Feb 142015
 
Jet Tempur Rafale

Jet Tempur Rafale

Kairo – Keputusan Mesir membeli 24 jet tempur Rafale dari Prancis semakin membuktikan tekad mereka memperluas sumber senjata dan sekaligus mengurangi ketergantungan pada AS, kata pengamat, Sabtu.

Penjualan senilai 5,9 miliar dolar AS (lebih dari 59 triliun rupiah) tersebut adalah penjualan pertama jet Rafale bagi Prancis ke negara asing dan kontrak penjualannya siap ditandatangi pada Senin mendatang di Kairo.

Tapi, kelompok Amnesti Internasional menentang penjualan jet tempur serta sebuah kapal frigat itu karena pemerintah Mesir dianggap telah melakukan pelanggaran hak azasi manusia.

AS, sahabat lama dan strategi bagi Mesir yang telah memberikan bantuan 1,5 miliar setiap tahun, termasuk 1,3 miliar bantuan militer, menyatakan bahwa perjanjian Mesir dengan Perancis itu tidak menimbulkan dampak bagi mereka.

“Mesir adalah negara berdaulat. Kami juga mempunyai kerjasana keamanan, jadi pembelian jet tersebut tidak mengkhawatirkan kami,” kata Jen Psaki, jurubicara Departemen Luar Negeri AS.

Tapi hubungan Mesir-AS terganggu sejak pihak militer menjungkalkan pemerintahan Islam pimpinan Muhamed Morsi pada Juli 2013 lalu dan pemerintahan yang baru dituduh melancarkan serangan brutal untuk memadamkan protes.

Morsi, pemimpin pertama yang terpilih dalam pemilu secara bebas di Mesir, dipaksa turun oleh pemimpin militer yang sekarang menjadi persiden, yaitu Abdel Fattah al-Sisi. Dalam satu tahun usia pemerintahan Al-Sisi, Mesir selalu bergejolak dan dilanda aksi demo massal.

Sisi kemudian terpilih sebagai presiden dalam pemilu Mei 2014 lalu dengan perolehan 96,91 persen suara.

Ribuan orang dipenjara dan ratusan lainnya dihukum mati, sementara partai Ikhwanul Muslimin (Muslim Brotherhood) pimpinan Morsi dicap sebagai organisasi teroris dan dibubarkan.

Represi dengan cara brutal terhadap pengikut Morsi membuat Washington membekukan sebagian bantuan ke Kairo sejak Oktober 2013 dan meminta pemerintahan Mesir yang baru untuk melakukan reformasi demokrasi.

“Kontrak dengan Perancis merupakan sebuah pesan secara implisit bagi AS bahwa Mesir tidak lagi tergantung sepenuhnya dalam pasukan senjata dari AS,” kata pensiunan Jenderal Mesir Mohammed Mujahid al-Zayyat.

“Mesir tidak mau lagi diperas dalam berhubungan dengan AS,” kata Zayyat, pengamat dari Pusat Studi Timur Tengah yang berkedudukan di Kairo.

Menurut Zayyat, pejabat AS mempunyai pandangan sendiri tentang bagaimana angkatan bersenjata Mesir mesti dibangun dan menolak keyakinan bahwa Israel adalah musuh utama.

Mesir menandatangani perjanjian damai dengan Israel pada 1979, tapi kedua negara tidak pernah berkembang dan tetap tegang akibat politik Israel terhadap Palestina.

Washington kemudian mencoba menyeimbangkan kerjasama pertahanan di tengah kecaman dari kelompok hak azasi manusia atas pelanggaran yang dilakukan oleh Pemerintah Mesir.

Tidak lama kemudian, AS mengirim pesawat helikopter tempur yang akan digunakan untuk membasmi aksi teroris, tapi pada saat yang bersamaan juga mencela kekerasan terhadap pendukung Sisi.

Ahmed Abdel Halim, pengamat militer yang juga mantan tentara Mesir mengatakan bahwa Mesir telah “disandera” oleh Washington dengan alasan catatan hak azasi manusia, sehingga perlu mencari sumber senjata dari negara lain.

rafale-3

Jet Tempur Rafale

Menurut Abdel Halim yang juga mantan Ketua Komisi Keamanan Nasional di Senat Mesir, negaranya akan tetap mengimpor senjata dari AS, termasuk juga dan Perancis dan bahkan mungkin juga Tiongkok.

“Rusia, bisa menjadi negara pemasok lainnya,” kata Abdel Halim.

Presiden Rusia Vladimir Putin, yang sebenarnya bukan pendukung Sisi, berkunjung ke Kairo minggu ini.

