Apr 272018
 

KFX/IFX Model

Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Marsekal Madya Hadiyan Sumintaatmadja mengatakan ada keterlambatan dalam proses pembuatan pesawat jet tempur KFX/IFX yang sedang dibuat Indonesia-Korea Selatan.

“Bukan penundaan, tapi ada kelambatan proses-lah gitu, bukan penundaan, tapi kelambatan. Ada masalah yang harus kita selesaikan dengan pihak Korea,” ujar Marsdya Hadiyan saat ditemui di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, pada Rabu, 25 April 2018, dirilis oleh situs TEMPO.

Menurut Marsdya Hadiyan, keterlambatan terjadi karena ada masalah teknis. Ia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai hal tersebut. Namun ia yakin program pembuatan pesawat tempur tersebut akan terus berjalan.

Jet tempur KFX/IFX adalah pesawat semi-siluman generasi 4.5 yang dikembangkan Indonesia dan Korea Selatan. Kerja sama pengembangan pesawat ini sebatas pada pengembangan pesawat hingga mencapai prototipe.

Dari 6 prototipe yang akan dihasilkan, satu prototipe akan diserahkan kepada Indonesia. Pada Juli 2017, program Engineering Manufacture Development (EMD) telah menyelesaikan 14 persen dari keseluruhan perencanaan program yang berlangsung hingga tahun 2026.

Kepala Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia Mayor Jenderal Sabrar Fadhilah mengatakan target penyelesaian akan tercapai. “Setiap perencanaan pasti diatur waktunya, dirancang sedemikian rupa untuk bisa mencapai target,” kata Kapuspen TNI.

Duta Besar Korea Selatan

Sebelumnya, pada 19 April 2018, Duta Besar Republik Korea Selatan untuk Indonesia Kim-Chang-beom menyatakan bahwa Korsel dan Indonesia terus melanjutkan pengembangan proyek pesawat tempur generasi 4.5 KF-X/ IF-X.

Dubes Kim dalam sesi wawancara khusus dengan kantor berita ANTARA di Jakarta, Kamis, 19 April 2018 mengungkapkan bahwa KF-X/ IF-X adalah proyek kerja sama jangka panjang antarpemerintah yang telah berlangsung dengan cukup lancar.

Pemerintah Korea Selatan memiliki hubungan yang dekat dengan Menhan Ryamizard Ryacudu dan terus berkonsultasi dalam pengembangan proyek pesawat tempur KF-X/ IF-X yang bisa mengakomodasi kemampuan siluman, atau tak terdeteksi oleh radar itu.

“Sejauh yang saya tahu, keseluruhan presentasi berjalan dengan baik dan saya belum mendengar adanya keputusan resmi terkait pengunduran diri dari proyek yang sedang berlangsung ini,” ujar Kim.

Proyek KF-X/ IF-X adalah proyek kerja sama jangka panjang antara Korsel dengan Indonesia untuk membangun kemandirian industri pertahanan di tengah keberadaan negara-negara besar dalam laju pengembangan alat utama sistem persenjataan dunia.

Proyek pembangunan pesawat tempur yang mempunyai rentang spesifikasi teknis di antara generasi 4 dan 5 tersebut pertama kali ditawarkan oleh pemerintah Korsel ke Indonesia pada 2010. Kerja sama ini dilaksanakan melalui 3 tahap yaitu Fase Pengembangan Teknologi, Fase Pengembangan Mesin dan Manufaktur dan Fase Pengembangan Produksi.

Bagikan :

  94 Responses to “Meski Ada Kendala, Proyek Pesawat KFX/IFX Jalan Terus”

  1.  

    Tuh kan jalan terus, cuma lg dirundingkan tempo bayarnya. Duitnya lg dicari mau ngutang kemana buat bayar. Yg penting bisa terbayar dan IFX bisa on progress….xicixicixi

  2.  

    ayuuuk kita patungan yuuk

  3.  

    ayuuuk kita patungan yuuk ada yg mau bantu ga

  4.  

    Mantaapp bung Ariev..”“Di Amerika, yang bisa bekerja di industri pesawat hanya warga negara mereka sendiri, tidak boleh ada warga asing,” tuturnya. Sementara Korea Selatan memberikan akses yang sangat terbuka dan luas melalui kerja sama pembuatan pesawat tempur ini.

