Jul 212015
 
Jet tempur Rafale

Jet tempur Rafale

Mesir pada Senin (20/07) menerima kiriman tiga pesawat tempur Rafale dari Prancis, gelombang pertama untuk 24 pesawat tempur yang dijual dalam kontrak senilai 5,2 miliar euro (sekitar Rp75,3 triliun) sebelumnya pada tahun ini.

image

Otoritas Mesir mengambil kontrol atas pesawat tersebut di sebuah pangkalan udara di Prancis selatan, dan armada itu akan diterbangkan ke Kairo pada Selasa oleh pilot yang sudah dilatih khusus.

image

Kairo ingin memperkuat posisi militernya saat mereka menghadapi Libya yang tidak stabil di sisi barat dan ancaman dari militan yang berhubungan dengan ISIS di Semenanjung Sinai di sisi timur.

image

Bagi Mesir, perjanjian tersebut juga mengindikasikan dukungan untuk Presiden Abdel Fattah al-Sisi, yang menggulingkan pendahulunya pada 2013 dan ingin menghancurkan monopoli Amerika Serikat atas penjualan senjata ke Kairo.

Jet tempur Rafale

Jet tempur Rafale

Kontrak itu merupakan keuntungan yang sangat dibutuhkan Prancis yang tengah kekurangan dana dan Paris berharap dengan menunjukkan teknologi militer Prancis, mereka akan menerima lebih banyak pesanan untuk pesawat tempur utama mereka, yang sulit dijual selama bertahun-tahun. (AFP).

Publicapos.com

Bagikan:
 Posted by on Juli 21, 2015