Kedua kepala negara setuju untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir pertama di Mesir.

Pada tahun lalu, Sisi berkunjung ke Rusia sebanyak dua kali untuk membicarakan pembelian senjata.

Mesir saat ini sedang sibuk memerangi kelompok Islam militan di Semenanjung Sinai dan juga khawatir dengan kekacauan yang terjadi di negara tetangga Libya.

“Mesir akan tetap membeli senjata dari AS, tapi juga akan membeli dari Rusia, dan ini sudah dijelaskan selama kunjungan Putin di Kairo,” kata Mathieu Guidere, pengamat masalah Arab.

“Kebijakan ini akan membuat Mesir berada dalam posisi yang lebih baik saat berhubungan dengan AS,” katanya. Demikian laporan AFP.(ANTARA News).

Bagikan :

  87 Responses to “Mesir Beli Rafale, Akhiri Dominasi AS”

  1.  

    cocok juga kalo di beli

  2.  

    Amerika=sakitnya tuh disini.
    Eropa =Amerika itu bikin kacau Eropa.
    Russia =Tanda”kehancuran amerika dah dimulai
    Indonesia=Su 35 or f16 ???? Bingung.

  3.  

    Yang Bikin Ngiler Bukan Rafalenya tp FREMM nya!!!
    Moga ja RI bs lnjt ke Chungmugong atau Horizon stelah SIGMA

  4.  

    Mahal. $150 jt per buah. mending Pak fa atau F35 kalo harga segitu

    •  

      Pak fa :200 Jt , F35: 270Jt

      Mending Su-35 Aza Klo Gitu ๐Ÿ˜›
      70Jt Asoy Geboyy

      •  

        Bisa minta link nya om blackpanther . Kalo harga fakfa di kisaran angka yg anda tulis.

        Mohon pencerahan nya.

      •  

        Mana dapet SU35 70jt? Su35 minimal 85jt. PakFa paling top 150jt, F35 harganya sudah trn 150jt

          •  

            Itu harga flyaway costnya saja.

            nih…

            Fighters (multirole, air superiority, strike)Edit ( RUSSIA )

            T-50 Pak-fa: $100 million
            Su-35BM: $75+ million
            Su-27SKM: $50+ million
            Su-30MK series: $60-70 million
            Su-33: ~$60-70 million
            Su-34: ~$60-65 million
            MiG-35: $55-60 million
            MiG-29K: ~$50-55 million
            MiG-29M: ~$50+ million
            MiG-29SMT: $45+ million

            AircraftEdit ( USA )

            F/A-22: ~$220 million โ€“ $136 million flyaway cost
            F-15SE: ~$120-140 million, depending on options
            F-15E: $110-130 million, depending on variant – ($120 million or so based on F-15K, $120+ million for the SG, Israeli F-15I purchase plus inflation suggests $110 million per, and thatโ€™s with Israel providing some components)
            F-35B: $180-200 million
            F-35C: $160-180 million
            F-35A: $150-170 million
            EA-18G: $125-130 million
            F/A-18E/F: $98 million
            F-16E/F Block 60: $90 million
            F-16C/D Block 50/52+: $78 million
            F-16C/D Block 50/52: $60 million licensed production, $10 million to upgrade older models

            AircraftEdit ( French )

            Rafale M: possibly $155 million or $120 million,
            Rafale B/C: $150 million $139 million possibly $131 million
            Mirage 2000: -$40 million to upgrade to 2000-9
            A330 MRTT: $300+ million โ€“
            A310 MRTT: $50 million to upgrade existing aircraft
            Tiger: $40-50 million depending on variant

            AircraftEdit ( UK )

            Eurofighter Typhoon Tranche 3A: $150 million
            Hawk 200: $35-45 million, depending on variant (This is a light fighter/attack version, NOT a trainer)
            Hawk 128: $35-$40 million
            Hawk 132: $25 million

            Aircraft ( swedish )

            Gripen NG: $85 million
            JAS-39C/D: $70 million
            Saab 2000 Erieye AEW: $120 million
            Saab 340 Erieye AEW: $100 million
            Skeldar V-200 UAV System: ~$20 million

  5.  

    Hayoo, kenapa Mesir pilih Rafale Perancis yg masih barat?
    Kenapa gak skalian banting setir beli SU-35 dari Rusia yg jelas2 lawan politik dominasi AS? Apalg Mesir di masa lalu pernah punya militer terkuat di Timur Tengah berkat alutsista2 ‘cetar membahana’ produk Soviet.

