Oct 122018
 

Jet tempur siluman F-35 Angkatan Udara AS di Pangkalan Udara Eglin, AS © US Air Forces via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Angkatan Bersenjata AS telah memerintahkan untuk melandaskan atau “grounded” atas seluruh armada F-35-nya akibat insiden dari salah satu pesawat yang jatuh di South Carolina dua minggu lalu, seperti dilansir dari ABC News.

Sebagai hasil dari penyelidikan awal, sebanyak 245 unit jet tempur siluman F-35 yang digunakan oleh Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Korps Marinir AS akan dibumikan dalam jeda operasional hingga inspeksi dapat mengidentifikasi pesawat yang memiliki jenis tabung bahan bakar yang diduga sebagai penyebab crash untuk kemudian bisa diganti.

“Militer AS dan mitra internasional telah menghentikan sementara operasi penerbangan F-35 supaya perusahaan melakukan inspeksi tabung bahan bakar di dalam mesin seluruh armada pesawat F-35”, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kantor Program Bersama yang mengawasi F-35 di Departemen Pertahanan AS. “Jika tabung bahan bakar yang bermasalah terpasang, bagian itu akan dilepas dan diganti”.

Seorang pejabat Pentagon mengatakan bahwa hanya setengah armada F-35 saat ini yang memiliki tabung bahan bakar, tetapi inspeksi tersebut akan dilakukan di seluruh armada F-35 AS.

Penangguhan sementara dari operasi penerbangan juga akan berdampak pada mitra internasional, termasuk Israel dan Inggris, yang memiliki F-35. Ada sekitar 75 unit F-35 dalam armada internasional.

Kementerian Pertahanan Israel mencuit bahwa “Angkatan Udara Israel menghentikan semua penerbangan F-35I sampai semua pesawat diuji” untuk kerusakan teknis dalam tabung bahan bakar mesinnya”.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Inggris juga mencuitkan klarifikasi bahwa itu bukan “grounded” pesawat F-35, tapi “menghentikan terbang beberapa F-35 sebagai tindakan pencegahan sementara serta mempertimbangkan temuan dari penyelidikan yang sedang berlangsung”.

Grounded seluruh armada global terjadi setelah jet tempur F-35B Marinir AS jatuh di Beaufort, Carolina Selatan, pada tanggal 28 September. Pilot Marinir AS dengan aman keluar dari pesawat dalam kecelakaan pertama F-35B yang akan menjadi jet tempur utama untuk Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Korps Marinir AS.

Pemeriksaan diperkirakan akan berlangsung satu atau dua hari, kata departemen itu.

  13 Responses to “Militer AS “Grounded” Seluruh Armada F-35”

  1.  

    Pesawat generasi baru jatuh mah “biasa”… 😀

    FB Rusia: Dimana fungsi Auto-GCAS yg konon katanya bisa mendaratkan pesawat bahkan saat sang pilot pingsan…

    FB AS: Nah lho, itu kan karena ada “masalah teknis”…

    FB Rusia: Tinggal akui saja itu produk cacat, selesai cerita…

    FB AS: Pesawat kalian juga pernah jatuh…

    FB Rusia: Beda forum coy, ini sekarang pesawat ente yg jatuh…

    FB AS: mcxlxzw adasdasdowq ewqeq09q ssladsadk (ngeles bla bla bla…)

    Tapi saya heran, kenapa pesawat siluman tercanggih disamakan dengan anak baru belajar berdiri dan jalan sih ya? 😆 wkwkwkwk

    •  

      Lingkar, ente itu udah gak paham apa itu Auto-GCAS malahan gak bisa bahasa inggris lagi. Ane kasih tau, software penghindar tabrakan otomatis (Automatic Ground Collision Avoidance Software/Auto-GCAS) itu hanya bisa berfungsi salah satunya untuk membantu pilot saat kehilangan kesadaran karena G-force saat melakukan manuver tinggi.
      Auto-GCAS pada dasarnya adalah sistem logika pengontrol penerbangan yg pake data dari Digital Terrain Elevation Database buat mengkalkulasi kondisi pespur khususnya ketika memasuki zona dimana pespur bisa jatuh ke tanah. Kadang pula pilot mengalami disorientasi spasial, atau posisi dia lagi jungkir apa engga abis melakukan manuver, makanya ada Pilot Activated Recovery System (PARS) buat bisa tau mana atas mana bawah, kecepatan berapa, menghadap kemana.

      So, percuma Auto-GCAS berfungsi kalo yg jadi masalahnya adalah tanki bahan bakar. Makanya digrounded dulu buat dicek semuanya. Mau canggih kayak gimana, mau super kayak Su-57 kalo ada masalah pada onderdilnya ya harus digrounded semua, diselediki dulu, biar gak jatuh lagi karena masalah yg sama. Paham gak Boss… Kalo gak paham gak usah komen deh, malu-maluin gitu. Hhhhhhhhhhh

      •  

        makanya ente baca itu percakapan sebelum mengklaim diri sendiri paling pinter 😀 hihihihi, jangan baca judul doang, harus tuntas 😛 wkwkwk

        •  

          Nah kan, nuduh orang ngeles malah sendirinya yg ngeles gitu. Lebih baik si Yuli deh kalo diajak debat daripada ente. Udah gak paham bahasa inggris, sotoy, eh ngeles lagi. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

          •  

            sebab ente gak pernah menang klo debat sama saya kan? tinggal ngaku aja koq susah, pake ngepot sana-sini ya ujung-ujungnya sotoy dan sok pinter ente 😆 wkwkwkwk pake-pake bahasa inggris lagi 😀 wkwkwk 😆

            sok keren tapi ndeso ente mas 😛 wkwkwk 😆

  2.  

    Terang aja jatohhh…lha wong avturnya dioplos dgn solar campur minyak makan.

  3.  

    F-35 cuma bisa menang lawan infanteri bersenjata AK-47, klo lawan hanud atau pesawat tempur ya pasti langsung cium tanah deh 😆 wkwkwkwk

  4.  

    Ini pesawat terseram abad ini … Wkwk

 Leave a Reply