    Untuk urusan pesawat komersial, menurut dia, Indonesia tidak perlu diragukan. Bahkan nama BJ Habibie menjadi jaminan, termasuk sangat dikenal di dalam industri penerbangan di Korea Selatan”…menarik ini..
    -produk Korsel yg mungkin wajib kita beli..saudara kembar S350 vityas,..KDX 3 AEGIS,..atau KDX 2,..yg diisi kembaran S350 vityas+S300,..

  5.  

    dan nanti ketika prototype pespurnya udah mencapai 80% pengerjaan, terus Indonesia di embargo sama USA karena alasan kemanusian, yang terjadi di perkebunan sawit Indonesia yang katanya Industri sawit Indonesia Abaikan perlindungan HAM

    Luar binasa ya
    xixixixixi

    •  

      Embargo Militer Sama Sj Menyudutkan Indonesia Ke Blok Timur & Kehilangan Pendapatan & Lapangan Pekerjaan Bg US

    •  

      Apa hubungan kebun sawit dan HAM bro.? Kok saya jd gagal paham.?
      Setahu saya permasalahan sawit kita krn urusan kaitan pelestarian hutan dan urusan pembantaian satwa serta pengolahan limbah. Gak berkaitan dng HAM.

    •  

      Apa hubungan kebun sawit dan HAM ya.? Kok saya jd gagal paham.?
      Setahu saya permasalahan sawit kita krn urusan kaitan pelestarian hutan dan urusan pelestarian satwa serta pengolahan limbah. Gak berkaitan dng HAM.

      •  

        Mbah Rus,

        Perkebunan sawit itu dijalankan oleh korporasi (perusahaan), nah korporasi itu tidak memberikan upah yang layak kepada para pekerjanya.

        Juga korporasi sering merebut lahan milik rakyat.

        Di situlah pelanggaran HAMnya.

        Beberapa minggu lalu ada berita mengenai hal ini, tetapi saya lupa di mana, elu cari sendiri ya beritanya.

        •  

          Ehhh…siapa bilang upah mereka tidak layak. Justru penghasilan mereka seorang buruh pekerja piringan di perkebunan sawit menghasilkan diatas 3 jt/bln.
          Sdh 3 perusahaan perkebunan saya berkarier. Satu di Sumatra dan dua di Kalbar salah satunya perusahaan Amrik. Jd saya tau betul kondisinya boss

          •  

            Emang perusahaan perkebunan sawit apa cuma 3 ?

            Bisa jadi bukan 3 korporasi yang mbah Rus kunjungi, mungkin ada korporasi lain yg masih melakukan pelanggaran.

          •  

            Logikanya dek….
            Kalo digaji kurang layak atau katakanlah dibawah UMR, gak ada yg mau kerja di perusahaan itu. Secara lahan perkebunan sawit itu lokasinya jauh dr desa terdekat yg otomatis biaya hidup tinggi.
            Lalu jika ada segelintir apa terus menjadi penghakiman secara keseluruhan.?
            Perusahaan sawit apa yg ngasi gaji dibawah UMR klo boleh kasi info.

            Weeessss….ora usah melu ngibul koyo @Tukang Ngebut alias Satria Baja Klowor disebelah, mendingan kita ngopi di warung Mbah Bowo bareng Jimmy….xicixicixi

          •  

            maksud bang rusky mungkin karyawan tetap….sedang maksud bung tn karyawan lepas…jadi memang kurang nyambung….
            kalo karyawan tetap memang ada aturan dari pemerintah baik pusat maupun daerah…
            tapi itu kan berapa persen saja dari seluruh buruh yang ada diindonesia….
            jadi memanang masuk diakal pendapat bung TN….karna biasanya buruh lepas dari suatu korporasi akan jauh lebih besar ketimbang buruh tetap…apalagi perusahaan perkebunan….!!!