    Padahal Su-35 sangat hebat bisa lawan F-35 andalan AS & sekutunya. Harganya juga lebih murah dari Rafale. Tp kok gak dipilih? ๐Ÿ˜€

    •  

      Francis sekarang belum keluar dari krisis jadi apapun akan di lakukan prancis termasuk menentang amerika untuk mengembalikan ekonomi mereka dan juga eropa tentunya,. dan ngak hanya dari itu aja kan mesir mau juga beli dari blok timur jadi mesir sekarang berpijak 2 kaki sama halnya seperti turky, rusia juga mau bangun PLTN di mesir ini menjadi salah 1 pukulan telak bagi amerika, setelah mereka gagal di irak sekarang mesir mulai perlahan meluruskan stir mereka, dan amerika pun langsung banting stri ke asia pasifik,. makanya indonesia harus makin berhati2 karna incaran amerika sekarang asia pasifik yang kaya sumberdaya alam dan juga kalau soal minya mereka sudah punya pemasok setia,. mungkin itu yang mengakibatkan mereka banting stir,.. IMOH anak kampung yg awam :wing:

    •  

      mungkin nggak mau terlalu “drastis” juga langkah politiknya…. karena mesir masih tetap mengharapkan bantuan militer amerika serikat..

    •  

      Lho Gimana sih ???

      Bantuan militer amerika ke mesir kan memang di tangguhkan ( di embargo sementara waktu ). lagi pula, sekarang ini, eropa dalam kondisi krisis, euro di bikin keok sama dollar sampai-sampai ada istilah badai CHF (swiss). Jadi wajar saja jika sebenarnya Rafale dan typhon bersaing untuk mendapatkan pembeli dari negeri asing.

      Buat mesir sih, sebenarnya mereka lebih suka membeli produk Amerika tetapi mau gimana lagi, Amerikanya yang untuk sementara waktu belum mau melayani pembeli dari mesir… ehhh lha kok prancis datang dengan segala kemudahan dan rayuan maut… akhirnya mesir selingkuh dengan prancis deh..

      Buat Amerika asal mesir gak membeli Sukhoi sih, gak terlalu masalah juga walaupun agak terkejut karena ternyata mesir memiliki cukup nyali untuk pindah ke lain hati. mengingat sebenarnya mesir adalah pelangan setia produk militer amerika. lihat saja ada heli Apche, F-16 dan MBT M1A1 Abram yang telah dibeli mesir dari Amerika.

      •  

        Yang herannya, setelah dibantu oleh amerika dengan peralatan tempur dll, tapi tidak menjadikan militer mesir yg terbaik dikawasan

        •  

          Itu sih lebih ke kemampuan prajurit2 Mesir bung. Dulu sewaktu Mesir menyerbu Israel, di atas kertas kekuatan Mesir jauh di atas Israel. Apalagi saat itu Israel masih miskin, peralatan militernya ga sebanding dengan Mesir. Nyatanya juga Mesir kalah dari Israel, cuma dalam hitungan hari lagi.

      •  

        Nyerang juga kalah aja, 2 kali pula. Masak iya mau kalah 3 kali? :p

        •  

          Iya wajar Israel unggul lawan Mesir…:waktu perang perebutan Sinai :
          1. Bantuan militer Amrik sgt masif. misal ..banyak pesawat Amrik langsung dikirmkan lambang Amrik ditutupi hanya pake stiker..kadang dilengkapi dgn Pilot Amrik sendiri….sdgkan Rusia ke Mesir waktu itu bantu tapi g sekenceng Amrik…
          2. Rakyat Israel maju berperang dgn semboyan bertahan(survive) atau ‘punah’…beda emosinya…waktu itu Israel kurang belagu/ sehingga fokus utk bela negara…..next kemenangan Israel yg utama waktu Mesir berdamai di Camp David..

        •  

          Mesir berjaya merampas balik sinai yg di dikata tanah suci Isreal sebenar kalah di sinai, isreal gagal merampas sinai, mesir cuma kalah di isreal di padang pasir aje , isreal kehilangan selat sinai laluan kapal terbesar di dunia ini, isreal juga kalah di lubnan dengan tentera syria t72 dengan missile menhacurkan merkava mk 1 di rusak dan hancur merkava dalam peperanan itu kawasan sultan yakop, isreal cuma berjaya rampas bukti golan aje tunggu masa nanti akan rampas balik,Mesir berdamai di Camp David kerana mesir menhadapi masalah ekonomi dan ancaman dari amerika yg mahu indungi isreal kamu ada faham

    •  

      Mesih ada rancang nak menambah pesawat mig 35 yg akui sebagai pesawat terbaik versi lamanya mig 29, mesir tak rancana menambah pesawat su35, kerana su35 bukan sesuai untuk pesawat pemintas yg memelukan masa singkat panas engine nya

  6.  

    kpan pemimpin indonesia bisa berani kpd AS seperti pemimpin mesir yg sekarang

  7.  

    ikut dengerin pencerahan sesepuh ah ๐Ÿ˜‰

  8.  

