Mesir Menerima Kiriman Tahap Pertama Jet Tempur MiG-35

Jet tempur multiperan MiG-29M Fulcrum-E Angkatan Udara Mesir bersenjata lengkap © Ahmed XIV via Twitter

Wakil Menteri Pertahanan Mesir Mohammad Al-Keshky mengumumkan pada tanggal 27 April bahwa Angkatan Udara Mesir telah menerima tahap pertama dari jet tempur modern MiG-29M2 Rusia, seperti dilansir dari Interfax.

“Kami sudah menerima beberapa pesawat, tapi belum semuanya. Pelaksanaan kontrak pengiriman masih terus berlanjut”, kata Al-Keshky.

Menurut kantor berita Sputnik Rusia, pengiriman versi ekspor MiG-35 tersebut secara bertahap ditetapkan untuk selesai paling lambat tahun 2020.

Sebanyak 50 unit jet tempur multiperan MiG-29M/M2 yang diakuisisi oleh Angkatan Udara Mesir dari RAC Rusia akan dilengkapi dengan sistem pencarian dan pelacakan inframerah OLS-EU, pod penargetan PPK dan sistem peperangan elektronik MSP, yang memungkinkan mereka membawa amunisi presisi berpemandu. Kesepakatan tersebut telah di teken oleh Rosoboronexport pada bulan April 2015 silam.

MiG-29M/M2 (versi ekspor dari MiG-35) adalah versi upgrade dari jet tempur multiperan MiG-29 Rusia dengan menampilkan jarak jelajah yang lebih jauh karena penambahan bahan bakar internal, airframe (bodi pesawat) yang lebih ringan, mesin RD-33MK yang lebih kuat dan lebih baik, kemampuan pengisian bahan bakar diudara, kokpitnya dilengkapi display multi fungsi serta avionik yang disempurnakan.

Tinggalkan komentar