Jan 052019
 

Tank tempur utama T-90M buatan Rusia © Kemhan Rusia

JakartaGreater.com – Sebagai hasil nyata dari kerjasama militer yang kuat antara Mesir dan Rusia, mesin perang yang disegani ini sama ikoniknya dengan kekuatan mereka, seperti di lansir dari laman Cairo Scene.

Pengumuman resmi dari pabrik otomotif militer asal Rusia, UralVagonZavod (produsen tank tempur terbesar di dunia) mengungkapkan rencana yang solid terkait dengan pendirian jalur perakitan lokal serta fasilitas pemeliharaan untuk 400 unit tank tempur utama (MBT) T-90S / T-90SK yang akan dirakit di Mesir pada akhir 2019, dengan laju produksi sekitar 50 tank per tahun, menurut Russia Today.

Ini hanya salah satu dari banyak hasil dari garis panjang pembangunan hubungan Mesir dan Rusia dalam upaya Mesir untuk menambah variasi pada peralatan militernya.

Rinciannya masih belum ada, mengingat proyek ini masih bergantung pada otorisasi resmi dari perusahaan induknya untuk perakitan skala penuh di wilayah tersebut, tetapi itu tidak terlalu penting, menurut sebuah pernyataan yang diumumkan tahun lalu oleh perusahaan.

“Bekerja di wilayah negara-negara asing untuk menciptakan fasilitas perawatan dan perbaikan kompleks peralatan yang dipasok sebelumnya, termasuk dalam implementasi proyek pada pembuatan usaha patungan dengan kontraktor asing. Jadi tidak semuanya ada di angan-angan”, menurut UVZ.

Meskipun ini bukanlah contoh kendaraan perang lapis baja yang tercanggih, T-90 ini telah digunakan sejak tahun 1992 serta mendapatkan tempat dalam sejarah tank tempur utama sebagai salah satu yang paling kokoh, paling dapat diandalkan, dan juga paling efektif dalam sejarah militer.

T90-S adalah merupakan varian ekspor dengan senjata utama 2A46M smoothbore 125 mm yang mampu menembakkan amunisi penembus lapis baja atau APFSDS, peledak anti-tank atau HEAT dan bahan peledak eksplosif tinggi atau HE-FRAG, serta rudal anti-tank dipandu laser 9M119M dengan jangkauan maksimum sekitar 6 kilometer.

Selain itu, T-90S juga menawarkan senapan mesin berat anti-pesawat Kord 12,7 mm yang di kendalikan dari jarak jauh dan senapan mesin koaksial PKM 7,42 mm, semuanya terbungkus dalam susunan perisai baja komposit, pelat baja dan ERA Kontakt-5 yang hampir tak dapat ditembus. Ini dilengkapi mesin diesel B-92C dengan daya 1.000 HP.

T-90SK adalah versi komandan dari model T-90S, ini lengkap dengan peralatan komunikasi dan navigasi tambahan, serta sistem peledak jarak jauh untuk amunisi fragmentasi berbahan peledak tinggi.

Bagikan:

  One Response to “Mesir Bermaksud Merakit MBT T-90S Sendiri”

  1.  

    Ntar Indonesia ngrakit T-14 aja, . . hehe