    Mo nyamain indonesia alutsistanye gado”…demi keamanan & kedaulatan negara ga usah tanggung” beli yg mempunyai efek deterren walaupun blm bisa buat sendiri, semuanye harus berjalan secara paralel..beli yg paling mutakhir disisi lain juga trs belajar agar bisa bikin sendiri jgn terprovokasi sales barat yg iming”in tot segala macem..walaupun emang perlu..tergantung pemerintahnye dah ngedukung ape nggak dg ilmuwan” bangsa sendiri…jgn beranggapan dlm masa damai jadi adem ayem..perang bisa terjadi kapan saja,sedia payung sblm hujan lebih baik..kedaulatan bangsa ga bisa di ukur dg ongkos yg murah dg beli alutsista ecek” + kadal dari produsen barat dg janji” manis tot…

    ….NKRI HARGA MATI…

    •  

      Se7 Bung ib, kedaulatan dan kehormatan tdk bisa dinilai dng memilih biaya yang murah, tapi yang bisa membuat musuh gentar dan kawan segan. Ingat para pejuang kemerdekaan telah mengorbankan nyawa yang tidak ternilai harganya.

      •  

        @.b.r. Saya setuju dngan anda. Boleh nambai dikit bung.. Siria sudah lama gerah pd us, dngan adanya perjanjian yg mengikat leher pda perjanjian antara (israel dan mesir )di motori us pastinya, dgn glontoran senjata dari us supaya mesir jadi anak manis dan di nina bobokkan. Lambat laun mesir sadar di nina bobokkan us, dngan menganut stategi indonesia, mesir mulai memainkan bidak caturya.

  9.  

    Mesir itu mirip2 Indonesia ceritanya. Dulu di jaman Presiden Nasser mereka juga konsumen setia buatan Soviet, di jaman Pres Sadat dan Pres Mobarak jadi konsumen setia Amerika. Sekarang, mereka mau diversifikasi juga.

  10.  

    Supaya indonesia tidak seperti banteng dicocok hidungnya ma ASU.. Maka pilih lah garuda yang bisa terbang bebas tanpa ada tekanan..

  11.  

    Pembelian ini pendanaannya saja dicarikan pihak perancis. Jadi tidak tunai, meski begitu aduhay banget langsung dapat 24 pespur.
    Jadi kepikiran , mesir yang carut marut saja bisa “diterbitkan” kredit impor pespur perancis ini. Bagaimana indonesia ya? yang sudah jelas negaranya berekonomi maju? dassault pasti sudah ada penjajakan juga pasti. Masa timur tengah diperjuangkan, asean dilepas?
    imho….salam tabik..

    •  

      wah bung…. nggak ada manfaat nya kalo beli beginian di sembunyi in…. lagian hampir dipastikan tercium lah.. nggak mungkin nggak tercium. Duit segede pembelian pesawat tempur sulit disembunyikan… apalagi untuk perusahan modern dan terbuka seperti produsen Rafael ini….

      SIPRI— IHS—JakartaGreater— dll, dsb,dkk pasti mengendus transaksi Trilyunan Rupiah…

      salam kenal.

