Jun 152016
 

Seorang pejabat Amerika Serikat mengatakan bahwa Armada Ketiga Angkatan Laut Amerika Serikat berencana mengirimkan lebih banyak kapal ke Asia Timur. Armada Ketiga yang berkedudukan di San Diego, California, biasanya melakukan operasi-operasi ke sisi timur dari garis batas internasional Samudera Pasifik. Nantinya, mereka akan beroperasi di luar kawasan normalnya bersama Armada Ketujuh yang berkedudukan di Jepang.

Pejabat Amerika Serikat yang meminta jatidirinya tak disebut, kepada kantor berita Reuters, menjelaskan bahwa kapal-kapal yang dikerahkan ke kawasan Asia Timur itu akan melakukan beragam operasi. Namun, sumber itu tak memberikan rincian.

Sementara itu, Panglima Armada Pasifik Amerika Serikat, Laksamana Scott Swift, mengatakan bahwa langkah tersebut terjadi dalam “konteks ketidakpastian dan kegelisahan di kawasan,” sebuah rujukan jelas kepada perilaku Tiongkok.

Laksamana Swift berpendapat bahwa Angkatan Laut seharusnya memanfaatkan “kekuatan gabungan menyeluruh” dari 140.000 pelaut, lebih dari 200 kapal dan 1.200 pesawat yang membentuk Armada Pasifik.

Armada Ketujuh terdiri atas satu unit pembawa pesawat kelompok serang, 80 unit kapal lainnya dan 140 unit pesawat. Armada Ketiga memiliki lebih dari 100 unit kapal, termasuk empat kapal pembawa pesawat.

Tiongkok mengklaim sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan yang menjadi perlintasan berbagai kapal perdagangan. Negara itu dibuat marah oleh apa yang dipandang sebagai patroli-patroli militer Amerika Serikat yang provokatif di dekat pulau-pulau yang dikendalikan oleh Tiongkok di Laut Cina Selatan.

Sumber: Antara

  21 Responses to “Militer Amerika Serikat Perluas Peran Armada Ketiga Angkatan Laut Hingga ke Asia Timur”

  1.  

    Naah jadi nihh…..

  2.  

    Makin merajalela

  3.  

    mau perang lama amat sih…?

  4.  

    Ngincar papua

  5.  

    Kapal aegis

  6.  

    Mudah2an jangan smpai perang..
    Kalau sampai perang, dampaknya pasti smpai kemana2 n siap2 bangun bunker bawah tanah..
    Damai itu indah…

  7.  

    Ah ASu tidak akan berani langsung berhadapan dgn militer Cina, paling mengedepankan Korsel, jepang, Vietnam dll, ….. ASu paling hanya teriak2 dr belakang arena, …….. !!!

  8.  

    apakah armada ke tujuh asu udah sembuh ? apa cuma gertak

  9.  

    cina tdk punya penalamn perang…paling perang saudara dan hasil.y terpisah.y taiwan..

  10.  

    hajar cina mereka memang hrs diberi pelajaran

  11.  

    wah seru nih kalo cina jadi perang melawan amerika, entar kita tongkrongin rame rame didepan tv sambil makan kacang dan minum kopi, gimana lagi saya belum pernah liat perang dunia live di tv jadinya penasaran pengin liat pasti seru mereka pada tonjok tonjokan hahaha…

 Leave a Reply