  6.  

    https://www.cnnindonesia.com/internasional/20180418180229-106-291793/pbb-menilai-industri-sawit-indonesia-abaikan-perlindungan-ham

    bukan kata saya loh, tapi kata PBB yang dimana USA menjadi dewan tetapnya

    Kalau masalah kehilangan pendapatan itu sama sekali bukan masalah, mereka itu bisa cetak dollar kapan saja dengan jumlah sesuka merka, semua negara butuh dollar kok, jadi ini bukan masalah bagi mereka
    yang jadi masalah mereka adalah, sekutu mereka yang ada di sekitar kita merasa terintimidasi
    tingkat pembelian sukoi saja di jegal dengan berbagai cara, apa lagi ini tingkat bisa produksi sendiri (daya deterennnya sangat kuat karena bisa produksi sendiri)
    (semoga tidak terjadi kekhawatiran ini)
    xixixixixix

    •  

      bung Dedy …… jalan aman tetep kita hrs mandiri dlm semua bidang, kalaupun perlu partner yg paling aman dg negara² eropa, dulu kita sdh sukses join dg Casa Spain, Aerospatiale France, MBB Jerman, semua lancar samapai skrg tuh …

    •  

      Ini kata kuncinya..”Perusahaan harus benar-benar dibawah kontrol Indonesia. Jika pemerintah tidak bisa mengontrol korporasi, pelanggaran manusia dalam dunia bisnis bisa menjadi kasus serius di Indonesia,” kata Elver….

    •  

      Saya Memahami Posisi Anda Sbg Sales SAAB, Kalau Gagal berkompetisi d pespur masih ada opsi lain spt Blueprint NLAW, Manpads, Rudal RBS, & Kapal Selam A26 Class, Radar Giraffe & UAV Jd Anda Nggak Rugi kok

    •  

      Itu issue lama yg selalu dipake buat menjegal sawit RI boss. Sedikit saya jabarkan tentang apa yg duangkat mereka.

      1. Issue lingkungan
      Memang dahulu banyak kebun yg melanggar aturan termasuk menanam dilahan gambut yg dilarang. Tp skrng perkebunan sawit sdh terhimpun dalam Standar RSPO dan ikut ISPO yg aturan mainnya dan pengawasannya ketat.

      2. Issue limbah
      Dahulu pabrik sawit membuang limbahnya dng hanya menghampar ditanah terbuka sehingga mencemari udara. Skrng limbahnya saja sdh bisa dimanfaatkan utk bahan campuran aspal (cangkang sawit) serta pupuk (jangkos) tanaman mereka.

      3. Issue HAM
      Yg sering timbul adalah masalah tanah adat yg dijual oleh perangkat desanya sendiri tanpa rembuk adat. Ini yg sering terjadi utamanya di sumatra dan kalimantan. Makanya skrng perusahaan sawit menerapkan sistem plasma perkebunan. Artinya wsrga sekitar diberi lahan untuk nanam sawit yg disupervisi oleh perusahaan. Dng jangka waktu tertentu akan menjadi lahan milik pribadi. Namun tetap dlm kerangka kerjasama penjualan tandan buah sawit.
      Ketiga issue itu yg terus dogulirkan uni eropa dan terus diklarifijasi pihak RI dng bukti2 terbaru.
      Semoga bisa mencerahkan.

    •  

      Bahkan Cargill yg perusahaan dr Amerika itu salah satu pemilik perkebunan sawit terbesar di Indonesia lho. Jadi sebenarnya mereka sdh tau kondisi terkini industri sawit kita.
      Kalo dikatakan bukan renewable energy, apa dasarnya.? Bukannya energi terbarukan itu salah satunya yg berasal dr tumbuhan. Aneh aja akasan mereka.
      Perkebunan sawit juga termasuk penyerap tenaga kerja yg tinggi jg lho

    •  

      Intinya mereka pengen Indonesia tidak kuat, kita tahu hasil minyak sawit jika dikembangkan dgn bagus bisa jadi BBM alternatif berkualitas super.

      Mereka juga sdh pernah nyoba secara sembunyi2 menanam sawit di daerah Eropa dan amerika tp tidak berhasil sukses, intinya lagi mereka mau meraup keuntungan sendiri dan meninggalkan Indonesia tapi malah tidak berhasil.

  7.  

    iya mandiri memang

    mungkin disini ada yang lebih mengerti, jadi tolong di jawab pertanyaan saya
    itu pesawat mesinnya beli dari siapa?
    radarnya beli dari siapa?
    kursi lontarnya beli dari siapa?
    rudalnya beli dari siapa?
    apakah sudah open source? sehingga memungkinkan untuk di instal Rudal punya Rusia atau Cina sewaktu dalam kondisi urgent

  8.  

