Mesin Pesawat A400M Bermasalah, Jerman Cari Pesawat Lain

10
179

Jerman tidak akan membatalkan program pembelian pesawat transportasi Airbus A400M yang bermasalah, tetapi mencari pesawat transportasi lainnya untuk diakusisi karena A400M tidak dapat mendarat di bandara kecil, ujar sumber pemerintah Jerman, 31/5/2016.

Pemerintah berharap bisa menutupi kebutuhan sementara di tahun 2018 dan 2019, yang disebabkan oleh penundaan produksi A400M. Pemerintah Jerman juga menjajaki penyewaan pesawat dari negara lain, atau mungkin pembelian bersama dan perjanjian operasi dengan sekutu, untuk menambah armada yang diharapkan tadinya berjumlah 53 pesawat A400M.

Pengadaan langsung oleh militer Jerman memungkinkan jika sejumlah opsi yang telah direncanakan pemerintah tidak berhasil.

Sumber tidak memberikan rincian tentang mana pesawat akan dicari, tapi sumber parlemen dan militer Jerman mengatakan pada bulan Maret lalu, bahwa angkatan udara Jerman sedang melihat potensi memperoleh hingga 10 pesawat C-130J yang dibangun oleh Lockheed Martin Corp.

Sumber-sumber pemerintah Jerman mengatakan perusahaan kedirgantaraan terbesar di Eropa, Airbus, diharapkan untuk memberikan empat dari enam pesawat A400M untuk militer Jerman, pada tahun ini.

Jerman telah memesan 53 pesawat dari Airbus, tetapi hanya tiga pesawat yang telah dikirim sejauh ini, karena penundaan produksi disebabkan oleh gangguan gearbox pada mesin turboprop pesawat.

Diduga, masalah yang ada saat ini dengan mesin A400M akan memerlukan desain ulang dari mesin utama pesawat, kata sumber tersebut.

Chief Executive Airbus, Tom Enders kepada surat kabar Jerman Bild pekan ini mengatakan kurangnya kualitas di mesin MTU turboprop A400M adalah salah satu alasan utama untuk penundaan program ini.

Reuters

10 COMMENTS

  1. BYUH….BYUH….. Jerman berencana beli 53 pswt….baru dikasih tiga…, bermaslah lagi…. lha RI mo pesen A400 yg bermasalah, klo jadi trus kapan kelarnya….wkwkwkwkwkwkw…. mending beli yg lain …..

LEAVE A REPLY