    •  

      Pusssing kepala gara gara mabuk kecubung

    •  

      Salam tabik bung iskandar, memang menggelitik bung. Ini seperti penawaran leasing gripen. Mengenai jumlah dan penempatan debatable bung iskandar. Negosiasi dengan india sendiri mengenai pesanan rafale sendiri sudah sampai 1 dekade. Telah menunjukkan perkembangan kesepakatan bahwa rafale bersedia untuk membahas hal-hal penting diantaranya 108 unit akan dibuat india via lisensi. Terhadap kasus mesir presiden dassault berujar bahwa kasusnya lebih sederhana daripada india karena tidak membahas masalah lain seperti lisensi.
      bung Bhineka berkaca pada pengadaan operasi cobra a4 skyhawk berudal pemandu laser, pengadaan ini sempat tidak terendus lho bung untuk waktu yang cukup lama. IHS Jane sendiri baru saja mengetahui jumlah sesungguhnya pespur f 15 s singapura sejumlah 40 unit pada 2014. Bandingkan kasus pengadaan NGF sendiri pada tahun 2004. Pada arsenal marinir sendiri banyak hal terjadi tanpa publikasi misal pengadaan bmp 2 dan btr 80 pada tahun 2003.
      Jadi pengadaan semacam ini tidak bisa dinafikan bung. SIPRI atau IHS Jane sendiri tidak selalu berhasil mengendus pengadaan arsenal suatu negara. Dan ingat, untuk apa australia menyadap indonesia, bersepakat dalam operasi intelijen five eyes dan tergopoh-gopoh merubah buku putih pertahanannya. Australia sendiri justru sekarang terbebani lho bung dengan pengadaan NH 90, helikopter tigre yang bermasalah, penggantian kasel collins, pemutakhiran destroyer klas anzaac, pembuatan LHD kelas canberra, pergeseran 2500 marinir USA.
      Keadaan seperti ini bukan hanya tersirat, ingat tzun shu selalu mengedepankan berperanglah tanpa perlu bertempur. Kalau bisa proxy, assymetric war kenapa harus turun langsung? Di afganistan dan irak amerika saja mengedepankan pasukan dari national guard dan milisi black water atau dyne corporation kok, mengapa di darwin mereka akan menaruh pasukan reguler sebanyak itu?
      Tanda-tanda pengiriman satuan reguler dan instruktur militer ini persisi sama dengan langkah peninjau militer usa mendompleng pbb di vietnam sehingga akhirnya mereka berkonfrontasi langsung. Jadi? intelijen australia bukan saja phobia terhadap pengembangan militer indonesia, tapi mereka merasa “terlambat” mengantisipasi perubahan postur militer indonesia bung.
      Kowilgabhan benar-benar bukan wacana. Demikian logistik dan akomodasinya terpenuhi, serta tuntutan dwi fungsi TNI saat TNI dituntut di garis depan untuk membangun daerah tertinggal maka pergeseran itu akan terjadi lebih cepat. Contoh di papua saja akan ada pasmar 3 atau divisi ketiga marinir, juga divisi 3 kostrad. Dan sudah pasti divisi-divisi ini memiliki ketingkatan Rapid Deployment Forces atau PPRC dengan dukungan penuh.
      Salam tabik bung bhineka, situasinya sebenarnya “Fragile”, di indonesia timur tapi pemerintah sudah menetapkan sikap.
      imho, salam tabik bung iskandar, bung bhineka, bung bapermas dan bung bajul…

    •  

      Hahahaha ngakak guling2. Makasih bung hiburannya ๐Ÿ˜€

      •  

        saya tidak menyatakan pespur itu sudah ada lho bung. Saya hanya ingin menyatakan pengadaan pespur rafale sangat mungkin dilakukan indonesia. pengadaan mesir yang didanai perbankan perancis ternyata dapat dilakukan.
        Perancis bahkan tetap mempertimbangkan pesanan india setelah sekian lama negosiasi dari 2006 ( cmiiw)….bahwa keperluan pespur kita untuk mencapai keperluan gen 5 – menjadi prospek pandangan kita.
        Toh rafale telah terbukti mampu dioperasikan dari beberapa tempat semisal dari landasan pacu kapal induk sesuatu yang belum bisa dilakukan typhoon pada beberapa waktu lalu.
        Dan dassault sadar bahwa semakin lama produk ini tidak terjual maka teknologinya akan obsolete dan tidak menarik lagi untuk dibeli selain juga harga belinya akan mencapai keadaan yang tidak ekonomis dipandang dari riset serta produksinya.
        imho…salam tabik bung sky…

  12.  

    JASMERAH. UNTUK KEKUATAN TNI-AU SEBAIKNYA BUKAN DARI BLOK BARAT.

    Tetangga kita kaki tangan Blok Barat semua kecuali Brunei. Jika terjadi konflik dng mereka maka kita rawan di embargo.

    Ingat masa Pak Karno, kita jd Macan Asia krn semua pesawat canggih kita dr Soviet. Indonesia gak akan jd macan Asia kl beli dr blok barat.

  13.  

    Hilang respect dgn mesir krn militernya doyan kudeta. Pemimpin yg sdh berlegitimasi krn dipilih rakyat kok seenaknya saja dikudeta. Bersyukur pemimpin militer kita gak doyan kudeta kyk di mesir…

    •  

      Betul bung Vans…. Pemerintahannya Gak jelas….

