Mesin Terbakar, Boeing 777 United Airlines Berhasil Mendarat

Washington – Dalam suasana yang mendebarkan, pesawat Boeing 777 United Airlines berhasil mendarat dengan selamat di Bandar Udara Internasional Denver pada Sabtu 20-2-2021, usai mengalami kerusakan mesin di bagian kanan pesawat.

Sejumlah gambar menunjukkan menunjukkan puing-puing pesawat menyebar jatuh di tanah. Selain itu tampak juga video dramatis yang diambil oleh penumpang pesawat. Pesawat United Airlines tetap terbang dan mencoba mendarat di saat salah satu mesinnya terbakar di udara.

Pesawat Boeing 777-200 itu membawa 231 penumpang dan 10 awak pesawat dengan tujuan ke Honolulu, Hawaii, saat mengalami kerusakan mesin, tidak lama setelah lepas landas. Tak ada laporan orang yang luka-luka, baik di dalam pesawat maupun di darat.

Gambar-gambar yang diunggah oleh kepolisian di Broomfield, Colorado menunjukkan puing-puing pesawat yang signifikan jatuh di tanah, termasuk penutup mesin yang tersebar di luar rumah dan apa yang tampak seperti bagian lain di lapangan. Garis pita polisi digunakan untuk menutup puing-puing.

Sebuah video yang tampak diambil dari dalam pesawat United tersebut menunjukkan sebuah mesin yang terbakar. Video lain di media sosial menunjukkan awan asap hitam yang ditinggalkan oleh pesawat. “Ada sesuatu meledak,” terdengar seorang pria di video itu berkata, dikutip Reuters, rilis Antara, Minggu 21-2-2021.

Dalam sebuah rekaman suara, seorang pilot maskapai United terdengar membuat panggilan ‘mayday’ ke kontrol lalu lintas udara. “Mayday, pesawat telah mengalami kegagalan mesin, perlu memutar segera,” demikian rekaman yang ditinjau Reuters dari laman pantauan liveatc.net.

FAA mengatakan pihaknya, bersama dengan Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) akan meluncurkan investigasi. Sementara NTSB mengatakan telah memulai investigasinya.

“Jika anda menemukan pecahan (pesawat) MOHON tidak menyentuh atau memindahkannya. @NTSB memerlukan semua bagian pecahan untuk tetap berada di tempatnya untuk investigasi,” kata kepolisian Broomfield melalui Twitter.

Unit pesawat 777 yang berusia 26 tahun itu digerakkan oleh dua mesih Pratt & Whitney PW4000. Para penyelidik akan fokus menyelidiki penyebab kecelakaan dan akan melihat apakah bolah kipas telah rusak.

Boeing mengatakan bahwa para penasihat teknisnya akan membantu NTSB dalam investigasi, sementara maskapai United berjanji akan “bekerja dengan agensi-agensi federal dalam menginvestigasi insiden ini. United mengatakan kebanyakan penumpang pada penerbangan 328 telah berangkat dengan penerbangan baru ke Honolulu pada Sabtu 20-2-2021 malam.

Kegagalan mesin merupakan sesuatu yang jarang terjadi namun dapat menjadi berbahaya setiap kali bagian yang berputar menembus selubung luar, peristiwa yang dikenal sebagai kerusakan mesin yang tidak terkendali.

Pada Februari 2018 lalu, unit Boeing 777 yang lebih tua, yang dioperasikan oleh United dan menuju Honolulu mengalami kerusakan mesin ketika penutup mesin jatuh sekitar 30 menit sebelum pesawat mendarat dengan selamat. NTSB memvonis bahwa insiden tersebut diakibatkan oleh kerusakan bilah kipas dengan panjang penuh.

Akibat insiden terbelahnya bilah kipas pesawat United itu, Pratt&Whitney melakukan tinjauan terhadap data inspeksi untuk semua bilah kipas PW4000 yang telah diinspeksi sebelumnya, kata NTSB. Pada Maret 2019, FAA mengeluarkan arahan yang mewajibkan inspeksi awal dan berulang terhadap bilah kipas pada mesin PW4000.

Saran Boeing untuk operator Boeing 777 Mesin P&W 4000

Boeing Co menyarankan maskapai penerbangan untuk sementara berhenti menggunakan beberapa pesawat terbang Boeing 777 yang dilengkapi mesin P&W 4000 setelah insiden mesin jet 777 terbakar yang serpihannya jatuh di Denver, Amerika Serikat, hari minggu lalu.

Rekomendasi itu diumumkan oleh Boeing, perusahaan pembuat pesawat terbang Amerika Serikat, setelah otoritas penerbangan di Jepang melarang sementara penggunaan Boeing 777 sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Badan Penerbangan Federal AS (FAA) setelah kejadian itu juga mengumumkan pihaknya akan menggelar pemeriksaan lebih lanjut terhadap pesawat Boeing.

