May 312018
 

Peluncuran sistem rudal pertahanan udara S-400 Rusia © Russian MoD

JakartaGreater.com – Beberapa waktu yang lalu, National Interest telah menulis tentang bahaya sistem pertahanan udara (hanud) Rusia di masa depan, tetapi saat ini mereka tak berbahaya bagi F-35, seperti dilansir dari laman Bao Dat Viet.

Baik Rusia dan China telah bergerak untuk menyiapkan teknologi yang memungkinkan menembak jatuh pesawat tempur siluman F-35 dan F-22 milik Angkatan Udara AS.

Moskow serta Beijing telah berpengalaman dalam mengembangkan sistem pelacak dan pencarian inframerah, kata para penulis artikel itu. Selain itu, industri pertahanan kedua negara memiliki jaringan pertukaran data melalui udara.

“Segera setelah China dan Rusia dan dapat berkomunikasi melalui saluran data link berkecepatan tinggi dari dua atau lebih jet tempur yang dilengkapi dengan sistem pelacak dan pencari inframerah dengan gelombang jarak jauh, mereka akan memiliki sejumlah besar komponen untuk menciptakan sistem yang dapat melawan teknologi siluman”, menurut tulisan itu.

National Interest juga mencatat bahwa modernisasi teknologi tempur hanyalah masalah waktu. Dan melindungi Amerika Serikat F-35 dan F-22 dari pengembangan sistem baru sepertinya merupakan tugas yang mustahil.

Rudal anti-pesawat dari Rusia akan sangat berbahaya di masa depan, tetapi para ahli AS mengatakan bahwa saat ini berurusan dengan pesawat siluman AS seperti F-22 dan F-35 bukanlah tugas sistem pertahanan udara Rusia, termasuk S-400.

Meski begitu, media AS yang lain, Bussiness Insider telah memposting analisis Kepala Staf Angkatan Udara AS Dan Flatley, yang menunjukkan bahwa sistem pertahanan udara Rusia dapat menyebabkan F-35 mendarat.

Formasi jet tempur siluman F-35A Angkatan Udara AS. © US Air Force via Wikimedia Commons

Menurut Dan Flatley, sebagai pejuang generasi kelima tidak berarti bahwa F-35 dapat menjadi siluman sepanjang waktu. Secara khusus, jet tempur F-35 membuka rongga yang berisi senjata dibagian bawah perut untuk menyerang, struktur penyerap radar akan terbuka, ini adalah saat musuh dapat mendeteksi F-35.

Namun, segera setelah weapon bay F-35 ditutup, jubah tembus pandang dipulihkan dan F-35 hanya terlihat dalam waktu singkat dan tak cukup waktu untuk menyerang balik. Itu bukanlah hal yang mudah walau dengan sistem senjata yang paling canggih.

Sistem pertahanan udara Rusia, termasuk S-400, hampir tidak terpengaruh oleh F-35, menurut Dan Flatley, detektor radar VHF yang paling modern buatan Rusia sekarang mampu mendeteksi F- 35 tetapi tidak selalu.

Dan bahkan jika itu terjadi, tidak berarti ia bisa menembak jatuh F-35. Ahli mengatakan bahwa ini belum termasuk pertahanan aktif F-35 yang dapat dikendali manusia.

Dengan pengalaman menjadi pilot pesawat tempur, Dan Flatley mengatakan, menembak jatuh sebuah jet tempur “adalah proses yang panjang, mendeteksi jet tempur musuh di layar radar hanyalah salah satu faktor sangat kecil dan sepertinya yang paling mudah”.

Sementara untuk mengunci target, menangkap jalur terbangnya dan menembak target butuh kerja keras. Bahkan dalam kasus dimana sang pilot tidak menyebarkan rencana pertahanan aktif, kemampuan stealth yang sangat canggih dari F-35 sudah cukup untuk membuat sistem pertahanan udara Rusia tidak berguna.

Berbagi

  30 Responses to “Militer AS: Hanud Rusia dan China Sulit Bisa Tembak F-35”

  1.  

    Wuih…wkkkkkk…

    PD banget yah coba bukti kan dong, kok sampe sekarang paling jauh maennya di perbatasan suriah doang xixixi…

  2.  

