Jun 182017
 

M1 Abrams, tank tempur utama Angkatan Darat AS (19/02/2017). © US Army

Kepala staf angkatan darat Amerika Serikat mengisyaratkan kepada Kongres bahwa militer telah memutuskan untuk melengkapi kendaraan lapis bajanya dengan teknologi anti peluru kendali buatan Israel, seperti dilansir dari Defense Tech.

Senator Steve Daines berkata kepada Jend. Mark Milley bahwa banyak anggota parlemen di Kongres ingin memastikan,  bahwa unit tempur Angkatan Darat Amerika Serikat,  memiliki kemampuan untuk menahan serangan rudal anti-tank dari pesaingnya seperti Rusia.

“Jenderal Milley, apa rencana Angkatan Darat untuk memberikan perlindungan terhadap peluru kendali pada seluruh armada konvensional kita dilapangan?”, tanya Daines.

Jendera Milley menggambarkan bahwa sistem proteksi aktif sebagai kebutuhan yang sangat kritis saat ini bagi armada Angkatan Darat AS.

“Kita saat ini sedang berinvestasi kearah sana. Hanya ada dua negara yang industrinya mampu menghasilkan sistem yang lengkap. Yang satunya bersahabat, sedangkan yang lain tidak bersahabat”, tambahnya, mengacu kepada Israel dan Rusia.

Tank Merkava dilengkapi radar pelindung aktif Trophy dan peluncur yang ditutupi kain. © Rafael

Milley menambahkan bahwa sekarang militer AS bekerjasama dengan negara sahabat untuk melangkah maju dan memperoleh sistem pelindung aktif, dan memang harus. Amerika kini sedang menguji untuk memastikan pelindung aktif tersebut sesuai dengan kendaraan lapis baja buatan AS, sebab harus dimodifikasi agar sesuai.

Dalam upaya mempercepat sistem pelindung aktif atau active protection system (APS) itu, para penguji Angkatan Darat AS melakukan evaluasi Trophy pada tank M1 Abrams.

Sistem Trophy, dirancang oleh Rafael Advanced Defense Systems, merupakan satu-satunya APS yang telah “combat proven” dan mampu mengalahkan ancaman peluru kendali anti-tank (ATGM).

Sistem perlindungan aktif Iron Fist buatan Israel. © IMI

Angkatan Darat AS juga melakukan evaluasi pada sistem perlindungan aktif Iron Fist, buatan Israel dan juga Iron Curtain buatan Amerika Serikat.

“Kami merencanakan untuk menempatkan mereka pada unit yang merespons pertama, dan akhirnya kami akan menyebarkannya keseluruh armada lapis baja”, kata Milley.

Sistem pelindung aktif Iron Curtain buatan AS terpasang pada kendaraan M-ATV. © Below The Turret Ring

Amerika Serikat, telah bergerak cepat memiliki basis industri untuk menghasilkan beberapa sistem dan pada akhirnya akan siap untuk menggunakan sistem APS buatan Amerika untuk mendapatkan tawaran kompetitif atas usaha yang lebih besar dalam melengkapi Angkatan Darat dengan APS, jelas Milley.

Bagikan :

  3 Responses to “Militer AS Bersiap Gunakan Teknologi Anti Rudal Israel”

  1.  

    perlombaan semakin panas

  2.  

    Trophy active protection system against anti tank missile rockets for combat vehicle Rafael Israel d

    https://www.youtube.com/watch?v=2VrAUTP6rTg

    Perlu di pasang juga di Leopard milik TNI

  3.  

    dan rusia pun sudah mengembangkan RPG 30 utk anti dot sistem pelindung reaktif nya,,,

 Leave a Reply