Pesawat United Airlines Boeing 777 berhasil mendarat di Denver International Airport, Sabtu pekan lalu 20-2-2021, setelah mesinnya mati dan terbakar. Pesawat itu menggunakan mesin yang dibuat oleh Pratt & Whitney 4000.

Pihak maskapai, United Airlines, satu hari setelahnya mengumumkan pihaknya menghentikan penggunaan 24 pesawat Boeing 777, beberapa jam sebelum pengumuman dari pihak pembuat pesawat. Boeing mengatakan 69 pesawat jenis 777 siap digunakan, sementara 59 lainnya ada dalam hanggar.

2021 02 20T234057Z 1061020895 RC2NWL9B2SQM RTRMADP 3 COLORADO AIRPLANE DEBRIS e1613901539226
Mesin Terbakar, Boeing 777 United Airlines Mendarat Selamat. (@Antara)

Pabrik pesawat tersebut merekomendasikan operasional pesawat Boeing 777 memberhentikan sementara sampai FAA selesai melakukan pemeriksaan terhadap sebab kerusakan dan keamanan pesawat.

Boeng 777-200 dan 777-300 merupakan beberapa pesawat yang terancam berhenti beroperasi. Pesawat-pesawat model lama itu lebih boros bensin daripada pesawat model baru. Beberapa maskapai telah berhenti menggunakan pesawat jenis itu.

Pernyataan NTSB

Dewan Keamanan Transportasi Nasional AS (NTSB) mengatakan hasil pemeriksaan awal mengindikasikan kerusakan terparah ada di mesin sebelah kanan dan hanya ada kerusakan kecil pada beberapa bagian pesawat.

NTSB mengatakan mesin penjaga tekanan udara (inlet) beserta cangkangnya serta dua kipas hancur, sementara bilah-bilah kipas sisanya juga rusak.

Kementerian Perhubungan Jepang memerintahkan Japan Airlines Co Ltd (JAL) dan ANA Holdings Inc menangguhkan penggunaan Boeing 777, yang dilengkapi dengan mesin buatan P&W 4000. Pemerintah Jepang kemungkinan akan mengumumkan langkah lebih lanjut.

Pihak kementerian mengatakan pada 4 Desember 2020, pesawat Boeing 777 yang dioperasikan oleh JAL mengalami gangguan pada mesin sebelah kiri setelah lepas landas sejauh 100 kilometer dari Bandara Naha.

Penerbangan itu pun gagal mencapai tujuannya, Tokyo International Airport, dan kembali ke bandara asalnya lepas landas. Pesawat JAL itu sama dengan pesawat yang dipakai oleh United Airlines saat insiden mati mesin minggu lalu. Usia pesawat kurang lebih 26 tahun.

Pengguna Boeing 777

United merupakan satu-satunya maskapai di AS yang masih mengoperasikan pesawat-pesawat jenis tersebut, kata FAA, dikutip Reuters, Senin, 22-2-2021.

Ada beberapa maskapai di Jepang dan Korea Selatan juga masih menggunakan pesawat itu, FAA menambahkan. “Kami meninjau kembali seluruh data keselamatan pesawat yang ada,” kata FAA sebagaimana dikutip dari pernyataan tertulisnya.

“Berdasarkan informasi awal, kami menyimpulkan interval pemeriksaan harus ditingkatkan, utamanya dalam mengevaluasi bilah kipas kosong yang hanya digunakan oleh mesin model ini dan hanya ditemukan di pesawat Boeing 777,” kata FAA.

Jepang mengatakan ANA mengoperasikan 19 pesawat Boeing 777, sementara JAL memiliki 13 pesawat Boeing 777. JAL mengumumkan pesawatnya itu akan berhenti beroperasi pada Maret 2022.

Perusahaan pembuat mesin pesawat Pratt & Whitney, yang berada di bawah naungan Raytheon Technologies Corp, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan maskapai serta pemerintah demi mendukung pemeriksaan mesin lebih lanjut.

Juru bicara Kementerian Perhubungan Korea Selatan mengatakan pihaknya masih memantau situasi terkait insiden di AS, tetapi belum ada kebijakan apa pun yang akan diumumkan ke publik. Pernyataan itu disampaikan sebelum Boeing mengeluarkan rekomendasi ke pihak maskapai.

Korean Air Lines Co Ltd menyebut pihaknya memiliki 16 pesawat Boeing 777 dan 10 di antaranya disimpan dalam hanggar. Maskapai tersebut masih akan membahas masalah itu dengan Boeing serta otoritas penerbangan di Korsel.

Korean Air untuk saat ini akan berhenti menerbangkan pesawat model 777 ke Jepang.

Leave a Comment