    •  

      Klo gak dikudeta ya, mesir akan memutuskan perjanjian dengan AS-Israel, bahakan ada ancaman akan memerdekakan Palestina sambil menyerang Israel, sekarang setelah kudeta, politik mesir sama seperti dulu, yaitu blokade Palestina dan acuh terhadap serangan israel ke Palestina

      •  

        Cerdas bung, sehebat2nya pemikiran politik yang seakan2 diluar nalar pasti akan terbongkar juga dengan seiringanya waktu.

        Intelegent yang hebat adalah yang mempunyai pemikiran diluar persepsi masyarakat pada umumnya. Mereka penggiring opini yang hebat.

  14.  

    Mesir memilih dg tepat

  15.  

    Indonesia – mesir punya kemiripan soal pespur yang kebanyakan berasal dari amerika – rusia – eropa seperti gado – gado

  16.  

    kepada teman2 jkt greater, semua bebas menulis di forum ini, keluarkan ide dan wawasan kita, jangan saling menyerang, apalagi berkomentar negatip tentang post jktgreater lain, kasih ide positip apabila ada tulisan yg perlu diluruskan. bersatulah melawan bloger asing jangan saudara sebangsa sendiri.

  17.  

    mesir melakukan langkah maju setengah langkah.
    mesir menunjukkan bahwa mesir tidak selalu bergantung pada amerika. masih ada pilihan untuk membeli alutsista selain dari amerika.
    campur gado2 , kayak militer indonesia.
    ada dari jerman, tiongkok, korsel, rusia, swedia, amerika, dll. hahaha

  18.  

    siapa pun presiden RI sulit keluar dari jaring koalisi barat.sebab dgn hutang yg menggunung,kebutuhan barang impor hampir semua barang dan pangan,dan berharap negara lain investasi di RI,jgn lupa tujuan expor RI terbesar negara SEKUTU.

  19.  

    Ahmed Abdel Halim, pengamat militer yang juga mantan tentara Mesir mengatakan bahwa Mesir telah โ€œdisanderaโ€ oleh Washington dengan alasan catatan hak azasi manusia, sehingga perlu mencari sumber senjata dari negara lain.

    mesir takut diembargo. ternyata pilihan yang dilakukan oleh indonesia menjadi trend setter buat negara2 lain. alutsista gado2 memang bikin pusing tetapi lebih baik dibanding menyesal di kemudian hari.

  20.  

    Untung ada mesir yang mau beli, kalau engak, bisa gulung tikar tuh Rafa..

    Kalau saja dulu, Lion Air tidak membeli 234 unit Airbus A320 (Rp. 230.000.000.000.000,-) , bisa-bisa ekonomi perancis rontok karena saat itu bersamaan dengan krisis ekonomi di eropa.

  21.  

    berita 3 hari lalu mesir juga belanja dari russia for a $2 billion arms deal

    http://www.jewishpress.com/news/russia-buying-out-us-influence-with-2-billion-arms-deal-for-egypt/2014/02/12/

  22.  

    Keadaan Mesir semoga dapat membuka hati dan pikiran petinggi2 Indonesia, bahwa terlalu erat berhubungan dgn ASu hanya akan menjadi sapi perahan bagi ASu, …………. kita tentunya tidak ingin Indonesia mengalami nasib yang sama seperti mesir !!!

  23.  

    Yang jelas pura2 galau karena biar ada nego2 yang fantastis. Siapa tahu SU 35 atau F 16 dapat perang discount atau promosi yang lainnya.

  24.  

    Setelah membeli dari Prancis, Mesir akan mengkikuti jejak Iran dengan mengembangkan teknologinya secara mandiri. Maka perlahan-lahan, Amerika memang semakin kehilangan pengaruhnya di seluruh dunia.

    Dan semakin lama, berbagai negara akan semakin tinggi kemampuan militernya. Indonesia, Korea Selatan, Iran, Brazil, India, China, dan Pakistan adalah negara-negara yang kian lama kian mampu memiliki dan mengembangkan teknologi maju.

    Konflik dimasa depan akan semakin sulit untuk dikendalikan oleh Amerika.

  25.  

    @.b.r. Saya setuju dngan anda. Boleh nambai dikit bung.. Siria sudah lama gerah pd us, dngan adanya perjanjian yg mengikat leher pda perjanjian antara (israel dan mesir )di motori us pastinya, dgn glontoran senjata dari us supaya mesir jadi anak manis dan di nina bobokkan. Lambat laun mesir sadar di nina bobokkan us, dngan menganut stategi indonesia, mesir mulai memainkan bidak caturya.

  26.  