    Klu f35 itu mengaktifkan radarnya utk mengunci target & menyiapakan rudalnya? F35 sudah diketahui posisinya, sebelum f35 membuka iwb nya & radar s400 di ketinggian & di kerendahan memiliki pemindai gelombang elektromagnetik & pada saat f35 mengaktifkan radarnya? Rudal s400 sudah meluncur seblm f35 mmbuka iwb nya & f35 mnjd poing puing

    Hahhaahaaaa

    •  

      Ini pakar lo yg ngomong..
      Dia ngomongnya tidak di kolom kolom komentar lo..
      Dia kl ngomong di bayar org lo..

      Ikl kedetek gelombang radarnya..
      Lalu apa si slumunnya jg kedetek ??

      Lalu rudalnya disuruh mencari sdri sumber gel radarnya ya..

      Ha ha ha

      •  

        nah itu masalahnya pespur pengguna ram yaitu pesawat siluman, karana ramnya tdk bisa membidik, jk mmbidik? itu pespur hrs mengaktifkan radarnya & dr gelombang radar trsebut keberadaan f35 diketahui

        hahhaahaaaa

        •  

          Karena gelombang radarnya kedetek lalu rudalnya mburu gelombangnya gtu ya..
          Lalu pakar itu knp tdk tidak tau akan hal ini ya..

          Kenapa huha bisa lbh tau??

          •  

            bisa juga diburu dr platform f35 & sebagainya

            hahhaahaaaa

          •  

            pakar yg loe maksud trsebut juga tau, apa yg kurang dr produknya, tapi kan kgk mungkin produknya dikatakan kelemehannya pd pelanggan.

            & hermanto kw juga tau dr antena helem kbh bahwa aming lee punya pria rahasia

            hahhaahaaaaa

        •  

          gue tambahi, slulumunya bisa kedetek pd jarak tertentu, klu tidak salah berkisaran dijarak 80 km, karna dijarak 80 km pantulan gelombang kembali keposisinya, klu dijarak sekitar 90 km hingga jarak paling jauh? mungkin tdk bisa kedetek apa lg loe lihat dr balik tembok ratapan? gak bakalan terlihat, tapi trdetek apa tidaknya itu pespur pengguna ram? trgantung energi pendetek pespur siluman & tegantung energi pespur pengguna ram utk menyerap gelombang elektromagnetik yg mengenainya

          hahhaahaaaa

        •  

          Nah kl terbatas jangkauannya ini ane suka meskipun 80 itu masih kejahuan sekali..

          Gini gini dulu kesibukan bolak balik radar lo…

          Ha ha ha

  3.  

    Haiii

    Sepengetahuan Inyong
    Belum Terbukti
    Bahwa Negara Republik Indonesia
    Mempunyai Pesawat Tempur F 35
    Mempunyai Spare Part F 35
    Mempunyai Bengkel F 35
    Mempunyai Teknisi Mekanik F35

    Mohon Maaf dan Terima Kasih

    Inyong masih Saffar 3
    Hikz Hikz Hikz

  4.  

    ente komeng apa nyong, kok gk jelas

  5.  

    Borong F-35x Bung Kukuruyuk

    •  

      bakalan jadi poing puing idolamu ariev, s400 bukan hanya punya pemindai gelombang elekteomagnetik tapi memiliki IR dgn jangkauan 270 km dgn akurat, bahkan katanya mau ditingkatkan jarak jangkau akuratnya

      hahhaahaaaa

      hahhaahaaaa

  6.  

    Ya lgsg dicoba aja gak usah hy klaim sepihak!he3

  7.  

    Dengarkan omongan pakar ni rusia fanboys jgn makar sendiri ya..

    F35 ini barang slaman slumun yg bagus..
    J20 cina hanya kalah di mesin dan sdkit radar dg f35..
    S400 aje lewat apalagi su35
    Hanya india yg sudah mempunyai radar bisa ndeteksi pespur siluman secr stabill, katanya..

    Kalian apa tau andai ada pembicaraan israel dg rusia bahwa rusia berkepentingan s400 tidak jatuh jadi serang serang aje asal tau batasnya ini itu dan yg penting jgn masuk…

    Mending indo ke dpn beli j20 utk hadapi selatan…

    Ha ha ha…

  8.  

