIA dibentuk oleh belanda aja. Ini terkadang orang ini pakai logika terbaik atau orangnya yang memang kebalik ya. Emang mau ada agresi lagi.

    Aduh mau bulan Ramadhan mendemnya ya sudah, malu sama umur

  6.  

    Mungkin lebih bising saat vtol

  7.  

    Siluman bising kok bisa yaa… mendingan pakek su35.
    Hihiiiii….
    Gatot gagal produsi..biaya mahal..
    Mendingan join ama PT DI dijamin gatot juga..wkwkkwkwkw…karena belum bisa bikin pesawat tempur.
    Smogaa PT DI bisa kedepanya buat pesawat tempur karya anak bangsa tercanggih..

    Doa seorang anak bangsa pingin pesawat tempur 1000% buatan indonesia .

    •  

      Ehem F 22 di cek aja tu pesawat juga bising ,yg siluman biasanya di radar doang kk ,kalo sukoy 35 mah paling ga beda jauh sama F16 jadi ya lebih siluman si sukoy dari pada F35 dan F22 dalam hal suara.

  8.  

    Mbah tentara cinakan tinggi,hebat,kuat,tidak trkalahkan..ngapain takut wong sama sama makan nasi,..kita rakyat indonesia berdikari tunjukan jiwa nasionalis bila di perlukan negara kita harus siap..

  9.  

    kalau pesawat russia semua di bilang canggih, kekurangannya tidak pernah di publish selalu ditutuptutupi, faktanya adalah SUKHOI LANGSUNG NYUNGSEP DI KEPRUK F16 TURKI, itu pun baru sama f16, jangan semua dibilang canggih tapi faktanya KAGAK MONCERRR.. JANGAN MIMPI PESAWAT YANG MENGANDALKAN GOYANG PUGACEV MAMPU NANDINGI PESAWAT SILUMAN, MIMPIIIII…

    •  

      itu su24 tong itu pesawat bomber dan saat itu gk dilengkapi rudal udara ke udara sono belajar lagi deh

    •  

      emng klo dlengkapin aam bisa pertahanin diri ? kn aam buat ofense. faktany su 24 ga dlengkapin sma rwr / mungkin rusak. akhirny itu pesawat dilock dtembak tanpa dsadarin sm pilotny. bkan krna ga bawa aam. gmna ceritany dtembak prtahanin diriny pk aam ? ga nyambung om.

    •  

      emng klo dlengkapin aam bisa pertahanin diri ? kn aam buat ofense. faktany su 24 ga dlengkapin sma rwr / mungkin rusak. akhirny itu pesawat dilock dtembak tanpa dsadarin sm pilotny. bkan krna ga bawa aam. gmna ceritany dtembak prtahanin diriny pk aam ? ga nyambung om. situ bljar juga tong biar pinteran sblm ngmong.

  10.  

    dari artikel ini kbnykan yg komen pada ga jelas. ngmongin bising lah bisa ngurangin siluman. wkwkwk sukhoi emng lo kira ga bising ? mesin nya aja jauh lbih kuat ya psti lbih bising lah. yg hrus ny dperhatiin tuh gmna negara belanda peduli bgt sm wargany smp bkin survei nyaman / ga sm khadiran f 35 dlingkungan skitar mereka. bukan mlah nynyirin mesin brisik ngurangin siluman. gila..

  11.  

    F35 pesawat bagus…

  12.  

    baling-baling bambu pasti gak bising

  13.  

    Wahai si bungsu Flanker cepatlah kemari.
    Sudah ada 2 petir di selatan.
    Bantulah abang-abangmu menjaga beranda rumahnya.

  14.  

    emang rada aneh media selalu obral kelemahan f35 yg bising kek bonsor kek apa kek… bisa jadi itu hnya strategi biar lawan terlena, ada kelebihan di balik isu kelemahan.

    lagian sdh jelas f35 dg su35 beda kelas msh jg dipaksa bandingkan.. f35 generasi 5 dan su35 generasi 4 plus, meski su35 menang lincah/manuver tp klo ibarat gak punya mata gak bs detect.. skali tembak rontok juga.. wkwkwk

    idealnya selain su35 juga beli pak fa dan s400 .

  15.  

    opo ae to Woo..Bowo……!!

  16.  

    Bowo gendeng

 Leave a Reply