    @bang Ruskye iya itu memang benar isu lama yang di pakek untuk menjegal sawit,

    nanti ketika prototype sudah mencapai 80% akan ada isu baru yang di gunakan untuk menjegal IFX, selamat menanti
    hanya dengan rekaman media yang masih di pertanyakan integritasnya saja mereka sudah berani membenarkan isu yang mereka lemparkan tentang senjata kimia disuriah dan berakhir dengan penyerangan sepihak terhadap negara berdaulat

    masalah ex agen rusia yang di inggris tempo hari itu main tuduh langsung usir diplomat rusia tanpa mau melakukan investigasi bersama (ini sekelas Rusia loh, apalagi Indonesia)
    xixixixixixi

    dalam kasus indonesia sangat mudah di cari isu untuk menjegal indonesia, dari sawit sampai ke freeport semuanya bisa di sabotase dan langsung di veto di PBB kalau Indonesia melanggar HAM dan langsung embargo, ente mau ngadu ke siapa?

    •  

      Tuhan

    •  

      Hari gini main veto urusan lingkungan yg dibalut HAM.? Sptnya kok terlalu berlebihan. Veto gak bisa digulirkan hanya dengan issue lingkungan, jng disamakan dng issue lepasnya Timor-timur donk atau issue perang di Suriah. Beda permasalahan.

      Indonesia tidak bhego boss. Bukan spt jaman orde baru yg diterpa issue HAM tp freeport tetap dikangkangin. Kali ini lain cerita boss. You bikin issue HAM dan embargo buat RI, berarti you harus angkat kaki dr freeport. Itu konsekuensinya boss. Dan.lagi terlalu jauh mengkaitkan dng itu. Kepentingan mereka banyak di Indonesia boss. Investasi mereka banyak di Republik ini.
      Ini hanya semata mata perang dagang aja antar uni eropa dng RI yg condong lebih banyak berdagang dng Amerika dan China ketimbang ke mereka. Itu pointnya.

  9.  

    @ariev wahyuni
    emang swedia bisa buat mesin jet tempur sendiri ya bung?

    swedia memang negara non block, tapi mereka negara yang paling menjunjung tinggi HAM

    https://news.detik.com/berita/710975/swedia-pertanyakan-kasus-ham-di-indonesia

    https://nusantaranews.co/swedia-didaulat-sebagai-negara-terbaik-untuk-kemanusiaan/

  10.  

    Ini lagi bikin kebijakan yg tak bijak..

    Cpe dech ngomongnya sdg ini sudah terlanjur..

    Rakyat biar senang bangga bla bla bla..
    Pale lu yg bangga pusing jg iya..

  11.  

    @bang Ruskye
    jika menurut anda indonesia tidak bodoh seperti dulu, mungkin iya
    tapi apa indonesia punya power untuk ngelawan pengaruh USA?

    USA itu negara “gila” yang menghalalkan segala cara hanya untuk meng “goal” kan tujuannya, sejarah membuktikan

  12.  

    Kirain udah disetop…

  13.  

    test

  14.  

    @Jimmy
    justru itu, swedia didaulat negara yang paling menjunjung tinggi HAM, seandainya terjadi embargo dengan isu HAM apa mereka tetap akan menjual produknya ke Indonesia ?

    tidak usah jauh2, Belanda saja mengurungkan niatnya menjual Leopard ke Indonesia karena Isu HAM juga

    •  

      Pada Akhirnya Belanda Sebenarx Menyesal Krn Orderan di Ambil Jerman krn Jerman Butuh Duit Mengingat Ekonomi Uni Eropa Ngos-ngosan Krn Brexit

      •  

        hush ngaco kamu asal jeplak,,,,ketahuan iqnya sama kaya si mbah ruskye…di gabung satu kolam isinya butek…….xixi

        jerman itu anggarannya kgk ada defisitnya lho bung,,,,,coba tanya aja si aming lee klo lu kgk percaya……

    •  

      Tp ujung2nya Belanda ngerengek ke kita utk beli kembali leopardnya, setelah tau kita fpt dr jerman, jd yg bhego siapa? Sesama mereja aja saling mengkadalin kok.
      Kalo issue HAM, knp mau kerjasama buat kapal sigma 10514 bung.? Mari pikir dng logika.
      Skrng malah nawarin Fregat DZP….hehehe….aneh2 aja itu si negara meneer.

    •  

      Jelas mereka tk akan menjual Alutsistanya ke kita. Bahkan Dulu pd thn 97 SAAB pernah bersaing dgn Sukhoi dan Dassault. Dan SAAB menjadi kandidat paling Buncit krena banyaknya Syarat dan Ijin ke Inggris dan AS (padahal mereka Sedang embargo kita pd saat itu) dan Akhirnyapun Sukhoi yg jadi pemenang itu tender. Tapi sayang Itu tender kena Cancel gegara Krisis.