    Mesir tdk mau bergantung pada mamarika lagi, karena mesir tau mamarika selalu punya niat tdk baik di balik kebaikannya…mesir belajar banyak dari kasus IM yg memimpin mesir sebelum dijatuhkan oleh militer mesir…IM adalah bentukan mamarika untuk mencabik2 mesir, sehingga senjata2 mamarika laku dan agenda cia lain berjalan di mesir….sejak IM berkuasa di mesir, IM mulai merubah mesir ke arah radikalisasi…untung mesir menyadarinya dan memberangus mereka, makanya mamarika sangat marah dgn mesir dgn alasan ham….sama seperti yg pernah coba dilakukan oleh HT di indonesia..mereka mencoba meradikalisasi tapi tdk berhasil karena pancasila dan sejarah indonesia..radikal gak akan pernah berhasil….hehe

    •  

      Karena IM dan HT di indonesia kan di bawa oleh mahasiswa2 indonesia yg belajar di mesir..gerakan ini di mulai dari thn 90 an..tapi gak berhasil di indonesia…begitu juga isis bentukan cia berusaha spy indonesia terlibat…tapi gak berhasil..semua yg di harapkan oleh mamarika yaitu efek domino..dari indonesia…inilah yg disebut proxy war…tujuan akhir penjualan senjata atau alasan mamarika akan bantu senjata tapi “bayar” hehe…betapa pentingnya indonesia…hehe..lihat aja indonesia memulai mef…kawasan langsung belanja alitsista besar2an…hitung aja asean plus aust berapa belanja alutsistanya….lagi2 produsen senjata panen..hehe

  27.  

    Jangan2 yang dibeli mesir sesungguhnya milik indonesia?? Bisa jadi ini adalah alutsista goib wkwkwkwk

  28.  

    Ada kabar sekjen PBB Ban kimun intervensi RI agar menghentikan hukuman mati warga australi BALI NINE.
    yg benar PBB itu milik siapa sih…?
    D negara bagian amerika masih ada yg menerapkan hukuman mati,,si kimun diam saja.

  29.  

    Seharusnya sebelum beli rafale, menhan mesir baca VOTING JKGR dulu
    kalau baca pasti nyesel karena rafale kagak laku disini,
    peringkat 5 dibawah SU35 :mrgreen:

  30.  

    Tni-AU jarang memakai Alutsista buatan perancis dulu kita mo beli mirage saja di salip oleh F-16 blok 15 OCU
    Malah lebih baik TNI-AL saja yg melirik Alutsista buatan Perancis misalnya saja Frigate FREMM class, masak sudah pake rudalnya MBDA Exocet kok gak ngambil kapalnya sekalian

  31.  

    oh sorry ternyata bukan dari TV, tapi dari media internet..

  32.  

    tahun kemarin ada negara yg nawarin hibah mirage … Dngan halus di tolak ,kayak f 5 tigerya korsel. Tpi… … … …2000 dh jalan2 bergandengan dngan si 15 OCU ya. ngawur ah

  33.  

    Angkatan udara mesir Sudah memiliki sebanyak 230 jet tempur F-16 menjadikan angkatan udara Mesir terbesar di Afrika ditambah 24 rafale membuat mereka sulit tandingi negara afrika lainnya.seandainya TNI-AU bisa seperti mesir apa boleh buat Angkatan udara tetangga lebih unggul baik jumlah maupun teknologinya sebutnya singapura memiliki.

    saat ini, Angkatan Udara Vietnam memegang kekuatan udara asean tercatat memiliki setidaknya 24 pesawat Su-30 MK2V dan sekitar 15 pesawat Su-27 SK/UBK.Gabungan antara 24 SU-30 MK2V dan 15 Su-27 SK/UBK akan menghasilkan kekuatan sekitar 39 Sukhoi series, tentunya memberikan efek gentar yang sangat dahsyat.

    Singapura posisi kedua dengan 24 F-15 SG dan Malaysia dengan 18 Su-30 MKM yang bisa mengimbanginya. Kalau Indonesia dengan 10 Su-27/30 dan Thailand dengan 12 JAS-39 Grippin menurut saya masih belum bisa menyaingi efek gentar First Class Jet Fighter AU Vietnam ini.

    Hal lain yang membuat kekuatan udara Vietnam semakin diperhitungkan adalah kehadiran rudal-rudal yang melengkapi jet tempur mereka. Tercatat AU Vietnam memiliki sejumlah rudal-rudal canggih untuk armada Sukhoi-27/30 mereka, diantaranya dalah rudal jarak dekat R-73 (setara AIM-9 sidewinder, CMIIW), rudal R-27 untuk jarak sedang (CMIIW) dan juga rudal jarak jauh R-77 (setara AIM-120 C, CMIIW) untuk rudal udara ke udara (air to air missile). Sedangkan untuk anti kapal, armada Sukhoi mereka juga dilengkapi rudal anti kapal jenis Kh-31. Untuk rudal-rudal lain mungkin mereka juga memilikinya, tetapi belum menemukan informasi akurat terkait hal ini.

    harapan kita sbg warga NKRI,TNI khusunya AU bisa unggul setidaknya level asia tenggara agar bisa menjadi big brother dikawasan seperti yg dikatakan panglima TN.