    S400 kan sudah masuk uji broo, & s400 itu hasil pengembangan lebih canggih dari sistem pendahulunya yg pendahulunya itu sudah memiliki banyak pngalaman diperang arab & perang timur tengah, bagai mana mungkin s400 bisa dihancurkan melalui serangan udara? kecuali dihancurkan sendiri, & kunjungan israel ke russia berulangkali trsebut menandakan israel setengah mati ketakutan, jk russia mmberikan dukungan senjata ke turky, iran, suriah, lebanon & hamas, krna israel dulu waktu perang 6 hari pernah bulur digempur mesir & suriah

    hahhahaaaa

    •  

      Knp s300 ditentang israel..
      Ya mgkn akan membahayan pesawat pesawat sipil israel jika di tmptkan dkt perbtasan..
      Lagipula tak semua pespur israel slumun..

      Andai s300 di iran ya karena byk faktor..
      Salah satunya bisa aja tiba tiba hizbulah di lebanon
      Dan lagi bisa aja dr iran di hibahkan ke suriah..
      Satu lagi israel kl terkait dg rudal jangkauan menengah sudah mewanti wanti rusia jangan ke negara yg selama ini tidak baik dg israel terutama di timur tengah…

      Sebetulnya deteksi pespur slumun mudah..
      Tingaal liat aja asap knalpotnya..
      Tp rudal yg di kasih sensor untuk mengejar sumber asap blm ada…

      Ha ha ha

  9.  

    wuiiidiiiihhh pede amiirr.. jngan takabur bro.. Orang Rusia dan China itu pemikir keras. Nanti mereka ketemu antidotnya, percuma tuh duit ratusan miliar dollar ente yg pusing. hahhaa..

    •  

      Itu pesawat knp di bikin tidak jago manufer tidak jago lari jarak jauh..
      Knp itu pesawat mahal sekali…

      Ya karena sudah mereka antisipasi dg perkiraan kmgkinan menemukan radar yg tpt negara lain tidak bisa cepat…

      Lalu knp rusia membuat pespur siluman jg kl bisa dg mudah mendeteksi pespur slumun..
      Knp tidak radar saja di taruk di su35 saja to..

      Masih blm ada radar yg sempurna utk menjangkao si slumun

      Ha ha ha

  10.  

    Tembak pake rudal petir aja

  11.  

    sama S-200 saja ke uber…

    Dalam sejarah pesawat tempur USA… baru F-35 yang tidak langsung dibawa wara wiri ke wilayah konflik…. justru Israel yang melakukan klaim, itupun rame2 bareng2 sama F-16/F-15…

  12.  

    bicara tentang su 57 dan hal fgfa yang gagal. saya pikir ada hubungannya antara siluman j 20 china dengan s 400 yang akan diakuisisi india

  13.  

    Wajar saja statement nya seperti itu seakan f35 dan f22 menjadi momok yg sangat di takutti dan tak terkalahkan lah wong narasumber yg di mintai pendapat dari pihak amerika sendiri coba yg diminta dari pihak china atau rusia pasti beda lagi… Tapi yg pasti dari ke 2 blok. Pasti akan berlomba untuk saling mengungguli… Jubah besi memang sulit terlihat dan terlacak tapi persenjataan moderen sekarang terkoneksi oleh satelite semua… Jadi jika bisa mengacaukan jaringan satelite sebuah jet tempur… Maka jet tempur pasti akan kehilangan arah, buta koordinat dan kacau semua sistem persenjataannya dan yg pasti sifat stellnya juga….

  14.  

    S-400 ini deh yg berpotensi bs jatuhin F-35 n F-22

    https://youtu.be/q4ncll2gNps

  15.  

    Waaah Amrik ni bner2 kakeyan cangkem yo…klo brani ya cb saja buktikan terbang di zona merah suriah yg sdh dilingkari pasukan rusia…pengin liat apakah F35 masih bisa kembali utuh ke pangkalannya..gw ingetin ni buat para pilot2 amrik jgn bertindak bodoh dan jgn mau klo dsuruh perang dgn rusia kalo masih takut mati

 Leave a Reply