  15.  

    patriotgaruda.com/2015/11/15/perfect-catatan-seorang-chef-part-41/

  16.  

    Tolong bedakan bung pelanggaran HAM karena memang kita yang langsung perbuat dan tidak langsung di perbuat sama kita seperti masalah HAM Sawit…
    Jangan lupa juga Banyak komponen pesawat Gripen rata2 import dari Amerika, Inggris dan Uni Eropa… jika kena embargo karena HAM, aku yakin pasti mereka pertama yang ngasih sanksi yang otomatis kena imbasnya ke sucad seluruh alutsista produk barat tidak terkecuali gripen.
    jadi jika seperti itu sama saja kan?

  17.  

    1. kayanya isu kfx/ifx bakal digoreng lebih garing daripada isu su 35 niy…crispy…
    2. isu sawit kemungkinan dilatar belakangi oleh kompetitor dr pasar lokal mereka…sawit yang kita ekspor ke eropa digunakan sebagai bahan baku biodiesel. mungkin karena lebih murah mengancam produsen bahan baku lokal yang menggunakan minyak bunga matahari (kanola).

    •  

      Ya jelas Sawit kita yang dijadikan biodiesel lebih murah dari punya kanola oil mereka.

      Gaji tenaga kerja di sini lebih murah sebabnya.

      Kalau mereka mau bersaing, para pengusaha kanola oil dari Eropa itu bisa investasi di sini, menggandeng para petani di sini supaya tanam bunga matahari, toh bunga matahari itu tumbuhnya di sana paling lama 9 bulan, kalo di sini bisa sepanjang tahun.

      Bikin pabrik penyulingan minyaknya juga bisa di sini. Baru diekspor ke sana.

      •  

        Di Indonesia sdh banyak Matahari boss. Ditiap mall pasti ada Mataharinya. Makanya dia nda mau investasi Matahari dimari…wkkkkkkk

      •  

        Tak semudah itu bung TN, karena ini terkait dengan lapangan kerja, apa kita mau menerima perusahaan Eropa bikin perkebunan kanola disini dan tenaga kerjanya mereka bawa dari sana? 😛 hihihi…

        •  

          Lho selama mereka masih pakai tenaga kerja mereka sendiri maka kanola oil akan tetap tidak bisa bersaing dengan minyak sawit Asia.

          Mereka bisa ubah kebun kanola mereka menjadi kebun lainnya yang hasilnya cukup mahal harganya misalnya kebun anggur, kebun tulip dll.

          •  

            masa lahan bekas kanola dijadikan kebun sayur? 😛

            yg ada ntar RI nuduh mereka merusak hutan karena dijadikan kebun Kanola, solusi paling aman bagi mereka mungkin di negara lain yg gaji pekerjanya jauh lebih rendah asal bukan RI agar rencana mereka bisa berjalan mulus… 😆 hehehe

          •  

            Kebun sayur apaan.

            Kebun anggur !

            Anggur kalau sudah dijadikan wine nilainya khan bertambah tinggi, apalagi jika umurnya wine-nya sudah puluhan tahun akan semakin mahal.

          •  

            lah, sama ajalah itu.. kan ada “ur” diujungnya.. 😛 hihihi

  18.  

    Mengapa banyak sekali negara yg dg gampangnya mereka bicara indonesia melanggar ham?,kenapa kita tidak pernah mau membalas?, apakah memang dinegara mereka2 itu keadilan sudah demikian sempurna?

  19.  

    saya rasa disini banyak yang gagal faham dengan pernyataan saya, karena saya di anggap sales gripen jadi semua pernyataan saya dianggap menggiring untuk membeli gripen

    Swedia itu negara yang di daulat paling menjunjing tinggi ham, meskipun mereka non blok akan tetapi jika terjadi embargo sepihak oleh AS CS apalagi kalau yang di angkat masalah ham mreka gak akan mau menjual produknya ke kita lagi

    sebenarnyat tidak ada salahnya kerjasama dengan Korea, hanya saja yang menjadi masalah yang supply teknologi nya ini AS, ini yang di khawatirkan akan menjadi masalah di kemudian hari. karena politik AS ini tidak sehat

    sebaiknya kalau pengembangan alutsista jangka panjang tidak usah melibatkan teknologi AS, dijamin minim tekanan contohnya changbogo, tank medium pindad

    karena bagi negara yang katanya non blok (Indonesia) persentase pembelian alutsista dan hubungan ekonomi dari salah satu block mencerminkan negera tersebut (Indonesia) lebih condong kemana

