Mesir Akan Terima Ka-52 di Semester Kedua Tahun 2017

Helikopter serang/pengintai Kamov Ka-52 Alligator (Hokum-B). © Vitaly Timkiv

MOSKOW – Pengiriman heli pengintai serang Kamov Ka-52 “Alligator” (Hokum-B) dari Rusia ke Mesir dapat dimulai pada semester kedua tahun ini, demikian dikatakan oleh CEO Russian Helicopters Andrei Boginsky pada hari Jumat (24/03/2017) sebagaimana dilansir dari TASS Defense.

“Semester kedua tahun ini”, kata Boginsky ketika  menjawab pertanyaan wartawan tentang kapan pengiriman helikopter bisa dimulai.

Seperti dilaporkan sebelumnya, Rusia telah sepakat dengan Mesir untuk mengirimkan sejumlah 46 unit helikopter pengintai serang Ka-52 Alligator ke Kairo. Pengiriman ekspor pertama dari helikopter tersebut diharapkan akan dimulai tahun 2017.

Awal Februari lalu Jakarta Greater dalam artikelnya menyebutkan bahwa helikopter pengintai serang Kamov Ka-52 Alligator buatan Rusia melangsungkan serangkaian tes perdana untuk pembeli dari luar negeri. “Batch pertama dari heli pengintai serang Ka-52 dijadwalkan akan dikirim tahun ini sesuai ketentuan kontrak pemerintah yang telah dikirim ke Kementerian Pertahanan Rusia, lebih cepat dari jadwal yang dibuat pada bulan Desember tahun lalu”, menurut juru bicara Russian Helicopters.

Pada era 1990-an, Kamov dan Israel Aerospace Industries (IAI) mengembangkan helikopter kursi tandem, yaitu Kamov Ka-50-2 “Erdogan”, untuk bersaing dalam kompetisi helikopter serang Turki. Kamov juga merancang varian lain dari heli kursi tandem, yaitu Kamov Ka-52 “Alligator” (Hokum B)

Helikopter pengintai dan serang Kamov Ka-52 “Alligator” (Hokum-B) buatan Rusia ini dirancang untuk menangani bermacam kendaraan perang seperti tank dan kendaraan lapis baja lainnya. Kamov Ka-52 juga mampu untuk melakukan operasi dukungan tembak serta misi pengawalan maupun patroli.

Tinggalkan komentar