Nov 232016
 

mig-29k-kuznetsov
Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 13 November 2016 sebuah pesawat tempur MiG-29K Angkatan Laut Rusia terjatuh saat akan mendarat di kapal induk Admiral Kuznetsov di laut Mediterania. Berbeda dari apa yang diberitakan sebelumnya, yang memberitakan jatuhnya MiG-29K ke laut akibat kesalahan teknis ataupun kerusakan mesin, penyebab sebenarnya jatuhnya MiG-29K karena rusaknya tali pengait pendaratan di kapal induk yang menyebabkan MiG-29K tidak bisa mendarat sehingga kehabisan bahan bakar.

Sebelumnya tiga pesawat tempur MiG-29KR / Kubra melakukan latihan penerbangan, setelah tiba waktunya ketiga MiG-29K melakukan pendaratan di atas kapal induk. MiG-29K pertama berhasil mendarat, tetapi pendaratannya memutus dua tali pengait pendaratan. MiG-29K kedua juga berhasil mendarat meski memutus tali pengait ketiga dan beruntung bisa ditangkap tali pengait pendarat keempat.

Akibatnya MiG-29K ketiga tidak bisa mendarat dan hanya bisa terbang sambil menunggu perbaikan tali pengait pendaratan. Ternyata perbaikan tidak bisa dilakukan dalam waktu cepat hingga menghabiskan bahan bakar yang membuat MiG-29K terjatuh kelaut dan pilot terpaksa eject keluar menyelamatkan diri.

Cerita ini menggambarkan betapa kompleksnya operasi sistem penerbangan pesawat tempur di kapal induk, dan untuk menjamin keberhasilan sistem operasi pesawat tempur membutuhkan kerjasama dari semua komponen, termasuk dek pendarat di kapal induk beserta kru pendaratan dan pilot pesawat tempur. Kurangnya pelatihan pilot, kurangnya persiapan peralatan, dan kurang terampilnya kru pendarat di atas kapal induk dapat menyebabkan konsekuensi yang sangat serius, termasuk resiko kehilangan pesawat tempur.

Bagikan:

  14 Responses to “MiG-29K Jatuh Karena Kerusakan Teknis Kapal Induk Admiral Kuznetsov”

  1.  

    karena tali…

  2.  

    Jadi bukan krn pesawatnya. Wajar saja

  3.  

    kenapa gak mendarat di heiminm, komandannya mungkin lapar

  4.  

    Jual aja ke Indonesia tuh kapal gaban ntar di kopi trus bikin yg bnyk..

  5.  

    sudah tua masih belom pensiun?yg muda aja ada?

    Admiral Kuznetsov (jangan berfikir yg lain)

  6.  

    Lihat !!! JATUH tu migkoyan !!! Kenapa?
    Karna Rusia tidak punya Gripen !!!
    FAKTA Mengalahkan KEBENARAN !!!
    “Bersama gRipen TNI kuat”
    “Let’s Make TNI Great Again”
    “Gripen STROOONG”

    “SUKHOI KELAUT AJA LUUU”

  7.  

    anda seles nya perusahaan gripen grup yaa heheheh . kalau beli banyak dapat TOT yaa . kalau beli TOT nya aja gimana ? saya butuh TOT nya untuk IFX aja heheheheh . BERSAMA IFX TNI KUAT 😀

  8.  

    Borong

  9.  

    ngawur lagi britanya. sumbernya tidak jelas dan ngarang. pesawat pertama mendarat selamat, pesawat kedua memutus tali, pesawat ketiga tidak bisa mendarat. mbok kalo gak paham gak usah nulis napa sih? biar gak bikin neq bacanya

 Leave a Reply