    •  

      Terima Kasih Bung Sudah Mengakuinya, Sering2 Lah Komen di Blog Ini Blogx Para Sales

    •  

      Dari 7 program prioritas pertahanan ..
      Satelit, radar, roket/rudal, tank, kapal selam dsb..yg ga masuk akal itu IFX.
      Contoh kecil :
      – IPTN mengumumkan proyek N250 awal 92 kalo ga salah..protoptipe jadi dan terbang 10 agustus 95 ( kurang dari tiga tahun ). Dimana desain, rancang bangun sampe terbang tu prototipe di tangani IPTN

      -PT DI mengumumkan proyek N219 tahun 2013 ..prototipe terbang akhir 2017 ( hampir 4 tahun ). Dimana LAPAN yg jadi pilot proyek sekaligus tenaga ahli LAPAN sebagai Lead Integrator..
      Begitu prototipe terbang akhir 2017..knp malah LAPAN yg antusias ingin memulai proyek N245 ?? Itu artinya enjiner jg tenaga ahli PT DI dibawah enjiner LAPAN jg IPTN..

      Jd kl byk yg pesimis dg IFX yg wajar…bikin N219 aja hrs dipimpin LAPAN

      •  

        waktu itu n250 terkendala masalah sertifikasi bung,.

        pihak luar menasehati supaya dilakukan perampingan struktur program.

        •  

          Nah akhirnya kesini jg dia. Masih jg komen ngawur.

          N250 terkendala masalah sertifikat.? Sertifikat silitmu ngelewer……wkkkkkk

          Kasus N250 itu berkasitan dng keputusan IMF saat krismon, yg salah satu butir kesepakatannya menutup industri IPTN.

          Ahhhh….makin ngawur aja kowe si Hitam…

          •  

            disini lagi yang salah persepsi dan penempatan masalah dan waktunya….N250 memang punya kendala sertifikasi tapi bukan masalah utamanya tapi lebih kemenejerial suatu prodak dan angaran produksinya…
            karna semua kita inport maka melambung biayaya produksi…
            apalagi layu sebelum berkembang karna dihantam krisis moneter….
            masalah dengan IMF dan bank dunia itu masalah lainya….karna berkenaan krisis ekonomi dan efisiensi angaran maka para ahli menyarankan dan sedikit memaksa dengan ancaman tidak menyetujui pengucuran angaran atau pinjaman…jadi harus dipotong setiap masalah yang menghabiskan angaran termasuk pt DI….
            jadi beda masalah dan waktunya om…!!!

          •  

            Gak perlu penjelasan panjang lebar boss baca link ini aja.

            https://m.detik.com/finance/industri/d-2205369/kalau-n250-buatan-habibie-berhasil-tak-akan-ada-atr-72-buatan-prancis.

            Semoga mencerahkan. Salam

          •  

            Bagi mereka yg mendewakan produksi barat tentunya ada 1001 alasan untuk mereka berkelit bung…

          •  

            xaxaxa….dimana hubunganya dengan imf dan bank dunianya…???
            itu kan kalou jadi tu pesawat…yaa too…!!!
            masa krisis bukan hanya projek N250 saja yang dituntut diberhentikan tapi seluruh oprasi pt di…bang….tapi pemerintah menego ulang apa yang bisa dipertahankan apa yang harus dihentikan…lagian mana keurus tu pesawat wong semua disibsidi pemerintah tidak atau belum komersial…jadi berjalanya pt di itu dana negara om…maka dituntut dihentikan….sedikit saran bank rusky coba diperdalam lagi tentang isi artikel,,,jangan sampai salah memaknai maksud dari artikel tersebut…!!!