  34.  

    Salut bung blaze… Komentar seperti anda yg kami tunggu dr dulu… Sangat mencerah kan..
    Merasa spt belajar lg waktu jaman jkgr yg dulu… Sangat berbobot.. Berwawasan dan anti politik..
    Kangen masa2 belajar spt dulu lg… Terima kasih dan salam kenal

    •  

      salam tabik bung CC. Memang kenyataannya sulit dikuak bung, tapi setiap kesimpulan ditarik seperti hukum matematika bung CC. Entah itu dari kumpulan pengetahuan sehingga ditarik sebuah kesimpulan fakta, atau sebaliknya dari sebuah kesimpulan fakta di pahami apa saja kumpulan pengetahuan yang kedua nya dinyatakan sebagai induksi atau deduksi. Hal yang sama juga berlaku sintesa atau anti tesa.
      Memang penjabaran bung-bung pemberi artikel yang kini tidak muncul itu debatable, namun tidaklah bisa dinafikan sama sekali. suara pengadaan su 35 sendiri mana mungkin kalau hanya bertepuk sebelah tangan seandainya tidak informasi yang menyeluruh dan kesesuaian filosofi antara pandangan TNI AU dan sukhoi.
      Bergeser ke kasus dahulu, pada kasus carrier principe de asturias justru lebih heboh lagi!!..spanyol menawari kita kapal induk sebagaimana mereka menawarkan kepada brasil. memang pengadaan itu batal lalu kemudian ditawarkan pada pihak filipina, tapi disinyalir peninjau militer dari indonesia hadir untuk menilai kondisi kapal induk itu. ini rilis situs asing dan confirmed. bagaimana australia tidak berfikir suatu hal yang lain, jika LPD kita nanti genap 8 buah sampai lebih, bayangkan pergeseran pasukan yang terjadi dalam hitungan minggu belum ditambah seandainya suatu ketika PAL meningkatkan LPD ini menjadi LHD, wuih bukankah itu sebuah “ancaman” bagi australia.
      Selebihnya bung CC bisa membaca dari banyak situs yang bertebaran, mungkin tidak terkait langsung dengan indonesia tapi ada persesuaiannya. misal medun eurofighter telah disetujui untuk digunakan di TFX, pesawat gen 4,5 dari turki. Kebetulan? atau indonesia plan b? atau turki yang dulu hendak bergabung dengan kfx, justru menarik indonesia untuk masuk ke TFX?
      Imho,…cmiiw,…salam tabik bung CC…

  35.  

    mesir dah lama gunakan pesawat perancis mirage 2000 jadi gak heren jika ia menbeli pesawat perancis, saya yakin mesir juga tambah beli pesawat mig 35 . Bagi mestikan gak ada sekatan senjata jika berlaku perang dengan isreal, bagi saya jika bagi mig 35 dengan rafale saya pilih mig 35, kerana keupaya nya sudah akui lihat aje macam mana germen mig 29 versi lama kalahkan f15 amerika

  36.  

    Tes2..

  37.  

    Mesir berkompromi di awalnya, lalu disandera di tengahnya… Namun sebagai negara berdaulat bolehlah beli sini beli sana beli situ untuk kelengkapan alat perangnya, tapi yang didapat levelnya selalu di bawah… Sehingga masih dapat dikategorikan jinak, sehingga secara potensi militer selalu dapat diatasi ….

  38.  

    Salam hormat bung blaze…
    Memang beda kok komentar orang yg berpengetahuan luas dan tidaknya di lihat dr cara komentarnya… Saya salah satu pengunjung tetap dan merasa bosan dg komen yg tidak mendidik,, tp dg adanya komen2 salah satunya seperti anda jd sangat senang sekali bs berbagi informasi tanpa menjudge seseorang.. Dan tetap santun.. Dg pandangan pandangan yg sangat “istimewa” saya sangat sependapat dg anda.. Meski berbeda pendapat saya harap banyak komentator yang mencontoh cara komen spt anda.. Bkn asal komen tp pengetahuan nol besar.. Sekali lg terima kasih dan slm hormat untuk anda dan smua komentator

 Leave a Reply