          •  

            konyol sekali anda ,,,, saya tinggal di indonesia, ngapain bela2in luar bung…..
            saya angkat topik n250 krn memang dahulu terkena masalah awal yaitu sertifikasi.,.,

            bahkan link yg bung ruske berikan justru memberi kalimat :
            *”Kalau saja N250 itu berhasil terbang, artinya seluruh sertifikasi sudah dipenuhi. Pesawat ini akan laris manis di dunia penerbangan, industri penerbangan kita akan jauh lebih besar lagi,” ucap Vice President PT Dirgantara Indonesia (PT DI) Irzal Rinaldi Zailani kepada detikFinance di The 12th Langkawi International Maritime & Aerospace & Exhibition, Malaysia, Rabu (27/3/2013).
            *

            entah dia memberikan link, krn dia paham isi artikelnya atau tidak……..yg jelas disitu tertulis kalau,,,… kalau adalah kalimat pengandaian,. ,. jika kalau dihapus maka kejadian sebenarnya adalah belum tuntasnya sertifikasi..

            sampai sini paham tidak,,,…
            lalu apa sudah cross check dengan sumber lainnya seperti laporan imf tentang manajemen iptn ??
            sumber dari dalam bisa saja ambigu, krn menutupi sesuatu….

            saya bukannya pro barat ya,,,hanya menyarankan utk kross cek,,,
            dan jawaban aming juga ada benarnya, ini beda masalah dan waktu.

          •  

            dan konyol nya lagi anda melihat hanya 1 pandangan fokus ke satu arah……..

            nah sekarang indonesia sudah mulai berbenah,,,,pertama yang perlu di urus adalah sertifikasi,,,,kenapa indonesia ikut nebeng ke korsel,. ya yg pastinya supaya lebih mudah mendapatkan sertifikasi pesawat ifx.

            udah ah,,.,.. ilmu itu mahal.

          •  

            dan konyolnya lagi anda semua kena tipu komen saya yg paling awal,,,,xixixi

            kan klo ujungnya udah begini asyik…..iya to bro…….??

          •  

            Kena tipu silit mu ngelewer…..wkkkkk

            Makanya sdh dikasi tau kalo gak paham permasalahan jng sok komen yg keminter. Ujung2nya bikin malu sendiri.

          •  

            kalau gw salah gw ghobhlok deh…….
            kalau elu yg salah berarti ??

        •  

          gw mah santai ajah balas komentar lu mbah sotoy,.,.

          netizen juga bisa cari info nya di google kok, baik yg dari dalam, maupun dr luar.

          kata kunci nya kan sudah gw kasih : sertifikasi n250….

          silakan melongo ya mbah…xixi

    •  

      Jd kliatan bukan skil enjiner pt di..??
      Enjiner iptn cm butuh 2 tahun sekian bulan bikin n250.
      Enjiner pt di butuh 4 tahun plus diajarin enjiner Lapan ..

    •  

      Yg heran masih aje ada yg mikir beli gripen tot 100%..
      Apa yg mau di tot..?? Bikin body / fuselage ..sy yakin Lapan sanggup. Ngapain hrs tot dr swedia cm bikin body doank…buang2 duit

      •  

        Nah ini dia point terpentingnya.
        dan entah mengapa di Blog Kripik itu selalu menjanjikan TOT 100%… lah wong Software + Hardwarenya aja rata2 import dari USA, apa yang di TOT coba… Body pesawat kita bisa, Fuselage bisa masa cuman rakit doang mah…

    •  

      Udah gak jaman pesawat para nona nona sekarang rudal smart yang di pake

  20.  

    emang susah kalau diskusi sama orang bebal kayak ente

    •  

      Gak usah esmosi bro. Kita bukan mengaitkan ente sebagai sales gripen. Tp kita membicarakan tingkah polah Swedia. Itu yg dimaksud.
      Salam

    •  

      Jadilah Bijak dalam berkomentar bung. disini semuanya mencoba diskusi sehat, salah paham wajar namanya juga manusia. lebih baik bung Deddy nikmati waktunya sambil ngopi sambil diskusi dengan yang lainya…
      Salam…

      •  

        gimana kabarnya warung sebelah bung,,,,,
        kabarnya disana anda menulis komentar melecehkan persenjataan alutsista tni al, tentang kanon mirip kanon jaman PD2 yg kgk bisa melawan pesawat maupun melawan rudal…..

        ada baiknya anda melatih jempol anda lagi, sebelum anda nanti malah kebablasan lagi dan masuk buruan tim karung.

  21.  

    Bagi mereka yg mendewakan produksi barat tentunya ada 1001 alasan untuk mereka berkelit bung…

  22.  

    kembali ke IFX bung2 sekalian malah astroturfing embargophobia

    konteks jaman dan situasi geogelitik sudah berbeda

 Leave a Reply